10 Rekomendasi Game Controller Terbaik, Ngegame Makin Asyik! (2022)

10 Rekomendasi Game Controller Terbaik, Ngegame Makin Asyik! (2022)

Game controller penting banget dalam mengendalikan permainan video. Bahkan, bisa dibilang kalau beberapa permainan video nggak bisa dimainkan tanpa pengendali permainan ini.

Kendalikan Permainan Menggunakan Game Controller

Bagi kamu pecinta game, pasti sudah nggak asing lagi dengan game controller. Game controller atau yang sering juga disebut sebagai gamepad atau joystick, adalah pengendali permainan video dengan menggunakan ibu jari. Selain stik analog yang bisa digerak-gerakkan, biasanya game controller juga memiliki berbagai tombol untuk mengarahkan dan mengatur permainan.

Biasanya, game controller ini akan kamu butuhkan kalau kamu bermain game melalui PC serta konsol game seperti PlayStation, Nintendo Switch, atau Xbox. Bahkan, saat ini kamu juga bisa menggunakan game controller untuk bermain di smartphone, lho!

Tips Memilih Game Controller

Harga game controller biasanya bervariasi, dari yang cukup terjangkau sampai yang mahal banget. Nah, daripada menyesal salah beli, ada tips-tips memilih game controller yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, nih!

Pilih Game Controller Berdasarkan Modelnya

Tips yang pertama, kamu bisa memilih game controller berdasarkan model yang sesuai selera kamu. Ada beberapa model game controller, misalnya yang menggunakan kabel atau wireless. Joystick yang menggunakan kabel biasanya harganya lebih terjangkau, tapi kamu nggak bisa bergerak bebas dan nggak bisa bermain terlalu jauh dari game konsol kamu.

Nah, sementara kalau joystick wireless harganya bisa lebih mahal dari yang menggunakan kabel, tapi kamu bisa main dengan bebas tanpa tersambung dengan game konsol.

Selain itu, game controller juga punya model yang bermacam-macam, mulai dari bentuk hingga warna. Layout serta kelengkapan tombol dan analog di setiap game controller juga berbeda-beda. Ada yang memiliki satu analog, dua analog, atau bahkan tanpa analog. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan kamu.

Perhatikan Cara Pengisian Daya Baterai

Ternyata, game controller juga punya cara pengisian daya batterai yang berbeda-beda, nih. Ada joystick dengan rechargeable battery yang bisa diisi dengan cara dicharge, dan ada juga yang harus mengganti baterai dengan batu baterai. Pastikan sebelum kamu membeli game controller, kamu memerhatikan bagian ini juga, ya!

Sesuai dengan Perangkat Game yang Kamu Miliki

Nah, penting juga untuk menyesuaikan game controller dengan perangkat game yang kamu miliki. Entah kamu mau bermain di PC, game console, atau smartphone, pastikan joystick yang akan kamu beli compatible dan bisa digunakan.

Karena setiap game controller punya peruntukannya masing-masing dan nggak semua joystick cocok digunakan di berbagai platform permainan.

Fitur-Fitur pada Game Controller

Setiap game controller juga punya fiturnya masing-masing, lho. Misalnya, ada joystick yang bisa menghasilkan dual vibrate atau mode getar sehingga pengalaman bermain semakin terasa nyata dan menyenangkan.

Selain itu, ada juga fitur turbo yang bisa mengatur kecepatan respons tombol dengan mengulang beberapa aksi hanya dengan menekan satu tombol. Ada juga game controller yang memiliki fitur sentuh atau touchpad seperti mousepad pada laptop, lho.

Harga Sesuai Budget

Yang pasti, sebisa mungkin kamu menyesuaikan game controller yang mau kamu beli dengan anggaran yang kamu punya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan prioritas kamu.

Misalnya, kamu mau membeli game controller yang canggih dengan fitur yang lengkap dan cocok dengan game konsol yang kamu punya, maka nggak masalah kalau kamu membeli joystick dengan harga yang agak mahal.

Namun, kalau ternyata kebutuhan kamu nggak banyak dan kamu nggak perlu joystick yang terlalu canggih, sebaiknya kamu membeli game controller yang lebih sederhana dengan harga yang lebih terjangkau.

Cari Rekomendasi Merek Game Controller yang Bagus

Kamu juga bisa mencari rekomendasi merek dan model game controller yang bagus dan sesuai dengan kebutuhanmu. Saat ini sudah ada banyak banget merek game controller dengan model dan fitur yang berbeda-beda. Nah, biar nggak salah, kamu bisa mencari review dan rekomendasinya yang sekarang sudah banyak ditemukan di internet.

10 Rekomendasi Game Controller Terbaik

Dengan begitu banyaknya merek dan model game controller yang ada, kamu mungkin bingung untuk memilih yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan bingung lagi, berikut ini 10 rekomendasi game controller terbaik yang bisa kamu cek!

Stick Xbox Series S Wireless Controller

Ini dia salah satu game controller dengan desain yang unik dan sophisticated. Controller dari game console Xbox Series S keluaran Microsoft ini memiliki dua pilihan warna, yaitu putih dan hitam. Modelnya yang menarik, kokoh, dan ergonomis, membuat joystick ini sangat nyaman untuk digenggam dan digunakan.

Tombol dan analognya juga ditempatkan dengan tepat sehingga mudah untuk kita raih ketika sedang bermain. Selain itu, tombolnya juga empuk, lho. Di bagian belakang stick ini juga terdapat grip yang menjadikannya anti-slip kalau tangan kita berkeringat.

Karena ukuran game controller ini cukup lebar, kamu nggak perlu meragukan kenyamanannya kalau kamu memiliki tangan yang besar.
Meski nggak dilengkapi dengan touchpad, fitur di game controller ini cukup lengkap, dengan tombol home, LB, RB, RT, LT, serta tombol X, Y, A, dan B. Game controller ini juga punya fitur dual vibrate yang bikin pengalaman bermain kamu jadi lebih seru.

Harga Rp. 845.000-1.947.200

PS5 DualSense Controller

Kalau game controller satu ini adalah keluaran Sony PlayStation. Nggak terbatas pada region tertentu, semua stick PS5 dapat digunakan di semua console PS5 region apa pun, lho. Selain di PlayStation, stick ini juga bisa digunakan di PC, Mac, iOS, bahkan bisa di Windows 10 dan Windows 11 juga.

Uniknya, kalau kamu bermain game di Steam, kamu bisa mensimulasikan joystick DualSense ini untuk dijadikan game controller di Xbox atau PS 4, nih. Kamu juga bisa menggunakan joystick ini dengan kabel ataupun tanpa kabel alias wireless. Game control ini rechargeable dan tahan hingga 12 jam penggunaan.

Harga Rp. 874.500-1.600.000

Astro C40 TR

Astro adalah perusahaan konsol yang diakuisisi oleh Logitech. Astro awalnya terkenal karena produk headset gaming mereka. Nah, ternyata mereka juga memiliki produk game controller yang bagus, nih. Bahkan, Astro C40 TR juga disebut-sebut sebagai controller terbaik untuk PlayStation 4.

D-pad atau Directional Pad dari C40 ini kualitasnya lebih bagus dibanding game controller saingannya. Sayangnya, joystick ini terbilang sangat mahal, sehingga kamu harus pikir-pikir dulu sebelum membelinya. Namun, dengan kualitas yang sebagus ini, game controller ini layak untuk dipertimbangkan.

Harga Rp. 4.000.000-15.000.000

8BitDo SN30 Pro

Ini dia joystick yang cocok banget buat pecinta konsol game klasik. Dibuat dengan desain retro, model joystick ini seperti gabungan antara controller PlayStation dan Super Nintendo. Walau modelnya jadul, tapi controller ini bisa wireless atau tanpa kabel dengan Bluetooth 4.0, lho. Ini juga bisa dimainkan menggunakan kabel USB-C.

Harga Rp. 400.000-1.150.000

Logitech F710 Wireless Gamepad

Logitech adalah merek yang cukup terkenal di dunia perangkat gadget, tak terkecuali game controller. Di joystick ini terdapat empat button, satu D-pad dengan 8 arah, dua shoulder button, dua shoulder trigger, button Home, Start, dan Back, serta dua analog yang juga bisa jadi tombol untuk mengeklik.

Di sini juga ada button untuk vibration control dan mode selector. Meski terbilang cukup canggih, tapi game controller ini masih membutuhkan dua baterai AA untuk mengisi dayanya.

Harga Rp. 255.000-1.700.000

IPEGA 4023 Wireless Game Controller

IPEGA adalah salah satu merek yang sangat terkenal sebagai produsen game controller. Serinya yang satu ini bisa dimainkan untuk PS4, PS3, iOS, serta Windows PC.

Yang unik dari game controller ini adalah adanya indikator LED berwarna-warni. Joystick ini memiliki dual motor vibration, serta dilengkapi dengan built-in speaker dan 3.5 mm stereo headset jack. Selain itu, controller yang memiliki touch pad ini juga rechargeable dengan kapasitas baterai 600 mAH.

Harga Rp. 300.000-560.000

IPEGA Universal Bluetooth Game Controller for Smartphone - PG-9078

Ini dia joystick yang bisa kamu gunakan untuk bermain di smartphone. Wireless controller ini compatible untuk iOS, Android, maupun PC. Nggak perlu pakai kabel, kamu bisa mengoperasikannya menggunakan koneksi Bluetooth.

Selain itu, controller ini juga dilengkapi dengan holder untuk meletakkan smartphone berukuruan 4 sampai 5,5 inchi sebagai layar game.

Harga Rp. 155.000-438.000

Fantech SHOOTER II GP13

Kalau kamu mencari game controller dengan harga yang terjangkau, yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Nggak hanya cocok untuk dimainkan di PS3, controller ini juga bisa kamu mainkan di Windows 7, 8, dan 10. Memiliki panjang kabel braided cord 1,8 meter, kamu nggak perlu khawatir nggak bisa leluasa bermain.

Dengan layout yang sudah familiar, kamu nggak perlu beradaptasi dan bisa langsung bermain dengan mudah. Joystick ini juga punya fitur dual vibration dan turbo, lho!

Harga Rp. 150.000-450.000

Omelet Gaming JoyPad/JoyCon Controller for Nintendo Switch

Game controller untuk Nintendo Switch ini memiliki bentuk dan warna yang menarik banget. Dilengkapi dengan LED multi-warna, controller ini memiliki desain yang ergonomis, serta bisa untuk penggunaan single player maupun multi player.

Controller ini memiliki fitur fungsi turbo untuk menembak sangat cepat tanpa menekan berkali-kali, serta kontrol untuk gerakan gyro yang membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan.

Sudah dilengkapi dengan baterai 3,7 V 500 mAH, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisinya. Jika sudah terisi penuh, kamu bisa menggunakannya untuk bermain selama 3 sampai 4 jam.

Harga Rp. 679.000-2.300.000

GameSir G4 Pro Joystick Gamepad

Nggak hanya bisa untuk smartphone, game controller ini juga bisa digunakan di Nintendo Switch, PC, bahkan layanan cloud gaming misalnya Stadia. Memiliki desain yang mirip dengan controller Xbox, Gamesir G4 Pro ini memiliki sayap yang lebar dengan layout tombol yang serupa. Dua analog, di mana satu analog terletak di kiri atas sementara satu lagi terletak di kanan bawah. Di bawah analog kiri terdapat D-pad, sementara di kanan atas terdapat button A, B, X, dan Y.

Uniknya, game controller ini memiliki holder untuk smartphone atau Nintendo Switch yang bisa dilipat di tengah ketika nggak digunakan. Desainnya yang ergonomis dengan grip karet di bagian samping terasa nyaman di tangan dan nggak membuatnya licin ketika tangan berkeringat.

Dilapisi material plastik khusus membuat tombol di controller ini nggak cepat pudar walau berkali-kali terkena minyak dan keringat dari tangan. Shoulder button dengan material alumunium juga membuatnya tahan lama, meskipun agak keras untuk ditekan sehingga kurang responsif.

Harga Rp. 500.000-1.700.000
From our editorial team

Game controller multisupport akan lebih berguna buatmu!

Ingat baik-baik untuk memilih game controller yang mendukung banyak konsol game maupun smartphone. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan untuk memainkan game dengan controller favorit kamu tersebut!