10 Rekomendasi Gamis Kekinian agar Kamu Makin Pede dengan Fashion Muslimahmu (2021)

10 Rekomendasi Gamis Kekinian agar Kamu Makin Pede dengan Fashion Muslimahmu (2021)

Gamis merupakan pakaian yang banyak dikenakan para muslimah belakangan ini. Gamis cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari formal hingga non formal. Kamu tinggal pilih bahan dan warna saja untuk disesuaikan dengan acara yang akan kamu hadiri. Nah, cek tips memilih gamis yang nyaman dari BP-Guide. Intip juga rekomendasinya dari kami, ya!

Makin Banyak Wanita yang Memakai Gamis Dalam Keseharian

Bagi seorang muslimah, berpakaian rapi dan menutup aurat adalah suatu keharusan. Pakaian juga harus longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh. Untungnya, zaman sudah makin modern. Makin banyak pilihan pakaian muslim yang nyaman dikenakan dalam berbagai suasana dan situasi, salah satunya adalah gamis.

Pakaian muslim bernama gamis awalnya begitu populer di negara Timur Tengah. Kepopulerannya pun menyebar ke berbagai negara termasuk juga Indonesia. Di negara kita, gamis awalnya banyak digunakan oleh ibu-ibu pengajian. Namun, semakin berkembangnya model, warna, dan motif gamis, peminatnya jadi semakin bertambah. Tak hanya ibu-ibu, dari anak kecil hingga remaja pun mulai menyukai gamis.

Gamis pun mulai banyak digunakan dalam keseharian, bukan hanya untuk acara tertentu seperti pengajian, kondangan, dan acara resmi lainnya. Pakaian ini banyak diunggulkan karena memiliki banyak sekali kelebihan.

Gamis lebih mampu menutup aurat karena potongannya longgar sehingga tidak menjiplak bentuk tubuh. Selain itu, gamis juga mudah dikenakan dan dipadukan. Kita hanya butuh memadukan gamis dengan jilbabnya saja. Malah kadang ada gamis yang dijual sepaket dengan hijabnya. Ini akan sangat memudahkan kita karena tak perlu pusing lagi mau pakai jilbab seperti apa.

Gamis juga bikin pemakainya tampak anggun. Model gamis yang mirip rok di bagian bawahnya membuat pemakainya lebih terkesan feminin. Pilihan warna gamis yang variatif bikin kita jadi lebih leluasa ingin memilih warna apa yang akan kita gunakan supaya sesuai dengan acara yang kita hadiri.

Gamis juga tidak akan memakan banyak tempat jika dibawa bepergian. Kita hanya butuh membawa gamis dan kerudung. Beda halnya jika kita memakai setelan, kita masih harus membawa atasan, bawahan, dan juga kerudung. Tentunya tas kita jadi terkesan lebih penuh jika membawa setelan dan terkesan kurang ringkas.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak salah ya jika makin banyak wanita beralih memakai gamis. Kamu sudah beralih pakai gamis, belum?

Tips Nyaman Memakai Gamis

Pilih Bahan Gamis

Agar gamis nyaman dikenakan, kamu perlu mengenal aneka bahan gamis yang ada di pasaran. Setiap jenis kain memiliki karakteristik tersendiri. Jika digunakan dan disesuaikan dengan cuaca tempat tinggalmu, maka gamis akan terasa nyaman dipakai dalam berbagai aktivitas.

Pertama ada bahan katun. Bahan yang satu ini paling pas digunakan pada iklim tropis karena bahannya terbuat dari serat kapas alami. Ketebalan bahan katun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahannya halus, kuat, dan tahan lama digunakan. Katun juga cepat menyerap keringat sehingga pemakainya tidak cepat gerah.

Bahan sutera adalah bahan selanjutnya yang cocok dipakai sebagai gamis. Bahan ini lembut dan terkesan mewah. Kainnya ringan meski tebal. Bahan sutera paling pas untuk digunakan sebagai gamis mewah yang cocok untuk kondangan atau aneka acara resmi lainnya.

Linen merupakan bahan unik yang bisa juga dipakai sebagai gamis. Bahannya sedikit kaku namun tahan terhadap jamur pakaian sehingga lebih awet digunakan. Bahan kain ini sejuk dikenakan meski udara sedang panas.

Kamu bisa juga lirik gamis berbahan kaos. Bahan kaos cocok untuk gamis keseharian. Ini karena kainnya elastis, ringan, lentur, dan cepat menyerap keringat.

Gamis bahan rayon juga tidak kalah oke. Ini karena kainnya licin, lembut, dan mudah menyerap keringat dengan baik. Kainnya juga ringan sehingga tidak memberatkan meski model gamisnya bertumpuk.

Bahan wolfis juga cocok dipakai sebagai gamis. Bahan ini tebal dan tidak tembus pandang. Ini membuatnya nyaman dipakai dalam keseharian. Kainnya adem sehingga kamu juga tidak mudah kegerahan saat memakainya.

Pilih Warna dan Motif

Agar makin nyaman memakai gamis, kamu perlu memilih warna dan motif yang sesuai. Untuk warna gamis bisa kamu cocokkan dengan warna kulit kamu. Misalnya, untuk kamu yang berkulit putih bisa memakai gamis
berwarna pastel. Sementara yang berkulit sawo matang akan cocok memakai gamis berwarna pink, navy, burgundy, dan lain sebagainya.

Kamu bisa juga memilih warna sesuai dengan tren warna yang sedang booming saat ini. Boleh juga jika kamu ingin memilih warna gamis yang bikin kamu terlihat lebih muda, contohnya warna dusty pink, mint green, atau biru langit.

Untuk motifnya, kamu bisa sesuaikan dengan bentuk tubuh kamu. Semisal kamu memiliki tubuh berisi, kamu bisa pilih gamis dengan motif kecil. Ini supaya kesannya tidak terlalu ramai dan tidak membuat tubuh bertambah berisi. Sementara jika kamu kurus, kamu bisa bebas ingin memakai gamis dengan motif kecil atau besar sekali pun.

Pastikan Dilengkapi Saku

Kalau kamu gemar membawa aneka barang kecil tapi malas membawa tas,maka kamu harus pastikan gamis yang kamu kenakan dilengkapi dengan saku. Adanya saku bikin kamu bisa membawa smartphone atau dompet tanpa harus ribet membawa tas. Kamu bisa memilih yang model sakunya berada di depan atau bisa juga memilih yang model sakuya tersembunyi di samping.

Padukan dengan Hijab Simpel

Agar kamu makin nyaman memakai gamis, kenakan hijab yang simpel sebagai padanannya. Tidak perlu model hijab yang ribet agar kamu tidak mudah gerah. Cukup kenakan hijab instan, hijab segiempat dengan gaya simpel, atau pashmina yang sekadar disampirkan pada bahu. Dengan hijab simpel, kamu jadi tampak lebih anggun. Selain itu, kamu juga jadi banyak menghemat waktu saat berdandan.

Ini Dia Rekomendasi Gamis Kekinian yang Bisa Kamu Koleksi

TUFINE Gamis Wanita Camila Dress

TUFINE Gamis Wanita Camila Dress adalah kolekso terbaru Tufine yang wajib kamu punya. Desainnya simple dengan aksen yang berlapis. Ini bikin tampilan makin elegan. Selain itu, gamis ini juga memiliki saku tersembunyi yang serbaguna di bagian sisi kanan. Lengan gamis ini bersifat wudhu friendly karena memiliki kancing. Ada pula bukaan depan sehingga gamisnya juga bersifat busui friendly.

Terbuat dari bahan arabian crepe, kainnya terasa ringan sehingga kesannya elegan. Kain ini juga terasa adem jadi cocok untuk berbagai cuaca. Bahannya tipis namun tidak menerawang. Ada banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih. Untuk ukurannya tersedia ukuran S hingga XXL.

Harga Rp. 179.000-249.000

Jilbrave Overall Misha

Jilbrave Overall Misha memiliki inner dan overall yang dijahit menyatu sehingga kamu tidak perlu repot memasang dan melepas overall-nya. Inner-nya memiliki resleting bukaan depan dengan 2 kancing sehingga cukup nyaman untuk ibu menyusui. Ada saku kanan dan kiri untuk menyimpan barang kecil. Gamis ini juga dilengkapi manset di tangan sehingga memudahkan untuk wudhu.

Terbuat dari bahan katun toyobo, gamis ini bisa cepat menyerap keringat. Bahannya adem dan halus sehingga tidak gatal di tangan. Ada ukuran XS hingga XL yang bisa dimiliki.

Harga Rp. 274.000-382.000

SUQMA Litzey Dress Indigo

SUQMA Litzey Dress Indigo terbuat dari bahan poliester crepe yang ringan dan flowy. Bahan ini tidak melar namun sangat nyaman digunakan. Potongan gamisnya longgar sehingga kamu bisa bergerak bebas saat memakainya. Ada bukaan depan sehingga memudahkan untuk menyusui. Gamis ini memiliki detail ruffle yang cantik. Kamu bisa memakainya ke berbagai acara.

Harga Rp. 179.900-955.000

Ricisbykhayra Lacey Dress

Ricisbykhayra Lacey Dress memakai bahan toyobo premium sehingga terasa nyaman dipakai di berbagai cuaca. Bahannya adem meski sedikit kaku. Desainya simpel namun cukup cantik dengan aksen renda. Produk ini memiliki kancing di ujung lengan sehingga bersifat wudhu friendly. Gamis ini hadir dengan pita di pinggang sehingga bisa membuat kesan tubuh lebih ramping. Roknya lebar sehingga cocok untuk kamu yang gemar bergerak aktif. Ada banyak pilihan warna untuk gamis ini. Selain itu, ukurannya tersedia dari S hingga XL.

Harga Rp. 274.400-519.900

Ziatusha Maxi | Gamis Muslim

Ziatusha Maxi | Gamis Muslim hadir dalam pilihan warna seperti navy latte, mocca latte, dan army latte. Ada ukuran S hingga XL yang bisa kamu pilih. Gamis ini terbuat dari bahan ity crepe yang tidak menerawang, flowy, dan nyaman dikenakan. Bahannya tidak mudah kusut meski gamis dipakai seharian. Bahan ini juga memiliki serat rapat sehingga cepat menyerap keringat berlebih.

Gamis ini memiliki bukaan depan sehingga berisaft busui friendly. Ada double layer di bagian depan. Dilengkapi pula dengan saku yang serbaguna. Bagian lengan dilengkapi kancing sehingga memudahkan untuk berwudhu.

Harga Rp. 99.920-231.000

Le Khari Dress Yuki Chanel Silk Gamis

Le Khari Dress Yuki Chanel Silk Gamis begitu terlihat sederhana namun elegan saat digunakan. Terbuat dari bahan yang lembut dengan ketebalan sedang, gamis ini tidak mudah kusut dan begitu flowy. Gamis yang bersifat busui friendly ini hadir dengan tali di kanan kiri. Ada juga kancing di bagian tangan. Selain itu, gamis ini dilengkapi kantong di bagian kanan. Kamu bisa memilih ukuran S hingga XL yang tersedia.

Harga Rp. 169.000-576.000

Jilbrave Noora Dress

Jilbrave Noora Dress memiliki resleting dada di bagian depan. Ini akan memudahkan para ibu menyusui. Gamis ini juga dilengkapi dengan saku di bagian kanan dan kiri untuk membawa aneka benda kecil yang kamu butuhkan. Manset di ujung lengannya memudahkan saat akan berwudhu. Ada layer di bagian pinggang yang dijahit menyatu dengan gamis. Produk ini juga memiliki aksen layer di pundak dan lipit di bagian rok depan.

Bahan gamis adalah jasmine torino yang flowy dan ringan. Bahannya lembut dan tidak mudah kusut. Selain itu, ada juga bahan katun premium yang membuat gamisnya cepat menyerap keringat. Tersedia ukuran XS hingga XL.

Harga Rp. 275.000-289.000

Setatamuda Aara Series - Yumia Dress

Setatamuda Aara Series - Yumia Dress adalah rekomendasi berikutnya. Ada aksen tali di bagian pinggang dan kantong di bagian dada. Kamu bisa memakainya ke berbagai acara baik formal atau santai. Terbuat dari bahan katun, gamisnya adem dan cocok untuk berbagai cuaca. Bahan kain juga cepat menyerap keringat dan bikin kita tak mudah gerah. Ada ukuran S hingga XXL yang bisa dipilih.

Harga Rp. 327.250-346.500

Halwa Malikha Dress

Halwa Malikha Dress merupakan gamis yang super adem dan lembut teksturnya. Gamis ini bisa digunakan untuk ibu menyusui juga karena ada bukaan depan. Gamis ini juga akan memudahkan untuk salat karena memiliki kancing di bagian lengan. Ada pula saku di sisi kanan dan kiri. Material yang digunakan adalah rayon twill japan. Ada 8 pilihan warna yang bisa kamu lirik. Tersedia ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 299.000-464.000

Gamis Zafina

Gamis Zafina merupakan rekomendasi terakhir kami. Gamis dengan bahan katun madina ini memiliki tekstur lembut yang adem di kulit jadi nyaman untuk segala cuaca. Bahan gamis ini bisa cepat menyerap keringat dan tidak mudah berbau. Produknya tidak menerawang sehingga aman digunakan para muslimah. Dikombinasikan dengan bahan babydoll armani, produknya hadir dengan serat bergaris.

Detail serut di bagian pinggang bisa menyesuaikan ukuran pinggang pemakainya agar terkesan lebih ramping. Ada saku di samping kanan gamis untuk menyimpan aneka barang kecil. Kamu bisa memilih banyak pilihan warna mulai dari magenta, smoke grey, moss green, denim, hingga softpink. Ukurannya tersedia dari S hingga XL.

Harga Rp. 174.000-239.000
From our editorial team

Pilih yang Memudahkan Berwudhu

Salat merupakan tiang agama, sehingga kita tidak bisa melewatkan atau tidak mengerjakannya. Bagi seorang muslimah, penting untuk memilih pakaian yang tidak merepotkan untuk dipakai berwudhu. Utamanya jika sedang berada di luar rumah. Kamu tentu tidak ingin ribet melepas aksesori dan juga pakaian hanya untuk berwudhu agar tidak basah semua. Saat memilih gamis, perhatikan juga gamisnya apakah bersifat wudhu friendly atau tidak. Cek bagian lengannya, pastikan sudah dilengkapi kancing atau resleting. Dengan begini, kamu akan lebih mudah saat berwudhu, tanpa harus repot melepas pakaian.