Sudah Kenal dengan 10 Merek Kosmetik Halal dari Luar Negeri Berikut?

Sudah Kenal dengan 10 Merek Kosmetik Halal dari Luar Negeri Berikut?

Sumber gambar halalfocus.net

Wanita tak pernah jauh dari kosmetik. Di setiap kesempatan, kosmetik selalu terpoles di wajah para wanita. Namun bagi wanita muslimah kosmetik yang terpoles haruslah memenuhi standar halal agar tak mengganggu ibadah mereka. Untuk itu, BP-Guide akan memberikan rekomendasi berbagai kosmetik halal yang berasal dari luar negeri.

Sebagai Wanita Muslimah, Penggunaan Produk-produk Halal Sudah Menjadi Kewajiban

Sumber gambar halalfocus.net

Dengan seiring kemajuan zaman, dimana informasi lebih mudah didapatkan dan teknologi semakin canggih, para wanita muslim harus lebih teliti lagi dalam membeli banyak barang. Salah satunya adalah kosmetik. Meskipun terkesan remeh, rupanya kosmetik ini bisa berpengaruh pada nilai ibadah kamu. Oleh karena itu penting bagi muslimah untuk selalu memastikan halal atau tidaknya kosmetik yang ia kenakan.

Pentingnya kosmetik halal ini juga diungkapkan oleh Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Sumunar Jati yang menyatakan alasan utama kosmetik bisa masuk kategori non-halal adalah mengandung zat najis sehingga bisa membuat ibadah menjadi tidak sah.

Untuk kosmetik bahan baku yang wajib diamati adalah kandungan kolagen. Ada banyak kosmetik yang menggunakan kolagen dari binatang, mulai dari kambing, domba, sapi, bahkan babi. Kolagen dari babi inilah yang termasuk dalam kandungan haram dan harus dijauhi oleh muslimah. Pemanfaatan bahan dari babi ini kemudian dikenal dengan nama intifa'.

Selain itu bisa jadi kosmetik menggunakan bahan dari anjing, manusia, binatang buas, darah, hingga alkohol. Karena itu di sinilah fungsi dari LPPOM MUI untuk memberikan sertifikasi dan membuat muslimah Indonesia merasa tenang dan nyaman dalam menggunakan kosmetik.

Pada Maret 2018, data LPPOM MUI menyebutkan sudah ada 41 perusahaan dengan total produk sebanyak 2.115 yang mendapat sertifikat halal.

Keuntungan Menggunakan Kosmetik yang Halal

Lebih Aman bagi Kesehatan

Sumber gambar tropicsmag.com

Umat Islam percaya bahwa segala sesuatu yang halal adalah baik bagi manusia, karena itu kosmetik yang halal juga jelas bisa masuk kategori aman bagi manusia. Hal inilah yang dapat membuat kita merasa tenang selama menggunakan kosmetik berlabel halal.

Al Quran sendiri sudah dengan jelas menyebutkan apa saja hal-hal yang haram untuk kita masukkan dalam tubuh kita, namun berkat kemajuan teknologi kini proses pembuatan kosmetik dan makanan menjadi lebih rumit dan semakin sulit membedakan mana kosmetik yang mengandung zat najis.

Inilah peran dari MUI yang membantu konsumen untuk memastikan mana produk yang bisa mereka gunakan dan mana yang sebaiknya mereka hindari.

Proses Pembuatan yang Terjaga

Sumber gambar www.lisalise.com

Setiap tahunnya permintaan terhadap produk-produk halal termasuk kosmetik kian meningkat. Ini juga membuat para pengusaha dan produsen semakin giat berbenah untuk memastikan bahwa rangkaian produksi produk mereka terbebas dari najis yang membuatnya menjadi tidak halal.

Jika sebuah produk berhasil mendapat sertifikat halal, dapat dipastikan bahwa dari mulai bahan baku hingga proses produksi, kemasan, dan unsur produksi lainnya dibuat dengan memikirkan syariat Islam dan halal. Hal ini juga menjadi jaminan mutu bagi konsumen yang bisa melihat bahwa produk yang mereka gunakan benar-benar dijaga kualitasnya dari awal hingga akhir.

Mengandung Bahan Alami

Sumber gambar learningherbs.com

Agar lebih aman dalam memilih produk kosmetik, kamu bisa memilih produk yang organik atau yang terbuat dari bahan dasar tanaman. Hal ini menyiratkan bahwa kosmetik tersebut minim kemungkinannya terpapar zat-zat najis seperti babi, anjing, atau darah. Lagi pula kosmetik dari bahan organik atau tanaman jelas lebih aman digunakan di kulitmu.

10 Merek Kosmetik Halal dari Luar Negeri yang Bisa Menjadi Pilihan

Inika Organic - Australia

Sumber gambar www.floraandfauna.com.au

Tak cuma produk Indonesia saja yang dilabeli halal, ada juga produk dari luar negeri yang sudah bersertifikat halal. Seperti Inika misalnya. Inika merupakan produk kosmetik asal Australia yang dilabeli halal oleh badan sertifikasi setempat. Bukan cuma halal, produk Inika ini juga cukup bagus kualitasnya.

Inika mengeluarkan beragam jenis kosmetik, seperti lipstik, bedak, eye shadow, blush on, hingga maskara. Beberapa contoh produk Inika antara lain:

  • Inika Mineral Bronzer - Sunloving yang cocok untuk kulit wanita Indonesia yang agak gelap. Bisa digunakan setelah menggunakan foundation agar wajahmu bisa makin bersinar. Produk ini dijual seharga Rp 474.000 di situs Flora & Fauna.
  • Inika Foundation Trial Pack Medium/Dark Tones terdiri atas dua buah bedak, liquid foundation, dan primer. Cocok untuk kamu yang ingin memiliki satu paket kosmetik dari Inika. Harga produk ini adalah Rp 158.000 dan kamu bisa menemukannya di situs Flora & Fauna.

Zahara - Singapura

Sumber gambar www.fashionvalet.com

Zahara yang berarti "bersinar" adalah produk kosmetik asal Singapura yang juga mengklaim bahwa semua produknya halal. Selain itu produk-produk Zahara juga bebas paraben, bebas pewangi, dan zat kimia lainnya. Tak cuma punya make up, Zahara juga punya kuteks yang halal.

Ada beberapa produk dari Zahara yang bisa kamu coba, seperti Mystery All Day Matte Lip Cream in Dark Red yang adalah krim bibir dengan rona yang cantik dan akan membuat bibirmu tetap lembut terawat. Produk ini bisa kamu beli lewat situs Fashion Valet dengan harga Rp 220.672.

Atau kamu juga bisa mencoba Fifth Avenue Eyeshadow Palette yang akan melengkapi penampilanmu dengan mata yang berbinar. Produk ini dihargai Rp 240.711 di situs Fashion Valet.

Sampure Minerals - Inggris

Sumber gambar sampure.co.uk

Mau memiliki bulu mata panjang dan tebal, coba saja aplikasikan Enchanting Look Mascara Admire dari Sampure Minerals. Produsen kosmetik asal Inggris ini merupakan salah satu penghasil kosmetik berlabel halal di Eropa.

Bukan cuma materialnya yang terjamin dari najis, tapi juga dipastikan bahan-bahan yang mereka gunakan adalah bahan alami, seperti minyak zaitun dan minyak jojoba, jadi kosmetik ini juga bisa membantu merawat bulu matamu.

Maskara ini memiliki kuas yang dibuat dengan presisi sehingga bisa melapisi bulu matamu secara menyeluruh. Produk dari Sampure Minerals bisa kamu beli dari situs resminya yakni sampure.co.uk. Produk Enchanting Look Mascara dijual seharga Rp 293.331.

Amara Halal Cosmetics - Amerika Utara

Sumber gambar amaracosmetics.com

Kemunculan banyaknya label kosmetik halal di negara-negara di Eropa serta Amerika menunjukkan bahwa permintaan kosmetik halal ini memang sangat besar. Salah satu label yang siap memenuhi keinginan muslim di AS untuk kosmetik halal adalah Amara Halal Cosmetics. Produsen kosmetik asal California ini terkenal akan produksi kuteksnya yang dikenal halal dan bisa digunakan untuk berwudu.

Amara Halal Cosmetics Breathe Easy Nail Polish dibuat dengan formula yang memungkinkan cat kuku menyerap oksigen dan air, sehingga para muslimah bisa tetap menggunakannya saat berwudu. Cat kuku ini juga dikenal tidak mengandung zat kimia berbahaya dan tidak diuji pada hewan. Produk cat kuku ini dijual seharga Rp 186.706 di situs resmi Amara Cosmetics.

Selain cat kuku, kamu juga bisa membeli makeup spons unik dengan berbagai warna. Kini spons menjadi bagian penting dalam merias wajah, karena dianggap bisa membuat proses pengaplikasian makeup makin mudah. Colorful Makeup Sponge dari Amara ini dijual seharga Rp 172.344 di situs resmi Amara Cosmetics.

Talent Cosmetics - Korea Selatan

Sumber gambar talentcosme.net

Buat kamu yang gemar makeup Korea namun tetap ingin make up yang halal, maka Talent Cosmetics jawabannya. Ya, produsen make up satu ini berasal dari Korea Selatan tapi dibuat sesuai dengan syariat Islam.

Talent Cosmetics sendiri sudah ada sejak 1980 dan merupakan brand kosmetik Korea pertama yang mendapatkan label halal. Totalnya sudah ada 147 produk make up mereka yang mendapatkan label halal dari badan sertifikasi di Malaysia.

Ada beberapa produk dari Talent Cosmetics yang direkomendasikan dan bisa dibeli di situs resmi Talent Cosmetics.

  • Sunwoo Cosme Crystal Dia Color Lip yang merupakan pemulas bibir halal. Terbuat dari bahan alami yang sehat, lipstik ini sangat nyaman dan mudah diaplikasikan. Teksturnya pun ringan sehingga tak akan membuat bibir kering dan malah akan terkesan alami. Harga produk ini adalah Rp 192.900.
  • Sunwoo Cosme Q10 BB Cream adalah krim wajah yang sudah dilengkapi dengan tabir surya SPF 36/PA++. Dengan kandungan utama yang lembut membuat bb cream ini terkesan ringan, melembapkan kulit, dan pastinya akan membantu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak. BB cream ini juga tahan air, jadi pas digunakan saat berwudu. Harga produk ini sekitar Rp 128.360.

FX Cosmetics - Inggris

Sumber gambar www.fxcosmetics.co.uk

Satu lagi kosmetik halal dari Inggris yakni FX Cosmetics. Produk-produk dari lini kosmetik ini sudah terjamin halal karena telah diuji secara ketat. Selain itu produk-produk yang dihasilkan juga dibuat dari bahan alami dan bebas uji binatang.

Salah satu keunggulan dari FX Cosmetics adalah menggunakan mineral sebagai kandungan utama dari produknya. Sehingga tidak cuma bisa mempercantik wajahmu, tapi produk-produk ini juga bisa membantu merawat kulit wajah.

Produk andalan dari FX Cosmetics antara lain OFM Cream Beige yang adalah alas bedak dengan tekstur cair untuk memberikan hasil mulus dan natural. Alas bedak ini dijual seharga Rp 350.756 dan bisa kamu pesan dari situs resmi FX Cosmetics.

Tuesday in Love - Kanada

Sumber gambar www.tuesdayinlove.com

Keinginan para wanita muslim untuk memulas kuku mereka tanpa harus repot ketika hendak wudhu dan salat membuat banyak sekali bermunculan label cat kuku halal, seperti Tuesday in Love dari Kanada.

Ya, produsen cat kuku ini menggunakan teknologi revolusioner sehingga memungkinkan air dan oksigen tetap menembus ke kuku saat menggunakan kuteks. Tapi tenang saja, meskipun halal, cat kuku ini tetap memiliki kualitas yang baik, warna yang cemerlang, dan tahan lama. Semua produk Tuesday in Love bisa kamu beli di situs resminya.

  • Tuesday in Love Halal Certified Nail Polish - A Deeper Love yang berwarna merah menyala. Pastinya akan membuat warna kulitmu menjadi lebih bersih. Kuteks ini dijual seharga Rp 265.660.
  • Tuesday in Love Halal Certified Nail Polish - Star Girl yang memiliki warna pink lembut. Cocok bagi kamu yang gemar bergaya feminin dan tidak mencolok. Harga kuteks ini adalah Rp 265.660.

Safi - Malaysia

Sumber gambar www.blibli.com

Belakangan ini jika kamu lihat di televisi sudah ada iklan dari brand Safi. Brand asal Malaysia ini sudah ada sejak 30 tahun yang lalu dan telah mengantongi label halal, serta kini siap masuk ke pasar Indonesia. Safi hadir dengan bermacam-macam produk kecantikan.

  • Safi Age Defy Renewal Night Cream adalah krim wajah malam yang berfungsi membantu peremajaan kulit. Selain itu krim ini juga bisa melembapkan kulit selama tidur. Harga produk ini adalah Rp 91.080 dan bisa kamu pesan di Blibli.
  • Safi White Expert Purifying Cleanser merupakan pembersih wajah yang mengandung ekstrak habbatus sauda yang dikenal punya manfaat baik bagi kulit. Produk ini dijual seharga Rp 39.000 di Blibli.

PHB Ethical Beauty - Inggris

PHB Ethical Beauty adalah salah satu produsen kosmetik halal di Inggris. Selain halal, produk-produk yang dihasilkan juga telah teruji vegan, dibuat dari bahan alami, dan pastinya tidak diuji pada binatang. Bahkan dalam memproduksi kosmetiknya PHB Ethical Beauty juga kerap membantu wanita-wanita yang kekurangan di berbagai belahan dunia.

Salah satu rekomendasi dari PHB Ethical Beauty adalah PHB 100% Lip Gloss Organik Murni yang tersedia dalam 14 warna, mulai dari warna nude yang netral hingga merah yang memikat. Lip gloss ini bukan cuma akan membuat bibirmu tampak cantik tapi juga membantu melindungi dan merawatnya. Harga lip gloss ini adalah Rp 246.228 dan bisa kamu pesan langsung ke situs PHB Ethical Beauty.

Selain itu ada juga PHB 100% Pure Lip Tint Organik. Lip Tint sendiri merupakan pemulas bibir yang akan memberikan sentuhan warna ringan sembari melembapkan bibirmu. Cocok digunakan untuk kamu yang gemar meniru makeup ala selebritas Korea atau kamu yang suka tampil simpel. Lip tint ini mengandung zat argan oil jadi bisa membantu memperbaiki bibir kering. Harganya Rp 227.214 di situs resmi PHB Ethical Beauty.

IBA Halal Care - India

Sumber gambar www.ibahalalcare.com

Kajal adalah kosmetik yang biasa digunakan untuk memberi kesan mata lebih besar dan cerah. Hampir mirip dengan eyeliner, perbedaannya adalah kajal terbuat dari bahan-bahan alami, sementara eyeliner terbuat dari bahan gel, pensil, atau tinta.

Iba Halal Care sendiri merupakan kosmetik halal pertama dari India yang produknya terdiri dari makeup, skincare, personal care, serta parfum. Tentu saja semua produk ini bebas alkohol, dibuat dari bahan alami, dan mengandung mineral.

Kajal sendiri banyak digunakan di daerah Timur Tengah dan India, salah satunya adalah produk Iba Halal Care, Iba Pure Eyes Natural Kajal yang merupakan kajal alami dengan warna hitam yang tegas. Pengaplikasian produk satu ini juga mudah. Harganya juga sangat terjangkau yakni Rp 21.890 di situs resmi Iba Halal Care.

From our editorial team

Ibadah Semakin Tenang dengan Menggunakan Kosmetik Halal

Jika kamu merasa ragu dengan kosmetik tanpa label halal yang kamu gunakan saat ini, maka beralihlah ke produk kosmetik yang sudah berlabel halal. Selain mengandung bahan alami, kamu juga akan semakin tenang saat beribadah. Kosmetik halal tak hanya bisa kamu temukan pada brand asal dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri. Jika kamu penasaran dengan kualitasnya, maka tak ada salahnya untuk mencoba beberapa brand halal tersebut.