10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik Untuk Kudapan yang Lezat (2022)

10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik Untuk Kudapan yang Lezat (2022)

Gula merah adalah bahan yang serbaguna untuk dapur Anda. Apalagi kudapan khas Indonesia yang manis nyaris tidak pernah ketinggalan menggunakan gula merah sebagai pemanisnya. Dalam artikel BP-Guide berikut ini, Anda akan menemukan rekomendasi gula merah terbaik untuk berbagai olahan!

Gula Merah Jadi Pemanis Alami Dengan yang Lebih Sehat

Tak sedikit masyarakat telah mengganti pemanisnya menjadi gula merah, terutama masyarakat yang menginginkan hidup yang lebih sehat melalui konsumsi makanan atau minuman sehat.

Gula merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet Anda. Gula merah juga terbilang lebih aman untuk penderita diabetes, jika dibandingkan dengan gula pasir yang berwarna putih itu.

Manfaat Kesehatan Gula Merah

Mencegah Obesitas

Gula aren mengandung kalori yang cenderung rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, ataupun bagi Anda yang sedang menjaga berat badan agar tidak berkurang atau bertambah.

Mencegah Penuaan Dini

Gula merah mengandung kalori yang cenderung rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, ataupun bagi Anda yang sedang menjaga berat badan agar tidak berkurang atau bertambah.

Meningkatkan Imun

Gula merah kaya akan antioksidan dan vitamin B yang bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan noda hitam. Gula merah ini juga dapat membantu melindungi kulit dari masalah jerawat dan komedo.

Melancarkan Pencernaan

Gula merah ini dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung sehingga pencernaan menjadi lancar. Hal berasal dari kandungan inulin gula merah yang sangat dibutuhkan oleh bakteri-bakteri usus.

Meredakan Flu dan Demam

Sifat anti inflamasi atau anti peradangan pada gula aren dapat bermanfaat untuk meredakan flu dan demam. Gula merah ini juga dapat menetralkan suhu tubuh sehingga Anda bisa menjadi lebih nyaman.

Jenis Gula Merah yang Dijual di Pasaran

Gula Aren

Sesuai dengan namanya, gula aren adalah gula yang diperoleh dari pohon aren atau enau atau kolang-kaling. Beberapa orang mengira gula aren adalah gula jawa, padahal sebenarnya gula aren ini berbeda dengan gula jawa.

Gula aren memiliki warna coklat yang lebih cerah dan lebih bersih. Teksturnya tidak sekeras gula jawa. Aromanya lebih harum. Namun, gula ini konon memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada gula jawa.

Gula Jawa

Gula jawa ini diolah dari sari batang pohon kelapa atau getah pohon palem. Bentuknya bisa berwujud padat, cair, atau bubuk, serta memiliki warna coklat yang lebih gelap. Sayangnya, gula ini biasanya agak kotor, sehingga perlu disaring sebelum digunakan.

Gula jawa kaya akan mineral, seperti kalium, seng, dan zat besi. Jika jumlah kalium dalam 100 gr gula putih hanya berkisar 2 mg, pada gula jawa jumlahnya mencapai 1030 mg. Di samping itu, indeks glikemiknya pun paling rendah dibandingkan jenis gula merah lainnya.

Menariknya lagi, larutan gula jawa dikatakan memiliki kadar elektrolit seimbang yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Anda pun dapat membuat minuman isotonik cukup dengan melarutkan gula jawa ke dalam air. Tentu larutan isotonik gula jawa lebih sehat dibanding minuman isotonik yang sudah mengandung zat aditif.

Brown Sugar

Sama seperti gula pasir, brown sugar juga dibuat dari ekstrak tanaman tebu. Hanya saja, pada pembuatannya ditambahkan sirup molasses sehingga tampak bening kecokelatan. Berbeda dari gula merah lainnya, brown sugar lebih umum ditemukan dalam bentuk kristal yang tidak mudah hancur.

Brown sugar ini menghasilkan rasa karamel yang tidak pahit, dan rasa manisnya hampir identik dengan gula pasir. Gula ini sugar kerap digunakan dalam pembuatan roti dan kue modern. Namun, brown sugar memiliki indeks glikemik paling tinggi di antara gula merah lainnya.

Rekomendasi Gula Merah Terbaik Buat Anda

Singabera Organic Coconut Sugar

Gula merah dari Singabera ini dibuat secara tradisional sehingga Anda akan mendapatkan khasiat kesehatannya secara optimal. Bentuknya seperti bubuk granular yang crunchy, sehingga ideal untuk Anda yang menyukai gula bertekstur.

Rasa karamelnya pun nikmat dijadikan topping sarapan, seperti pancake, yogurt, muesli, dan lain sebagainya. Jadikanlah gula ini sebagai bahan makanan untuk mengawali hari dengan sarapan pagi yang sehat.

Harga Rp. 45.000-55.000

Mezzaluna 100% Pure Coconut Sugar

Produk ini merupakan pilihan gula merah dengan kualitas ekspor premium. Dalam setiap 5 gram gula merah ini, terdapat 19 kalori. Cukup rendah, bukan? Tak heran produk ini disenangi oleh orang yang sedang berdiet.

Anda dapat membawanya ke pusat kebugaran dan mencampurkannya ke dalam segelas shaker sebagai cairan isotonik. Setelah berolahraga, Anda pun dapat melanjutkan aktivitas kembali berkat energi yang didapat dari minuman gula merah ini.

Harga Rp. 35.000-70.000

Ricoman Light Brown Sugar

Simpan gula pasir Anda dan beralihlah pada gula yang satu ini! Meskipun sama-sama dibuat dari tanaman tebu, brown sugar ini tentulah berbeda dengan gula pasir biasa, karena melewati proses yang beda, dan hasilnya pun beda.

Sebagai gula merah, kalorinya tidak sebanyak gula pasir. Di samping itu, tekstur gula Ricoman ini diklaim 2x lebih halus sehingga lebih mudah larut. Anda pun tidak memerlukan banyak waktu untuk mencampurkan brown sugar ini dalam minuman favorit.

Harga Rp. 50.000-75.000

GULANAS Gula Merah Cair

Produk gula merah yang satu ini disebut lebih praktis dan ekonomis dibandingkan gula tradisional biasa. Sebagai gula cair atau sirup, gula merah GULANAS ini memiliki tekstur yang kental dan lezat.

Dengan gula merah cair, Anda jadi lebih mudah menyesuaikan tingkat kemanisan suatu sajian makanan. GULANAS merekomendasikan produknya untuk industri rumah tangga, restoran, pabrik, dan UMKM. Tidak heran kalau produk ini juga sering dipakai oleh industri kecap.

Harga Rp. 17.000-90.000

Healthy Choice Gula Aren Kristal Organic

Rekomendasi gula merah selanjutnya adalah Healthy Choice Gula Aren Kristal Organic, yang diolah dari nira asli pohon aren, yaitu Arenga pinnata yang dibudidayakan. Gula aren kristal ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Gula aren ini mengandung nutrisi yang tinggi. Dalam mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkannya dengan beragam makanan ataupun minuman untuk memberikan rasa manis. Gula aren ini juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Harga Rp. 25.000-30.000

Nourish Indonesia Gula Aren Bubuk

Rekomendasi gula aren terbaik selanjutnya adalah Nourish Indonesia, Gula Aren Bubuk. Produk yang satu ini terbuat dari tanda bunga jantan pohon enau. Gula merah ini mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga cocok untuk Anda yang tengah menjalani program diet.

Tak hanya manis saja, gula aren ini juga mengandung nutrisi yang tinggi karena tidak melewati banyak proses pemurnian pada pembuatannya. Jadi, dalam mengkonsumsinya, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat kelezatan dan manfaat kesehatan.

Harga Rp. 15.000-70.000

Mahorahora Gula Aren Cair

Apabila Anda bingung memilih gula merah terbaik, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk keluaran Mahorahora ini. Dengan bentuk menyerupai sirop, Anda akan lebih mudah mengonsumsinya saat sebagai pemanis minuman.

Tambahkanlah gula merah yang satu ini sebagai alternatif pemanis untuk kopi dan teh Anda, menggantikan gula pasir. Niscaya cita rasa kopi dan teh yang Anda minum pun akan terasa lebih kaya dan nikmat.

Harga Rp. 25.000-50.000

Java Blossom Organic Coconut Sugar

Produk ini adalah salah satu gula merah organik yang dapat dinikmati sebagai campuran kue rumahan. Dengan mencampurkan gula merah ini ke dalam adonan kue Anda, camilan buatan Anda akan menjadi lebih sehat.

Pasalnya, gula merah ini mengandung potasium, fosfor, magnesium, dan zinc yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Produk ini juga tampil dengan kemasan catchy sehingga pas untuk melengkapi bingkisan Anda.

Harga Rp. 30.000-85.000

Mola Brown Sugar

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar minuman yang sedang tren akhir-akhir ini? Jika iya, cobalah membuat sendiri minuman favorit Anda di rumah, dengan produk Brown Sugar Syrup dari Mola.

Selain lebih terjamin kebersihannya, membuat minuman sendiri juga akan menekan bujet yang Anda keluarkan. Anda juga bisa membuat berbagai macam kreasi minuman atau makanan lain dengan menggunakan gula merah ini.

Harga Rp. 35.000-70.000

JAVARA Gula Aren Moulded Arenga Sugar

Jika Anda mengkhawatirkan gula darah melonjak saat mengonsumsi penganan manis, gunakan saja produk dari Javara ini. Gula merah dari Javara ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga akan dicerna perlahan dan tidak membuat gula darah naik drastis.

Pakailah gula merah dari Javara ini untuk membuat hidangan favorit Anda, sehingga masakan yang Anda buat itu bisa menjadi lebih sehat. Mengonsumsi hidangan yang sehat membuat Anda jadi lebih tenang.

Harga Rp. 20.000-25.000
From our editorial team

Sudah Siap Memasak Dengan Gula Merah?

Rekomendasi gula merah terbaik dari BP-Guide di atas sangat beragam jenisnya. Anda tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Nah, sudah siap belum nih untuk memasak gula merah jadi kudapan lezat?