8 Rekomendasi Produk Skincare Mengandung Retinol untuk Kamu yang Ingin Terus Awet Muda! (2022)

8 Rekomendasi Produk Skincare Mengandung Retinol untuk Kamu yang Ingin Terus Awet Muda! (2022)

Memasuki usia 25 tahunan, satu hal yang mulai dikhawatirkan kaum hawa tentu saja adalah masalah penuaan. Penuaan kulit, tidak dapat dielakkan dan pasti dialami oleh semua orang tanpa terkecuali. Meski begitu, bukan berarti jika masalah penuaan kulit tidak dapat diatasi, ya paling tidak diminimalisir. Dalam artikel ini, kamu akan diajak berkenalan dengan retinol sebagai hero ingredient untuk masalah penuaan kulit. Tak hanya itu, kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai negara dan dengan budget beragam yang bisa kamu coba. Tentunya, artikel ini sangat menarik untuk kamu yang sedang ingin mencari tahu lebih banyak lagi tentang produk-produk skincare mengandung Retinol.

Masuki Usia 25 Tahun, Yuk Kenali Lebih Jauh tentang Retinol!

Memasuki usia pertengahan 20 tahunan, ada beberapa hal terkait produk kecantikan yang seharusnya kamu ketahui. Salah satunya adalah produk skincare mengandung retinol. Apa itu retinol?

Retinol, yang merupakan turunan vitamin A pada mulanya dianggap sebagai senyawa yang baik untuk mengatasi permasalahan jerawat dan bekasnya. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan banyaknya penelitian, diketahui bahwa retinol adalah salah satu kunci dalam masalah penuaan kulit. Sampai sekarang, retinol sangat populer di kalangan produk-produk yang mengusung tema anti-aging.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat yang ditawarkan retinol? Pertama, sebagai anti-aging, senyawa ini dikenal baik dalam memperlambat proses penuaan dan merangsang pertumbuhan kolagen sehingga kulit selalu tampak kenyal dan sehat. Selain itu, retinol juga berfungsi baik dalam regenerasi kulit sehingga tekstur kulit mengalami peningkatan. Tak hanya itu, Retinol berperan dalam menjaga elastisitas kulit, menyamarkan noda hitam dan mencegah jerawat.

Meski dikenal baik sebagai anti-aging, retinol tidak bisa sembarang digunakan. Beberapa efek negatif yang mungkin muncul saat penggunaan retinol, seperti iritasi dan kemerahan. Selain itu, senyawa ini juga dikenal tidak stabil di bawah paparan sinar matahari.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat akan Memulai Menggunakan Skincare yang Mengandung Retinol

Konsentrasi Retinol

Untuk kamu yang baru akan memulai menggunakan skincare mengandung retinol, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah konsentrasi retinol di dalam produk yang akan kamu beli. Retinol sendiri merupakan active ingredients yang cukup potent sehingga dalam beberapa kasus, pemula akan merasakan efek samping, seperti kemerahan, kering dan sensasi panas di kulit. Untuk itu, disarankan menggunakan retinol dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu.

Saat ini, Retinol yang beredar di pasaran memiliki banyak range konsentrasi. Ada baiknya, pemula mencoba dari yang rendah saja, 0,1 hingga 1% untuk menghindari efek samping dan membiasakan kulit dengan senyawa tersebut. Tak perlu khawatir, sebaliknya, beberapa orang justru membutuhkan retinol dalam konsentrasi mencapai 2%. Hal ini bisa juga dilakukan dengan saran dan pengawasan dokter.

Layering Retinol dengan Active Ingredients

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam penggunaan skincare mengandung retinol adalah perkara layering retinol dengan active ingredients. Retinol aman untuk digunakan bersamaan beberapa active ingredients lain seperti niacinamide, alpha arbutin, hyaluronic acid dan sebagainya.

Dalam beberapa brand, justru terdapat gabungan senyawa-senyawa tersebut di dalam satu produk yang sama. Dengan layering yang tepat, maka fungsi yang dihasilkan semakin beragam dan optimal. Sementara itu, terdapat beberapa senyawa yang tidak diperbolehkan untuk digunakan bersamaan dengan retinol.

Hal ini berkaitan dengan sensitivitas kulit dan untuk mencegah timbulnya iritasi. Beberapa senyawa yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan retinol, antara lain vitamin C, AHA, BHA, dan benzoyl peroxide.

Kapan Sebaiknya Retinol Digunakan

Selain kedua hal yang disebutkan sebelumnya, dalam penggunaan retinol, terdapat pula aturan khusus. Retinol dianjurkan untuk digunakan di rutinitas malam kamu saja. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan oleh retinol, sebagai senyawa yang tidak stabil di bawah sinar matahari sehingga tidak akan optimal saat digunakan di siang hari. Meski begitu, beberapa orang tetap menyukai untuk memakainya di siang hari.

Tentu, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu keharusan menambahkan moisturizer dan pastinya adalah penggunaan SPF. Retinol juga tidak disarankan untuk penggunaannya pada ibu hamil, karena dikhawatirkan akan memberikan efek samping kepada janin yang dikandung.

Ini Dia 8 Rekomendasi Produk Skincare yang Mengandung Retinol untuk Kamu yang Ingin Awet Muda!

Bhumi HPR Retinol Serum

Rekomendasi pertama dari kami untuk produk skincare mengandung retinol adalah Bhumi HPR Retinol Serum. Jika kamu sudah lama menggunakan retinol, kamu pasti tahu kan brand lokal satu ini? Sesuai namanya, key ingredients serum ini adalah 1% HPR, hydroxypinacolone retinoate dan 1% retinol.

Retinol yang terkandung dalam produk Bhumi HPR Retinol Serum merupakan bentuk yang cukup stabil. Serum ini nyaman digunakan bahkan oleh kamu yang masih pemula dalam menggunakan skincare mengandung retinol. Lalu, apa saja kandungan menarik lainnya yang ada di dalam Bhumi HPR Retinol Serum?

Tak hanya dua kandungan yang disebutkan sebelumnya, serum retinol ini juga mengandung ferulic acid dan madu. Ferulic acid merupakan antioksidan, berfungsi sebagai detox pada kulit dengan cara merangsang kolagen sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Sementara itu, madu bagi kulit bermanfaat sebagai anti-inflamasi, anti peradangan sehingga menenangkan kulit. Bagaimana, tertarik untuk mencoba Bhumi HPR Retinol Serum yang mengandung berbagai ingredients baik untuk kulit?

Harga Rp. 220.000-330.000

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Selanjutnya, seperti halnya Bhumi, brand satu ini juga merupakan pelopor skincare mengandung retinol dan merupakan produk lokal. Ya, apa lagi kalau bukan Avoskin Miraculous Retinol Toner?

Toner ini merupakan paket lengkap dari Avoskin karena selain fungsinya sebagai anti aging, Avoskin menawarkan harga toner yang cukup terjangkau dengan dua pilihan size, serta produk ini aman bagi kamu yang masih pemula menggunakan retinol. Key ingredients produk ini meliputi 1% actosome retinol, 3% niacinamide, peptide, pomegranate dan sebagainya.

Toner dengan tekstur kental berwarna keruh kekuningan ini mengandung niacinamide dalam kadar optimalnya, berfungsi untuk mencerahkan, anti-inflamasi, menyamarkan pori dan meredakan jerawat kemerahan.

Niacinamide merupakan salah satu hero ingredients yang dikenal baik oleh orang dengan permasalahan warna kulit tidak merata karena merupakan pencerah yang bagus. Tak hanya itu, kandungan peptide dalam Avoskin Miraculous Retinol Toner juga memiliki fungsi yang penting untuk kulit.

Peptide dikenal sebagai ingredients yang bagus untuk membangun kembali sel kulit yang rusak. Cara kerjanya adalah dengan merangsang pembentukan kolagen.

Harga Rp. 75.000-205.000

The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

Berikutnya, beralih ke brand luar, ada rekomendasi dari kami yaitu The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane. Ciri khas produk ini adalah memiliki tekstur sangat ringan dan cepat meresap dengan adanya squalane sebagai salah satu ingredients utamanya.

Produk ini disarankan untuk digunakan pada malam hari, sama seperti produk skincare mengandung retinol pada umumnya. Jika kamu tidak menyukai adanya fragrance di dalam serum, maka bisa jadi The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane ini adalah pilihan yang tepat karena sudah fragrance-free.

Secara umum, fungsi yang ditawarkan oleh produk ini adalah untuk mengurangi tampilan garis halus, merevitalisasi kulit, memperbaiki permasalahan pigmentasi kulit dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Harga Rp. 135.000-250.000

CeraVe Resurfacing Retinol Serum

Rekomendasi kami selanjutnya adalah brand CeraVe. CeraVe Resurfacing Retinol Serum memiliki tiga key ingredients, yang terdiri dari encapsulated retinol, licorice dan ceramide. Jika kebanyakan produk skincare mengandung retinol berfokus pada masalah penuaan kulit, maka produk retinol dari CeraVe ini justru berfokus kepada bekas jerawat.

Fungsi utamanya antara lain menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan tampilan pori-pori, mencerahkan serta menghaluskan kulit. CeraVe Resurfacing Retinol Serum ini diketahui sudah fragrance-free dan paraben-free serta non-comedogenic. Kamu tidak perlu khawatir lagi ya karena produk ini sangat aman untuk kulit sensitif, berjerawat dan acne prone skin.

Bersama dengan encapsulated retinol, licorice di sini berfungsi sebagai zat pencerah. Sementara itu, ceramide dikenal baik untuk mengunci kelembaban kulit sekaligus memperbaiki skin barrier. Tekstur produk ini dikenal ringan dan cepat menyerap sehingga nyaman digunakan.

Harga Rp. 315.000-460.000

Drunk Elephant A-Passioni™ Retinol Cream

Kamu memiliki beberapa skin concerns berikut ini? Munculnya dark spot, garis halus, kerutan hingga kulit terasa selalu kering? Mungkin, kamu perlu mencari tahu lebih banyak lagi tentang produk keluaran Drunk Elephant.

Berikutnya pada rekomendasi dari kami adalah Drunk Elephant A-Passioni™ Retinol Cream. Produk bertekstur cream ini terdiri dari berbagai ingredient dengan key ingredients yaitu 1% retinol, triple peptide blend dan vitamin F. Meski memiliki berbagai fungsi yang cukup menarik, produk ini sayangnya tidak disarankan untuk pemula.

Retinol yang digunakan dalam Drunk Elephant A-Passioni™ Retinol Cream merupakan vegan retinol, berfungsi untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit yang terkena masalah karena paparan sinar matahari, polusi maupun radikal bebas. Triple Peptide Blend sendiri memiliki kemampuan untuk mengencangkan kulit sekaligus sebagai booster dari retinol agar hasil pemakaiannya lebih tampak lagi. Sementara itu, Vitamin F di sini berfungsi sebagai penenang untuk kulit sensitif dan meningkatkan tekstur kulit.

Harga Rp. 450.000-1.500.000

Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

Salah satu lokal brand, Somethinc juga tak mau ketinggalan menghadirkan produk skincare mengandung Retinol. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol tidak hanya mengandung Retinol, tetapi juga Hyaluronic Acid dan Ceramide.

Manfaat yang ditawarkan oleh produk ini adalah menyamarkan kerutan, mengencangkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Diformulasikan di Korea, Retinol jenis encapsulated retinol memang lebih stabil.

Hanya saja, tetap disarankan untuk menggunakan Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol pada malam hari saja. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol memiliki pH 5-6 sehingga aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Selamat mencoba!

Harga Rp. 90.000-160.000

Some By Mi Retinol Intense Advanced Triple Action Eye Cream

Kali ini, rekomendasi kami merupakan produk dari negeri gingseng, Korea. Some By Mi, melalui produk Some By Mi Retinol Intense Advanced Triple Action Eye Cream menghadirkan produk eye cream yang mengandung Retinol.

Eye cream ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit mata, seperti kerutan, garis halus, kantung mata gelap dan kendur. Hal yang menarik dari produk ini adalah kandungan yang ada di dalamnya, yaitu glutathione, tranexamic acid dan chlorella.

Ketiganya dikenal sebagai zat pencerah dengan kemampuan yang luar biasa. Kandungan lain yang tak kalah menarik untuk kulit, meliputi collagen, peptide, truecica, hyaluronic acid dan sebagainya.

Harga Rp. 120.000-220.000

Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum

Rekomendasi terakhir dari kami, masih dengan brand Korea, yaitu Innisfree. Tahun ini, Innisfree Indonesia menghadirkan satu produk skincare mengandung retinol, Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum.

Kombinasi retinol dengan cica tentu akan sangat disukai mengingat retinol merupakan senyawa yang cukup potent dan cica memiliki fungsi untuk menenangkan kulit. Sebagai produk yang baru diluncurkan, Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum sangat menarik dengan berbagai hero ingredientsnya, meliputi hyaluronic acid, niacinamide dan ceramide.

Rasanya, serum ini merupakan serum yang multifungsi dan sangat praktis untuk mengatasi semua permasalahan kulit. Mulai dari masalah pori-pori, tekstur dan warna kulit hingga masalah penuaan, semua cukup diatasi dengan menggunakan satu produk ini saja.

Harga Rp. 380.000-545.000
From our editorial team

Skincare Mengandung Retinol Penting Bagi Siapapun di Usia 20 Tahunannya

Ternyata, retinol memiliki peranan yang bisa dibilang utama dan penting jika dikaitkan dengan berbagai permasalahan kulit. Mulai dari kerutan, garis halus, kekencangan kulit hingga bintik hitam di wajah. Memasuki usia 20 tahunan, maka penting untuk mulai mencari tahu lebih lanjut produk skincare mengandung retinol. Kamu bisa mencoba dari konsentrasi rendah terlebih dahulu untuk menemukan produk mana yang cocok denganmu. Tak perlu khawatir dengan efek samping yang mungkin muncul, kamu hanya perlu ekstra dalam mengikuti petunjuk penggunaan retinol yang disarankan. Kombinasi retinol dengan berbagai active ingredients lain dipercaya dapat menghasilkan hasil yang luar biasa bagi orang dengan permasalahan penuaan kulit dan juga permasalahan lainnya.