10 Rekomendasi Speaker Aktif untuk Mendengarkan Musik dan Nonton Film dengan Audio Nyata (2020)

10 Rekomendasi Speaker Aktif untuk Mendengarkan Musik dan Nonton Film dengan Audio Nyata (2020)

Speaker adalah perangkat audio yang banyak digunakan untuk menyajikan suara dalam volume dan kualitas tinggi. Mendengarkan musik maupun menonton film tentu lebih menyenangkan bila dilengkapi dengan speaker sebagai perangkat audionya. Membuat suara menjadi lebih nyata, ini dia ragam rekomendasi speaker aktif pilihan BP-Guide!

Kualitas Audio yang Lebih Baik Bisa Didapatkan dari Penggunaan Speaker Aktif

Para pencinta musik pasti memiliki speaker aktif untuk mendengarkan suara dengan kualitas terbaik. Speaker aktif banyak dipilih lantaran performanya yang maksimal dalam menunjang berbagai kegiatan. Berbeda dengan speaker built-in yang sudah terpasang otomatis pada laptop, smartphone, maupun televisi, speaker aktif mampu memberikan kualitas audio yang lebih baik. Di era serba digital ini speaker aktif tidak hanya digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik, ataupun karaoke, namun juga digunakan sebagai perangkat audio gaming.

Kelebihan Speaker Aktif

Lebih Simpel dan Ringkas

Berbicara tentang speaker aktif, kamu perlu memahami berbagai kelebihannya sebelum memutuskan untuk membeli. Pertama, speaker aktif dikenal lebih simpel dan ringkas. Speaker ini hadir sekaligus dengan power-nya, sehingga lebih praktis. Kecocokan speaker dan power juga menunjang kualitas suara yang dihasilkan.

Jarang Rusak karena Overload

Speaker aktif hadir dengan amplifier dan impedansi yang telah disesuaikan dengan speaker-nya. Kesesuaian amplifier dan speaker telah dicocokkan oleh pabrik dan tidak dapat dimodifikasi lagi. Dengan demikian, pengaturan ini membuat speaker aktif jarang rusak akibat overload.

Meminimalkan Penurunan Kualitas Audio

Salah satu permasalahan yang sering dialami dalam penggunaan speaker adalah penurunan kualitas audio. Namun, hal ini dapat diminimalkan dengan menggunakan speaker aktif. Speaker aktif memiliki jarak kabel power dan speaker yang dekat, sehingga kualitas audio yang dihantarkan tetap terjaga dan nyaman didengar.

Telah Dilengkapi Crossover

Kelebihan berikutnya dari speaker aktif yaitu telah dilengkapi dengan crossover. Dengan menggunakan crossover, maka sinyal suara yang masuk akan dipisahkan berdasarkan rentang frekuensinya. Dengan demikian tweeter, speaker, dan subs masing-masing akan mendapatkan frekuensi yang sesuai. Sehingga, suara yang dihasilkan lebih jelas dan speaker terhindar dari kerusakan akibat ketidaksesuaian respons frekuensi.

Tips Memilih Speaker Aktif

Pastikan Daya Speaker Sesuai dengan Daya Listrik di Rumah

Dalam memilih speaker aktif, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar mendapatkan produk yang terbaik. Pertama, sesuaikan daya speaker yang hendak dibeli dengan daya listrik rumah. Dengan demikian, kamu bisa memastikan bahwa daya listrik rumah cukup untuk mengoperasikan speaker pilihanmu.

Daya speaker juga berpengaruh pada performa suara yang dihadilkan. Biasanya, speaker dengan double woofer yang menghasilkan suara bertenaga membutuhkan daya lebih besar. Tentu besar daya ini juga berpengaruh pada konsumsi listrik.

Pilih Ukuran Woofer atau Subwoofer yang Besar

Bagi kamu yang mendambakan speaker aktif dengan suara jernih, pilih speaker dengan ukuran woofer atau subwoofer yang besar. Semakin besar ukurannya, suara yang dihasilkan oleh speaker akan semakin jelas. Apalagi bagi kamu yang menginginkan nada bass bertenaga, maka pastikan memilih woofer dengan diameter yang lebih besar.

Pilih Speaker dengan 3-Way System

Perlu diketahui bahwa umumnya speaker aktif menggunakan sistem audio dengan konfigurasi 2 way dan 3 way. Konfigurasi 2 way menggunakan midbass dan tweeter, sedangkan 3 way dilengkapi dengan speaker tambahan bernama midrange. Dari dua pilihan sistem audio di atas, speaker dengan sistem 3 way lebih disarankan. Speaker 3 way memiliki kualitas suara yang lebih jelas dan kompleks karena disertai midrange yang mampu memisahkan sumber suara.

Perhatikan Konektivitas dan Fitur Tambahan yang Tersedia

Konektivitas dan speaker tambahan adalah aspek berikutnya yang perlu dipertimbangkan kala membeli speaker. Kini banyak speaker yang memiliki konektivitas Bluetooth. Ada pula speaker yang telah dilengkapi dengan fitur USB dan micro SD, sehingga mendengarkan audio menjadi lebih mudah dan praktis.

Untuk kemudahan penggunaan, pilih speaker yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut. Namun, sesuaikan pula dengan kebutuhan, sebab semakin lengkap fitur yang ditawarkan sebanding dengan harga yang dimiliki.

Sesuaikan dengan Bujet

Dalam membeli apapun, bujet menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan. Begitu pula dalam memilih speaker yang termasuk alat elektronik dengan harga yang lumayan. Tetapkan besaran anggaran, kemudian sesuaikan speaker yang hendak dipilih dengan kebutuhan. Lebih baik menabung terlebih dahulu untuk membeli speaker yang berkualitas, daripada tergiur dengan speaker murah yang kualitasnya meragukan.

Audio Makin Nyata dengan 10 Rekomendasi Speaker Aktif Terbaik yang suaranya Nendang Abis

Thonet & Vander Dass

Rekomendasi speaker aktif yang pertama adalah Thonet & Vander Dass. Produk ini merupakan perangkat audio dengan respons tinggi yang memberikan kualitas suara terbaik. Speaker ini cocok dipilih sebagai perangkat audio kala menonton film, mendengarkan musik, ataupun bermain game.

Speaker aktif Thonet & Vander Dass hadir dengan daya output 60 Watt, yaitu 30 Watt pada speaker pusat dan 15 Watt pada setiap satelit. Produk dengan input RCA stereo ini memiliki kotak akustik berbahan wooden box HDAA serta driver dan mid-range size berbahan cane lignin. Tak hanya performa, desain klasik speaker ini juga banyak disukai.

Harga Rp. 1.795.000-2.212.000

Speaker Advance M180BT

Advance juga mengeluarkan produk speaker aktif yang patut dilirik. Salah satunya adalah Speaker Advance M180BT yang menggunakan sistem 2.1, sehingga menghasilkan suara yang bertenaga. Produk ini hadir dengan dimensi 16 x 24,1 x 17 cm yang praktis dibawa kemana-mana.

Speaker Advance M180BT merupakan speaker dengan sambungan Bluetooth yang bisa dihubungkan pada smartphone maupun PC. Produk ini juga bisa digunakan dengan sambungan aux line in pada laptop, smartphone, USB flashdisk, hingga micro SD. Produk dengan super woofer system ini tersedia dalam warna hitam dengan frame berwarna perak.

Harga Rp. 295.000-450.000

Speaker Aktif ROBOT RS200 Stereo Gaming 3.5mm

Bermain game pasti lebih menyenangkan dengan perangkat audio yang mampu menghadirkan suara bertenaga. Tak perlu bingung mencari speaker yang cocok, Speaker Aktif ROBOT RS200 Stereo Gaming 3.5mm bisa menjadi pilihan untuk menemani kegiatan game-mu. Satu set produk ini berisi sepasang speaker untuk kanan dan kiri.

Speaker Aktif ROBOT RS200 Stereo Gaming 3.5mm menghasilkan audio stereo dengan bass yang bertenaga. Produk ini telah dibekali dengan tombol pengaturan volume dan USB untuk pengisian daya. Hadir dengan ukuran praktis 15,5 x 11 x 7,4 cm, speaker ini juga mudah disambungkan pada berbagai perangkat dengan port aux 3,5 mm.

Harga Rp. 102.000-135.000

GMC 886P Multimedia Bluetooth Speaker

GMC 886P Multimedia Bluetooth Speaker adalah rekomendasi speaker aktif berikutnya yang cocok untuk berbagai kegiatan. Speaker keluaran GMC ini dapat dikoneksikan pada smartphone, DVD, televisi LED, maupun PC menggunakan Bluetooth. Tak hanya itu, speaker ini juga bisa disambungkan dengan USB/MMC.

Hadir dengan daya 100 RMS, produk ini memiliki rentang frekuensi 20-20.000 Hz. Dibekali dengan USB port, produk ini juga memiliki LED light yang mempercantik tampilannya. Speaker ini dapat diatur dengan remote control, sehingga mudah dikontrol dari jarak jauh.

Harga Rp. 529.888-650.000

Speaker Aktif Advance M180BT

Rekomendasi speaker aktif berikutnya adalah Speaker Aktif Advance M180BT. Produk dengan super woofer system ini memiliki daya 35 Watt. Untuk mengoperasikannya, speaker ini bisa disambungkan menggunakan Bluetooth maupun port aux.

Speaker Aktif Advance M180BT dilengkapi dengan slot MMC dan USB yang memungkinkan pengoperasian tanpa koneksi Bluetooth. Dapat disambungkan pada handphone, komputer, televisi, hingga DVD, speaker ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio. Keistimewaan lain produk ini terletak pada desainnya yang kokoh dan elegan.

Harga Rp. 275.000-299.999

NIKO MOVI.4 Speaker Aktif Meeting Portable Bluetooth

Speaker portabel memang banyak dicari lantaran desainnya yang praktis dan mudah dibawa bepergian. Salah satu speaker dengan konsep portabel yang patut dilirik adalah NIKO MOVI.4 Speaker Aktif Meeting Portable Bluetooth. Speaker aktif ini menggunakan baterai rechargeable dengan kapasitas 1.800 mAh.

Produk ini cocok digunakan untuk keperluan outdoor dan bisa bertahan sekitar 3 jam. Selain dapat disambungkan melalui Bluetooth, speaker ini juga bisa dioperasikan dengan kabel aux, USB, dan SD card. Dalam satu paket produk ini tersedia masing-masing satu unit speaker, remote, kabel aux, kabel charger, buku petunjuk, dan kartu garansi.

Harga Rp. 260.000-408.000

Speaker Aktif Polytron PMA 9506

Dikenal dengan berbagai produk elektroniknya, Polytron juga mengeluarkan berbagai produk speaker aktif yang berkualitas. Misalnya saja Speaker Aktif Polytron PMA 9506 yang menghadirkan suara bertenaga. Produk dengan output daya 140 Watt ini dapat disambungkan menggunakan Bluetooth, kabel aux, atau langsung dioperasikan dengan USB atau SD card.

Speaker Aktif Polytron PMA 9506 dibekali dengan remote control untuk mengatur performanya. Speaker ini memiliki mode Bazooke yang berguna untuk menguatkan suara bass. Bagian penyuaraannya memakai satu subwoofer dan sepasang satellite speaker untuk memaksimalkan performanya.

Harga Rp. 865.000-1.469.000

Sharp CBOX-MTB210SW2 Speaker

Siapa sih yang tak kenal dengan merek Sharp? Dari berbagai produk elektronik keluarannya, speaker adalah salah satu produknya yang banyak dilirik, termasuk Sharp CBOX-MTB210SW2 Speaker. Speaker ini dapat dikoneksikan menggunakan Bluetooth serta dapat dioperasikan secara langsung menggunakan USB.

Speaker aktif ini didukung dengan output power sebesar 25 Watt dan audio stereo 2.1 inci, sehingga menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga. Menariknya, speaker ini kompatibel dengan aneka gadget, baik handphone, laptop, hingga music player. Didesain elegan, speaker aktif ini tersedia dalam dua warna netral, hitam, dan putih.

Harga Rp. 850.000-1.155.000

Simbadda Speaker CST 28

Simbadda Speaker CST 28 adalah speaker aktif berikutnya yang direkomendasikan. Produk asli Indonesia ini merupakan speaker portabel yang didesain praktis untuk dibawa ke mana pun. Speaker dengan daya 24 Watt ini dilengkapi dengan USB port untuk memudahkan pengoperasian.

Dibekali dengan roda, speaker ini cocok dibawa bepergian untuk acara outdoor. Selain port USB, produk ini juga memiliki microphone dan guitar input. Dalam satu paketnya juga telah tersedia wireless microphone, sehingga lebih hemat dan lengkap.

Harga Rp. 1.650.000-2.397.600

Speaker Aktif Roadmaster Pro Beat 12

Rekomendasi terakhir produk speaker aktif adalah Speaker Aktif Roadmaster Pro Beat 12. Produk dengan koneksi Bluetooth ini juga bisa mendukung konektivitas USB, SD card, serta FM Radio. Speaker ini memiliki sistem 3 way dengan woofer 4 x 12 inci, midrange 2 inci, dan tweeter 1 inci.

Produk ini hadir dengan dimensi 47 x 61,2 x 48,5 cm yang tergolong ideal. Keistimewaan produk ini terletak pada pengaturan volume, bass, xbass, dan treble yang bisa dipilih sesuai selera. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan pengaturan volume mikrofon serta echo.

Harga Rp. 1.850.000-2.980.000
From our editorial team

Speaker Aktif Portabel untuk Kamu yang Gemar Traveling

Suka traveling sambil mendengarkan musik? Kamu bisa meramaikan perjalanan liburanmu dengan speaker aktif portabel untuk mendengarkan musik. Speaker aktif kini juga hadir dalam produk portabel yang bisa dicharge dan dibawa kemana saja. Tentu tipe speaker ini memudahkanmu dalam mengoperasikannya, karena tak memerlukan sumber listrik kala baterai telah terisi. Speaker ini juga lebih praktis dibawa bepergian karena hadir dalam ukuran yang ringkas dan minimalis.