5 Ragam Pakaian Melayu dan 8 Rekomendasi yang Apik untuk Dikenakan di Acara Spesial

5 Ragam Pakaian Melayu dan 8 Rekomendasi yang Apik untuk Dikenakan di Acara Spesial

Sumber gambar www.republika.co.id

Pakaian Melayu adalah pakaian tradisional di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mengenakan pakaian Melayu, Anda bisa cek rekomendasinya berikut ini!

Pakaian Melayu Jadi Identitas yang Melekat di Malaysia, Singapura, dan Indonesia

Sumber gambar www.bualbual.com

Pakaian Melayu telah menjadi identitas bagi masyarakat Melayu. Masyarakat melayu sendiri banyak kita jumpai di Semenanjung Malaka, daerah Sumatera, Malaysia, dan Singapura. Pakaian orang Melayu tak terlepas dari proses pencampuran budaya setempat dengan budaya yang dibawa oleh pedagang dari India, Arab, Cina, bahkan Eropa.

Bagi orang Melayu, pakaian tak hanya berfungsi sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh, namun juga menyertakan lambang-lambang dan nilai-nilai luhur Melayu yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

Makna di Balik Pakaian Melayu

Menutup Aurat

Sumber gambar infopublik.id

Orang Melayu terkenal dengan ketaatannya menjalankan perintah agama dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan. Bagi orang Melayu, pakaian yang dipakainya berfungsi utama sebagai penutup aurat. Meski telah lama berinteraksi dengan dunia barat pada zaman lampau, masyarakat Melayu masih berpakaian jauh lebih tertutup dibanding cara berpakaian orang Barat.

Menurut orang Melayu, berpakaian dengan cara sopan dan patut akan menghindarkan pemakainya dari bahaya. Mereka pun juga akan dipandang sebagai orang yang bernilai dan orang lain akan menaruh rasa hormat.

Berkaitan Erat dengan Norma Adat

Sumber gambar revolusi.co.id

Orang Melayu selalu menjunjung adat istiadat mereka di mana pun mereka berada. Hal ini seperti telah diturunkan oleh nenek moyang mereka. Nilai ini tercermin pada fungsi pakaian adat Melayu. Corak pakaian Melayu yang khas mengandung nilai filosofi yang telah dibangun oleh masyarakat Melayu secara turun temurun. Meski telah berkembang, pakaian Melayu masih mempertahankan corak, bentuk, dan warna sesuai aturan.

Jenis Pakaian Melayu Pria dan Wanita

Baju Melayu Cekak Musang

Sumber gambar www.kamdar.com.my

Baju kurung cekak musang memiliki pengaruh dari Timur Tengah. Semenanjung Malaka yang ramai oleh pedagang dari berbagai wilayah, termasuk Arab, menjadikan pengaruh budaya asing tak bisa dielakkan.

Bentuk pakaian ini memiliki leher lebih tegak dan belahannya memiliki tiga, lima, tujuh, atau sembilan kancing. Rancangan baju dibuat longgar di bagian perut, lengan, dan dada.

Biasanya baju ini dipakai dengan celana panjang sampai dengan pergelangan kaki dan penutup kepala kopiah atau songkok. Baju ini biasanya dipakai di acara keluarga seperti kenduri.

Baju Melayu Gunting Cina

Baju gunting cina tak jauh beda dengan baju cekak musang. Bentuk baju tersebut berkerah leher bulat degan bagian depan berbelah dan memakai kancing biasanya 5 buah. Baju ini juga dilengkapi dengan songkok dan celana atau sarung. Baju ini biasanya dipakai sehari-hari. Bisa juga untuk menyambut kerabat di rumah atau pertemuan resmi di kantor.

Baju Melayu Teluk Belanga

Sumber gambar my.carousell.com

Baju teluk belanga biasa dipakai oleh orang Melayu yang dekat dengan khazanah Islam. Banyak filosofi dan nilai keislaman yang terkandung di balik pakaian teluk belanga. Baju teluk belanga dipakai oleh laki-laki. Baju ini dipakai dengan bagian lehernya dikaitkan dengan satu kancing. Baju teluk belanga biasanya juga dilengkapi dengan celana dan kain samping serta kain pelekat.

Baju Kurung

Sumber gambar muslimahclothing.com

Baju kurung sering diasosiasikan dengan kaum perempuan dan populer di Brunei Darussalam, Malaysia, Indonesia, Singapura, hingga Thailand. Ciri khas baju ini adalah desainnya yang longgar pada lengan, dada, dan perut. Pada saat dipakai, bagian paling bawah baju kurung sejajar dengan lutut.

Baju kurung memiliki filosofi yang dalam. Saat seseorang memakai baju kurung, ia telah terikat dengan berbagai macam aturan yang harus dipatuhi. Baju kurung memiliki makna bahwa pemakainya "dikurung’’ atau dikukung oleh adat sesuai dengan syariat Islam.

Baju Kebaya Labuh

Sumber gambar universtv.live

Kebaya labuh konon merupakan pakaian tertua yang masih ada hingga saat ini. Kebaya labuh populer di masyarakat Melayu. Pakaian ini memiliki bentuk yang menjuntai ke bawah hingga menutupi lutut. Sisi depan kebaya labuh dikaitkan dengan tiga buah kancing yang membuat bagian bawah kebaya tampak melebar dan terbuka. Cara pemakaiannya biasanya dipadukan dengan rok dari kain batik.

8 Rekomendasi Baju Melayu untuk Pria dan Wanita

Pria

Amar Amran Baju Melayu Maher Zain

Sumber gambar Zalora

Merek Amar Amran selalu menonjolkan nilai Islami yang berkualitas tinggi dan tetap mengedepankan gaya yang kekinian. Desain pakaian dari Amar Amran selalu dibuat dari elemen kain pilihan dan detail yang memukau. Ciri khas produk Amar Amran dapat dilihat dari salah satu produknya yaitu Baju Melayu Maher Zain.

Baju Melayu Maher Zain hadir dalam warna-warna yang cerah. Baju ini dibuat dengan kain satin dengan leher cekak musang klasik. Baju ini tersedia dalam ukuran S, M, L, dan XL dengan warna royal blue. Satu setel Baju Melayu Maher Zain terdiri dari atasan, celana, dan sarung. Anda bisa membeli baju ini di Zalora Malaysia seharga Rp 534.587.

Baju Melayu Lelaki Cotton Sakura Dewasa Moden Slim Fit

Sumber gambar Lazada


Salah satu rekomendasi baju melayu modern yang bisa Anda miliki adalah Baju Melayu Lelaki Cotton Sakura Dewasa Modern Slim Fit. Baju ini memiliki permukaan yang halus dan terbuat dari kain katun sakura campuran berkualitas sehingga tidak terlalu panas saat dipakai. Anda bisa membelinya di Lazada Malaysia seharga Rp 408.695.

Kamdar Jumaart Mens Baju Melayu Johor

Sumber gambar Lazada

Kamdar Jumaart Mens Baju Melayu Johor memiliki desain 1 kancing di leher dan 3 saku di depan. Terbuat dari bahan poliester, baju melayu ini dijual seharga Rp 244.875 di Lazada Malaysia.

Baju Melayu ILHAM

Sumber gambar Shopee

Salah satu rekomendasi baju melayu pria adalah Baju Melayu Ilham. Baju ini terbuat dari bahan satin valentine yang sejuk saat dipakai. Hadir dalam 8 pilihan warna dan pilihan ukuran S hingga 3XL, baju melayu ILHAM dapat Anda beli di Shopee Malaysia seharga Rp 304.000.

Wanita

LUXE by Ethnic Chic - Samhana Color Block Baju Kurung

Sumber gambar Zalora

Salah satu baju kurung koleksi Ethnic Chic adalah LUXE by Ethnic Chic. Tampilan desain baju ini sangat cantik dengan detail mutiara tiruan dan aksen colour blocking yang menciptakan gaya elegan dan lembut. LUXE by Ethnic Chic terbuat dari bahan campuran poliester. Anda bisa membeli produk ini di Zalora Malaysia seharga Rp 620.000.

Era Maya - Chic Micro Floral Baju Kurung

Sumber gambar Zalora

Era maya, salah satu merek fashion muslim terkenal, tak mau ketinggalan memproduksi baju kurung. Salah satu produk Era Maya adalah Chic Micro Floral Baju Kurung.

Set baju kurung modern ini memiliki desain yang kasual namun glamor bagi perempuan. Sisi bahu dibuat empuk dengan bantalan dan memiliki resleting sisi yang tersembunyi. Dijual seharga Rp 612.000, baju ini bisa Anda dapatkan di Zalora Malaysia.

Tom Abang Saufi for ZALORA - Flores Baju Kurung

Sumber gambar Zalora

Tom Abang Saufi mencoba menyeimbangkan kesederhanaan, gaya, dan tradisi dalam setiap produknya. Salah satu koleksi dari merek ini adalah Tom Abang Saufi for Zalora – Flores Baju Kurung.

Baju kurung ini memiliki motif eksotis dan warna yang indah. Materialnya adalah silky satin yang lembut. Anda bisa membeli baju ini di Zalora Malaysia seharga Rp 996.000.

BYN - Baju Kurung Modern

Sumber gambar Zalora

BYN banyak sekali memiliki jenis pakaian untuk wanita yang terinspirasi dari pakaian Persia dan Asia abad ke 18. Saat ini BYN juga memproduksi baju kurung modern yang tak kalah cantik namun tetap mempertahankan nilai utamanya.

Salah satu koleksi yang bisa Anda beli adalah BYN – Baju Kurung Modern yang memiliki desain bordir bunga pada atasannya. Terbuat dari kain yang lembut, baju ini sangat nyaman dipakai. Baju kurung modern ini juga memiliki bagian pinggang yang elastis. Tersedia di Zalora Malaysia, baju ini dijual seharga 699.000.

From our editorial team

Pakaian Melayu juga Bisa Jadi Fashion Keren Lho!

Pakaian Melayu adalah salah satu pakaian adat yang populer khususnya di negara-negara jiran. Meskipun begitu, kamu juga bisa mengenakan jenis pakaian yang satu ini untuk acara formal seperti untuk acara pernikahan, pesta, dan lainnya. Pastikan untuk memilih jenis baju Melayu yang sesuai dengan bentuk tubuh serta ukuran yang pas. Pilih juga warna yang sesuai dengan warna kulit supaya makin mempesona.