Tak Kalah Berkualitas, Ini Dia 10 Produk Air Mawar Lokal untuk Perawatan Kulit Wajah (2022)

Tak Kalah Berkualitas, Ini Dia 10 Produk Air Mawar Lokal untuk Perawatan Kulit Wajah (2022)

Tak kalah dari produk perawatan kulit dari luar negeri, Indonesia juga memiliki berbagai merek lokal yang menghadirkan produk skincare andalan. Di antara berbagai produknya, air mawar adalah salah satu item yang banyak difavoritkan. Berikut adalah 10 produk air mawar lokal yang cocok dipilih untuk menjaga kesegaran kulit Anda.

Merawat Kulit Wajah dengan Produk Air Mawar Lokal

Bila berbicara mengenai perawatan kulit, tentu ada banyak produk skincare yang ditawarkan di pasaran. Salah satu produk yang telah banyak digunakan sejak zaman dahulu adalah air mawar. Terbuat dari distilasi bunga mawar, air mawar mengandung phenolic yang bersifat antioksidan, sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit dan penuaan dini.

Tak perlu repot melakukan distilasi sendiri, sudah ada banyak produk air mawar lokal di pasaran yang bisa dibeli. Produk-produk lokal tersebut juga telah terbukti aman, sehingga tak perlu khawatir lagi dalam menggunakannya. Air mawar biasanya digunakan sebagai penyegar setelah membersihkan wajah. Ada pula yang menggunakan air mawar sebagai face mist atau toner. Air mawar juga sering dicampurkan pada masker bubuk untuk memudahkan aplikasi pada kulit dan mendukung penyerapan khasiat masker pada kulit.

Manfaat Penting Air Mawar bagi Wajah

Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat utama dari air mawar adalah mampu membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan pelembap alami yang mampu mencegah kulit kering, serta antioksidan yang mencegah paparan radikal bebas. Dengan demikian, kulit menjadi tampak lebih segar.

Salah satu cara menjaga kelembapan kulit dengan air mawar adalah mengaplikasikannya sebagai toner atau face mist. Tak hanya pada wajah, air mawar juga bisa diaplikasikan pada bagian kulit tubuh lain agar kulit tidak kering dan kusam. Menjaga kelembapan kulit agar selalu optimal akan membuatnya menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari berbagai permasalahan kulit.

Meredakan Peradangan pada Kulit

Manfaat penting lainnya dari air mawar adalah mampu meredakan peradangan pada kulit, baik karena eksim, rosacea, psoriasis, jerawat, atau permasalah kulit lain yang kerap diikuti dengan inflamasi. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dan flavonoid yang dimiliki ekstrak mawar memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Selain memberikan efek menenangkan dan menyegarkan, air mawar juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri karena mengandung antiseptik dan anti bakteri. Anda bisa mengompres peradangan pada kulit dengan kapas yang telah dibasahi air mawar sebagai masker.

Menghambat Penuaan Dini

Kandungan penting yang dimiliki oleh air mawar adalah antioksidan dan juga zat pelembap yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kedua kandungan tersebut mampu menghambat terjadinya penuaan dini akibat radikal bebas dan faktor eksternal lainnnya. Kemampuannya untuk menangkal radikal bebas, tentu membuat kulit lebih terjaga dari keusakan.

Karakteristik lainnya dari air mawar yang bermanfaat bagi kulit adalah pH-nya yang mampu memberikan suasana seimbang bagi kulit. Dengan suasana pH yang seimbang, membuat kulit berada dalam kondisi yang optimal. Kondisi kulit yang sehat dan lembap akan menghambat terjadinya penuaan yang ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan di wajah

Mengatasi Mata Lelah

Selain untuk wajah secara keseluruhan, air mawar juga bisa digunakan untuk mengatasi mata lelah. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang banyak bekerja di depan laptop atau komputer sehari-hari. Paparan gadget terlalu lama ditambah lagi dengan kebiasaan begadang membuat mata menjadi kering, bahkan menimbulkan kantung mata.

Anda bisa mengompres mata menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air mawar. Kemudian, diamkan selama 20 menit agar air mawar meresap pada kulit. Anda akan merasakan efek menenangkan saat melakukannya dan mata akan menjadi lebih segar.

10 Rekomendasi Air Mawar Lokal Terbaik

VIVA Air Mawar

VIVA Air Mawar adalah salah satu air mawar legendaris yang banyak dikenal. Telah banyak mendapatkan penghargaan, air mawar keluaran VIVA ini praktis dan higienis untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan. Misalnya saja sebagai campuran masker, lulur, face mist, toner, finishing spray, hingga untuk relaksasi mata.

Produk dari VIVA Cosmetics ini mengandung sari bunga mawar dengan aroma mawar yang menenangkan. Terdapat dua pilihan kemasan yang dapat dipilih, yaitu kemasan 100 ml dan 200 ml. Produk asli Indonesia ini telah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Harga Rp. 4.270-8.398

Herborist Rose Water

Para beauty enthusiast tentu sudah tidak asing dengan nama Herborist. Merek lokal dengan slogan "Beauty by Nature" ini memiliki berbagai produk perawatan tubuh, seperti lulur, sabun, body butter, dan masih banyak lagi. Herborist juga memiliki produk air mawar andalannya, yaitu Herborist Rose Water.

Herborist Rose Water merupakan penyegar dengan ekstrak bunga mawar, pro vitamin B5, dan vitamin E, yang mampu menjaga kelembapan dan hidrasi pada wajah untuk mencegah penuaan dini. Selain dapat diaplikasikan sebagai penyegar, air mawar ini bisa digunakan untuk campuran masker.

Harga Rp. 9.000-9.400

EVERPURE Rose Water

Air mawar lokal berikutnya yang direkomendasikan adalah EVERPURE Rose Water. Face mist ini terbuat dari 100% air mawar organik dan alami. Produk dengan bahan natural terbaik dan berkualitas ini cocok untuk semua jenis kulit. Produk dari EVERPURE ini telah terdaftar di BPOM dan cruelty free.

Selain dapat menyegarkan, melembapkan, dan merawat kelembutan kulit, air mawar ini juga mampu menjaga keseimbangan pH kulit. Produk ini juga dapat mencegah munculnya tanda penuaan, mengecilkan pori, meredakan iritasi ringan, hingga melembutkan rambut.

Harga Rp. 39.900-42.000

Azalea Deep Hydration Rose Water

Azalea Deep Hydration Rose Water adalah air mawar lokal berikutnya yang masuk ke dalam daftar. Tak hanya mengandung ekstrak bunga mawar, penyegar wajah ini juga mengandung olive oil, ekstrak bunga mawar, allantoin, dan niacinamide. Produk keluaran Azalea ini aman untuk kulit sensitif.

Berbagai manfaat yang ditawarkan oleh produk ini, antara lain menyejukkan kulit yang lelah, melembapkan kulit yang kering, serta mencerahkan kulit wajah yang kusam. Selain sebagai penyegar, Azalea Deep Hydration Rose Water dapat digunakan sebagai campuran lulur, masker, atau sebagai cairan sheet mask.

Harga Rp. 7.500-9.000

HAPLE Pure Rose Water

Berikutnya ada HAPLE Pure Rose Water yang cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini terbuat dari 100% distilasi air mawar merah murni, sehingga aman digunakan. Anda bisa menyemprotkannya ke wajah kapan saja untuk merasakan kesegarannya.

HAPLE Pure Rose Water mampu membantu kinerja dan penyerapan fish oil, menyeimbangkan pH, mengontrol minyak berlebih, dan melembapkan kulit. Air mawar ini juga bersifat anti-inflammatory dan anti-aging. Selain mengatasi berbagai masalah kulit, produk ini juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang kering, rusak, dan berketombe.

Harga Rp. 39.000-87.500

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner

Siapa yang tak kenal dengan Wardah? Merek lokal ini telah memiliki beragam produk yang banyak difavoritkan. Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner adalah salah satu produk andalannya. Toner ini terbuat dari air mawar murni dan kelopak mawar asli di dalamnya.

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner mampu melembapkan kulit hingga 72 jam dan membantu penyerapan nutrisi dari skin care yang akan digunakan selanjutnya. Keunggulan dari produk ini adalah mampu menenangkan kulit, cepat meresap, dan juga ringan. Telah melalui pengujian dermatologi, produk ini bebas alkohol, bebas parfum, dan non-comedogenic.

Harga Rp. 106.250-114.750

La Tulipe Rose Water

Produk air mawar lokal berikutnya yang patut dilirik adalah La Tulipe Rose Water. Face mist ini terbuat dari sari bunga mawar yang harum dan menyegarkan. Produk keluaran La Tulipe ini biasanya digunakan sebagai campuran masker bubuk, sehingga lebih mudah diaplikasikan pada wajah dan memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Harga Rp. 27.200-33.805

EUCLEA Radiant Rose Mist

EUCLEA Radiant Rose Mist adalah rekomendasi produk berikutnya dalam daftar. Face mist ini mengandung rose dan niacinamide yang membantu mencerahkan kulit. Produk ini juga mampu menenangkan kulit yang kemerahan, iritasi, serta jerawat.

Manfaat lain yang ditawarkan adalah dapat mengencangkan pori-pori. Selain sebagai face mist, EUCLEA Radiant Rose Mist dapat digunakan sebagai makeup remover hingga makeup primer. Produk dengan kemasan 100 ml ini telah terdaftar di BPOM, sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 70.000-82.000

Mustika Ratu Air Sari Mawar Putih

Menjadi salah satu merek lokal legendaris, Mustika Ratu tentu memiliki berbagai produk perawatan yang telah digunakan banyak wanita Indonesia. Salah satunya adalah Mustika Ratu Air Sari Mawar Putih. Produk ini mengandung white rose essential oil yang kaya manfaat. Mustika Ratu Air Sari Mawar Putih mampu menyegarkan dan melembutan kulit wajah. Produk ini biasanya digunakan sebagai campuran masker atau peeling.

Harga Rp. 11.500-14.500

Sariayu Martha Tilaar Penyegar Mawar + Refreshing Aromatic

Rekomendasi berikutnya adalah Sariayu Martha Tilaar Penyegar Mawar + Refreshing Aromatic. Produk keluaran merek legendaris ini merupakan penyegar wajah yang mengandung ekstrak mawar dan minyak zaitun. Selain itu ada pula kandungan peppermint oil sebagai aromaterapi dan memberikan kesegaran.

Sariayu Martha Tilaar Penyegar Mawar + Refreshing Aromatic mampu menjaga kelembapan kulit dan tentunya menenangkan dengan adanya aromaterapi. Memiliki kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, membuat produk ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Harga Rp. 12.495-20.000
From our editorial team

Patch Test untuk Mencegah Efek Samping Penggunaan Air Mawar

Meski terbuat dari bahan yang alami, tidak semua orang cocok menggunakan air mawar. Beberapa orang bahkan menunjukkan kemerahan pada kulit, hingga rasa gatal dan sensasi terbakar. Untuk menghindari efek samping tersebut, pastikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokan produk pada area kulit yang tersembunyi, misalnya saja di belakang telinga.