10 Rekomendasi Foundation Ringan Terbaik Bagai Lapisan Kulit Sendiri! (2022)

10 Rekomendasi Foundation Ringan Terbaik Bagai Lapisan Kulit Sendiri! (2022)

Artikel ini mengajak pembaca untuk mengenal lebih lagi mengenai tren foundation kekinian, yaitu breathable foundation yang bertekstur ringan. Tak sampai di situ, informasi terkait undertone juga diberikan sebagai panduan penting dalam memilih shade foundation. Terakhir, simak pula 10 rekomendasi foundation ringan terbaik yang berhasil kami kumpulkan.

Males Pake Foundation karena Terasa Berat? Saatnya Beralih ke Foundation yang Breathable!

Masih betah pakai foundation yang terasa berat digunakan sepanjang hari? Udah nggak jaman lagi ya. Kamu yang make up holic, pasti tahu dong kalau sekarang ini sudah banyak sekali beredar foundation breathable, alias foundation yang teksturnya ringan.

Menjawab minat pengguna, terutama di daerah tropis seperti Indonesia, kini hadir berbagai foundation yang mengunggulkan tekstur ringan sehingga lebih nyaman digunakan dalam cuaca panas sekalipun. Foundation sendiri sebenarnya digunakan sebagai produk untuk menyamarkan noda pada wajah, meratakan warna kulit, menjadi alas bedak agar make up lebih flawless dan tampak natural.

Biasanya, foundation breathable mengandung kandungan serupa skincare yang menghidrasi dan terasa ringan di kulit. Meskipun ringan, coverage dari foundation breathable ini nggak kalah lho dengan foundation pada umumnya, sehingga cukup diminati dan menjadi tren.

Kenalan sama Undertone Kulit, Kamu yang Mana ya?

Cool

Ngomongin foundation, rasanya kurang jika kita tidak sekalian membahas mengenai undertone. Pengetahuan yang tepat terkait undertone akan memudahkan kamu ketika memilih shade foundation yang cocok dengan kulitmu. Terlebih lagi, banyak sekali brand sekarang ini yang memberi nama shade produknya dengan mengacu pada undertone.

Jenis undertone cool ini, paling mudah dikenali dari respon kulit saat terpapar sinar matahari. Jika kulitmu memerah saat lama di bawah paparan sinar matahari, maka inilah tanda bahwa kamu memiliki cool undertone. Undertone ini akan lebih terlihat cerah ketika memakai baju-baju dengan warna terang.

Warm

Berikutnya, lawan dari cool undertone, yaitu warm. Jika cool undertone, dilihat dari pembuluh darah di tangan berwarna cenderung kebiruan, maka warm undertone lebih condong kepada warna hijau. Warm undertone akan tampak memukau saat menggunakan perhiasan emas dibandingkan jenis lainnya.

Neutral

Di antara keduanya, ada juga lho yang disebut dengan neutral undertone. Biasanya, paling mudah dikenali dari pembuluh darahnya yang tidak terlalu tegas berwarna hijau maupun biru.

Perlu dicatat, bahwa pembagian yang disebutkan sebelumnya adalah terkait undertone. Pemilik kulit fair, belum tentu selalu memiliki undertone cool.

Demikian juga orang dengan kulit gelap, belum tentu selalu memiliki warm undertone. Kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang undertone kamu dari percobaan menggunakan pakaian dengan berbagai warna dan juga perhiasan.

Lagi Cari Foundation dengan Tekstur Super Ringan? Intip 10 Rekomendasi Foundation Ringan Terbaik dari Kami Yuk!

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Liquid Matte Foundation

Sedang mencari foundation dengan range shade yang variatif untuk skin tone kamu? Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Liquid Matte Foundation adalah jawabannya! Hadir dengan range shade yang cukup lengkap, selling point dari produk ini, antara lain 16HR Oil Control, SPF 22 dan full coverage.

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Liquid Matte Foundation memiliki tekstur yang cair, sehingga mudah di blend dan dapat di layer tanpa khawatir akan crack. Tersedia dalam 17 shade, beberapa rekomendasi dari kami, antara lain shade 125 untuk kamu dengan skin tone fair dengan undertone kemerahan.

Ada juga shade 220 untuk kamu dengan skin tone medium dan undertone netral. Punya skin tone deep? Kamu bisa mencoba juga beberapa shade, seperti 330 dan 332. Dengan harganya yang cukup terjangkau, foundation ini sangat cocok digunakan daily, ataupun untuk acara khusus, seperti wisudaan misalnya!

Harga Rp. 112.000-166.000

Lancome Teint Idole Ultra Wear Foundation

Ingin foundation yang tak hanya ringan, tetapi super ringan? Untuk kamu pecinta tekstur lightweight, produk rekomendasi berikut ini nggak boleh kamu skip begitu saja. Lancome Teint Idole Ultra Wear Foundation, foundation super ringan dari Lancome yang akan menempel sempurna di kulitmu, menjadikan kulit pemakainya terlihat flawless secara natural.

Lancome Teint Idole Ultra Wear Foundation hadir dengan dua pilihan SPF, yaitu SPF 15 dan SPF 38 PA+++. Selain teksturnya yang ringan, selling point produk ini ada pada ketahanannya terhadap keringat dan tidak transfer. Untuk kamu dengan kulit sawo matang khas Indonesia, kamu bisa banget cobain shade 03, Beige Diaphane, dijamin jatuh cinta!

Untuk foundation yang terhitung mahal, Lancome Teint Idole Ultra Wear Foundation berhasil memenangkan hati penggunanya, hingga memperoleh nilai 4,7 dari total 5 di website Female Daily. Menarik bukan?

Harga Rp. 328.000-795.000

MAKE OVER Hydrastay Glow Fluid Foundation

Versi lokal dari Lancome, kini MAKE OVER juga menghadirkan produk yang diformulasikan khusus untuk pemilik kulit kering. MAKE OVER Hydrastay Glow Fluid Foundation, salah satu lokal foundation ringan terbaik, meresap ke kulit sehingga aman seharian tanpa patchy ataupun crack.

Produk ini diklaim dapat menghidrasi kulit hingga 24 jam dan memiliki finish smooth glow yang sangat cocok untuk kulit kering. MAKE OVER Hydrastay Glow Fluid Foundation menyediakan 8 pilihan shade yang ditandai dengan 3 undertone berbeda, yaitu Neutral (N), Warm (W) dan Cool (C).

Sebagai contoh, untuk kamu dengan skin tone Medium, kamu bisa memilih warna W42 dengan undertone warm kekuningan. Selain unggul dengan klaim skin hydratingnya, produk ini juga sudah mengandung SPF 30 PA+++ dan teruji klinis non-comedogenic.

Tunggu apalagi, kamu dengan pertimbangan kulit yang dry skin, harus coba produk lokal terbaik satu ini ya!

Harga Rp. 89.500-170.000

Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation

Penggemar YoonA SNSD? Kalau iya, kamu pasti tahu dong produk selanjutnya yang akan kami rekomendasikan. Ya! Rekomendasi selanjutnya adalah foundation ringan terbaik di kelasnya, yaitu dari brand Estee Lauder. Estee Lauder, brand yang menjadikan YoonA sebagai brand ambassadornya ini bahkan dijuluki Asia's No 1 Foundation melalui produknya, Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation.

Penasaran ya dengan produk satu ini? Dibanderol cukup mahal, Estee Lauder berhasil membuktikan bahwa produk ini worth the price melalui performanya. Hadir dengan varian shade mencapi 40 shade, produk ini dikenal luas sebagai produk foundation dengan tekstur ringan, coverage, tahan keringat, oil control, hydrating, flawless dan masih banyak keunggulan lainnya.

Akan lamaran atau nikahan dalam waktu dekat ini? Maka Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation sangat direkomendasikan ya untuk menemani hari spesialmu!

Harga Rp. 430.000-780.000

YOU 24H NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation

Suka dengan packaging yang unik dan eyecatching? Boleh juga nih kamu kepoin salah satu brand lokal yang masih baru, yaitu YOU. YOU 24H NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation hadir dengan kemasan botol pump bulat, doff dan berwarna rose gold. Uniknya, jika kebanyakan foundation dikemas dalam botol berbentuk kotak, maka produk YOU ini dikemas dalam botol bulat.

Nggak cuma menarik dari segi packaging, beberapa selling point produk ini terkait formulasi dan kandungannya, antara lain 24 Hours Litestay dan Immortelle C-Lock Essence. Maksudnya adalah bahwa YOU 24H NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation diformulasikan agar ringan di kulit, mengontrol sebum tanpa membuat kulit kering serta mengandung ekstrak Immortelle flower dan Centella Asiatica.

Kedua kandungan yang disebutkan ini dikenal baik dalam menjaga elastisitas kulit, menghidrasi sekaligus menenangkan kulit. YOU 24H NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation hadir dengan 5 pilihan shade dengan finish velvet-matte dan juga sudah dilengkapi SPF 25 PA+++ untuk proteksi kulit sepanjang hari.

Harga Rp. 87.000-94.500

NARS Light Reflecting Foundation

Emang ada ya foundation ringan, tapi coveragenya mantul? Rekomendasi berikut dari kami, bisa menjadi jawaban buat kamu, pecinta foundation breathable, tetapi tetap ampuh menutupi noda-noda di wajah. NARS Light Reflecting Foundation, brand satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya ya kalau urusan make up.

NARS Light Reflecting Foundation mengandung 70% skincare ingredient, menciptakan finish dewy dan smooth layaknya healthy skin. Shadenya bagaimana? Tak perlu khawatir, NARS menyediakan 17 shade untuk semua jenis skin tone yang bisa kamu sesuaikan dengan kulitmu. Untuk pecinta vegan hingga acne prone dan sensitive skin, produk ini sudah memenuhi standar yang kamu mau ya.

Harga Rp. 750.000-812.000

Face Base BLP

Punya kulit sawo matang dengan skin tone deep? Selanjutnya dalam list foundation ringan terbaik, cocok banget untuk kamu dengan kulit gelap, ada Face Base BLP. Foundation ringan brand lokal ini bahkan diklaim sebagai pelopor foundation untuk kulit gelap di Indonesia. Wajib kamu coba bukan?

Face Base BLP sendiri memiliki 12 shade yang bervariasi dari kulit Fair hingga Deep. Selling point dari produk ini adalah buildable, blendable, dengan satin finish dan medium coverage.

Review mengatakan bahwa aplikasi Face Base BLP menghasilkan finish seperti lapisan kulit alami. Foundation lokal ini juga mengandung skincare ingredients, antara lain Chamomile extract, Allantoin dan Caffeine.

Cukup gunakan 1 pump, kamu sudah bisa mendapatkan coverage untuk seluruh bagian mukamu!

Harga Rp. 132.000-189.000

SOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Masih dari local brand, terus berinovasi, SOMETHINC tak sekedar menghadirkan produk dengan tekstur ringan, tapi juga serum foundation. Penasaran ya? Kolaborasi SOMETHINC X Han So Hee, salah satu best product yang dipilih Han So Hee, yaitu SOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation adalah produk yang akan kami rekomendasikan.

Tersedia dalam 12 shade, serum foundation ini merupakan skincare infused-make up, dengan finish natural, oil control serta mampu menyamarkan pori-pori kulit. Ringan seperti serum, kamu tak perlu khawatir terkait ketahanan produk ini, coverage hingga 12 jam sekaligus sudah sweat proof, water resistant.

Produk ini juga diklaim Non-oxidized ya, jadi aman digunakan sepanjang hari. Berbeda dari kebanyakan kemasan foundation, SOMETHINC menghadirkan kemasan berupa tube dengan ujung pump alih-alih botol kaca, travel friendly banget deh!

Harga Rp. 101.000-131.000

Luxcrime 2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer

Baru-baru ini, salah satu local brand, Luxcrime, meluncurkan produk terbarunya, yaitu Luxcrime 2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer. Produk ini memenuhi kebutuhan kamu yang mobile karena sangat praktis.

Produk ini juga kami rekomendasikan untuk kamu yang jarang make up karena dual fungsinya membuat produk ini akan lebih berguna dan nggak mubazir. Dengan finish satin dan diklaim mampu menghasilkan natural look, Luxcrime menawarkan foundation ringan dengan 8 shade yang bisa kamu pilih.

Beberapa pilihan shadenya antara lain, shade C01 untuk fair skin dengan cool undertone, shade W04 untuk deep skin dengan warm undertone, serta N04 untuk deep skin dengan cool undertone. Masih banyak shade lain yang tersedia khusus untuk kamu!

Harga Rp. 152.000-169.000

Wardah Exclusive Liquid Foundation

Foundation-foundation di atas tadi terlalu mahal untukmu? Rekomendasi selanjutnya sekaligus terakhir dalam list ini, ada brand Wardah. Wardah Exclusive Liquid Foundation, foundation ringan ini dikenal cepat meresap dan tidak lengket di kulit meski memiliki tekstur yang cukup kental. Meski murah, kualitas brand ini sudah tidak bisa diragukan lagi ya!

Terdapat 5 shade yang bisa kamu pilih, yaitu Natural, Light Beige, Sheer Pink, Coffee Beige dan Sand Beige. Untuk proteksi kulit di siang hari, Wardah Exclusive Liquid Foundation sudah mengandung SPF 30.

Harga Rp. 60.000-74.000
From our editorial team

Terus Berinovasi, Local Brand Hadirkan berbagai Pilihan Foundation Kekinian

Artikel ini tidak hanya memberi informasi seputar foundation dengan tekstur ringan, tetapi juga menampilkan banyaknya inovasi yang dihadirkan oleh local brand dalam meramaikan industri kosmetik. Menjawab permintaan penggunanya, local brand tidak hanya menawarkan produk bertekstur ringan sehingga nyaman digunakan, tetapi juga memperbaiki pandangan tentang make up dari segi kandungannya. Jika dulu orang khawatir tentang sisi buruk make up yang cenderung merusak kulit, kini hadir teknologi skincare infused-makeup. Tidak cuma itu, muncul juga produk dual fungsi atau yang dikenal 2 in 1 sehingga lebih praktis untuk digunakan.