10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Bayi Terbaik dan Aman untuk Kulit (2022)

10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Bayi Terbaik dan Aman untuk Kulit (2022)

Bayi memiliki kulit yang cenderung sensitif sehingga perlu adanya deterjen pakaian bayi khusus untuk membersihkan baju atau produk bayi lain. Untuk yang sedang bingung memilih deterjen khusus bayi, BP-Guide sudah menyiapkan beberapa rekomendasi deterjen yang tidak hanya ramah untuk kulit sensitif, tapi juga ramah lingkungan. Baca ulasan kami sampai akhir ya!

Mengapa Pakaian Bayi Perlu Deterjen Khusus?

Menurut seorang pendiri New Jersey Center for Dermatology and Aesthetics bernama Dr. Zain Husain, bayi memiliki kulit yang sangat sensitif karena sistem kekebalannya yang belum matang sepenuhnya. Dengan ini maka kulit bayi akan mampu bereaksi pada berbagai macam bahan kimia yang ada di dalam sebuah deterjen.

Karena kondisi yang berbeda dengan orang dewasa itulah maka merek deterjen yang dipilih juga sebaiknya diformulasikan khusus untuk bayi. Kulit si kecil yang lebih lembut, sensitif, dan rentan terhadap iritasi perlu menggunakan deterjen yang memberikan perlindungan terhadap kulit mereka.

Deterjen yang terbuat dari bahan alami seperti ramuan herbal tanpa bahan kimia seperti wewangian sintetis diperlukan agar tak merusak serat pakaian dan membuat pakaian bayi tidak terasa kasar.

Tips Tepat Memilih Deterjen untuk Pakaian Bayi

Sesuaikan Jenis Produk dengan Fungsinya

Saat memilih deterjen pakaian bayi yang tepat sesuaikan jenis produk deterjen dengan fungsinya. Apakah itu jenis liquid atau cair, atau mungkin padat atau jenis bubuk. Fungsinya bisa disesuaikan dengan metode pencucian yakni menggunakan mesin cuci atau manual.

Untuk deterjen bubuk sendiri memiliki sifat pembersihan yang lebih tinggi dibanding deterjen cair. Akan tetapi resikonya adalah dikhawatirkan dapat meninggalkan residu atau sisa di serat kain karena adanya endapan yang tidak sempat larut seluruhnya ketika di dalam air.

Untuk deterjen jenis cair sendiri lebih mudah larut dalam air bila dibandingkan dengan deterjen padat. Selain itu deterjen liquid ini juga dapat masuk ke sela serat pakaian dan tidak menggumpal ketika digunakan pada mesin cuci.

Pilih Deterjen yang Bebas Iritasi

Kulit bayi yang rentan terkena iritasi tentu membutuhkan deterjen yang mampu mengurangi resiko tersebut. Terlebih jika si kecil memiliki masalah kulit seperti misalnya ruam atau eczema (eksim).

Pilihan deterjen pakaian bayi berbentuk cair cenderung lebih dianjurkan untuk mengurangi risiko iritasi. Selain itu pilihan deterjen bebas pewangi buatan tanpa aroma sama sekali (unscented) cenderung lebih aman untuk bayi.

Memilih deterjen dengan label hypoallergenic bisa jadi pembersih tersebut kecil kemungkiniannya untuk memberi reaksi alergi bila dibandingkan dengan deterjen yang tidak memiliki label tersebut.

Cek Kembali Kandungan Bahan Deterjen

Jangan segan untuk meneliti kembali kandungan komposisi pembentuk deterjen untuk bayi atau bahkan deterjen untuk anggota keluarga secara keseluruhan. Selain hipoalergenik yang memang hampir tidak menyebabkan alergi jika digunakan, pilih juga deterjen yang bebas pengharum, pewarna, dan pencerah.

Hal ini dikarenakan tidak semua kulit bayi cocok dengan kandungan tersebut, sehingga dikhawatirkan si kecil tidak nyaman menggunakan bajunya. Selain itu kandungan pencerah sebetulnya tidak benar-benar membuat pakaian lebih bersih dan dapat mengiritasi kulit.

Untuk bahan dasar upayakan untuk memilih bahan dasar tumbuhan atau organik bila dibandingkan dengan bahan kimia. Selain itu bahan tersebut juga bersifat lebih ramah lingkungan.

Rekomendasi Merk Deterjen Pakaian Bayi yang Bersih dan Aman di Kulit

Sleek Baby Laundry Detergent

Memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan produk deterjen pakaian bayi lain, Sleek Baby Laundry Detergent juga mendapat penghargaan sebagai produk yang terpercaya. Tak hanya pakaian, tapi juga produk perlengkapan bayi lainnya.

Sleek yang terbuat dari bahan alami diformulasikan khusus untuk mencuci pakaian anak. Bahan alami dengan labelnya ‘Natural Plant Extract’ ini menjadikan baju anak menjadi lebih halus dan bersih dan membuat kulit bayi terjaga dari iritasi.

Tak hanya itu, mencuci tangan dengan Sleek Baby Laundry Detergent juga dapat membuat tangan lebih lembut tanpa iritasi, karena sudah teruji secara klinis dengan adanya predikat Dermatologically Tested.

Deterjen Sleek ini juga membuat baju terhindar dari apek karena tambahan formula antibakteri dan antijamur. Untuk itu Sleek Baby Laundry Detergent aman digunakan ketika musim hujan dan baju tidak cepat kering.

Harga Rp. 33.400-139.000

Rinso Gentle Deterjen

Salah satu deterjen pakaian bayi yang memiliki teknologi Smart Foam adalah Rinso Gentle Deterjen produksi Unilever. Teknologi ini bermanfaat untuk menghemat air karena hanya membutuhkan setengah jumlah air ketika mencuci baju.

Meskipun begitu, kemampuan deterjen ini untuk menghilangkan noda tetap maksimal karena mampu membuat pakaian bersih hingga ke dalam serat kain. Deterjen yang memang diformulasikan secara khusus untuk kulit bayi yang sensitif.

Selain itu Rinso Gentle Deterjen juga diperkaya dengan pH rendah yang juga terlah teruji secara dermatologis.

Harga Rp. 27.500-30.000

Cussons Baby Liquid Detergent

Cussons Baby Liquid Detergent merupakan salah satu deterjen pakaian bayi yang tidak mengandung pemutih. Selain itu deterjen ini mampu memberi perlindungan pada kulit bayi karena kandungan pHnya yang seimbang.

Kemampuannya dalam membunuh kuman didukung dengan label 99% removes bacteria pada kemasannya. Memiliki aroma yang lembut khas bayi, Cussons Baby Liquid Detergent memiliki kandungan ekstrak citrus alami yang dapat menghilangkan noda tanpa mengiritasi kulit.

Selain itu kandungan chamomile yang dimilikinya dapat menjaga pakaian agar tetap lembut. Tak hanya cocok untuk bayi, formula Cussons Baby Liquid Detergent juga dapat digunakan untuk anggota keluarga lain yang memiliki permasalahan kulit sensitif.

Harga Rp. 31.000-47.000

Cycle Baby Mild Laundry Detergent

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal dari deterjen lain, Cycle Baby Mild Laundry Detergent memberi perlindungan untuk kulit bayi yang sensitif. Hal ini karena bebas bahan kimia seperti pewarna, pencerah, pemutih, enzym, dan juga pelembut pakaian.

Seperti halnya namanya yakni Cycles, deterjen ini memiliki kemurnian dengan kemiripan mendekati air. Untuk itu Cycle Baby Mild Laundry Detergent direkomendasikan digunakan untuk pencucian pakaian bayi mulai usia 0 sampai 3 bulan. Termasuk juga untuk mencuci cloth diaper.

Meskipun aman dari bahan kimia, nyatanya deterjen ini mampu menjaga keaslian warna pakaian dan tidak membuatnya pudar. Deterjen Cycle dapat digunakan untuk pencucian manual maupun menggunakan mesin cuci.

Harga Rp. 52.500-135.000

Pigeon Baby Laundry Detergent

Diklaim sebagai deterjen yang bebas dari kandungan fosfat dan neon, Pigeon Baby Laundry Detergent Powder baik yang versi liquid maupun powder tidak akan menyebabkan pakaian luntur. Manfaat tersebut didukung dengan teknologi colorsafe yang juga membuat pakaian bayi tidak mudah kusam.

Sebagai salah satu deterjen pakaian bayi, Pigeon juga memiliki kandungan antibakteri yang aman untuk kulit bayi dan juga efektif membunuh kuman bakteri hingga 99,99%. Selain itu kandungan ekstrak tumbuhan alaminya juga ampuh untuk menghilangkan noda membandel yang terberat tanpa gosokan yang sekuat tenaga, namun tetap membuat pakaian lembut.

Menjadi deterjen yang ramah bagi lingkungan, Pigeon Baby Laundry Detergent versi juga dapat digunakan untuk mesin cuci ataupun pencucian manual.

Harga Rp. 41.000-109.000

Buds Baby Safe Laundry Detergent

Diformulasikan dari bahan-bahan organik dan bebas bahan kimia, Buds Baby Safe Laundry Detergent aman digunakan untuk bayi berkulit sensitif. Produk ramah lingkungan yang lolos uji Ecocert (lembaga sertifikasi organik terbesar di dunia) ini diformulasi tanpa menggunakan bahan kimia seperti pengawet ataupun pewangi buatan.

Untuk itu deterjen pakaian bayi ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Didukung dengan kandungan bahan organik aloe vera, Buds Baby Safe dapat memberikan kelembaban bagi kulit bayi.

Selain itu ada juga kandungan ekstrak citrus oil untuk mengatasi noda membandel, serta Tocopherol untuk membunuh kuman yang menempel.

Harga Rp. 246.900-289.900

Pure BB Laundry Liquid Detergent

Pure BB Laundry Liquid Detergen tidak menimbulkan iritasi dan aman untuk kulit bayi karena sudah terbukti bebas Sodium Lauryl Sulphate (SLS) atau formulasi bebas deterjen. Meskipun terdiri dari kandungan berbahan mild atau ringan, produk ini tetap mampu membersihkan dan menghilangkan kotoran hingga ke serat pakaian.

Kandungan aloe vera yang dimiliki mampu melembutkan bakaian, menyingkirkan bakteri dan jamur, serta membuat pakaian si kecil lebih wangi. Memiliki bentuk yang cair, Pure BB Laundry Liquid Detergent yang telah lolos uji hypoallergenic ini juga mudah dibilas saat proses pencucian.

Harga Rp. 30.500-36.700

Little Tree Laundry Detergent

Rekomendasi produk berikutnya yang juga bebas dari pewarna buatan, pencerah pakaian, fosfat dan bahan kimia lain yang berbahaya bagi kulit sensitif bayi adalah Little Tree Laundry Detergent. Memiliki kandungan ekstrak lavender, tea tree, aloe, hingga jeruk bayi membuat deterjen ini mampu membuat pakaian lebih segar dan memanjakan kulit bayi yang lembut.

Tak hanya dapat digunakan untuk pencuci pakaian si kecil, Little Tree Laundry Detergent juga bisa digunakan untuk mencuci baju seluruh anggota keluarga. Dengan bahan alami dan wangi menyegarkan, deterjen pakaian bayi satu ini juga lebih mudah dibilas tanpa meninggalkan residu sabun yang berlebihan.

Harga Rp. 111.000-192.200

My Baby Liquid Detergent

Kemampuan dari My Baby Liquid Detergent untuk membersihkan noda yang membandel secara maksimal didukung oleh formula stain-fighting enzyme di dalamnya. Di sisi lain kandungan antijamur dan antibakteri bermanfaat untuk menghindarkan pakaian dari bau apek dan menjaganya agar tetap higienis.

Sementara itu, bahan ekstrak chamomile dapat memberikan perlindungan pada bayi akibat terjadinya gesekan kain yang membuat bayi akan semakin nyaman. Tentu saja My Baby Liquid Detergent akan tetap menjaga warna pakaian cerah, terawat, serta lembut dipakai.

Harga Rp. 17.000-27.700

Precious Bee Gentle Laundry Liquid

Salah satu deterjen pakaian bayi yang memang sudah benar-benar terjamin kualitasnya adalah Precious Bee Gentle Laundry Liquid. Teknologi Ecobee yang dimilikinya membuat deterjen ini mampu mengangkat noda membandel dan membuat pakaian selalu terlihat bersih dan tegas.

Tak hanya aman untuk kulit si kecil, pembersih yang bersifat hypoallergenic ini juga lembut di tangan pencucinya. Tak perlu khawatir karena Precious Bee Gentle Laundry Liquid merupakan deterjen ramah lingkungan yang bebas dari bahan kimia yang berbahaya seperti di antaranya pencerah, pewarna, ataupun pemutih pakaian.

Deterjen yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci ataupun manual ini juga dapat digunakan untuk membersihkan produk atau perlengkapan bayi lainnya.

Harga Rp. 46.000-72.000
From our editorial team

Bagaimana dengan Pewangi Pakaian?

Tidak hanya deterjen pakaian, ketika menggunakan softener atau pewangi pakaian pun juga perlu diperhatikan. Untuk bayi yang baru lahir hingga berusia tiga bulan dengan kulit sensitif idealnya juga menggunakan softener yang tidak mengandung pewarna dan pewangi secara berlebihan. Pilihlah produk yang lolos uji dermatologi agar kulit bayi tetap halus dan sehat.