10 Rekomendasi Case Macbook Terbaik untuk Melindungi Macbook Anda Tetap Aman (2022)

10 Rekomendasi Case Macbook Terbaik untuk Melindungi Macbook Anda Tetap Aman (2022)

Apakah Anda sedang mencari case Macbook? Yuk simak tips memilih case Macbook sebagai panduan Anda sebelum membeli dan beberapa rekomendasi produknya dari BP-Guide.

Case Macbook Merupakan Aksesoris Penting

Desain dari Macbook selalu hadir dengan sempurna dalam mendukung mobilitas Anda saat bekerja. Selain itu, bentuk dan desainnya juga tampak stylish yang seringkali menjadi alasan sebagian orang memilih tidak menggunakan case. Meski ini bergantung pada selera masing-masing, penggunaan case pada Macbook bukanlah gaya semata.

Bagian kaki bawah dari Macbook biasanya terbuat dari bahan karet (rubber feet) serta bagian alas dan sudut yang mudah tergores. Dengan alasan inilah penggunaan case Macbook menjadi penting.

Maksudnya adalah dengan adanya case dapat membantu melindungi Macbook dari goresan kecil dan debu bahkan kerusakan. Apalagi bagi Anda yang sering bepergian dengan menenteng Macbook baik saat bekerja atau urusan lainnya maka penggunaan case Macbook sangat disarankan.

Case Macbook yang Anda pilih, tidak boleh sekerdar keren saja, namun juga harus fungsional. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tips memilih case Macbook terlebih dahulu yang akan dijelaskan oleh BP-Guide. Selain itu, akan diberikan juga beberapa rekomendasi case Macbook untuk memudahkan Anda.

Tips Memilih Case Macbook

Mengenali Tipe Case Macbook

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan membeli case Macbook adalah mengetahui tipenya. Pada umumnya, case Macbook memiliki dua macam yang dijual di pasaran yaitu sleeve case dan shell case.

Tipe sleeve case dapat memuat Macbook Anda dengan pas dan mudah dibawa dalam tas. Jadi saat Macbook sudah selesai digunakan, Anda tinggal memasukkannya ke dalam sleeve. Case dengan jenis ini tidak akan mampu melindungi Macbook Anda pada saat digunakan. Meski begitu, sleeve case cocok untuk Anda yang sering bepergian membawa Macbook untuk bekerja atau kegiatan lainnya.

Selain itu, case dengan tipe ini banyak dijual dengan model tas jinjing dan model kantong bersaku. Beberapa produsen juga ada yang mendesain sleeve case model tas dengan fitur trolley system. Ini berguna ketika Anda menggunakan koper saat berpergian dan tinggal mengaitkannya ke handle koper. Jadi pilihlah sleeve case dengan model sesuai selera dan kebutuhan.

Case tipe kedua adalah shell case yang cocok untuk Anda yang ingin melindungi Macbook dari debu dan goresan. Case ini terbagi menjadi dua yaitu hardcase dan softcase. Hardcase atau hardshell merupakan jenis shell case keras yang mampu melindungi Macbook dari goresan, termasuk bagian sudut LCD ketika dalam keadaan terbuka.

Namun kekurangannya apabila Anda memilih jenis hardcase ini, ketika Macbook terjatuh risiko Macbook akan baret atau bahkan pecah lebih tinggi. Kemudian soft case, merupakan jenis shell case yang terbilang lebih lentur dan fleksibel. Tetapi seiring berjalannya waktu, softcase akan mudah longgar. Produk softcase juga masih belum banyak dijual di Indonesia.

Dengan desain dan corak sangat modis pada rancangan shell yang dijual dipasaran, Anda tidak perlu khawatir case tipe ini akan menutupi desain khas Macbook. Anda bisa memilih tipe shell transparan untuk memperlihatkan logo khas Macbook. Apalagi shell case memiliki jenis yang dirancang tahan benturan yang bisa dijadikan pilihan.

Pastikan Case Kompatibel Dengan Model Macbook Anda

Setelah Anda mengetahui tipe case macbook dan berencana memilih salah satu tipenya ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Penting bagi Anda untuk memeriksa ukuran dari case macbook yang akan dipilih.

Pastikan case tersebut sudah kompatibel dengan Macbook yang Anda miliki, baik ukuran tinggi, lebar, kedalaman dan lainnya. Hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan model MacBook Anda. Setelah mengetahui detail ukuran Macbook yang Anda miliki, maka Anda akan lebih mantap untuk membeli case yang memang sesuai ukurannya.

Jika Anda merasa kesulitan, maka Anda bisa tanyakan langsung saat membeli. Jika membeli secara online maka Anda bisa lihat review atau chat langsung sellernya. Jadi, pastikan Anda memilih case yang sesuai dengan memeriksa model Macbook dan ukuran Macbook Anda terlebih dahulu.

Periksa Bahan Baku Case

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa case Macbook pada umumnya ada dua tipe. Tipe sleeve case menggunakan bahan kain yang akan membalut bagian bodi Macbook agar terlindungi dari benturan dan goresan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena tidak sedikit sleeve yang dipasarkan tidak memiliki bahan anti air atau waterproof.

Jika Anda ingin menghindari insiden Macbook yang basah karena terciprat air tanpa sengaja, maka Anda bisa memilih sleeve case yang berbahan kulit asli dan kulit. Kemudian untuk tipe kedua yaitu shell case yang terbagi menjadi dua jenis yaitu hardshell dan softshell.

Pada umumnya, hardshell berbahan plastik dan polikarbonat yang dikenal anti gores sekaligus anti air. Sedangkan softshell berbahan thermoplastic polyurethane (TPU) dan kulit sintetis (PU leather) yang dinilai lebih tahan banting dan tahan benturan. Selain itu, bahan tersebut juga lebih mudah digunakan.

Pertimbangan Fitur atau Keunggulan Tambahan Lainnya

Pada dasarnya melindungi Macbook merupakan fungsi utama dari case. Tapi, sebaiknya Anda juga bisa memiliki case yang mudah dibawa dan memiliki kantong penyimpanan aksesori. Jika Anda orang yang tidak suka ribet, maka bisa memilih case dengan tambahan handel atau tali selempang.

Biasanya, case yang dilengkapi handel ini dimiliki tipe sleeve case. Dengan adanya handel, akan memudahkan Anda dalam membawa MacBook ke mana-mana. Anda bisa memilih untuk membawanya dengan memasukkan ke dalam tas utama atau langsung dijinjing sesuai. Sleeve yang dilengkapi tali selempang juga cocok untuk Anda yang lebih suka membawa Macbook case secara langsung.

Case dengan kantong atau saku tambahan cocok untuk Anda yang sering membawa aksesori. Misalnya seperti earphone dan kabel charger ke mana-mana. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengatur dan membawa aksesori yang dibutuhkan bersama Macbook.

Selain kantong atau saku tambahan, terdapat beberapa case yang telah dilengkapi dengan pouch kecil yang bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin Macbook tidak akan tergelincir dan lebih stabil pada saat digunakan. Maka Anda bisa memilih case dengan kaki karet pada bagian bawah (rubber feet) yang membuat Macbook Anda menjadi lebih stabil dan anti slip. Biasanya case seperti ini bisa Anda temukan pada case dengan tipe shell case.

Apabila Anda sering menggunakan Macbook dalam waktu lama maka Anda perlu mencari shell yang memiliki lubang ventilasi. Ini dilakukan agar dapat mengalirkan udara panas di bawahnya.

Selain itu, produk dengan tambahan detail stand kaki di bagian bawah juga cocok dijadikan pilihan, agar Macbook yang dalam kondisi panas saat digunakan bekerja atau bermain game dalam waktu yang lama tidak overheat. Jadi, pastikan shell case yang hendak dibeli memiliki fitur tersebut.

Cek Apakah Case Tahan Benturan dan Antiair

Agar Anda merasa lebih nyaman dan aman menggunakan Macbook, maka Anda bisa memilih case Macbook yang memiliki fitur shockproof (tahan benturan) dan waterproof (tahan air). Biasanya case yang dirancang dengan bantalan mampu meredam benturan atau guncangan.

Karena case tersebut mampu menghalau benturan dan Macbook yang mudah tergores jadi lebih terjaga. Case dengan tipe shell case saat ini juga ada yang tahan terhadap berbagai benturan dan ada yang benar-benar pas dan mampu melindungi bodi MacBook Anda.

Anda tidak perlu khawatir dengan insiden Macbook yang basah terkena air jika menggunakan case berbahan waterproof. Jika Anda memilih case dengan tipe sleeve berbahan kain, maka fitur waterproof perlu diperhatikan. Jadi, sebelum membeli Anda periksa bahannya terlebih dahulu waterproof atau tidak.

Case Merek Orisinal Untuk Kualitas Desain Terbaik

Bagi Anda yang ingin case yang tetap memperlihatkan desain asli Macbook, maka pilihlah case dari merek orisinal. Meski harganya cukup tinggi, namun dengan case asli dari merek orisinal sangat sesuai dengan desain Macbook yang sophisticated.

Selain itu, desain pada Macbook yang khas juga tidak akan tertutupi meskipun Anda menyampulnya dengan case. Jadi, desain logo Apple serta warna asli dari body Macbook akan tetap tampak dan terlihat asli seolah-olah tidak menggunakan case sama sekali. Sleeve case dari merek orisinal sangat awet dipakai dalam waktu lama karena memiliki bahan berkualitas tinggi.

Ini Dia Rekomendasi Case Macbook

Incase Facet Sleeve for MacBook Pro 16" 2021

Incase Facet Sleeve for MacBook Pro 16" 2021 in Recycled Twill memiliki desain ramping dan ukuran 40 x 28 x 2 cm. Memiliki bentuk incase facet sleeve yang sesuai dengan bentuk Macbook.

Ini bertujuan untuk mempertahankan siluet ramping dengan tetap memamerkan keindahan perangkat Anda, sekaligus memberikan penghalang pelindung yang kuat terhadap benturan dan goresan.

Pada bagian interior, case ini sepenuhnya empuk untuk melindungi mesin Macbook Anda dari ujung ke ujung. Dengan memiliki dua kantong penyimpanan internal untuk menjaga kabel dan aksesori tetap teratur. Pada bagian eksterior, dengan bahan polyester daur ulang 300D yang tahan lama dan menampilkan lapisan anti air (DWR).

Case ini dipadukan dengan resleting tahan cuaca berlapis PU. Bertujuan untuk menjaga kelembapan dan Macbook agar tetap kering. Tenunan kepar halus dari poliester daur ulang menambahkan tekstur sentuhan yang menarik sambil menonjolkan garis lengan yang bersih dan bentuk murni.

Harga Rp. 1.099.000-1.665.000

LC-02 SOHA 13 Inch

LC-02 SOHA 13 Inch ini cocok untuk MacBook Air 13/ 13.3 inch dan MacBook Pro Retina 13/ 13.3 inch. Tersedia dalam dua warna yaitu hitam dan coklat. Case ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dengan quality protection microfiber lining PU.

Bahan ini juga anti kerut atau melebar, sehingga dapat dengan tepat melindungi Macbook Anda dari goresan. Selain itu, case ini diklaim tahan air atau saat air tumpah pada bagian case dapat di lap kembali tanpa meninggalkan bekas.

Case Macbook ini memiliki desain premium dan elastis yang ultra slim dan ringan. . Modelnya juga universal yang cocok untuk tablet, ultrabook dan Macbook yang seukuran dengan case ini. Pada saat pembelian Anda akan mendapatkan free 2 tas kecil sebagai tempat menyimpan charger, mouse atau kabel.

Harga Rp. 89.850-215.000

Case Macbook Pro 16" / 14" (M1 PRO / M1 MAX) 2021

Case Macbook seri Plyo ini menawarkan perlindungan yang tahan lama dari goresan. Didukung dengan tampilan yang tembus pandang yang kekinian. Jadi dengan case ini tampilan Macbook Anda dengan lambang Apple yang khas tetap tampak terlihat dan tetap terlindungi.

Hal ini dikarenakan case ini tahan benturan, membuat case ini tangguh meski ramping. Selain itu, case ini diproduksi untuk mengikuti perjalanan harian Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari Macbook dengan ventilasi pendingin untuk aliran udara agar menjaga Macbook tidak terlalu panas maka bisa mempertimbangkan case ini.

Harga Rp. 1.509.000-2.611.000

Dot Series Macbook Pro 14" (M1 PRO / M1 MAX) (2021) Case

Urban Armor Gear UAG MacBook Pro 14" Casing memiliki perlindungan dengan gaya nyata, casing DOT MacBook. Dengan pola microdot progresif yang apik dan halus serta fitur perlindungan cerdas yang bisa melindungi Macbook dari benturan sehari-hari.

Desain one-piece berengsel yang tampak elegan dengan nuansa bertekstur untuk pegangan dan penanganan yang mudah. Selain itu, ini merupakan case Macbook slim fit dengan pemasangan snap-on yang mudah.

Instalasi snap-on yang mudah dengan akses penuh ke semua port dan fitur. Terdapat ventilasi samping untuk aliran udara untuk pelepasan panas yang lebih baik agar Macbook tidak overheat.

Didukung dengan empat kaki karet untuk menjaga Macbook agar tetap di tempatnya dan tidak tergelincir pada permukaan yang licin.

Harga Rp. 832.020-1.262.000

Kinmac Shoulder Bag

Case dengan model tas tipe sleeve case ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Tas berkualitas import ini dibuat dengan double velcro sebagai penutup tas serta mempunyai handle dengan PU leather yang elegan.

Pada bagian dalamnya menggunakan soft material untuk memastikan Macbook dalam keadaan aman dan mengurangi kerusakan yang terjadi akibat benturan yang terjadi. Bahan imported nylon ini memang berkualitas tinggi yang waterproof dan shockproof.

Ini berguna dalam melindungi laptop Anda dari cairan maupun benturan ringan. Pada bagian depan terdapat kompartemen tambahan dan bagian belakang dengan zipper opening untuk menyimpan dokumen smartphone atau perangkat kecil lainya seperti charger, mouse, flashdisk atau aksesoris lainnya.

Agar memudahkan Anda ketika membawanya dalam perjalanan atau dilepaskan saat tidak sedang digunakan, maka case ini memiliki extra long strap berwarna senada yang dapat digunakan sebagai tali bahu atau selempang.

Sleeve case ini juga memiliki lapisan pelindung anti air yang mampu mencegah air hujan atau cipratan air masuk mengenai Macbook Anda. Anda dapat menggunakan case ini tidak hanya untuk Macbook saja namun juga bisa untuk semua jenis laptop dari berbagai brand. Anda hanya perlu menyesuaikan ukurannya agar pas. Biasanya untuk ukurannya adalah 13, 14, 15 dan 16 inch.

Harga Rp. 136.321-694.000

ibacks Raiden Crystal Case for MacBook PRO 13” Clear

ibacks Raiden Crystal Clear Case ini cocok untuk MacBook PRO 13” Clear. Memiliki desain yang unik sehingga memungkinkan akses mudah ke semua tombol, kontrol, dan port tanpa harus melepas casing. Dibuat dengan bahan yang ringan memberikan perlindungan penuh untuk bagian luar Macbook Anda.

Anda bisa memilih case ini untuk menjaga agar MacBook Anda tetap aman dan terlindungi. Apalagi case ini ultra slim dan diklaim tahan air. Masukkan Macbook Anda untuk menambahkan percikan warna dan memberikan perlindungan instan di sekeliling dari goresan dan benturan.

Harga Rp. 599.000-1.270.000

Incase Hardshell Case Macbook Pro 16 Inch 2019-2020

Hardshell Case untuk MacBook Pro 16 Inch Dots dengan nomor model Apple A2141. Diproduksi agar dapat melindungi dan personalisasikan Macbook pro 16 inci Anda.

Ukuran dari case Macbook ini adalah 14,5 inci x 10 inci x 1 inci. Macbook case ini ringan dan pas, dengan bentuk yang menawarkan perlindungan optimal tanpa menghambat akses ke port, lampu, dan tombol.

Penutup Macbook pada case ini diklaim tahan lama dengan tampilan gaya canggih dan kaki karet untuk menjaga Macbook Anda tetap dingin dan kokoh di tempatnya.

Harga Rp. 898.000-1.974.000

Case Macbook Skinarma Henko Frost Clear - Macbook Air 13"

Skinarma telah menjadi brand kontemporer yang dapat memenuhi gaya hidup Anda. Diproduksi dengan beragam tampilan desain unik tanpa mengenyampingkan ketahanan dan kualitas produk. Salah satu yang diproduksinya adalah case Macbook ini.

Case Macbook ini diproduksi dengan polikarbonat tangguh yang dibentuk bersama dengan bumper penyerap guncangan agar tahan lama. Hal ini juga memberikan perlindungan berlapis ganda yang canggih terhadap benturan, penyok, dan goresan sehari-hari.

Case ini juga dibuat ringan dan pas untuk dibawa ke berbagai tempat. Beberapa fitur yang Anda dapatkan saat menggunakan case ini adalah instalasi clip on, ventilasi udara, serta memiliki tingkat presisi yang tinggi dengan badan macbook dan juga tidak mengganggu akses terhadap port USB serta touchbar.

Selain itu, case Macbook ini memiliki stiker holographic yang cocok untuk jiwa seni Anda dan desain tampilan protector ini menurut versi Anda sendiri menggunakan stiker tersebut. Penting untuk diketahui bahwa case ini tidak Kompatibel untuk Macbook tahun rilis dibawah 2018.

Harga Rp. 990.000-1.808.000

Mujjo Sleeve for Macbook Pro Air 13 inch Black Laptop Case Leather

Case Macbook ini terbuat dari kombinasi kulit nabati dan felt. Telah dirancang untuk membawa semua Macbook Air dan Macbook Pro 13 inci yang baru dengan aman. Bagian penutup case terbuat dari kulit, dengan satu tombol jepret di sebelah kanan. Menjadikannya penutupan sederhana yang bisa menjaga perangkat Anda tetap aman.

Dalam menjaga agar Macbook Anda tidak menyentuh apapun kecuali kain lembut dan tebal maka case ini menggunakan paku rivet. Saat Anda memegang case, Anda dapat langsung melihat kualitas bahannya. Kulit nabati yang digunakan diproduksi dengan hati-hati dan diberi lilin untuk memperpanjang daya tahan.

Kemudian felt merupakan bahan yang menawarkan daya tahan namun tetap lembut saat disentuh. Selain itu, mudah dibersihkan dan perlakuan khusus memberikan sifat anti pengelupasan yang sangat baik dan membuat case ini tahan air.

Harga Rp. 1.099.000-1.814.000

Casing Macbook Air Hard Case 13"

Casing Macbook Air Hard Case 13" snap on design, easy on easy off. Super ringan dengan tekstur eksterior karet halus untuk melindungi Macbook Anda dari gesekan dan goresan. Case design yang memungkinkan Anda membuka atau menutup Macbook sepenuhnya dan akses ke semua port.

Cae ini terbuat dari bahan plastik kristal keras. Dengan warna yang jernih dan tetap bisa melihat logo dengan jelas. Anda juga tetap bisa menggunakan colokkan pengisi daya, kabel, atau headset Anda tanpa melepas casingnya.

Dalam satu paket berisi cover hardcase atas, cover hardcase bawah dan free keyboard dengan varian warna. Dengan pilihan warna case yaitu marble white, marble pink dan marble green.

Pastikan Anda memilih model yang sesuai dengan nomor Macbook yang Anda miliki. Case ini cocok untuk Macbook Air M2 13.6" 2022 A2681, Macbook Air M1 13" 2021 A2337, Macbook Air 13" 2019 A1932 dan Macbook Air 13" 2017 A1466.

Harga Rp. 280.000-428.000
From our editorial team

Pilih Case Macbook Sesuai Ukuran

Demikian penjelasan tips memilih case Macbook yang bisa dijadikan panduan. Anda juga bisa memilih case Macbook berdasarkan rekomendasi BP-Guide. Selalu pastikan membeli case Macbook sesuai kebutuhan yang bisa mendukung mobilitas Anda. Baik untuk penggunaan pekerjaan, belajar, kegiatan harian atau bahkan bermain game.