10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik Untuk Latihan Otot (2022)

10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik Untuk Latihan Otot (2022)

Olahraga tangan adalah salah satu jenis olahraga yang bertujuan untuk pembentukan otot lengan. Beberapa di antaranya juga pembentukan bahu serta kekuatan jari dan pergelangan tangan. Ada berbagai macam olahraga tangan yang dapat dilakukan di rumah, kantor, gym, hingga di dalam perjalanan. Karena ada lho alat olahraga tangan terbaik yang berukuran mini dan dapat dimasukkan ke dalam tas kamu. Penasaran? Ini dia 10 rekomendasi alat olahraga tangan terbaik untuk latihan otot khusus dari BP-Guide.

Keutamaan Olahraga Tangan

Seyogyanya olahraga tak hanya untuk pembentukan badan seperti perut atau kaki saja. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya untuk memperhatikan olahraga pembentukan tangan, bahu, bahkan pergelangan tangan.

Fokus dari olahraga tangan umumnya untuk melatih kekuatan otot tangan dan menghilangkan gelambir lemak di lengan. Selain itu karena tangan berfungsi sebagai penumpu setiap jenis olahraga, maka kamu perlu rutin olahraga tangan agar tumpuan untuk olahraga lain menjadi lebih baik.

Ada berbagai macam manfaat dari olahraga tangan selain kekuatan tulang dan mengencangkan tubuh serta otot. Manfaat itu antara lain membuat pergelangan tangan terhindar dari cedera selama latihan atau olahraga, sendi menjadi lebih kuat, dan sebagai penggerak cairan sinovial yang berfungsi untuk melumasi sendi tulang. Selain dukungan fleksibilitas otot dan ligamen, cairan sinovial ini juga membantu rentang gerak lebih leluasa.

Tips Memilih Alat Olahraga Tangan Terbaik yang Cocok

Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap olahraga akan memiliki ujung yang baik asal dilakukan dengan porsi yang pas dan didukung dengan alat yang tepat. Untuk itu sebelum membeli alat olahraga tangan terbaik pastikan jika alat yang sudah kamu incar memang memenuhi tujuan yang hendak kamu capai.

Entah itu olahraga untuk kebugaran tubuh, melatih stamina, menambah massa otot, membakar kalori, atau untuk membentuk otot tubuh tertentu. Sebagai contoh, untuk mengencangkan otot bisep dan trisep tentu kamu bisa memilih alat sejenis dumbbell.

Pilih yang Paling Nyaman dan Ergonomis

Tak hanya fungsi dan tujuan, kenyamanan juga merupakan faktor utama memilih alat olahraga agar kamu bisa berolahraga dengan rutin dan disiplin. Untuk itu ketika hendak membeli, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu ketika di toko. Bisa dipegang dan diayunkan, atau bisa juga diduduki dan di tes pijakan kakinya.

Lain halnya jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu seperti arthritis, maka pilih alat olahraga tangan dengan fitur bantalan atau busa tebal agar kenyamanan lebih meningkat.

10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik dengan Harga Terjangkau

Happyfit Digital Hand Grip

Kekuatan genggaman, sebagai bagian dari kekuatan tangan pun juga memerlukan latihan. Kekuatan cengkeraman tangan dapat dijadikan indikator kesehatan secara keseluruhan, prediksi kesehatan jantung, hingga prediksi keterbatasan mobilitas nantinya.

Untuk itu kekuatan genggaman harus diukur dan dilatih secara berkala. Latihan kekuatan cengkeraman dan tangan secara rutin dapat menggunakan handgrip.

Happyfit Digital Hand Grip dilengkapi dengan layar digital ini memudahkan kamu untuk memantau data latihan baik mingguan ataupun bulanan. Data ini terdiri dari tiga mode meliputi fitur kalori, timer, dan jumlah latihan.

Dilengkapi dengan easy reset dan auto off, tampilan layar digital dapat mati secara otomatis dalam waktu 30 menit guna menghemat baterai. Selain itu fitur space TPR dapat digunakan untuk menyesuaikan jarak agar tangan kamu tetap nyaman ketika menggunakan.

Harga Rp. 90.000-150.000

Bfit Bruce Lee Signature Power Twister

Tak hanya untuk melatih kekuatan tangan, Bfit Bruce Lee Signature Power Twister ini cocok digunakan untuk membentuk kekuatan tubuh atas kamu. Bagian tubuh atas yang akan terbentuk antara lain lengan termasuk lengan bagian depan, otot dada, serta punggung.

Salah satu alat olahraga tangan terbaik ini memiliki bentuk seperti tongkat namun elastis dan dapat dibengkokkan. Penggunaan alat ini diawali dengan memegang di kedua ujung tongkat, lalu tekuk power twister sebaik mungkin. Pada kondisi menekuk ini, tangan dalam posisi lurus guna melatih otot lengan.

Jika kamu mengarahkan ke dekat dada maka gerakan ini juga akan bermanfaat untuk otot punggung dan dada. Lakukan gerakan tekukan ini setidaknya 5 hingga 10 detik, lalu ulangi sampai beberapa kali.

Harga Rp. 150.000-250.000

Kettler Wrist Bands

Kettler Wrist Bands adalah salah satu alat olahraga tangan terbaik yang berguna untuk meningkatkan kekuatan tangan, terlebih ketika digunakan untuk memukul. Tak heran jika alat ini memang sering digunakan untuk latihan Muay Thai.

Tak hanya untuk olahraga pukul, wrist bands ini juga dapat digunakan untuk latihan kekuatan, yoga, aerobik, pilates, hingga olahraga kardio. Memiliki bentuk yang lembut dan terbuat dari bahan yang mampu menyerap kelembaban, Kettler Wrist Bands akan memberikan kenyamanan saat digunakan.

Selain itu kenyaman juga meningkat dengan bentuknya yang memiliki lubang penahan jempol serta berat yang memang dirancang khusus untuk pergelangan tangan. Tentu fitur ini akan membuat wrist band yang cocok untuk pria maupun wanita ini tidak mudah bergeser saat digunakan.

Harga Rp. 152.000-185.000

Stamina Dumbbell

Selain menjadi alat olahraga tangan terbaik, dumbell juga tergolong ke dalam alat olahraga tangan yang mudah digunakan. Selain itu dumbell juga dapat digunakan untuk berbagai macam variasi latihan.

Latihan yang paling umum dilakukan adalah latihan kekuatan atau resistance. Tubuh akan menjadi semakin bugar dan terbentuk dengan baik jika melakukan olahraga ini sebanyak dua kali seminggu. Sebagai awalan, kamu dapat memilih bobot yang sesuai kemampuan dan jenis latihan.

Salah satu jenis dumbell yang populer adalah Stamina Dumbbell. Alat ini terbuat dari plastik HDPE yang tahan guncangan. Selain mudah dan praktis, alat ini juga aman dan nyaman saat digunakan. Tak perlu diragukan juga perihal kekuatan, keawetan, dan ketahannya.

Harga Rp. 27.000-100.000

Berwyn Neoprene Kettlebell

Memiliki nama Kettlebell, bentuk dari alat olahraga tangan ini memang menyerupai teko yakni memiliki pegangan besi tuang atau cast iron di atasnya. Berwyn Neoprene Kettlebell dapat digunakan untuk membentuk otot lengan, bahu, sistem kardiovaskular, dan beberapa otot tubuh lainnya.

Gerakan yang dapat ditempuh untuk pembentukan otot tersebut adalah dengan mengayunkan kettlebell dari bawah sampai tangan lurus ke arah depan. Gerakan ini dikenal juga dengan istilah kettlebell swing. Alat olahraga tangan yang dapat digunakan di rumah ataupun di gym ini memiliki banyak varian ukuran bobot yakni mulai 2 kg hingga 50 kg.

Harga Rp. 200.000-600.000

Speeds AB Wheel

Untuk melatih otot tangan, tubuh bagian atas, otot perut, pinggang, hingga kaki, kamu dapat menggunakan Speeds AB Wheel. Salah satu alat olahraga tangan terbaik ini mempunyai pegangan yang anti slip untuk mencegah adanya cedera. Selain itu pegangan tersebut akan membuat roda alat juga semakin stabil.

Cara menggunakan Speeds AB Wheel adalah dengan meletakkan alat ini di depan kamu dengan kedua tangan dan ambil posisi berlutut di lantai. Lalu gerakkan alat ke depan dalam posisi tubuh lurus. Dorong sejauh yang kamu bisa tanpa tubuh menyentuh lantai. Tarik napas saat melakukan gerakan dorong ini.

Setelah cukup mengalami peregangan, perlahan tarik tubuh untuk kembali ke posisi semula. Kelebihan dari Speeds AB Wheel adalah lebih tahan lama, roda berjalan dengan mulus, dan tidak mengeluarkan suara yang berisik.

Harga Rp. 42.000-108.000

Acquire Finger Resistance

Acquire Finger Resistance merupakan alat olahraga tangan terbaik yang khusus untuk latihan kekuatan jari. Alat ini diklaim dapat melakukan pencegahan terhadap trigger finger.

Desain Acquire Finger Resistance terdiri dari 5 lubang yang masing-masing ditujukan untuk peralatan tangan. Selain dapat membuat jari lebih fleksibel, alat ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Untuk program rehabilitasi, Acquire Finger Resistance juga dapat membantu pemulihan tangan akibat cedera, tendonitis, hingga artritis. Alat latihan jari tangan ini terbuat dari bahan silikon dengan kualitas tinggi dan lembut.

Ukurannya pun hanya sebesar 7,7x4x1.3 cm. Ukurannya yang mini memudahkan kamu untuk membawanya ke mana saja, seperti kantor ataupun di dalam perjalanan.

Harga Rp. 19.500-43.000

Shield Chest Expander

Shield Chest Expander memiliki pegangan yang terbuat dari kayu rangin dengan ukuran dan bentuk ergonomis guna kenyamanan genggaman. Sedangkan peer terbuat dari stainless steel anti karat yang kuat dan tahan lama.

Chest expander efektif digunakan untuk latihan pembentukan otot bahu dan dada, serta membuat postur badan menjadi lebih tegap. Alat ini akan membentuk pundak kamu menjadi lebih kencang, dada lebih bidang, dan otot lengan lebih kuat.

Selain itu, latihan dengan Shield Chest Expander ini juga akan memberi manfaat karena baik untuk otot bisep, trisep, serta punggung bagian atas. Bentuknya yang simpel, mudah digunakan, dan praktis membuatmu dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja.

Harga Rp. 65.000-158.000

BM159 SAMSAK Everlast

Salah satu alat olahraga tangan terbaik yang sudah populer sejak jaman dahulu kala adalah samsak tinju. Alat ini dapat digunakan untuk laki-laki dan perempuan. Seni beladiri seperti Muay Thai, latihan tinju, taekwondo, dan beladiri lain pun bisa juga menggunakan samsak tinju.

Alat yang berukuran 80 cm hingga 1,5 meter ini dapat digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Samsak tinju biasa dijual online maupun offline dan biasanya sudah dilengkapi dengan rantai penggantung samsak.

Khusus untuk penjualan online dapat dipesan dengan isi atau tanpa isi. Karena jika dengan isi bobot dapat mencapai 75 kg dan itu dapat mempermahal ongkos kirim.

Tak hanya untuk olahraga, Samsak Everlast juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar stress dengan tinju sebagai luapan kekesalan. Tentu hal ini dapat membuat mood pengguna menjadi lebih baik.

Harga Rp. 265.000-475.000

FITS Premium Push up Stand

Salah satu alat yang dapat digunakan agar gerakan push up lebih mudah adalah dengan push up bar. Salah satu merk yang disarankan adalah FITS Premium Push up Stand.

Alat ini mampu untuk mengurangi tekanan pergelangan tangan saat melakukan push up. Untuk itu beberapa manfaat yang dapat ditempuh dari penggunaan alat ini antara lain dapat membuat pergelangan tangan menjadi lebih kuat, menyesuaikan gerakan push up, dan pergelangan tangan menjadi lebih aman.

Selain itu FITS Premium Push up Stand juga dapat menjaga standar postur tubuh saat berolahraga serta mengurangi tekanan sendi pergelangan tangan dan bahu. Terbuat dari besi baja yang kuat dan kokoh membuat alat ini awet dan tahan lama.

Harga Rp. 78.000-146.500
From our editorial team

Pilih Produk Original

Meskipun produk tiruan terkadang lebih menggiurkan karena harganya yang murah, usahakan untuk selalu membeli alat olahraga tangan terbaik yang asli atau original. Produk asli memiliki kualitas yang lebih baik dan memang benar-benar membantu untuk urusan kesehatan tubuh dan tujuan dari olahraga itu sendiri. Selain itu produk asli umumnya juga dilengkapi dengan garansi dan layanan purna jual. Jika kamu ingin mendapat harga yang lebih terjangkau, dapat membandingkan berbagai macam merk untuk produk yang sama. Yang terpenting adalah kamu bisa mendapatkan alat yang memang berasal dari merek tersebut.

Tag