Semakin Nyaman dan Terlindungi, Ini 10 Kacamata Renang Terbaik Pilihan BP-Guide (2022)

Semakin Nyaman dan Terlindungi, Ini 10 Kacamata Renang Terbaik Pilihan BP-Guide (2022)

Untuk para atlet atau pecinta renang kacamata renang bukanlah barang baru di olahraga ini. Pentingnya kacamata renang tak hanya untuk gaya, tapi juga melindungi dan menjaga kenyamanan mata saat berada di dalam air. Lalu kacamata renang mana yang seharusnya dipilih? Tak perlu mencari-cari lagi, ini dia 10 kacamata renang terbaik pilihan BP-Guide yang akan membuat mata kamu nyaman plus terlindungi.

Kacamata Renang untuk Pelindung dan Kenyamanan Mata

Tidak dapat dipungkiri kita juga mengetahui adanya zat-zat kimia yang terkandung pada kolam renang yang mungkin akan memberikan sedikit rasa kurang nyaman saat kita berenang. Zat kimia yang sering kita dengar dan sering digunakan pada kolam renang adalah kaporit.

Selain untuk membunuh bakteri yang berada dalam kolam, kaporit juga bertugas untuk menjernihkan air pada kolam renang. Namun, kaporit yang tidak sesuai dengan batas aman akan memberikan dampak efek kesehatan karena gas klorin yang dihasilkan dapat membahayakan kesehatan.

Untuk kenyamanan saat berenang dan dapat melindungi mata, menggunakan kacamata renang adalah salah satu solusinya. Mata kita mengalami penurunan fungsi penglihatannya saat kita berada di dalam air, kita tidak mampu melihat secara jelas berbeda dengan saat kita berada di daratan.

Selain dapat melindungi mata dan mencegah dari zat-zat kimia yang cukup berbahaya agar tidak dapat masuk ke dalam mata. Mata yang terlindungi dapat menambah kenyamanan saat berenang. Fungsi lain penggunaan kacamata renang juga dapat membantu untuk melihat saat berada di dalam air.

Praktekkan Saran Ini Sebelum Membeli Kacamata Renang

Sesuaikan Lensa dengan Kebutuhan Mata

Dari banyaknya jenis kacamata renang pastikan kamu memperhatikan hal berikut sebelum membeli. Pertama, memilih yang tepat untuk kenyamanan mata saat digunakan di dalam atau di luar air. Kedua, pilih lensa dengan fitur anti-fog dan anti-uv. Ketiga, perhatikan tali dan karet yg berada disekitar frame kacamata untuk menjaga kekedapan penggunaan kacamata renang terhadap air.

Bagi yang memiliki hobi berenang di kolam renang indoor, ada baiknya menggunakan lensa berwarna terang untuk membantu melihat secara jelas. Sedangkan yang lebih suka berenang di luar ruangan ada baiknya memilih lensa berwarna gelap untuk mengurangi silau pantulan cahaya matahari pada air di permukaan kolam, sekaligus membantu meneduhkan mata agar tidak mudah lelah.

Selain itu, bagi kamu yang mempunyai mata minus, plus atau silinder juga dapat menggunakan lensa kacamata renang yang disesuaikan dengan kebutuhan mata agar dapat melihat secara jelas.

Makin Nyaman dengan Fitur Anti-fog dan Anti-UV

Antifog atau anti kabut ini membantu lensa untuk tidak mudah berkabut atau berembun saat digunakan. Kacamata berembun disebabkan karena adanya perbedaan suhu yang berbeda saat diatas dan didalam air. Dengan menggunakan lensa anti-fog ini tidak akan membuat kita sering berhenti saat berenang untuk sekedar melap kacamata dan berenang pun semakin nyaman.

Sedangkan lensa dengan anti-uv ini membantu kamu agar tidak mudah merasa silau saat menggunakan kacamata renang akibat sinar matahari yang memantulkan cahayanya pada air. Manfaat lain dari lensa anti-uv ini juga dapat membantu meminimalisir efek negatif radiasi matahari pada mata kita saat berenang.

Pastikan Kacamata Renang Tidak Mudah Kemasukan Air

Hal lain yang perlu dipastikan selanjutnya saat akan membeli kacamata renang adalah pastikan kacamata tidak mudah kemasukan air saat dicoba. Iritasi terhadap mata dapat terjadi meskipun kita telah menggunakan kacamata saat berenang dikarenakan kita kurang teliti saat membelinya, seperti karet pinggir yang terdapat di frame lensa kacamata kurang baik kualitasnya sehingga air kolam masih tetap masuk ke dalam kacamata kita.

Ada baiknya saat akan membeli pastikan dulu kacamata renang sudah sesuai dengan area mata, apakah saat dicoba ada bagian yang longgar dapat dimasuki air atau tidak. Cek juga apakah frame kacamata sudah sesuai dan cocok dengan rongga dan struktur wajah kamu.

Cek Kembali Tali dan Karet Kacamata Renang

Pastikan penggunaan tali tidak terlalu longgar pada kepala, tali yang terlalu longgar dikhawatirkan akan membuat kacamata renang mudah terlepas saat digunakan. Selain itu penggunaan tali yang terlalu rapat dan kencang dapat membuat kepala sakit dan juga dapat memberikan peningkatan tekanan pada bola mata.

Hal lain yang nampak sepele namun jangan sampai terlewat adalah pastikan kembali kacamata renang yang dipilih mempunyai karet pinggiran kacamata renang yang bagus, kencang, dan pas di sekitar mata. Apabila pinggiran karet kacamata renang terlalu longgar dikhawatirkan air akan mudah masuk saat digunakan dan akan mengganggu saat berenang.

Tak Ada Salahnya Memilih Kacamata Renang Sesuai Bentuk Wajah

Bagi kamu yang mempunyai bentuk wajah kecil, ada baiknya memilih frame kacamata yang kecil karena akan lebih pas saat digunakan. Lalu, pilihlah frame yang tidak terlalu kecil bagi kamu yang mempunyai struktur wajah yang lebar.

Selain akan menimbulkan bekas kacamata nantinya, penggunaan kacamata yang terlalu kecil juga tidak direkomendasikan karena mata akan lebih tertekan, belum lagi yang mempunyai kulit sensitif karena adanya bekas dari kacamata. Untuk itu pilihlah ukuran kacamata renang yang proporsional bagi kamu yang memiliki struktur bentuk wajah lebar.

Pastikan kamu memilih kacamata yang pas sesuai dengan rongga mata dan pengait hidung, untuk itu sangat disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli kacamata.

Makin Nyaman Berenang dengan Kacamata Renang Rekomendasi BP-Guide

Swans FO X1 Optical

Untuk kamu yang bermata minus maupun plus tapi ingin memakai kacamata renang yang stylish, Swans FO X1 Optical adalah jawabannya. Selain desain yang trendi, kacamata renang ini juga dilengkapi beberapa fitur canggih seperti proteksi terhadap sinar UV, lensa anti fog yang membuat pandangan makin jernih di dalam air, dan fitur super soft gasket yang dapat membuat berenangmu semakin nyaman walau dalam waktu yang panjang. Google buatan Jepang yang memakai lensa optikal ini juga mampu mengurangi water drag ketika digunakan untuk berenang.

Harga Rp. 200.000-245.000

Speeds OPT 017-3000

Selain Swans FO X1 Optical, kacamata renang yang cocok untuk mata minus berikutnya adalah Speeds OPT 017-3000. Kacamata renang unisex ini memiliki bingkai yang lembut dan tali yang dapat disesuaikan dengan penggunanya sehingga menambah kenyamanan saat memakai.

Selain itu, kacamata renang ini juga dilapisi dengan teknologi anti fog yang dapat membuat kaca tidak berembun. Google yang dapat digunakan baik oleh amatir maupun profesional ini juga dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari berkat fitur UV shields yang dimilikinya.

Harga Rp. 40.000-78.000

Speedo Fastskin Speed Socket Mirror

Kacamata renang buatan Jepang ini tidak hanya memiliki teknologi anti fog dan pelindung sinar UV saja, tetapi juga lensa hydrodynamic. Lensa jenis ini memiliki detail lengkungan yang dapat membuat pandanganmu menjadi lebih lebar saat menggunakannya di dalam air.

Ditambah lagi bahannya yang hypoallergenic membuat kamu yang memiliki alergi lateks ataupun kulit sensitif tidak lagi khawatir menggunakannya. Bahan bebas lateks tersebut akan membuatmu nyaman dan aman saat berenang, terlebih google ini juga sudah FINA approved.

Harga Rp. 598.800-749.000

Madwave X-Look Mirror

Tak hanya Speedo, kacamata renang Madwave X-Look Mirror ini juga mendapatkan sertifikasi dari Federasi Renang Internasional (FINA). Kacamata renang ini mampu meningkatkan penglihatan pengguna selama berada di dalam air.

Hal ini dikarenakan bahan lensa mirror yang berupa polycarbonate dapat meningkatkan kemampuan penglihatan saat cerah dan meminimalisir silau efek black smoke. Bahan mirror anti silau ini akan cocok digunakan saat siang hari.

Tak hanya itu, kacamata renang yang sudah dilengkapi dengan anti fog dan UV protection ini memiliki seal berkualitas tinggi yang membuat nyaman dipakai.

Harga Rp. 400.000-500.000

Intex Comfortable Goggles 55692

Sesuai dengan namanya, Comfortable Goggles, kacamata dari Intex ini memang mengutamakan kenyamanan penggunanya. Kacamata renang yang terbuat dari bahan silikon dan vinyl ini mampu menjaga stabilitas saat digunakan berenang bahkan untuk jangka waktu yang lama.

Selain silikon yang dapat mencegah masuknya air ke dalam mata, google yang menggunakan Soft Silicone Head Strap ini memiliki tali yang dapat diatur panjang pendeknya agar lebih pas. Lensa polikarbonatnya juga dilengkapi dengan pelindung dari paparan sinar UV.

Harga Rp. 145.000-239.000

Arena XAGG-780 Vulcan

Memiliki tampilan premium kelas atas, kacamata renang Arena XAGG-780 Vulcan memiliki detail berwarna hitam di bagian pinggir lensa. Kacamata bergaya stylish yang memiliki warna dominan biru dan putih ini dibuat dari material silikon ringan yang akan membuat pengguna nyaman.

Salah satu kacamata dengan harga terjangkau ini memiliki fitur 3 nose bridge yang ukurannya dapat kamu atur secara manual. Meskipun harganya terjangkau, fitur yang ada pun tak kalah lengkap. Beberapa diantaranya adalah antifog, pelindung sinar UV, serta Hard Lenses Perfect Underwater View untuk kenyamanan pandang dalam air.

Harga Rp. 199.000-237.000

Eyeline

Selain kacamata renang dewasa, ada juga kacamata renang terbaik tipe anak yang dikeluarkan oleh Eyeline. Kacamata renang yang berasal dari Australia ini mampu melindungi mata kamu agar tidak terjadi iritasi karena air kotor atau yang terlalu banyak mengandung kaporit.

Kacamata renang yang juga memiliki teknologi anti fog dan UV shields ini memiliki karet lembut yang membuat anak nyaman memakainya. Selain itu ada juga pengat yang dapat disesuaikan panjang pendeknya mengikuti ukuran kepala anak. Tak hanya itu, desain yang menarik dan unik akan dengan cepat membuat anak jatuh hati dan betah.

Harga Rp. 110.000-115.000

Diadora

Desain yang klasik namun tetap stylish adalah salah satu ciri dari kacamata renang buatan Italia ini. Meskipun memiliki harga terjangkau, kualitas yang dipunya tidak perlu diragukan lagi. Kacamata renang Diadora cocok digunakan untuk renang outdoor dan juga siang hari karena sudah memiliki fitur pelindung sinar UV.

Frame yang terbuat dari silikon fleksibel ini tidak akan meninggalkan jejak di wajah. Ditambah dengan strap yang dapat diatur panjang pendeknya, kenyamanan pemakaian pun semakin terjamin.

Harga Rp. 70.000-235.000

Lasona Vortex KC-VOR

Kacamata renang terbaik dengan lensa berbahan polikarbonat berikutnya adalah Lasona Vortex KC-VOR yang juga sudah dilengkapi dengan teknologi anti fog dan UV protection. Bagian lain dari kacamata renang ini, yaitu seal dan tali strap terbuat dari silikon.

Seal ini sudah memiliki fitur tahan bocor yang disempurnakan sehingga membuat perenang nyaman menggunakannya. Kenyamanan ditambah dengan tali strap yang dapat diatur panjang pendeknya.

Harga Rp. 450.000-674.000

Bestway Hydro Swim Character Goggles

Selain Eyeline, salah satu kacamata renang terbaik untuk anak adalah Bestway Hydro Swim Character Goggles berbahan lensa polycarbonate. Kacamata google dengan efek 3 dimensi pada lensanya ini sudah dilengkapi juga dengan fitur anti fog yang membuatnya tetap jernih saat di dalam air.

Selain itu lensa google Bestway ini juga dapat melindung mata anak dari paparan sinar UV dengan teknologi UV protection. Tidak perlu khawatir, kacamata renang yang cocok digunakan anak dari umur 3 hingga 6 tahun ini dilengkapi juga dengan tali kepala yang dapat diatur panjang pendeknya.

Harga Rp. 17.500-45.000
From our editorial team

Jangan Lupa Perawatan Kacamata Renang Kamu

Ada baiknya untuk menggunakan kacamata renang sebelum masuk air dan melepasnya ketika sudah tidak di dalam air. Hal ini ditujukan agar lensa tidak terpapar kaporit air dan mengurangi gesekan yang dapat menghilangkan lapisan anti fog. Selain menghindarkan dari kaporit, upayakan agar lensa tidak terkena air suhu tinggi dan tidak tersentuh tangan. Segera bilas lensa jika terkena kaporit dengan air, bukan dengan kucuran air kran. Keringkan dengan mengangin-anginkannya, bukan melapnya.

Tag