Sempurnakan Riasan Dengan 10 Rekomendasi Makeup Sponges Terbaik Ini (2022)

Sempurnakan Riasan Dengan 10 Rekomendasi Makeup Sponges Terbaik Ini (2022)

Makeup sponge adalah alat rias yang wajib kamu miliki. Satu alat ini multifungsi alias bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan makeup. Yuk, simak rekomendasi makeup sponges terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Beauty Blender Adalah Tool Wajib Buat Makeup Junkie

Tahukah Anda? Beauty Blender itu adalah sebuah nama merek dari makeup sponges. Alat makeup seukuran telur itu memiliki bentuk bulat melonjong, dengan berbagai macam warna yang tersedia.

Makeup spons dapat menghasilkan tampilan makeup yang lebih baik dibandingkan dengan kuas makeup. Alat ini dapat menutup bintik-bintik hitam dan bekas jerawat dengan sempurna. Oleh karena itulah banyak orang yang menggunakannya.

Fungsi Beauty Blender Untuk Riasan

Mengaplikasikan Foundation

Beauty blender berfungsi dalam meratakan cushion, foundation, concealer, maupun produk alas makeup lainnya. Dalam istilah pakar kecantikan, coverage-nya jadi lebih sempurna dan tidak terlihat cakey.

Mengaplikasikan Bedak

Barangkali tidak banyak orang yang mengaplikasikan bedak dengan menggunakan beauty blender. Namun, penggunaan beauty blender dalam kondisi yang lembap justru dapat membuat bedak lebih menempel di kulit.

Mengaplikasikan Blush On

Beauty blender juga bisa Anda pakai untuk mengaplikasikan blush on. Tersenyumlah saat mengaplikasikannya. Sebab, saat tersenyum, tulang pipi akan terlihat lebih jelas, dan blush on pun akan ditempatkan pada tempat yang tepat.

Menghapus Makeup

Beauty blender tidak hanya bisa Anda gunakan untuk memoles makeup ke wajah, namun juga untuk menghapus makeup. Anda bisa menyapukan spons ini secara lembut dan perlahan untuk mengangkat makeup yang menempel di wajah.

Mengaplikasikan Produk Skincare

Selain untuk makeup, beauty blender juga bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit atau skincare. Anda bisa menggunakannya untuk meratakan pelembap atau serum wajah pada kulit.

Bentuk Makeup Sponges yang Dijual di Pasaran

Teardrop

Makeup sponges ini memiliki bentuk seperti ilustrasi tetesan air mata, yaitu bagian bawah yang bulat dan bagian atas yang runcing. Beauty blender yang satu ini terbilang cocok digunakan untuk mengaplikasikan makeup berbentuk liquid atau cair.

Sisi bawahnya yang lebar dapat Anda gunakan untuk meratakan makeup, sementara sisi atasnya yang runcing dapat Anda gunakan untuk menjangkau area wajah yang sempit, seperti bagian ujung dan bawah mata, serta hidung.

Gourd

Gourd merupakan makeup sponges ini memiliki permukaan yang lebar di bagian bawah dan runcing di bagian atas. Hampir sama dengan teardrop, namun dengan bagian tengah yang melengkung mirip buah labu atau buah pir.

Bagian bawahnya digunakan untuk meratakan makeup ke seluruh wajah, dan bagian runcingnya digunakan untuk menjangkau area wajah yang sulit seperti bawah mata dan hidung. Sementara lekukan pada bagian tengah bertujuan untuk memudahkan Anda saat memegang sponges dan mengaplikasikan makeup.

Flat Ended

Makeup sponges tipe flat ended juga hampir mirip dengan teardrop, namun bedanya adalah pada sisi bawah atau samping yang dibuat datar. Sisi datar ini dibuat untuk memudahkan Anda meratakan riasan makeup di wajah, terutama bagian pipi dan dahi.

Flat ended terbilang sebagai beauty blender yang cukup all in one karena dapat Anda gunakan juga untuk contouring dan menaburkan bedak, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menggunakan teknik baking saat memakai makeup.

Rekomendasi Makeup Sponges Terbaik Buat Anda

Real Techniques 1426 Miracle Complexion Sponge

Makeup sponges dari Real Techniques Miracle Complex ini akan membuat Anda jatuh cinta. Sebab, alat makeup sponges ini memiliki 3 permukaan dengan fungsi yang berbeda, yaitu sisi bulat, sisi runcing, dan sisi datar.

Sisi bulat dapat Anda gunakan untuk membaurkan makeup ke wajah dengan gerakan usap atau seperti menggambar titik-titik. Sisi runcing Anda gunakan untuk menutupi bagian yang tidak ingin terlihat. Sementara sisi datar berguna untuk membentuk kontur sekitar mata atau hidung.

Produk ini telah dilengkapi dengan case sehingga aman dan higienis untuk disimpan dan dibawa dalam tas. Untuk hasil yang memuaskan, gantilah sponge ini setiap 1-3 bulan.

Harga Rp. 100.000-150.000

KKV Dulce Luna Makeup Sponge Beauty Blender with Bracket

Makeup sponges KKV Dulce Luna ini merupakan beauty blender tipe gourd, yang berbentuk buah labu atau buah pir. Tipe ini memiliki lengkung pada bagian tengah, yang memudahkan Anda untuk memegangnya.

KKV Dulce Luna juga melengkapi make up sponges nya dengan bracket beauty, yang berguna sebagai tempat menjemur beauty blender yang basah. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menyimpan beauty blender ini di atasnya setelah menggunakannya. Nggak perlu repot menyimpan beauty blender yang basah lagi deh!

Harga Rp. 30.000-60.000

The Body Shop Complexion Blender

The Body Shop juga mengeluarkan produk makeup sponges. Makeup sponges ini memiliki bagian bawah yang cukup lebar untuk menjangkau seluruh area wajah dengan baik. Anda bisa dengan mudah membaurkan produk liquid ataupun meratakan bedak padat pada wajah.

Ujungnya yang berbentuk lancip akan memudahkan Anda mengaplikasikan makeup pada area wajah yang sulit dijangkau, seperti bawah mata dan tepi hidung.

Kelebihan lainnya dari alat makeup ini adalah mudah dibersihkan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat mencucinya agar permukaannya tidak terkelupas. Selain itu, seperti produk The Body Shop lainnya, beauty sponge ini juga telah berlabel Cruelty Free, lho!

Harga Rp. 65.000-100.000

PINKFLASH OhMyPuff Couple Classic

PINKFLASH menghadirkan makeup sponges berbentuk titisan hujan pink klasik. Warna pink tersebut berasal dari pewarna yang tidak beracun dan larut dalam air, sehingga aman digunakan pada kulit Anda.

Spons riasan ini dapat mengembang hingga 2x ukurannya dalam keadaan basah, dan dapat tidak menyerap banyak alas bedak. Selain untuk alas bedak, Anda dapat menggunakan spons kecantikan ini untuk meratakan highlighter, concealer, dan riasan lainnya.

Spons ini mudah dibersihkan dan dikeringkan. Anda dapat menggunakannya lagi dan lagi, karena makeup sponges ini juga dapat tahan lama. Namun sebaiknya Anda menggantinya setiap 2 bulan.

Harga Rp. 15.000-25.000

Jacquelle Egg Gang Blender

Makeup sponge Egg Gang Blender dari Jacquelle ini memiliki tekstur yang padat. Di balik teksturnya yang padat, permukaannya tetap halus dan tidak terlalu berpori, sehingga nyaman digunakan dan tidak meresap makeup terlalu banyak.

Makeup sponge ini memiliki bentuk yang unik, dengan bagian bawah yang lebih lebar dan datar, dan bagian atas yang meruncing. Sisi yang runcing membuatnya enak digunakan untuk meratakan riasan di area yang sempit seperti hidung dan mata.

Makeup sponge ini juga telah dilengkapi dengan dispenser sponge, yaitu tempat sponge dengan lubang-lubang di bawahnya. Jika Anda tidak sempat langsung mencuci sponge setelah menggunakannya, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu tanpa perlu khawatir sponge menjadi bau. Sponge ini juga tersedia dalam beragam pilihan warna.

Harga Rp. 60.000-100.000

Glam Fix Beauty Sponge Precise Complexion

Dalam keadaan basah, beauty sponge ini dapat mengembang 1,8x lipat dari ukuran aslinya. Alat ini juga memiliki pori-pori yang lebih kecil dan lebih lembut sehingga memberikan hasil yang diinginkan tanpa menyerap banyak produk.

Jenis sponge ini memiliki permukaan rata pada suatu sisi, dan sisi lain yang meruncing. Anda dapat dengan mudah melakukan baking area bawah mata dan membaurkan produk makeup lain seperti contour. Produk ini tersedia dalam 4 warna yang menarik.

Harga Rp. 20.000-45.000

Madame Gie Blending Sponge

Makeup sponges ini mempunyai tekstur yang bouncy dan lembut. Spons ini tidak menyerap banyak produk makeup, sehingga lebih hemat untuk Anda. Makeup sponges ini akan memberikan hasil riasan yang alami pada wajah Anda.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda tinggal membasahi sponge terlebih dahulu, kemudian peras air sponge setengah basah. Lalu tuangkan foundation pada sisi spons yang bundar dan usapkan dengan lembut.

Selain untuk meratakan foundation, Madame Blended Sponge ini juga dapat membantu Anda untuk meratakan riasan wajah seperti bedak tabur, concealer, blush, dan contour.

Harga Rp. 7.500-12.000

Armando Caruso Complexion Makeup Blender 849

Makeup blender Armando Caruso 849 Complexion ini memiliki 3 sisi penting untuk aplikasi wajah, yakni sisi yang lebih besar, ujung runcing, dan sisi datar.

Sisi yang lebih besar dapat Anda gunakan untuk memoles dan memadukan riasan pada bagian wajah seperti pipi, dahi, dan dagu, hingga ke leher. Ujung runcing untuk menutupi ketidaksempurnaan kecil. Kemudian sisi datar dapat Anda gunakan untuk memoles dan memadukan riasan Anda untuk hasil akhir yang sempurna.

Gunakanlah spons ini dalam keadaan basah untuk riasan yang berembun atau dewy, dan dalam keadaan kering untuk full coverage powder atau bubuk cakupan penuh. Pada saat basah, spons ini dapat mengembang hingga 3x kali lipat. Spons bebas lateks ini sebaiknya Anda ganti setiap 1-3 bulan.

Harga Rp. 70.000-100.000

Mad For Makeup Even Better Beauty Blender

Even Better Beauty Blender ini merupakan produk makeup sponges keluaran brand lokal Mad For Makeup. Namun uniknya, produk ini dibuat di Singapura. Uniknya lagi, packaging-nya dibuat dalam bentuk sachet dengan slogan-slogan yang menarik. Meski Anda mungkin kepincut produk ini dari cover-nya, tetapi isinya juga tak kalah menarik lho.

Beauty blender ini memiliki tekstur yang cukup keras dan sedikit lentur. Mad For Makeup mengklaim produk ini 30% lebih lembut dan dapat menyerap air dengan lebih baik. Hasilnya, sponge ini pun jadi lebih terasa empuk dengan hasil lebih coverage.

Harga Rp. 60.000-100.000

KARIS Expert Multi Blender

KARIS Expert Multi Blender merupakan spons makeup yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi tanpa latex, dengan bentuk teardrop yang memiliki dua sisi yang rata agar memudahkan Anda untuk melakukan blending ke seluruh wajah Anda.

Sebelum menggunakan spons ini, dibasahi terlebih dahulu untuk menghindari penyerapan produk dan mengoptimalkan tekstur spons. Spons berukuran 4,2 x 6,8 cm ini dapat mengembang menjadi 4,7 x 8 cm dalam keadaan basah.

Anda dapat menggunakan bagian bulat untuk mengaplikasikan produk pada area yang lebih besar. Sisi datar yang lebih besar dapat Anda gunakan untuk kontur dan sorot, sementara sisi datar yang lebih kecil dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan riasan pada sudut-sudut sulit seperti bagian bawah mata, dan sudut sulit lainnya.

Harga Rp. 60.000-115.000
From our editorial team

Cuci Makeup Sponge Secara Rutin Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

Makeup sponge memang punya banyak kegunaan. Tapi jangan lupa untuk mencucinya secara rutin agar kotoran dan endapan produk makeup tidak menumpuk dan menyebabkan jerawat pada kulit Anda. Pilih produk makeup sponge terbaik untuk Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!