8 Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa Ini Bisa Jadi Inspirasi Bernilai Jual!

8 Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa Ini Bisa Jadi Inspirasi Bernilai Jual!

Pohon kelapa memang punya banyak manfaat. Dari mulai batang pohon, daun, hingga buahnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Bahkan batok kelapa pun bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang menarik, bernilai seni, dan punya nilai jual yang tinggi.

Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa Bernilai Ekonomi dan Seni yang Tinggi

Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh dengan subur di tepian pantai. Tanaman banyak manfaat ini seringkali mendatangkan banyak rezeki bagi mereka yang mau mengasah kreativitas untuk mengolahnya. Dari akar pohon hingga bagian batok kelapanya semua bisa dikreasikan menjadi benda-benda menarik bernilai ekonomi dan seni yang tinggi.

Bicara soal kerajinan dari kelapa, bagian yang paling sering dipakai adalah batok kelapanya. Tempurung kelapa ini bisa dijadikan banyak benda serbaguna. Mulai dari centong nasi hingga bros dan lampu meja. Tinggal asah kreativitas kita untuk menghasilkan benda yang tak hanya menarik tapi juga fungsional.

Nilai ekonomi dari sebuah kerajinan batok kelapa memang sangat tinggi. Selain itu cita rasa seni yang tinggi juga dibutuhkan jika ingin menghasilkan barang kerajinan dengan kualitas bagus. Sebelum mengolah batok kelapa menjadi aneka kerajinan yuk simak apa saja manfaat dari si batok kelapa ini.

4 Manfaat Batok Kelapa

Pengawet Makanan Alami

Tahukah Anda bahwa batok kelapa bisa jadi pengawet makanan yang alami? Tempurung ini bisa diolah dulu menjadi cairan. Caranya sedikit sulit memang, yakni dengan mengasapi tempurung lalu akan muncul cairan kental seperti kecap. Tampung cairan tersebut dalam satu wadah. Cairan tersebut bisa dipakai untuk mengawetkan kayu agar tak dimakan rayap.

Jika ingin memakainya sebagai pengawet makanan maka cairan harus diproses lebih lanjut. Barulah bisa dioleskan ke bagian panganan yang ingin diawetkan.

Saringan Alami untuk Mendapatkan Air Bersih

Mungkin Anda adalah satu dari banyak orang yang mengalami keluhan air yang kurang bersih di rumah. Tak semua daerah bisa mendapatkan air bersih. Beberapa tempat airnya mengandung banyak logam hingga terkesan keruh. Kalau begitu Anda bisa memanfaatkan batok kelapa ini.

Dengan menggunakan tempurung kelapa, air jadi bisa lebih murni dan bersih. Ini karena batok kelapa memiliki kandungan karbon aktif. Material karbon tersebut akan mengikat kotoran sehingga air menjadi lebih jernih setelah melewati saringan batok kelapa.

Bahan Baku Pupuk Organik

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah tempurung kelapa. Anda bahkan bisa menjadikan benda satu ini sebagai pupuk organik. Pupuk organik ini bisa memberi nutrisi kepada tumbuhan secara maksimal. Kandungan alami dan bebas kimia dari tempurung kelapa ini menjadikan tumbuhan yang ditanam lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, arang aktif yang telah diaktivasi bisa dipakai untuk melapisi pupuk urea. Ini bertujuan agar urea menjadi lambat diurai. Untuk melapisi pupuk urea dengan arang aktif ini perlu alat yang digunakan untuk membuat pupuk granule.

Dibuat Jadi Kerajinan Tangan

Kalau memiliki banyak batok kelapa jangan langsung dibuang ya. Karena tempurung kelapa ini bisa dijadikan barang kerajinan tangan dengan nilai tinggi. Asalkan kreatif, maka dijamin tak ada kesulitan untuk menghasilkan kerajinan dengan nilai seni tinggi.

Banyak sekali barang kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari sebuah tempurung kelapa. Misalnya saja alat dapur seperti sendok sayur. Bisa juga jadi gayung kamar mandi dan bahkan kancing baju dan tas.

8 Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa untuk Inspirasi

Mangkok Cantik

Saat memasak makanan dengan santan sudah pasti membutuhkan kelapa bukan? Nah batoknya jangan dibuang, karena bisa dijadikan bahan kerajinan bermanfaat. Lebih hemat dan awet dipakainya. Salah satunya adalah mangkok cantik dari batok kelapa.

Anda butuh gergaji besi dan amplas halus. Sediakan pula mineral oil dan kuas kecil. Untuk langkah membuatnya bisa dimulai dengan memotong batok kelapa jadi dua bagian dengan gergaji. Namun memotongnya harus dengan perbandingan 60-40. Bagian 60 akan dipakai sebagai mangkok, sementara 40-nya akan digunakan untuk kaki dasar mangkok.

Amplas bagian luar dan dalam batoknya agar bersih dan lebih halus. Semprot dengan bahan foodgrade yang aman untuk makanan seperti mineral oil. Lapisi dengan menggunakan kuas. Lalu keringkan dan mangkok pun siap dipakai.

Lampu Hias

Sumber gambar hamiseno.blogspot.co.id

Butuh keterampilan dan kemauan untuk membuat barang bernilai seni tinggi. Seperti saat akan menyulap batok kelapa menjadi lampu hias yang keren. Uniknya, produk ini akan menggunakan seluruh bagian batok kelapa dan bahan ramah lingkungan lainnya.

Sediakan sebutir kelapa dan tatakan kayu dengan ukuran 12 x 12 cm. Siapkan juga kawat besi sepanjang 30 cm dan tali anyaman dari pelepah pisang. Terakhir siapkan juga kabel dan lampu tidur warna warni ukuran kecil.

Cara membuatnya, pertama kupas kelapa lalu bersihkan batok kelapa menggunakan amplas hingga halus. Buatlah pola dengan pensil di permukaan batok kemudian lubangi atas batok menggunakan gergaji besi. Ini akan menjadi tempat lampu.

Tancapkan sebuah kawat pada dudukan kayu yang disediakan tadi. Lalu pasang kabel dan lampunya di dudukan kayu tersebut. Balut dengan lilitan tali dari pelepah pisang, agar terlihat seperti batang kayu. Pasang batok kelapa menggantung layaknya buah pada kawat. Cat lampunya dengan pernis bening agar tampak mengkilap.

Cangkir Minum

Sumber gambar www.bukalapak.com

Selain bisa jadi mangkok, batok kelapa bisa juga jadi cangkir minum yang keren. Proses membuatnya sedikit sulit memang karena batoknya keras, namun akan bagus jika sudah jadi. Yuk segera siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat cangkir ini.

Anda butuh batok kelapa dan kayu kelapa atau kayu lainnya untuk gagang. Kemudian siapkan gergaji serta amplas dan kuas. Siapkan lem kayu dan mineral oil juga. Selanjutnya potong batok sekira 60 persen dari batok utuh. Lalu amplas dan bersihkan bagian dalamnya. Haluskan juga hingga mulus.

Lanjut dengan membuat kaki cangkir dari sisa potongan batok. Lem bagian kaki dan cangkirnya. Jangan lupa tempel dengan gagang dari kayu kelapa. Biarkan kering lalu gunakan mineral oil biar cangkir batoknya lebih menarik. Mengolesnya dengan mineral oil bisa membuatnya lebih aman untuk minum karena tidak mengandung bahan kimia.

Asbak Rokok

Untuk orang kreatif, batok kelapa bisa jadi sejuta barang bermanfaat. Bisa juga menghasilkan pundi pundi uang jika pandai memanfaatkannya. Salah satu yang cukup mudah membuatnya adalah asbak rokok.

Siapkan sebutir kelapa tua, gergaji besi, serta baut. Siapkan juga amplas, cat, serta bor kayu. Setelah itu ambil tempurung kelapa lalu diamplas hingga bersih dan halus. Belah tempurung jadi dua tak sama besar dan amplas bagian dalam. Bagian yang besar akan jadi penampung abu rokok, yang kecil akan jadi kaki asbak. Lubangi bawah batok dengan bor lalu kancingkan bagian kaki dan asbaknya dengan baut. Cat asbak sesuai selera dan keringkan. Asbak batok kelapa siap dipakai.

Celengan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Umumnya celengan kerajinan tangan terbuat dari tanah liat. Kali ini, tak ada salahnya jika Anda membuat celengan dari batok kelapa.

Anda akan membutuhkan batok kelapa, kertas pasir, cat, dan stiker. Cara membuatnya dimulai dengan membelah batok kelapa menjadi dua bagian lalu amplas. Lanjutkan dengan mengelem kedua bagian tersebut namun beri sedikit celah untuk memasukkan uang. Cat hingga kering lalu tempel stiker sesuka hati. Celengan menarik siap digunakan.

Perahu Layar

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mari membuat aneka kerajinan dari batok kelapa. Salah satu kerajinan yang bisa dibuat adalah perahu layar. Miniatur perahu layar memang sulit dibuat. Butuh ketelatenan tinggi namun hasilnya sudah pasti bernilai seni tinggi.

Sediakan batok dan sabut kelapa. Lalu siapkan bambu, lem, pernis kayu, dan kertas pasir. Jangan lupa Anda juga butuh gergaji besi. Potong-potong batok jadi bagian bagian kapal kemudian buat sabut kelapa jadi beberapa tali.

Kikis dan haluskan batang bambu hingga jadi tiang kapal. Buat lubang guna tempat tegaknya tiang kapal. Bersihkan dengan kertas pasir atau amplas batoknya. Rangkai kapal lalu dipernis. Setelahnya, silakan dilem seluruh bagian kapal. Hias kapalnya dengan tali sabut kelapa dan pajangan kapal pun siap.

Gantungan Kunci

Siapa bilang batok kelapa tak bisa jadi gantungan kunci? Anda bisa membuatnya jadi barang bernilai jual tinggi. Gunakan imajinasi Anda seluas-luasnya untuk membuat beraneka ragam gantungan kunci yang menarik.

Sediakan pisau dan amplas, jangan lupa gergaji kayu dan mesin bor. Siapkan juga pernis dan mesin bor serta kuas. Jangan lupa juga batok kelapa dan pensil, serta gantungan kunci tak terpakai.

Gunakan pisau untuk membersihkan serabut yang masih menempel pada batok. Kemudian batok bisa diamplas hingga bersih dan halus.

Lanjut dengan membuat sebuah pola menggunakan pensil pada batok kelapa. Kemudian potong bagian pola tersebut dengan gergaji. Lubangi ujung batok degan mesin bor sebagai tempat gantungannya. Pernis gantungan dan biarkan kering. Gantungan kunci pun siap digunakan.

Tempat Tisu

Bosan dengan kotak tisu yang itu-itu saja? Mungkin saatnya bagi Anda untuk membuat kotak tisu dari batok kelapa.

Sediakan tempat tisu dari kardus dan tali anyam dari pelepah pisang. Lalu siapkan juga pisau dan amplas serta pernis dan lem kayu.

Cara membuatnya, pertama gunakan pisau untuk menghilangkan serabut yang masih tersisa lalu bersihkan permukaan batoknya dengan amplas. Pecahkan batok menjadi potongan-potongan kecil. Bentuknya bebas, boleh acak. Lalu pernislah semua pecahan tersebut baru tempel pecahan batok pada tempat tisu menggunakan lem. Terakhir, beri hiasan tali anyaman dari pelepah pisang.

From our editorial team

Harus Sabar dan Telaten saat Membuat Kerajinan Batok Kelapa agar Hasil Bisa Maksimal

Untuk membuat kerajinan dari batok kepala, selain Anda harus punya daya imajinasi juga mesti dilengkapi dengan kesabaran dan ketelatenan. Karena kemungkinan untuk gagal saat membuat kerajinan tangan ini tetap ada. Maka itu, jangan langsung kecewa dan putus asa ketika gagal. Segera bikin lagi hingga Anda akan merasa puas ketika kerajinan tangan ini sudah selesai dibuat.

Tag