Bersihkan Makeup Mata dengan 10 Rekomendasi Eye Makeup Remover Terbaik Berikut (2021)

Bersihkan Makeup Mata dengan 10 Rekomendasi Eye Makeup Remover Terbaik Berikut (2021)

Supaya makin cantik dan tampilan lebih sempurna, area mata harus dirias dengan baik. Riasan apa pun yang kamu gunakan, baik tipis atau tegas sekalipun, Namun, jangan lupa membersihkan area mata yang dirias, ya. Ini supaya area mata kamu tidak kusam, cepat keriput, dan iritasi. Nah, BP-Guide memiliki deretan produk eye makeup remover yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk bantu membersihkan area mata dari makeup!

Waspadai Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Membersihkan Makeup Mata

Selama masa pandemi hingga new normal, kita diwajibkan memakai masker. Dengan kondisi ini, otomatis, makeup wajah kebanyakan terpusat pada area mata karena area bawah tertutupi masker. Maka jika ingin memakai riasan agar lebih menawan, tentunya harus memaksimalkan area mata.

Untuk merias mata, ada banyak kosmetik yang bisa digunakan, mulai dari eye shadow, eye liner, pensil alis, hingga maskara. Supaya makeup mata bertahan lama dan tidak mudah luntur, banyak dari kita yang mengandalkan memakai makeup waterproof. Hasilnya memang memuaskan dan tahan lama, namun di sisi lain ini juga membuat kita jadi kerepotan saat akan membersihkannya. Bahkan tak jarang kita melakukan cara pembersihan yang salah sehingga bukannya membuat makeup mata hilang sempurna, namun malah bikin mata jadi iritasi dan bulu mata mudah rontok.

Beberapa contoh kesalahan yang kerap kita lakukan adalah terlalu kasar dalam membersihkannya. Kita ingin segera mengangkat makeup waterproof sehingga kita menggosok terlalu keras. Padahal ini hanya akan merusak kulit dan mencabut bulu mata.

Kesalahan lainnya adalah kamu memakai facial wash untuk menghilangkan riasan mata. Sabun pencuci wajah tidak sama dengan eye makeup remover. Formulanya berbeda sehingga tidak bisa membersihkan makeup mata dengan sempurna.

Banyak juga dari kita yang memilih pembersih scrub untuk area mata. Padahal, area mata memiliki kulit yang sangat tipis sehingga rawan iritasi dan tidak bisa dibersihkan dengan scrub yang lembut sekali pun. Cara yang benar adalah mengunakan eye makeup remover agar pembersihan area mata bisa lebih maksimal.

Tips Memilih Eye Makeup Remover

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Sesuaikan produk eye makeup remover dengan jenis kulit kamu. Setiap jenis kulit membutuhkan beberapa bahan khusus atau harus menghindari bahan-bahan tertentu agar tidak iritasi. Misalnya saja, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka hindari makeup remover dengan bahan mineral oil dan petroleum jelly.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa memilih eye makeup remover dengan campuran emulsi minyak esensial atau minyak alami agar selain bisa membersihkan makeup juga bisa melembapkan kulit dengan baik.

Dan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya memilih produk yang hipoalergenik. Hindari juga produk dengan bahan pewangi dan alkohol agar kulit tidak makin kering dan makin iritasi.

Hindari Bahan Tertentu

Ada beberapa bahan yang wajib kamu hindari saat memilih eye makeup remover. Contohnya adalah mineral oil dan petroleum jelly. Berbagai bahan tersebut bisa berpotensi menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat maka bisa menyebabkan milia, jerawat, dan lain sebagainya. Kalau pun mengandung minyak, pilih bahan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak chamomile, atau minyak almond.

Hindari juga bahan seperti alkohol karena bisa mengikis kelembapan alami kulit dan membuat kulit jadi kering. Kamu juga wajib menghindari bahan seperti sodium lauryl sulfate. Bahan ini bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Sesuaikan dengan Usia

Eye makeup remover juga bisa disesuaikan dengan usia, loh. Dengan mempertimbangkan kondisi kulit berdasarkan usia, tentu lebih aman memakainya agar kulit tidak cepat menua dan tetap sehat.

Bagi kamu yang masih di usia 20 tahunan, akan lebih praktis memakai makeup remover dalam bentuk lembaran. Selain bisa hemat waktu, produk semacam itu tidak mengandung minyak sehingga tidak akan membuat wajah kamu lebih berminyak karena kelenjar minyak pada kulit usia 20 tahunan masih memiliki aktivitas yang tinggi.

Sementara untuk yang berusia 30 tahunan sebaiknya memiliki eye makeup remover dengan bahan PHA, salicylic acid, atau AHA. Berbagai bahan tersebut bisa membantu mengeksfoliasi kulit sehingga wajah lebih bersih. Pilih juga yang kaya akan vitamin C supaya bisa membantu menjaga kesegaran kulit yang mulai mudah kusam.

Dan bagi yang berusia 40 tahun ke atas, sebaiknya memilih pembersih yang lebih berminyak. Makin tinggi kandungan pelembapnya makin bagus untuk kulit. Ini karena area mata makin sensitif karena kelembapan alaminya berkurang.

Pilih Tipenya

Dalam memilih pembersih makeup mata, kamu bisa memilih dari tipenya. Ada tipe wiping dan ada juga tipe sheet. Setiap tipe memiliki kelebihannya sendiri.

Untuk tipe wiping, kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasaran karena ini adalah tipe paling umum. Untuk memakainya, kamu perlu mengeluarkan cairan ke kapas, diamkan di area mata, lalu baru mengusapkannya atau menyekanya.

Tipe sheet cocok untuk kamu yang super sibuk. Hadir dalam bentuk lembaran kapas atau tisu basah, kamu tinggal usap atau diamkan dulu pada area mata. Pembersih ini mudah digunakan di mana saja dan kapan saja. Kamu tinggal masukkan dalam makeup pouch sehingga bisa memakainya kapan pun dibutuhkan.

Ini Loh, Produk Eye Makeup Remover yang Bisa Jadi Andalan Kamu

The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Make Up Remover

The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Make Up Remover merupakan rekomendasi pertama kami. Produk ini aman untuk kulit sensitif utamanya area mata. Ada chamomile oil di dalamnya yang berfungsi untuk membersihkan makeup dengan lembut sekaligus menjaga bulu mata dan juga kelembapan area mata. Meski mengandung minyak, produk ini tidak meninggalkan rasa lengket.

Harga Rp. 84.500-311.000

Nivea Double Effect Eye Make-Up Remover

Nivea Double Effect Eye Make-Up Remover tidak hanya mampu menghapus makeup mata namun juga bisa melembapkan area mata yang sensitif. Pembersih ini juga bisa melindungi bulu mata meski dilapis dengan maskara waterproof yang tebal. Bulu mata tidak mudah rontok dan rusak karena produknya mengandung kandungan ekstrak cornflower. Tidak ada sensasi lengket dan berminyak sehingga kulit tetap terasa nyaman.

Harga Rp. 52.000-75.000

Mitu Shikada Facial Cleansing Wipes

Mitu Shikada Facial Cleansing Wipes bisa membersihkan wajah dari makeup yang tebal dan waterproof. Selain itu, wajah jadi lebih segar usai pemakaian. Kamu bisa juga memakainya untuk mata dan bibir. Produk berupa tisu basah ini praktis digunakan kapan saja dan di mana saja.

Di dalam produk ini ada kandungan ekstrak chamomile, mentimun, dan lidah buaya. Berbagai kandungan tersebut membuat wajah lebih bersih, segar, lembut, dan lembap. Bebas paraben dan pewarna, produknya aman untuk kulit yang normal hingga berminyak.

Harga Rp. 6.780-22.500

PIXY Eye & Lip Makeup Remover

PIXY Eye & Lip Makeup Remover merupakan pembersih mata dan bibir yang efektif untuk makeup waterproof. Meski merupakan produk lokal, kualitasnya tidak perlu diragukan. Harganya cukup terjangkau sehingga tidak bikin kantong bolong.

Di dalamnya ada kandungan madu alami yang bisa membuat kulit tidak mudah kering. Tidak ada rasa lengket dan perih di mata sehingga nyaman dipakai di area bibir dan mulut. Produk dengan kandungan minyak ini dikemas dalam ukuran 60 ml sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 20.000-24.000

Wardah Eyexpert Makeup Remover

Wardah Eyexpert Makeup Remover cocok untuk kamu yang ingin pembersih mata halal. Formulanya bekerja optimal dengan sekali usap untuk mengangkat riasan waterproof yang sulit dihilangkan. Produk ini bebas alkohol jadi tidak akan membuat kulit jadi kering usai pemakaian. Dikemas dalam botol ukuran 100 ml, produk ini juga mengandung minyak di dalamnya. Cukup tuang sedikit pada kapas, tempel pada area mata, diamkan sebentar, lalu usap hingga bersih.

Harga Rp. 20.540-37.000

MAYBELLINE EYE+LIP MAKE UP REMOVER

Maybelline Eye & Lip Makeup Remover ini bisa membersihkan makeup waterproof pada wajah dengan lebih mudah. Formulanya halus sehingga terbilang ringan untuk area mata dan bibir yang cenderung lebih sensitif. Dengan teknologi bi phase, produk ini bisa membersihkan makeup yang sudah terlalu lama dipakai. Kamu tidak perlu mengusapkan berulang kali, cukup sekali usap saja. Kocok botolnya sebelum menuang isinya pada kapas dan mengusapnya pada mata dan bibir.

Harga Rp. 23.000-57.000

Biore Makeup Remover Cleansing Oil Sheet

Biore Makeup Remover Cleansing Oil Sheet bikin kamu mudah membersihkan makeup. Hadir dalam bentuk lembaran, produk ini tergolong cleansing oil yang mudah diaplikasikan. Cukup keluarkan tisu basahnya, lalu usap pada bagian wajah yang kamu inginkan. Produk ini aman untuk mata dan area bibir juga.

Ada kandungan hyaluronan dan moisturizing essence dalam pembersih ini sehingga bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan lembap usai pemakaian. Produknya bebas alkohol dan bebas pewarna sehingga tidak akan menyebabkan alergi. Dalam satu kemasan berisi 44 lembar tisu.

Harga Rp. 27.700-68.000

L'Oreal Dermatologist Gentle Lip&Eye Make Up Remover

L'Oreal Dermatologist Gentle Lip&Eye Make Up Remover merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Dihadirkan oleh L’Oreal yang merupakan merek ternama yang banyak mengeluarkan produk kecantikan, tentu saja kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa dengan mudah menghilangkan makeup waterprood di area mata dan bibir. Formulanya ringan namun kuat sehingga cukup satu sapuan saja, makeup segera bersih.

Harga Rp. 144.900-224.000

Viva Eye And Lip Make Up Remover

Viva Eye And Lip Make Up Remover tidak bisa kamu remehkan sebagai produk andalan. Pembersih yang satu ini hadir dengan formula yang lembut. Kamu bisa memakainya untuk area sekitar bibir dan mata. Produknya bebas alkohol, pewarna, dan juga bebas parfum. Kandungan pH di dalamnya juga seimbang, jadi lebih aman untuk mata.

Eye makeup remover ini mengandung ekstrak bunga chamomile yang bersifat antiiritasi sehingga bisa mencegah terjadinya iritasi di area sekitar mata. Pembersih ini juga bisa menjaga kelembutan dan kelembapan kelopak mata. Kamu bisa juga memakainya untuk membersihkan bibir. Tuang saja pada kapas secukupnya lalu usap pada area mata dan bibir.

Harga Rp. 8.900-12.000

Laneige Lip & Eye Remover Waterproof_EX

Laneige Lip & Eye Remover Waterproof_EX merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu tidak mengandung minyak dan membuatnya lebih aman untuk kamu yang memakai eyelash extension. Dengan formula yang ringan, pH produk ini juga seimbang dengan air mata sehingga lebih aman untuk mata. Meski formulanya ringan namun kekuatan pembersihnya tidak perlu diragukan karena bisa membersihkan makeup mata yang waterproof sekali pun.

Di dalamnya ada ekstrak lidah buaya dan juga chamomile yang bisa membuat kulit jadi lebih lembap dan lebih terlindung dari aneka faktor eksternal. Kulitmu juga bisa lebih lembut dan halus. Ada berbagai ukuran kemasan mulai dari 25 ml, 50 ml, hingga 150 ml yang tersedia.

Harga Rp. 27.000-345.000
From our editorial team

Ketahui Cara Pakai Eye Makeup Remover

Dalam mengaplikasikan pembersih mata tidak bisa asal usap saja. Kamu harus tahu langkahnya agar lebih maksimal. Awali dengan mengambil kapas dan menuang makeup remover. Tempelkan pada area mata lalu diamkan 15 detik. Selanjutnya, usap kapas ke arah bawah dengan gerakan zig-zag. Lakukan dengan lembut dan secara perlahan. Bisa juga memakai cotton bud yang ditetesi dengan makeup remover. Gunakan cotton bud untuk membersihkan helaian bulu mata yang tidak terjangkau. Jangan lupa untuk melakukan double cleansing usai membersihkan area mata agar makeup bisa terangkat sempurna.