Penuaan Tidak Hanya Disebabkan Oleh Usia, Rawat Kesehatan Kulit Anda Dengan 14 Rekomendasi Krim Anti Aging Berikut! (2022)

Penuaan Tidak Hanya Disebabkan Oleh Usia, Rawat Kesehatan Kulit Anda Dengan 14 Rekomendasi Krim Anti Aging Berikut! (2022)

Penuaan akibat kerutan merupakan proses alami yang terjadi pada kulit. Namun karena beberapa faktor, proses ini dapat dipercepat sehingga mengganggu penampilan. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai tanda dan cara mencegah penuaan dini. Jangan lewatkan juga rekomendasi krim anti aging dari BP Guide ya!

Kenali Tanda-tanda Terjadinya Penuaan Kulit

Penuaan telah menjadi momok menakutkan bagi seluruh kalangan terutama wanita. Bagaimana tidak? Wajah menjadi salah satu bagian tubuh terpenting yang menentukan penampilan, namun wajah juga menjadi bagian tubuh yang paling rentan dan sering terekspos pada lingkungan luar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya yang relatif lebih terlindungi.

Ganasnya lingkungan menjadi penyebab utama mengapa banyak orang mengalami penuaan dini dan terlihat lebih tua daripada usia seharusnya. Tetapi tahukah Anda bahwa penuaan tidak selalu disebabkan oleh kerutan? Berikut merupakan beberapa tanda kulit Anda mengalami penuaan.

  • Kerutan dan garis halus, terjadi karena kulit kehilangan elastisitasnya serta berkurangnya produksi minyak wajah sehingga kulit menjadi lebih tipis dan rentan terpapar bahaya lingkungan luar seperti sinar matahari.
  • Rona wajah keabu-abuan, seiring bertambahnya usia produksi pigmen wajah akan berkurang hal ini menyebabkan wajah kehilangan ronanya dan terlihat pucat atau keabu-abuan.
  • Kantung mata dan mata panda, tanda satu ini tentu saja mudah dikenali oleh berbagai kalangan dan membuat penampilan Anda terlihat lebih tua. Hal ini terjadi karena adanya akumulasi cairan dan lemak di area mata yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup.
  • Kulit kering, jangan salah meskipun kulit kering dikategorikan menjadi salah satu jenis tipe kulit, Anda harus waspada karena salah satu tanda penuaan adalah berkurangnya produksi minyak. Jika memiliki jenis kulit ini, pastikan untuk selalu menjaga kelembaban kulit untuk menghindari penuaan dini, ya!
  • Age spot atau flek, merupakan bintik berwarna coklat atau hitam yang tidak menonjol dan umum ada area wajah terutama pipi serta bagian bawah mata. Flek ini bisa menjadi tanda kulit Anda mengalami penuaan dini terutama akibat menipisnya lapisan kulit.
  • Dehidrasi kulit, kulit kusam, kering, dan berkerut menjadi pertanda bahwa kulit Anda mengalami dehidrasi. Penting untuk menjaga kelembaban kulit karena tanpa kelembaban kulit akan mudah untuk kehilangan elastisitasnya sehingga penuaan rentan untuk terjadi.

Penyebab Penuaan Dini

Secara alami, penuaan mulai timbul setidaknya pada usia 25 tahun karena pada usia ini regenerasi kulit serta produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit mulai menurun. Namun, sudah tidak lagi asing untuk diperbincangkan apabila penuaan tidak hanya terjadi karena usia. Meskipun pada usia yang relatif muda, kulit tetap dapat mengalami penuaan lebih awal apabila Anda tidak merawatnya dengan baik. Berikut merupakan beberapa faktor yang menyebabkan kulit Anda mengalami penuaan lebih awal.

Make Up

Dewasa ini penampilan menjadi hal paling utama yang diperhatikan banyak orang khususnya mengenai produk kecantikan. Meningkatnya antusiasme akan make up tidak setara dengan pengetahuan akan menjaga kesehatan kulit wajah selepas dari paparan riasan satu ini.

Menggunakan make up dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat meningkatkan resiko pori-pori wajah tersumbat sehingga menyebabkan kerusakan atau sering disebut breakout pada wajah. Hal seperti ini tanpa disadari dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan lebih cepat, lho! Sehingga penting untuk memastikan bahwa produk kecantikan yang Anda gunakan bersifat non-comedogenic, ya!

Meskipun kesadaran akan pentingnya membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah seperti micellar water telah meningkat, namun tak sedikit dari Anda yang acapkali malas membasuh wajah setelah menggunakan micellar water. Hal seperti ini harus Anda hindari!

Disamping wajah terlihat bersih dan kotoran serta make up terangkat sepenuhnya, micellar water mengandung surfaktan yang mekanisme aksinya seperti detergen. Apabila tidak dibersihkan dengan mencuci wajah, kandungan ini akan menyebabkan kulit Anda kering dan menuntun pada penuaan dini, lho!

Diet dan Gaya Hidup

Asupan nutrisi tentu saja mempengaruhi kesehatan tak luput di dalamnya merupakan kesehatan kulit. Tidak lagi mengherankan apabila Anda mengkonsumsi makanan instan, keadaan kulit Anda keesokan harinya akan penuh dengan jerawat. Hal ini membuktikan bahwa apa yang Anda makan menentukan kesehatan kulit Anda.

Sehingga selalu pastikan untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah terutama dengan kandungan antioksidan tinggi untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Anda sering bertanya-tanya mengapa kulit wajah Anda sering terlihat kusam dan cepat mengalami pengerutan?

Apabila Anda merokok atau sering terkena paparan asap rokok, maka bisa jadi hal tersebut merupakan penyebab utama masalah kulit wajah Anda. Asap rokok menyebabkan berkurangnya aliran darah sehingga suplai nutrisi termasuk oksigen ke sel kulit akan berkurang. Oleh karena itu tampilan kulit Anda akan cenderung kusam.

Kurang Tidur dan Stress

Penyebab utama penuaan dini lainnya adalah jerawat dan wajah kering akibat stress. Tahukah Anda bahwa kulit wajah jauh lebih buruk dalam keadaan stress? Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon stress. Kondisi stress ini dapat diperburuk dengan tidak teraturnya jam tidur.

Seperti yang banyak diketahui bahwa saat tidur tubuh mengalami penyembuhan termasuk regenerasi kulit. Jika kualitas tidur menurun karena kurangnya jam tidur, maka tubuh tidak memiliki waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jadi, jangan heran ketika wajah mulai bermunculan kerutan, mata panda, serta wajah kusam.

Paparan Pada Lingkungan

Sinar matahari yang terdiri atas sinar UV ini dapat menyebabkan kerutan dan flek pada wajah akibat kerusakan DNA pada kulit. Sehingga apabila kulit tidak dilindungi dengan baik, tidak menutup kemungkinan kulit wajah Anda terlihat lebih tua dari usia seharusnya. Selain itu, polusi dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga wajah terlihat lebih kusam yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan sel kulit, lho!

Cegah Penuaan Dini Dengan Cara Berikut!

Terdapat beberapa pantangan yang perlu Anda hindari untuk mencegah adanya penuaan dini. Berikut merupakan tips agar Anda selalu terhindar dari penuaan dini!

  • Selalu gunakan sunscreen terutama ketika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga kulit Anda terlindung dari paparan sinar matahari.
  • Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok berlebih.
  • Kurangi gerakan wajah yang dilakukan secara berulang misalnya, mengerutkan dahi.
  • Konsumsi makanan seimbang dan hindari konsumsi makanan instan secara berlebihan.
  • Berolahraga setidaknya sekali dalam seminggu.
  • Lakukan tahapan skincare yang tepat dengan kandungan yang sesuai dengan tipe wajah Anda.

Kandungan Skincare Yang Baik Untuk Menjaga Kulit Anda Tetap Muda!

Retinoid

Anda mungkin tidak asing lagi dengan kandungan retinol dan retinoic acid pada skincare Anda. Kedua bahan ini termasuk ke dalam retinoid yang termasuk protein turunan Vitamin A, dan dikenal sebagai pahlawan kulit. Hal ini karena efektivitasnya untuk melawan anti aging yang luar biasa dibandingkan dengan kandungan lainnya. Retinoid bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen serta memicu regenerasi sel.

Anda tidak perlu khawatir karena baik retinol dan retinoic acid memiliki fungsi yang sama. Perbedaan kedua kandungan ini hanyalah pada reaksinya di dalam tubuh. Retinol merupakan molekul pertama yang masuk kedalam pathway atau jalur reaksi untuk memperbaharui kulit.

Di dalam tubuh retinol harus diubah lagi menjadi bentuk yang lebih fungsional yakni retinoic acid. Sehingga bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap bahan skincare yang sangat reaktif, pilihlah retinol yang memiliki jalur reaksi yang lebih panjang dalam tubuh.

Antioksidan

Antioksidan dikenal dengan kemampuannya untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, radikal bebas dapat membuat kulit terlihat lebih kusam. Antioksidan seperti Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk menghambat penuaan terutama yang disebabkan oleh kerutan dan flek hitam.

Meskipun Vitamin C dapat melindungi kulit wajah Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, hal ini juga menjadi bumerang yang mengharuskan Anda lebih selektif dalam memilih produk berbasis Vitamin C. Karena sifatnya yang sensitif terhadap cahaya, pastikan untuk membeli skincare dengan wadah gelap atau buram untuk menghindari kerusakan senyawa skincare.

Niacinamide

Niacinamide merupakan kandungan skincare selanjutnya yang juga termasuk antioksidan dan baik digunakan bagi Anda yang tidak cocok dengan produk Vitamin C. Selain untuk melawan kerutan dan flek hitam, niacinamide juga dapat mengatasi masalah kulit lain seperti kulit berjerawat, lho!

AHA & BHA

Alpha Hydroxy Acids atau dikenal dengan AHA merupakan agen eksfoliator yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kusam yang menjadi penyebab utama penuaan. Jika kulit Anda sensitif terhadap agen eksfoliasi yang keras, Anda bisa menggunakan asam laktat yang masih merupakan AHA dengan kerja yang lebih ringan.

Beta Hydroxy Acid atau BHA bekerja mirip dengan AHA dan merupakan agen eksfoliator sekaligus anti aging. Berbeda dengan AHA, BHA baik digunakan untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak karena kandungan ini cenderung larut dalam minyak.

Anda juga bisa memilih skincare dengan kandungan asam azelaic yang baik untuk mengatasi jerawat serta memudarkan flek hitam. Asam hialuronat membiarkan kulit terhidrasi dan terlihat plump. Selain itu, kandungan ceramide yang saat ini sedang banyak dicari baik untuk menjaga skin barrier dan meningkatkan regenerasi sel sehingga berperan juga sebagai anti aging.

Lawan Tanda Penuaan dengan Rekomendasi Krim Anti Aging Berikut!

Wardah Renew You Anti Aging Day and Night Cream

Wardah Renew You Anti Aging Day and Night Cream merupakan rekomendasi krim pertama yang diformulasikan untuk melawan tanda-tanda penuaan. Kandungan yang berada di dalam krim seperti bakuchiol, niacinamide, peptide, dan retinol secara stimulan menghambat penuaan sekaligus mencerahkan wajah.

Harga Rp. 40.000-160.000

Ponds Age Miracle Cream Moisturizer

Ponds Age Miracle Cream Moisturizer mungkin menjadi produk yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Retinol dan asam hialuronat yang terkandung dalam krim ini memiliki fungsi untuk melawan tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam.

Harga Rp. 26.000-170.000

Olay Regenerist Micro-sculpting

Olay Regenerist Micro-sculpting dengan kandungan amino-peptide kompleksnya mampu meregenerasi sel kulit wajah, mencerahkan, sekaligus menyamarkan pori-pori. Sehingga dengan hal ini kulit wajah akan terhidrasi dan kencang yang membuat garis halus pada wajah tersamarkan.

Harga Rp. 160.000-350.000

ERHA Age Corrector Peptides and Hyaluronate

Kandungan Matrixyl Synthe-6 dalam produk ERHA Age Corrector Peptides and Hyaluronate cream memungkinkan Anda untuk memperoleh kulit kencang tanpa kerutan. Kandungan ini dikenal sebagai filler yang mengisi matriks pada kulit wajah sehingga kerutan pada wajah dapat berkurang.

Harga Rp. 135.000-265.000

YOU Golden Age Illuminating Cream

Jika Anda memiliki tanda penuaan berupa flek hitam dan wajah kusam, maka YOU Golden Age Illuminating Cream merupakan solusinya. Kandungan niacinamide yang dipadupadankan dengan asam hialuronat dapat mencerahkan wajah serta menyamarkan noda hitam.

Harga Rp. 50.000-120.000

Somethinc SOS Bakuchiol

Somethinc SOS Bakuchiol adalah krim anti aging dengan kandungan bakuchiol yang cocok untuk Anda apabila memiliki kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan retinol. Karena kandungan yang tidak terlalu keras, krim anti aging satu ini dapat digunakan mulai dari usia 11 tahun.

Harga Rp. 95.000-200.000

Somethinc Peptinol 1%

Masih dalam merk yang sama, Somethinc Peptinol 1% dengan kandungan peptinol dan retinoid baik untuk Anda digunakan pada malam hari. Dua kandungan ini mampu menyamarkan garis halus kerutan dengan menstimulasi regenerasi sel dan kolagen.

Harga Rp. 107.000-170.000

Hada Labo Perfect 3D Gel Anti Aging & Moisturizing

Hada Labo Perfect 3D Gel Anti Aging & Moisturizing merupakan krim anti aging yang cocok bagi Anda pemilik jenis kulit kering. Kandungan empat jenis asam hialuronat membuat produk ini mampu melembabkan sekaligus menjaga elastisitas kulit sehingga mengurangi garis halus.

Harga Rp. 78.000-125.000

The Bath Box Aquabloom Oil-free Moisturizer

Kandungan Centella Asiatica, Edelweiss Extract, Astragalus Root Extract, Madecassoside, dan Asiaticoside dalam produk The Bath Box Aquabloom Oil-free Moisturizer ini dapat memberikan kulit Anda kelembapan serta meningkatkan pembentukan kolagen. Selain itu, krim anti aging satu ini tidak memberikan kesan berminyak sehingga cocok untuk Anda dengan tipe kulit berminyak.

Harga Rp. 90.000-190.000

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream memiliki kandungan ceramide, niacinamide, dan asam hialuronat. Selain mengencangkan kulit, krim ini juga memberikan fungsi lainnya seperti mencerahkan kulit wajah sekaligus menjaga skin barrier.

Harga Rp. 90.000-130.000

Moriganic Hydro Cream Moisturizer

Moriganic Hydro Cream Moisturizer merupakan krim anti aging terjangkau yang bisa Anda dapatkan dengan harga dibawah Rp100.000. Kandungan niacinamide dan asam hialuronat pada krim ini mampu menghidrasi dan mengencangkan kulit. Selain itu, krim ini tidak memberikan kesan berminyak karena berbasis air.

Harga Rp. 85.000-100.000

Madagascar Centella Cream

Madagascar Centella Cream merupakan produk anti aging yang dikhususkan bagi Anda dengan tanda penuaan berupa kerutan. Selain niacinamide untuk menyamarkan flek hitam, krim satu ini mengandung adenosine yang berperan untuk meningkatkan kehalusan kulit wajah serta mengurangi kedalaman kerutan.

Harga Rp. 110.000-260.000

Lacoco 2% Bakuchiol Cream

Lacoco 2% Bakuchiol Cream dengan kandungan bakuchiol yang merupakan agen anti aging ringan disertai dengan niacinamide mampu mengurangi kerutan sekaligus mencerahkan kulit wajah kusam dan flek hitam. Karena kandunganya yang tidak sekeras retinol, krim ini dapat digunakan mulai pada usia 14 tahun.

Harga Rp. 150.000-210.000

SKINTIFIC Ceramide 5x

SKINTIFIC Ceramide 5x merupakan krim anti aging terakhir yang direkomendasikan untuk menjaga kelembaban kulit Anda tanpa memberikan kesan berminyak. Kandungan asam hialuronat mampu mengunci dan menghidrasi kulit. Sementara kandungan ceramide baik untuk menjaga skin barrier dan menstimulasi regenerasi kulit.

Harga Rp. 110.000-150.000
From our editorial team

Kenali Kandungan Krim Anti Aging

Itulah beberapa rekomendasi produk krim anti aging yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Sebelum membeli kenali terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah Anda. Pemilihan krim anti aging yang sesuai akan mendapatkan hasil sesuai. Selamat mencoba!