Monitor Gaming Terbaru 2022 dari Berbagai Merk Terbaik untuk Kamu Si Penikmat Game!

Monitor Gaming Terbaru 2022 dari Berbagai Merk Terbaik untuk Kamu Si Penikmat Game!

Punya hobi bermain game? Atau kamu baru menggeluti dunia ini dan ingin menjadi profesional? Salah satu aksesoris pendukung untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang menyenangkan dan tak kalah penting dari prosesor adalah monitor. Apa saja hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih monitor? Simak selengkapnya di artikel ini, semua informasi seputar monitor dan rekomendasinya.

Tidak Kalah Penting, Monitor Game sebagai Aksesoris Pendukung untuk Pengalaman Gaming yang Menyenangkan

Prosesor komputer bisa jadi merupakan hal utama yang dilihat oleh penikmat gaming ketika memutuskan untuk membeli suatu perangkat penunjang aktivitas gamingnya. Akan tetapi, kamu sebagai penikmat gaming, tentu akan sangat setuju bahwa ada satu hal yang tak kalah penting dibandingkan dengan prosesor, yaitu monitor itu sendiri.

Bagi orang awam, monitor sepintas hanyalah sebuah aksesoris tambahan yang berfungsi untuk menampilkan visual dari suatu game. Lebih dari itu, ternyata ada beberapa faktor dalam memilih monitor yang terbaik sehingga pengalaman bermain game pun menjadi lebih menyenangkan.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Monitor Gaming

Resolusi

Satu hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak memilih suatu monitor gaming adalah resolusi monitor. Resolusi inilah yang berpengaruh pada ketajaman gambar sehingga kualitas gambar yang dihasilkan oleh monitor pun akan baik. Ada beberapa tipe resolusi monitor yang beredar di pasaran, tetapi resolusi yang banyak dipilih adalah Quad HD/ 1440p.

Resolusi 1440p banyak dipilih mengingat ini merupakan pilihan yang berada di pertengahan. Yang dimaksud pertengahan adalah dengan kualitas lebih baik dibanding 1080p, monitor dengan resolusi 1440p dihargai jauh lebih murah dibandingkan monitor resolusi 4K. Selain itu, mengingat juga bahwa semakin besar resolusi monitor maka ukuran layar monitor yang diperlukan pun akan semakin besar. Hal ini menyebabkan resolusi 1440p sangat disukai oleh penikmat gaming.

Ukuran Layar Monitor

Sebelumnya sudah disinggung bahwa pemilihan resolusi monitor akan berpengaruh juga terhadap ukuran layar monitor. Jika resolusi yang cukup baik adalah 1440p, maka berapakah ukuran layar monitor yang sebaiknya dipilih?

Pemilihan layar monitor yang tepat ternyata memiliki keterkaitan dengan kenyamanan ataupun posisi ergonomis badan pada saat menatap layar monitor. Posisi tubuh di depan layar monitor yang disarankan oleh OSHA adalah sekitar 46-61 cm.

Pada posisi ini, pandangan manusia dapat menjangkau keseluruhan visual yang ditampilkan monitor sehingga badan tidak perlu banyak bergerak yang menyebabkan posisi ini sangat ergonomis. Pelaku gaming sendiri cenderung memilih ukuran layar yang berada di rentang 21-27 inch karena ukuran ini dianggap yang paling ideal dengan jarak pandang yang disarankan.

Refresh Rate Monitor

Hal terakhir yang juga harus dipertimbangkan saat memilih monitor adalah refresh rate monitor. Apakah yang dimaksud dengan refresh monitor? Secara umum, semakin tinggi refresh rate maka visual gambar yang disajikan oleh monitor akan semakin halus.

Refresh rate sendiri memiliki pengertian seberapa banyak gambar akan di refresh oleh monitor dalam satuan waktu. Saat membaca spesifikasi monitor, maka angka yang menunjukkan refresh rate suatu monitor ditunjukkan oleh angka dengan satuan Hz.

Lalu, berapakah angka refresh rate monitor yang disarankan? Untuk hasil terbaik dan optimal, maka refresh rate yang disarankan adalah 144 Hz. Sementara itu, untuk refresh rate di atas 144Hz lebih disarankan untuk penikmat game dengan kecepatan perubahan gambar yang tinggi, misalnya game simulator atau balapan dan sebagainya.

Tipe Panel Monitor Gaming

Twisted Nematic (TN)

Sumber gambar www.sharpmeg.com

Tak hanya tiga faktor di atas saja yang perlu kamu pertimbangkan, berikutnya ada juga tipe-tipe panel monitor gaming untuk memperbanyak pilihanmu saat membeli sebuah monitor gaming. Tipe yang pertama adalah Twisted Nematic atau disingkat TN. TN merupakan tipe tertua yang masih banyak digunakan oleh penikmat gaming hingga sekarang.

Salah satu keunggulan tipe panel TN adalah pada akurasi dan cepatnya response time. Hal ini menjadikan panel TN sangat cocok untuk kamu yang gemar bermain multiplayer. Dengan kecepatan response time hingga 1 ms, panel TN juga menawarkan hasil gambar yang cukup halus.

Meski begitu, karena merupakan tipe panel tertua, tentu saja TN memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan panel TN ada pada sudut pandang yang terbatas serta warna yang ditawarkan tidak sebanyak penggantinya sehingga gambar yang dihasilkan pun kurang tajam. Bagaimana, masih tertarik dengan panel satu ini?

In-plane Switching (IPS)

Tipe selanjutnya adalah In-Plane Switching (IPS). Sebagai pengganti panel sebelumnya, kelebihan utama yang ditawarkan tipe panel ini tentu saja adalah sudut pandang yang lebih luas dibandingkan panel TN. Tidak hanya itu, kontras warna, cahaya hingga ketahanan panel terhadap kerusakan seperti benturan juga merupakan keunggulan dari panel IPS.

Meski muncul setelah panel TN, ternyata beberapa kelemahan panel IPS juga harus kamu pertimbangkan sebelum memilih panel tipe ini. Salah satu kelemahannya yang cukup menjadi sorotan adalah panel ini tidak bisa mengalahkan kecepatan panel TN dalam hal response time. Selain itu, harganya yang cenderung lebih mahal dengan konsumsi listrik yang lebih tinggi, dibanding panel TN juga cukup menjadi pertimbangan sebagian orang yang akan membelinya.

Vertical Alignment (VA)

Tipe panel terakhir adalah VA, yaitu Vertical Alignment. Tipe panel ini digemari karena menyajikan kontras terbaik dibandingkan kedua tipe panel lainnya. Selain itu, panel VA juga memiliki response time yang cukup tinggi hingga 2-3 ms.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh panel ini adalah bisa digunakan untuk berbagai jenis game yang sifatnya variatif. Dalam hal sudut pandang, panel VA juga sudah lebih baik dibandingkan dengan panel TN.

8 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaru 2022

Acer Nitro XV242Y_P

Ini dia salah satu monitor gaming terbaru tahun 2022 dari brand Acer, yaitu Acer Nitro XV242Y_P. Monitor gaming satu ini bisa kamu dapatkan di marketplace dengan harga yang relatif terjangkau. Meski dijual dengan harga terjangkau, kamu tak perlu khawatir karena spek yang ditawarkan cukup mumpuni untuk teman bermain game kamu.

Acer Nitro XV242Y_P hadir dengan tipe panel IPS berukuran 24 inch. Tak hanya berukuran ideal, monitor gaming ini juga memiliki keunggulan berupa tingginya angka response time hingga 0,5 ms dengan teknologi Full Ergo Zero Frame. Lebih lengkap lagi, kontras gambar yang dihasilkan juga sangat bagus kualitasnya karena monitor ini sudah bersertifikasi VESA Certificated Display HDR 400.

Harga Rp. 2.800.000-3.500.000

Samsung Odyssey G7

Berikutnya, ada yang baru dari Samsung, yaitu Odyssey G7. Samsung sendiri mengklaim seri Odyssey sebagai monitor dengan kelengkungan 1000R pertama yang ada di dunia. Dengan harga yang termasuk murah di kelasnya, Odyssey G7 memang ditujukan penggunaannya untuk atlet e-sport profesional.

Hadir dengan ukuran layar monitor 27", Odyssey menawarkan opsi monitor yang cepat, akurat dan responsif dengan kontras hitam putih yang lebih baik. Refresh rate dari monitor ini berada di angka 240 Hz, lebih tinggi dibandingkan kebanyakan monitor lainnya yang hanya 144 Hz. Dengan response time 1 ms, Odyssey G7 menjadi monitor 4K yang cukup menarik untuk dijadikan pilihan dalam jajaran monitor gaming terbaru 2022.

Harga Rp. 11.000.000-13.500.000

MSI Optix G241V

Tidak ketinggalan, MSI juga hadir sebagai monitor gaming terbaru dengan tipe MSI Optix G241V. MSI Optix G241V merupakan monitor dengan tipe panel IPS berukuran kurang lebih 24 inch. Seperti Odyssey G7 dari Samsung, MSI Optix G241V juga menawarkan ketajaman gambar untuk warna yang lebih gelap.

Beberapa fitur unggulan lainnya dari seri MSI satu ini adalah wide color gamut, sudut pandang lebar hingga 178 ° dan desainnya yang tanpa bingkai. Dengan harganya yang relatif mahal, MSI Optix G241V sudah dilengkapi dengan anti flicker dan less blue light. Fitur satu ini menjadikan MSI Optix G241V juara dalam hal kenyamanan pandangan dan kebebasan tanpa mengalami kelelahan pada mata saat bermain game.

Harga Rp. 2.300.000-3.250.000

Samsung Odyssey Neo G9

Masih dari seri Samsung seri Odyssey, selanjutnya adalah Samsung Odyssey Neo G9. Berbeda dari rekomendasi monitor sebelumnya, Samsung Odyssey G9 hadir dengan layar berbentuk curve yang cukup besar, yaitu 49 inch.

Tipe panel pada monitor keluaran Samsung ini adalah tipe VA. Di Indonesia, kamu bisa membelinya secara online di Tokopedia. Sementara ini, Samsung Odyssey Neo G9 belum tersedia di marketplace lainnya.

Harga Rp. 30.000.000-40.000.000

Asus ROG Swift PG32UQX

Bicara soal monitor gaming, belum lengkap rasanya tanpa membicarakan seri ROG keluaran Asus. Berikut ini di dalam jajaran monitor gaming terbaru 2022 adalah Asus ROG Swift PG32UQX. Dibanderol dengan harga fantastis, Asus ROG Swift PG32UQX hadir dengan panel IPS berukuran 32 inch dan refresh rate 144 Hz.

ROG Swift PG32UQX hadir dengan mengusung beberapa keunggulan, seperti gaming 4k supersmooth, prosesor NVIDIA G-Sync terbaru, kenyamanan dan visual HDR yang sangat berkualitas. Tak hanya itu, monitor ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan streaming, karena dilengkapi port usb dan soket untuk tripod di bagian atas monitor. Untuk fitur, ASUS ROG memang tidak ada lawan bukan?

Harga Rp. 51.000.000-67.000.000

LG Ultragear 32GP850-B

Brand ternama lain, LG juga tak ketinggalan menawarkan monitor gaming terbaru di tahun 2022. Salah satunya adalah LG Ultragear 32GP850-B. Dari segi harga, ukuran monitor dan fitur-fitur yang ditawarkan, seri ini merupakan tandingan dari Asus ROG Swift PG32UQX yang telah disebutkan sebelumnya.

Bedanya, refresh rate yang ada pada monitor ini lebih tinggi, yaitu 165 Hz. Teknologi FreeSync™ Premium yang diusung memanjakan penggunanya dengan kehalusan gambar bahkan untuk game yang membutuhkan kecepatan dan resolusi tinggi.

Harga Rp. 6.800.000-9.000.000

Acer Nitro VG240Y

Mencari monitor gaming dengan harga super terjangkau? Bisa jadi rekomendasi kali ini adalah pilihan tepat untuk kamu. Acer Nitro VG240Y, dengan harga lebih murah dibandingkan tipe lainnya yang disebutkan sebelumnya bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Dengan harga terjangkau, desain monitor Acer Nitro VG240Y sudah Zero Frame seperti monitor gaming kekinian lainnya. Salah satu kelemahannya, sebagai monitor gaming, Acer Nitro VG240Y hadir dengan refresh rate 75 Hz.

Sangat jauh dibandingkan tipe-tipe lainnya yang minimal 144 Hz, ya? Meski begitu, layar monitor sudah dilengkapi dengan teknologi Acer Eye Protector untuk perlindungan mata. Kecepatan response time juga tinggi yaitu 1 ms jika dibandingkan tipe Acer yang disebutkan sebelumnya.

Harga Rp. 1.800.000-2.600.000

LG UltraGear 32GQ950

Rekomendasi terakhir dari kami adalah produk coming soon dari LG, yaitu LG UltraGear Gaming Monitor 32GQ950. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan di antaranya adalah resolusi 4K, refresh rate 144 Hz dan dilengkapi port HDMI 2.1.

Refresh rate maksimal untuk upgrade adalah 160 Hz dengan tambahan kartu grafis yang mendukung DSC dan displayport 1.4. Tak hanya itu, monitor dengan panel IPS ini juga sudah bersertifikasi VESA 1000 HDR.

Selain LG UltraGear Gaming Monitor 32GQ950, Asus juga sudah mengumumkan akan diluncurkannya beberapa monitor gaming terbaru di tahun 2022 ini, seperti Asus ROG Swift 360 Hz PG27AQN dan Asus ROG Swift OLED PG42UQ.

Harga Rp. 11.564.560-14.455.700
From our editorial team

Tingkatkan Pengalaman Gaming-mu dengan Monitor Terbaru 2022

Seiring berkembangnya teknologi, muncul berbagai tipe panel monitor yang bisa digunakan untuk gaming. Tidak hanya tipe panel monitor yang semakin beragam, fitur-fitur yang ditawarkan pun kian beragam. Resolusi tinggi, refresh rate yang mumpuni, hingga fitur tambahan yang ergonomis dan desain monitor yang memukau merupakan beberapa contoh kecanggihan fitur monitor gaming saat ini. Dengan semakin banyaknya fitur yang canggih, berbagai brand juga berkompetisi untuk menyuguhkan opsi monitor gaming hingga monitor gaming terbaru yang keluar di tahun 2022 ini untuk pengalaman gaming yang terbaik.