10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik yang Bikin Kamar Mandi Lebih Higienis (2021)

10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik yang Bikin Kamar Mandi Lebih Higienis (2021)

Sebagai salah satu tempat paling kotor, tentunya kamar mandi wajib dibersihkan secara rutin. Kamu tentu tidak mau jika tempat yang kamu gunakan untuk membersihkan diri malah bikin kamu jadi rentan tertular bakteri dan kuman karena kamar mandimu kotor. Nah, gunakan sabun pembersih kamar mandi terbaik rekomendasi dari BP-Guide!

Kamar Mandi Menjadi Salah Satu Area Kotor di Rumah

Rumah yang bersih bikin kita jadi nyaman tinggal di dalamnya. Oleh karena itu, kita wajib membersihkan rumah setiap hari agar kebersihan terjaga dan kesehatan seluruh keluarga bisa lebih terjamin. Setiap ruangan di dalam rumah harus dibersihkan secara menyeluruh. Salah satu ruang yang wajib dibersihkan adalah kamar mandi.

Kita tahu bahwa kamar mandi merupakan ruang yang lembap dan kotor. Kita membersihkan diri di kamar mandi setiap hari. Jadi, jika kamar mandinya kotor, tentu kita akan kurang nyaman membersihkan diri di sana. Kamar mandi kotor juga bikin penghuni rumah kurang nyaman dan bisa jadi sarang penyakit.

Membersihkan kamar mandi boleh saja tidak dilakukan setiap hari. Kamu bisa melakukannya 3 hari sekali atau seminggu sekali. Meski demikian, ada bagian-bagian dalam kamar mandi yang baiknya lebih sering dibersihkan agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak.

Bagian dari kamar mandi yang wajib dibersihkan lebih rutin adalah toilet. Gunakan tisu disinfektan atau hidrogen peroksida untuk menyeka dudukan toilet sehingga kuman bisa terbunuh sempurna. Selain itu, bersihkan juga mulai dari permukaan luar dan dalam, bawah tangki, pegangan dan dinding kloset.


Bagian wastafel dan keran juga harus dibersihkan. Keringkan bagian pegangan agar tidak berkerak dan terlihat kotor. Dengan begini, kesannya jadi lebih rapi dan nyaman.

Sikat gigi dan tempatnya juga wajib kamu bersihkan secara berkala. Jangan lupa membilas sikat gigi sebelum digunakan. kamu juga bisa merendamnya dalam larutan pencuci mulut dulu agar tetap bersih.

Lantai kamar mandi juga harus sering dibersihkan. Ini adalah bagian paling kotor dalam kamar mandi. Sikatlah secara berkala dengan sabun pembersih kamar mandi agar lantai bebas kuman dan bakteri.

Tips Memilih Pembersih Kamar Mandi

Tentukan Jenis Pembersihnya

Dalam memilih pembersih kamar mandi, kamu punya beberapa pilihan. Di pasaran ada banyak jenis pembersih yang bisa kamu gunakan sesuai dengan fungsinya.

Untuk toilet misalnya, ada yang bentuknya cair, ada pula yang bentuknya tablet tempel. Jika bentuknya cair, kamu tinggal tuang di area yang kotor, diamkan sejenak, sikat bersih lalu siram. Untuk yang berbentuk tablet tempel, kamu bisa menempatkannya dalam tangki toilet lalu siram setiap kali usai memakai toilet.

Nah, untuk pembersih lantai kamar mandi, biasanya berbentuk cair. Kamu bisa menyemprot atau menuangkannya pada area yang harus dibersihkan. Gosok saja secukupnya dengan sikat hingga nodanya hilang, lalu siram dengan air sampai bersih.

Ada juga pembersih berbentuk bubuk meski jarang. Untuk bentuk bubuk, kamu tinggal taburi lantai kamar mandi dengan pembersihnya. Selanjutnya, kamu bisa menggosok area tersebut lalu siram hingga bersih.

Pilih Bahan Aktifnya

Setiap area dan perabot kamar mandi terbuat dari berbagai bahan. Contohnya porselen, keramik, logam, hingga kaca. Kamu tinggal pilih saja produk pembersih yang sesuai dengan bahan perabot kamar mandi tersebut. Ini supaya hasil pembersihan bisa lebih maksimal.

Cairan pembersih dengan kandungan asam cocok untuk kamu yang ingin membersihkan kerak membandel. Kerak biasanya muncul di perabot kamar mandi berbahan porselen atau keramik. Tentunya hadirnya kerak bikin pemandangan kamar mandi jadi kurang menarik. Pilih pembersih berbahan HCl dan hydrochloric acid karena kandungan asamnya akan membantu merontokkan kerak pada dinding dan lantai kamar mandi.

Kaca kamar mandi kerap berembun dan juga terciprat air. Jika tidak dilap dan dikeringkan maka bisa meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Bersihkan kaca kamar mandi dengan pembersih berbahan surfaktan karena bisa mengangkat kotoran dan jamur pada kaca. Kamu bisa juga memilih pembersih berbahan isopropil alkohol dan amonia karena bisa menghancurkan mineral pada permukaan kaca dan membentuk lapisan agar memperlambat munculnya noda baru.

Untuk area kamar mandi dari bahan logam kamu bisa memakai pembersih berbahan kalsium karbonat. Ini akan bikin permukaan logam kembali berkilau karena noda membandel terangkat dengan mudah.

Tentukan Aroma Favorit

Pilih aroma favorit kamu dalam memilih pembersih kamar mandi. Di pasaran ada banyak sekali pilihan aroma wangi yang bisa kamu pilih. Kamu boleh memilih aroma buah-buahan, aroma bunga, aroma hutan, dan lain sebagainya. Dengan memilih aroma yang tepat, maka kamar mandi akan semakin segar dan terasa lebih wangi. Usahakan memilih aroma wangi yang lebih pekat untuk menutupi aroma tidak sedap dari kamar mandi.

Ini Dia Rekomendasi Sabun Pembersih Kamar Mandi Terbaik untuk Bantu Sterilkan Kamar Mandimu

Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi 5 in 1

Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi 5 in 1 hadir dengan formula yang ringan. Kamu bisa memakainya untuk membersihkan kamar mandi setiap hari. Dengan bahan utama lactic acid dan anionic surfaktan, produk ini bisa membersihkan permukaan berbahan kaca, logam, dan aluminium.

Produk semprot ini praktis digunakan. Kamu hanya harus menyemprotkannya saja ke bagian yang kamu inginkan. Selanjutnya, seka saja tanpa perlu dibilas. Dikemas dalam botol spray dengan kapasitas isi 500 ml, kamu jadi mudah menentengnya saat membersihkan kamar mandi.

Harga Rp. 12.500-41.000

Porstex Porcelain Ceramic Cleaner

Porstex Porcelain Ceramic Cleaner merupakan pembersih kamar mandi yang wajib kamu miliki. Ini adalah pembersih kamar mandi yang banyak digunakan masyarakat dan diandalkan sejak dulu. Berbentuk cairan dengan warna biru pekat, produk ini mudah diaplikasikan dan efektif mengangkat kerak dan noda membandel pada lantai kamar mandi.

Ada kandungan hydrochloric acid sebanyak 20% sehingga kerak pada kamar mandi bisa hilang sempurna. Kamu bisa encerkan dulu cairan ini lalu tuangkan pada area yang ingin dibersihkan. Sikat hingga bersih lalu siram dengan air sampai bersih.

Harga Rp. 13.500-66.000

Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk

Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk memiliki aroma wangi yang kuat. Namun tenang saja karena aromanya begitu menyegarkan. Paduan wangi sereh dan jeruk bikin kamu jadi semangat membersihkan kamar mandi. Aromanya semerbak dan bikin kamar mandi jadi lebih nyaman.

Bahan aktifnya berupa ethoxylated alcohol dan benzalkonium chloride. Keduanya akan bekerja membasi kuman, kotoran, dan kerak pada kamar mandi. Produk dikemas dalam botol berisi 750 ml cairan.

Harga Rp. 14.400-22.000

Vixal Pembersih Kamar Mandi

Vixal Pembersih Kamar Mandi menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini akan membersihkan secara maksimal. Di dalamnya ada kandungan hydrochloric acid sebanyak 10 % sehingga kandungan asamnya terbilang kuat. Ini akan sangat ampuh untuk mengusir kerak membandel di area kamar mandi.

Kamu juga tidak perlu ribet saat memakai produk yang satu ini. Tidak perlu mengencerkannya karena sudah cukup bisa membersihkan noda. Botolnya ramping sehingga lebih mudah untuk dituang juga. Kamu bisa memilih botol dengan isian beragam mulai dari 190 ml, 470 ml, hingga 780 ml.

Harga Rp. 5.000-40.000

Harpic Fresh Lemon

Harpic Fresh Lemon merupakan pembersih kamar mandi yang memiliki aroma segar lemon. Kamu bisa memakainya di toilet agar bebas bau tidak sedap. Produk ini juga bisa membersihkan area toilet lebih bersih karena memiliki bahan aktif disinfektan yang akan membunuh kuman dan bakteri.

Tidak ada bahan korosif di dalamnya sehingga produk ini aman digunakan setiap hari. Cukup campurkan Harpic pada tampungan air untuk toilet duduk. Produk ini juga bisa membersihkan kerak ringan pada toilet.

Harga Rp. 15.000-20.000

WPC Pembersih Kloset

WPC Pembersih Kloset juga bisa jadi pilihan kamu untuk pembersih area kamar mandi, utamanya area kloset. Bagian kloset atau toilet penuh dengan kerak sehingga menimbulkan pemandangan kurang sedap. Kamu bisa gunakan produk ini karena memiliki kandungan bahan aktif khusus yang bisa membantu menghancurkan kerak. Produk ini bikin toilet mudah dibersihkan. Kamu juga bisa memakainya untuk membersihkan area sudut-sudut kamar mandi.

Harga Rp. 8.600-18.000

Domestos Anti Kerak

Domestos Anti Kerak merupakan salah satu pembersih kamar mandi yang ampuh dan bisa kamu andalkan.Produk yang satu ini cocok untuk area kamar amndi yang berkerak seperti toilet, sudut ruangan, dan lain sebagainya. Dengan produk ini maka kerak yang sudah lama menempel pun bisa dibersihkan dengan mudah. Cairannya berbentuk kental sehingga bisa 7 kali lebih ampuh daripada pembersih lainnya.

Harga Rp. 14.900-40.000

Cif Spray Serbaguna Botol

Cif Spray Serbaguna Botol bisa kamu jadikan pilihan. Gunakan saja untuk membersihkan seluruh ruangan kamar mandi. Praktis tinggal semprot saja pada cermin, wastafel, keran, dan lain sebagainya. Produk ampuh hilangkan jamur, kerak, dan noda membandel. Setelahnya cukup dikat atau lap sedikit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Harga Rp. 19.890-60.000

EZClean Stainless Cleaner

EZClean Stainless Cleaner tepat jadi solusi untuk membersihkan kamar mandi dan permukaan berbahan stainless steel. Formula di dalamnya bisa mengatasi kerak air, sisa sabun, jamur, noda membandel, bahkan lumut. Uniknya lagi, produk ini memakai formula ramah lingkungan dan tidak ada bau menyengat yang mengganggu penciuman kita. Tidak bikin pusing dan bikin kita jadi lebih nyaman membersihkan kamar mandi. Kandungan asamnya juga tidak begitu kuat sehingga tidak akan mengangkat lapisan pada stainless steel.

Harga Rp. 57.000-128.000

Bagus Si Biru Pembersih Kloset

Bagus Si Biru Pembersih Kloset adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini bentuknya padat. Cukup masukkan ke dalam tempat penampungan air pada toilet. Dengan memakai produk ini maka kamu bisa memakai satu tabletnya hingga tiga ratus kali flush.

Produk bisa membuat air siraman toilet berwarna biru. Selain itu, aroma juga tercium lebih segar. Pembersih kloset ini bisa mencegah timbulnya kerak pada toilet berkat bahan aktifnya yakni alkyl benzene sulphonate dan sodium carbonate.

Harga Rp. 18.500-29.500
From our editorial team

Pilih Pembersih Antibakteri

Pembersih kamar mandi tidak bisa asal pilih saja. Supaya kebersihan kamar mandi bisa lebih terjamin, kamu bisa memilih pembersih antibakteri. Ini untuk menghindari kuman, bakteri, dan virus berkembang biak. Formula antibakteri akan membantu untuk membunuh kuman dan bakteri sehingga kamar mandi jadi lebih bersih dan higienis. Kamu jadi bisa membersihkan diri dengan maksimal tanpa takut kuman dan bakteri menempel ke tubuhmu karena area kamar mandi sudah bersih maksimal.

Tag