Tak Hanya Smartphone, Ini Dia 10 Rekomendasi Produk Canggih Keluaran Xiaomi (2021)

Tak Hanya Smartphone, Ini Dia 10 Rekomendasi Produk Canggih Keluaran Xiaomi (2021)

Sumber gambar review.bukalapak.com

Xiaomi telah menjadi salah satu merek smartphone yang akrab di telinga para pengguna gadget. Meski dikenal dengan produk smartphone-nya, ternyata Xiaomi juga memiliki aneka produk lainnya yang tak kalah canggih. Penasaran? Yuk, intip aneka produk menariknya berikut ini!

Xiaomi Memproduksi Aneka Produk Berkualitas

Sumber gambar https://kumparan.com

Nama Xiaomi tentu sudah tidak asing bagi para penggemar gadget. Selain dikenal dengan produknya yang bermutu, harganya yang terjangkau juga menjadi salah satu faktor yang membuat Xiaomi menjadi salah satu merek favorit. Menariknya, merek asal Cina ini juga menghadirkan berbagai macam produk.

Tak hanya smartphone, Xiaomi juga merambah produksinya ke berbagai barang canggih. Sebut saja powerbank, smart TV, laptop, earbuds, rice cooker, air purifier, hingga alat kesehatan. Sama seperti smartphone-nya, berbagai produk lain dari Xiaomi juga menawarkan kualitas dan harga yang menarik.

Sejarah Xiaomi

Asal-usul Nama Xiaomi

Sumber gambar https://www.suara.com

Berbicara mengenai Xiaomi, tentu rasanya kurang lengkap jika tidak membahas mengenai sejarahnya. Perusahaan yang berdiri pada 6 April 2010 ini ternyata awalnya bukan bernama Xiaomi, melainkan 'Dami'. Nama 'Dami' sendiri rupanya memiliki makna padi yang besar. Perubahan nama menjadi 'Xiaomi' sendiri berawal dari salah satu pendiri perusahaan yang mengharapkan perusahaan menjadi lebih rendah hati.

Kemudian digunakanlah nama Xiaomi yang berasal dari konsep Budha. Kata 'Xiao' memiliki makna sebagai sebiji nasi, sementara 'Mi' merupakan sinonim dari ponsel internet atau sebuah misi yang belum terselesaikan. Nama Xiaomi sendiri berarti beras kecil yang secara filosofis diartikan bahwa apabila beras-beras kecil dikumpulkan, maka jumlahnya akan semakin banyak. Hal ini sesuai dengan misi perusahaan untuk semakin berkembang.

Model Bisnis Xiaomi

Meski mantap untuk berkecimpung dalam industri smartphone, Xiaomi sendiri mengawali tahun pertamanya dengan mengembangkan firmware terlebih dahulu yang dinamai MIUI. Firmware berbasis Android ini memiliki fitur yang mirip dengan Touchwiz dari Samsung dan interface mirip iOS dari Apple.

Perlu diketahui bahwa sebelum munculnya Xiaomi, pasar smartphone di Cina telah dikuasai oleh Samsung dan Apple yang dikenal dengan harga tinggi. Hal ini membuat Xiaomi berkomitmen untuk menciptakan smartphone dengan kualitas baik, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Untuk memangkas biaya operasional, Xiaomi lebih memfokuskan penjualannya secara online.

Strategi Penjualan Xiaomi

Untuk menghadirkan produk dengan kualitas unggul dan harga terjangkau tentu membutuhkan berbagai strategi. Xiaomi sendiri berusaha untuk menekankan efisiensi untuk mengurangi biaya-biaya yang biasanya dikeluarkan oleh vendor lain. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi biaya tersebut adalah dengan mengambil keuntungan yang lebih sedikit, namun menargetkan penjualan dalam jumlah besar.

Xiaomi juga menggunakan strategi penjualan langsung ke konsumen secara online melalui e-commerce, serta pemasaran mulut ke mulut terutama dengan menggunakan media sosial. Pengaturan tokonya juga dibuat lebih efisien mengingat fokus penjualan Xiaomi adalah secara online, terutama untuk produk-produk terbarunya.

Lini Produk Xiaomi

Smartphone

Xiaomi sendiri memiliki berbagai lini produk, salah satunya sekaligus yang paling populer yaitu smartphone. Smartphone merek ini masuk ke Indonesia pada tahun 2014 setelah meraih kesuksesan di Singapura. Masuknya Xiaomi rupanya mendapat respons yang positif dari para konsumen, dibuktikan dengan jumlah unit smartphone di Indonesia yang mencapai 10 juta unit hingga akhir tahun 2019 silam.

Merek ini mengawali bisnis smartphonenya dengan merilis Mi 1 setahun setelah perilisan interface MIUI. Lini seri Mi tersebut diposisikan sebagai ponsel kelas atas dari Xiaomi. Perilisan lini Mi tersebut kemudian membuka jalan bagi Xiaomi untuk merilis berbagai lini lain, termasuk Redmi yang pada tahun 2014 silam ludes diserbu konsumen bahkan tanpa toko fisik.

Mi Pad

Sumber gambar https://today.line.me

Tak hanya smartphone, Xiaomi juga menghadirkan tablet perdananya yang disebut Mi Pad. Tablet ini pertama kali diumumkan pada tahun 2014 yang dibekali dengan NVIDIA Tegra K1 quad-core 2,3 GHz dengan RAM 2 GB. Baru-baru ini juga muncul berita bahwa Mi Pad telah memperoleh sertifikasi EEC yang menandakan perilisan resmi perangkat tersebut yang semakin dekat.

Xiaomi juga dikabarkan akan meluncurkan tiga tablet yang masing-masing diberi kode nama yaitu Enuma, Elish, dan Nabu. Seperti produk keluaran Xiaomi yang lain, tablet-tablet ini juga akan menawarkan kualitas unggul dengan harga yang tejangkau. Nabu Xiaomi Mi Pad diprediksi menjadi model yang paling terjangkau dari ketiga rilisan tersebut.

Mi WiFi

Sumber gambar https://www.medcom.id

Mengikuti kebutuhan pasar akan jaringan WiFi, Xiaomi telah menghadirkan router jaringan yang disebut dengan Mi WiFi. Router jaringan ini pertama kali diluncurkan pada 23 April 2014 silam, di mana seri terbarunya hadir dengan penyimpanan mencapai 6TB.

Router keluaran Xiaomi ini menawarkan berbagai kemampuan, termasuk sebagai hard drive nirkabel untuk foto dan video. Produk ini juga menggunakan aplikasi Xiaomi yang menyediakan fitur download, akses ke file lain, backup otomatis, serta berbagai fitur lainnya.

Mi TV

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Xiaomi juga turut menghadirkan smart TV yang dinamai Mi TV. Lini televisi pintar ini pertama kali diumumkan pada tahun 2013. Memiliki kemampuan untuk menjalankan Android, smart TV ini terus mengalami perkembangan, baik dari desain hingga spesifikasi lainnya.

Salah satu produk teranyar dari lini Mi TV yang terbaru adalah Mi TV 4 yang dirilis di Indonesia sekitar bulan April tahun lalu. Smart TV yang hadir dengan nama Mi TV 4 Bezel-less Edition ini diklaim dibuat dan dipasarkan khusus untuk konsumen tanah air yang hadir dengan tiga ukuran, yaitu 32, 43, dan 55 inci. Produk ini menjadi sorotan karena berbagai teknologi baru yang melengkapinya, apalagi dengan detail bingkai layar yang tipis dari generasi sebelumnya.

Mi Band

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Lini produk berikutnya dari Xiaomi yang patut diketahui adalah Mi Band. Mi Band sendiri adalah lini gelang pintar dari Xiaomi yang ditujukan untuk membantu konsumen dalam menjalani hidup yang lebih sehat. Smart band ini hadir dengan layar OLED touchscreen yang dibekali dengan beragam fitur fungsional.

Mi Band juga memiliki fitur pembacaan detak jantung, membaca jarak langkah penggunanya, serta berbagai fitur terkait kesehatan yang lain. Gelang pintar ini sangat berguna untuk memantau tingkat aktivitas penggunanya sepanjang hari, sehingga dapat memantau juga upaya penggunanya dalam mencapai kebugaran.

Aneka Produk dari Xiaomi yang Bisa Kamu Gunakan

Xiaomi Yi Action Cam

Xiaomi memang telah merambah ke berbagai lini dengan perkembangan teknologinya. Salah satu produk keluarannya adalah Xiaomi Yi Action Cam. Action camera ini cocok bagi para pengguna yang gemar traveling untuk mengabadikan setiap kegiatan dengan praktis.

Meski memiliki dimensi yang kecil, Xiaomi Yi Action Cam dibekali dengan spesifikasi mumpuni yang mampu merekam video dengan kualitas mencapai 1080p. Resolusi hasil fotonya juga mencapai 16MP dengan setiap hasil foto maupun videonya yang dapat disimpan melalui Micro SD dengan kapabilitas mencapai kapasitas 64GB.

Harga Rp. 899.000-1.549.000

Xiaomi LED Smart Bulb

Lampu LED pintar kini tengah menjadi tren, mengingat kegunaannya untuk menyesuaikan dengan mood para penggunanya. Xiaomi pun turut menghadirkan Xiaomi LED Smart Bulb yang mengikuti tren tersebut. Produk ini merupakan pencahayaan warna RGB dengan konfigurasi bohlam 4000k.

Xiaomi LED Smart Bulb mampu memberikan warna yang tepat dan sesuai dengan mood apa saja. Produk ini juga dirancang sebagai bola lampu praktis dengan eksterior berpola silang yang sederhana. Lampu pintar ini hadir dengan kecerahan mencapai 800 lumens dengan tingkat kecerahan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Harga Rp. 110.000

Mi Motion-Activated Night Light 2

Mi Motion-Activated Night Light 2 adalah produk lampu berikutnya keluaran dari Xiaomi. Lampu portabel ini hadir dengan desain tarikan magnetik yang inovatif, sehingga mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. Desainnya juga meningkatkan nilai praktis produk yang banyak disukai konsumen.

Lampu portabel ini memiliki alas yang miring, namun mudah diposisikan di berbagai tempat, seperti meja kamar, tangga, koridor, hingga dinding kamar mandi. Cahayanya yang lembut juga menghadirkan kesan rileks bagi penggunanya. Produk ini dibekali dengan dua pengaturan kecerahan serta sensor cahaya.

Harga Rp. 109.000-149.000

Mi Wireless Charging Pad

Semakin berkembangnya teknologi, kini mengisi daya menjadi lebih praktis dengan wireless charging pad. Mi Wireless Charging Pad adalah salah satu produk pengisian daya nirkabel yang tengah digandrungi, tertama untuk gadget-gadget kelas menengah ke atas. Mi Wireless Charging Pad menjadi aksesori gadget yang patut dimiliki oleh para pengguna smartphone Xiaomi.

Mi Wireless Charging Pad terbuat dari aluminium alloy yang ditambahkan dengan polesan anodize untuk memberikan detail yang lebih elegan dan nyaman disentuh. Bagian atasnya terbuat dari silikon yang aman untuk lapisan gadget, sebab dilengkapi dengan peredam efek kejut. Produk ini bisa digunakan untuk mengisi daya semua gadget yang memiliki fitur wireless charge.

Harga Rp. 198.000-249.000

Mi TV 4

Mi TV 4 adalah smart TV terbaru keluaran Xiaomi yang tengah memperoleh sorotan dari para penggemar smart TV. Hal ini dikarenakan desain produk yang menarik serta berbagai teknologi terbaru yang melengkapinya. Televisi pintar ini hadir dengan layar 4K Ultra-HD yang menawarkan gambar lebih terang, warna nyata, dan kaya akan kontras.

Tak hanya dari segi visual, televisi ini juga dibekali dengan teknologi DOLBY AUDIO + DTS-HD yang memperkaya suaranya, apalagi dengan speaker 20W yang melengkapinya. Produk ini menggunakan sistem operasi edisi terbaru Android Pie 9.0, yang memberikan peningkatan kualitas dalam navigasi interface visual, dan kontrol yang lebih sederhana. Berbagai keunggulan tersebut membuat penggunanya memiliki pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

Harga Rp. 6.699.000-6.999.000

Mi Air Purifier Pro

Sejalan dengan meningkatnya kepedulian masyarakat akan kesehatan keluarga, Xiaomi menghadirkan produk baru yaitu Mi Air Purifier Pro. Produk ini memiliki kemampuan untuk membersihkan udara hingga 500 meter kubik hanya dalam waktu 1 jam saja. Air purifier ini menggunakan filter sebanyak 3 lapis, sehingga mampu membersihkan udara dengan cepat dalam radius luas.

Lapisan filter pertamanya menggunakan material PET yang mampu menyaring partikel berukuran besar. Sementara filter lapisan kedua menggunakan material HEPA yang dapat menyaring partikel berukuran PM2.5. Kemudian pada lapisan filter terakhir menggunakan bahan karbon aktif untuk mengatasi berbagai bau tak sedap di dalam ruangan.

Harga Rp. 2.389.000-3.399.000

KingMa Xiaomi Yi Action Cam Waterproof Case - IPX68

Satu lagi aksesori action camera yang paling direkomendasikan dari Xiaomi, yaitu KingMa Xiaomi Yi Action Cam Waterproof Case - IPX68. Casing action camera ini didesain waterproof dengan bahan PC transparant yang berkualitas. Produk yang kompatibel untuk Xiaomi Yi ini mampu digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 40 meter, sehingga cocok bagi para pengguna yang gemar olahraga air.

Tak hanya mampu untuk menyelam, casing ini juga melindungi kamera dari debu, benturan, serta goresan. Keunggulan lain dari produk ini terletak pada lensa underwater-nya yang terbuat dari kaca dengan tingkat transparansi tinggi. Dengan demikian, hasil bidikan kamera menjadi lebih baik dan tidak blur.

Harga Rp. 39.900-124.000

Mi Xiaomi Smart CCTV

Xiaomi juga menambah daftar panjang produk berteknologi keluarannya dengan merilis Mi Xiaomi Smart CCTV. Produk ini merupakan kamera CCTV yang mudah diaplikasikan dan tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Kamera CCTV ini memungkinkan penggunanya memantau dari gadget yang terkoneksi.

Salah satu fitur canggih yang melengkapinya adalah smart sensor. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk pelakukan pengaturan melalui aplikasi, di mana apabila terdapat gerakan di sekitar area yang dipantau maka akan muncul notifikasi pada smartphone. CCTV ini juga memiliki kemampuan komunikasi dua arah, sehingga dapat melakukan percakapan jarak jauh.

Harga Rp. 423.000-480.000

Populele Xiaomi Smart Ukulele U1

Pernah terbayang alat musik yang dapat terhubung dengan smartphone? Xiaomi telah mewujudkannya melalui Populele Xiaomi Smart Ukulele U1. Ukulele pintar keluaran Xiaomi ini dapat terhubung ke aplikasi Android, sehingga penggunanya bisa lebih mudah dalam mempelajari lagu-lagu baru.

Populele Xiaomi Smart Ukulele U1 didesain untuk para pemula agar dapat memainkan ukulele dengan mudah dan dapat menirukan posisi jari pada not yang tampil di aplikasi secara realtime di ukulele. Fisik ukulele ini menghadirkan beberapa titik LED Light untuk memudahkan penggunanya dalam menempatkan jari.

Harga Rp. 1.123.600-1.163.500

Xiaomi Zi5 Batu Baterai Alkaline AA

Produk terakhir yang masuk dalam daftar aneka produk Xiaomi paling direkomendasikan adalah Xiaomi Zi5 Batu Baterai Alkaline AA. Baterai AA alkaline dari Xiaomi ini dapat digunakan untuk mengisi daya berbagai perangkat, seperti senter, kamera digital, remote control RC, hingga mobil mainan.

Baterai dengan tipe AA ini memiliki tenaga yang kuat dan memberikan performa handal serta tahan lama untuk gadget dan mainan yang biasanya menguras daya lumayan tinggi. Dipasok oleh Hitachi, baterai ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Produk bebas merkuri ini juga telah dilengkapi dengan lapisan pelindung cerdas yang aman.

Harga Rp. 32.300-38.900
From our editorial team

Pilih Produk Xiaomi yang Sesuai Bujet Anda

Xiaomi adalah salah satu vendor asal Cina yang menghadirkan aneka produk canggih dan fungsional untuk menunjang gaya hidup. Dengan produk yang beragam, tak heran jika banyak orang tertarik untuk membelinya untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Perlu diketahui bahwa ragam produk dari merek ini hadir dengan spektrum harga yang luas dan cenderung terjangkau. Luasnya spektrum harga ini membuat Anda bisa menyesuaikannya dengan bujet yang dimiliki.