10 Rekomendasi Koper Elektrik Terbaik dengan Fitur Canggih Favorit Traveler (2022)

10 Rekomendasi Koper Elektrik Terbaik dengan Fitur Canggih Favorit Traveler (2022)

Dulu koper hanya digunakan untuk tempat penyimpanan saat berpergian. Tapi kini, koper sudah mengalami evolusi menjadi perangkat yang juga bisa dikendarai. Untuk mengurangi rasa lelah bepergian, alih-alih mengangkat koper, kini Anda dapat mengendarainya. Lebih praktis, cepat, dan tidak mengeluarkan banyak energi. Penasaran koper apa saja itu? Yuk segera cek rekomendasi koper elektrik dari BP-Guide khusus untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi!

Kurangi Rasa Lelah Traveling dengan Koper Elektrik

Traveling menjadi semakin melelahkan ketika kita harus membawa atau menarik koper ketika berjalan, terlebih di bandara yang sangat luas. Belum lagi ketika harus mengajak anak liburan. Menjawab permasalahan para pecinta traveling tersebut, kini muncul inovasi koper elektrik yang juga memiliki fungsi sebagai kendaraan bermotor atau skuter.

Alih-alih lelah menarik koper, Anda malah dapat mengendarainya seperti halnya skuter listrik. Bahkan untuk koper anak sekalipun. Tak hanya sampai di sini, beberapa koper juga dilengkapi dengan USB charging yang memiliki fungsi sama seperti powerbank.

Tips Merawat Koper Elektrik Agar Tahan Lama

Bersihkan Koper Segera

Setelah bepergian segera kosongkan koper agar bau tidak sedap dari barang-barang dan kuman tidak tertinggal di dalam. Setelah kosong, bersihkan sesegera mungkin bagian dalam dan luar, termasuk sticker atau tag bandara hasil traveling, serta bagian roda atau trolly.

Khusus untuk roda yang terbuat dari besi dapat diolesi dengan minyak agar terhindar dari karat dan berfungsi dengan baik. Untuk permukaan luar koper berbahan poliester atau ballistic nylon dapat menggunakan sikat nilon lembut yang dicelupkan dalam air.

Sedangkan koper yang berbahan polikarbonat dapat menggunakan lap kain yang telah dicelup air sabun untuk mengelap permukaan yang setelahnya langsung dilap kering. Khusus bagian dalam dapat menggunakan vacuum cleaner dan dry gel.

Simpan Koper dengan Baik dan Benar

Selain proses pembersihan, keawetan koper juga tergantung dari bagaimana penyimpanannya. Sebaiknya tidak menyimpan koper dalam keadaan bertumpuk, cukup disimpan berjajar atau dengan posisi berdiri.

Selain itu tempatkan koper di tempat yang tidak lembap, tidak gelap, dan ditunjang dengan sirkulasi udara ruangan yang baik. Hindari untuk membungkus koper dengan plastik karena akan membuat jamur tumbuh lebih cepat. Berikan kamper di setiap sisi koper agar tidak berbau apek.

Selain itu walaupun Anda tidak bepergian, keluarkan koper secara berkala untuk dijemur dan diangin-anginkan. Selain itu permukaan luar koper juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lembut yang lembab, lalu keringkan sebelum akhirnya disimpan kembali.

Gunakan Pelindung atau Cover Koper

Tips selanjutnya adalah selalu pergunakan cover atau pelindung saat Anda traveling. Penutup koper ini berfungsi untuk melindungi koper dari kotoran ataupun lecet akibat terbanting atau gesekan selama dalam perjalanan.

Pilih cover dengan bahan elastis yang tidak mudah rusak ataupun robek. Untuk bonus, pilih pelindung dengan desain kece agar koper terlihat lebih menarik.

Rekomendasi 10 Koper Elektrik Terbaik Berkualitas

Qbox Easy Luggage

Rekomendasi koper elektrik terbaik pertama yang memiliki kualitas mumpuni adalah Qbox Easy Luggage. Koper elektrik ini dinilai praktis karena berhasil menyatukan dua fungsi, yakni sebagai koper dan stroller anak secara bersamaan.

Terobosan kombinasi ini tentu akan membuat travelling keluarga menjadi nyaman dan menyenangkan karena orang tua dan anak sama-sama tidak mudah lelah. Tidak perlu khawatir akan modelnya, karena tanpa membawa anak pun Anda masih bisa menggunakan koper ini karena memiliki model selayaknya koper yang biasa digunakan.

Berat barang maksimum adalah 18 kg dan ditambah berat anak 12 kg, sehingga berat total beban yang dibawa koper maksimal 30 kg. Qbox Easy Luggage adalah koper import dengan ukuran 22x39x56 cm yang memiliki bentuk rapi. Untuk penggunaan anak usahakan agar selalu diawasi orang tua agar lebih aman ya.

Harga Rp. 2.440.000-4.100.000

Airwheel SE3

Salah satu koper elektrik yang juga memiliki fungsi ganda sebagai skuter listrik untuk orang dewasa adalah Airwheel SE3. Menyandang kemampuan elektrik karena koper ini dapat dikendarai seperti layaknya motor serta terdapat pegangan di bagian depan dan tombol untuk menjalankan kopernya.

Koper pintar berbahan polyester fabric produksi Airwheel Technology Holding (USA) Co., Ltd. ini memiliki ukuran 49x36.5x58 cm dengan kapasitas total 29,3 liter. Ukurannya yang lapang dengan daya tampung besar membuatnya dapat mengakomodasi semua barang Anda dengan efisien.

Selain canggih, koper ini juga memiliki desain ergonomis sehingga memberikan kenyamanan lebih untuk traveling. Selain itu, Airwheel SE3 juga memiliki kelebihan waterproof, anti debu, dan anti maling. Koper dengan kunci kombinasi custom TSA ini memiliki kapasitas voltase baterai sebesar 37 V dengan tipe baterai Li-ion.

Hanya saja koper elektrik ini tidak disarankan untuk penerbangan low cost. Pilihan warnanya pun masih sangat terbatas, yaitu hanya hitam dan putih.

Harga Rp. 9.800.000-14.300.000

Airwheel SE3 Mini

Salah satu koper elektrik yang masih kerabat dekat dengan Airwheel SE3 adalah Airwheel SE3 Mini. Memiliki predikat mini tentu saja membuat koper ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari saudaranya.

Masih menggunakan bahan yang sama yaitu polyester fabric, koper yang juga dapat digunakan sebagai USB charging port ini akan sangat bermanfaat ketika Anda berpergian ke tempat jauh yang minim koneksi listrik. Dengan teknologi indikator yang menunjukkan bahwa ponsel telah terisi baterai, membuat koper ini tak hanya sebagai penyimpan barang tapi juga gadget traveling.

Masih sama seperti saudaranya, koper yang didesain khusus dengan fungsi anti maling dan waterproof ini juga tidak cocok digunakan untuk penerbangan low cost. Koper elektrik dengan berat 6,5 kg ini mempunyai beban bawa maksimum sebesar 100 kg.

Untuk Anda yang ingin mengendarainya, koper ini mampu membawa Anda berjalan dengan kecepatan maksimal 8 km/jam.

Harga Rp. 8.550.000-14.000.000

Airwheel SQ3

Tak hanya menyediakan koper elektrik untuk orang dewasa, Airwheel juga mengeluarkan koper skuter untuk anak yang bernama Airwheel SQ3. Memiliki desain dengan stiker dan motif lucu sesuai ketertarikan anak, koper ini tetap memiliki fitur dan sistem keamanan seperti halnya koper versi orang dewasa.

Menggunakan paduan bahan polikarbonat dan metal khusus, koper elektrik keluaran Airwheel Technology Holding (USA) Co., Ltd. ini tersedia dalam lebih banyak pilihan warna, desain ringan, dan harga yang lebih terjangkau dari versi dewasa. Tak hanya itu, koper ini juga memiliki lampu manik yang menyala ketika digunakan dan terdapat menu kontrol musik yang cocok untuk anak-anak.

Disediakan dalam warna pink, putih, dan biru, koper elektrik ini memiliki kapasitas sebesar 15 liter.

Harga Rp. 5.550.000-7.700.000

Airwheel SR5

Masih dari keluarga Airwheel, koper elektrik pintar Airwheel SR5 ini sudah dilengkapi dengan bluetooth yang terintegrasi dengan smartphone Anda sehingga kalian berdua akan selalu bersama. Selain itu koper ini juga dilengkapi dengan sistem fingerprint sehingga tidak semua orang dapat membuka koper ini.

Selain teknologi alarm koper hilang, sensor anti crash, lampu LED, bluetooth, TSA lock system, dan fingerprint, Airwheel SR5 dapat digunakan sebagai power bank cadangan untuk mengisi daya. Meskipun memiliki teknologi canggih, koper elektrik ini juga sudah lulus uji tahan banting dan anti air.

Hanya saja berbeda dari koper Airwheel yang lain, Airwheel SR5 dengan roda yang dapat berputar 360 derajat ini tidak dapat digunakan sebagai skuter listrik.

Harga Rp. 10.800.000-15.800.000

Cowarobot CWL16R1L (R1)

Memiliki nama Cowarobot, koper elektrik satu ini memang memiliki banyak fitur futuristik canggih seperti layaknya robot masa depan. Fitur pertama adalah co eye yang dapat merasakan benda sekitar dengan adanya sensor.

Lalu co eye akan mengirimkan data pada fitur kedua yakni co move untuk menggerakan roda koper agar bisa berkelit dari penghalang. Fitur ketiga adalah co smart yang mana koper Cowarobot CWL16R1L ini tidak membutuhkan kunci untuk membuka, tapi hanya menggunakan gelang khusus yang telah dilengkapi dengan indikator LED.

Selain itu gelang tersebut juga merupakan alat navigasi agar koper tidak salah arah. Koper canggih berbahan polikarbonat ini juga memiliki USB port charging dan kecepatan jalan maksimum 7 km/jam.

Harga Rp. 6.999.000-13.255.000

American Tourister Frontec

Memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan laptop, koper elektrik tipe Frontec dari American Tourister ini memiliki fitur colokan USB agar Anda dapat mengisi daya baterai dengan lebih mudah ketika dalam perjalanan. Koper ini tersedia dalam tiga ukuran, yakni 20 inchi, 25 inchi, dan 29 inchi.

Untuk ukuran medium dan large terdapat kaitan untuk menggantung belanjaan di samping koper. Koper elektrik dengan roda yang dapat berputar 360 derajat ini memiliki desain flat top open atau dapat dibuka dari atas. Desain ini akan memudahkan Anda ketika menyusun pakaian saat hendak traveling nanti.

Harga Rp. 3.990.000-674.000

Lanwain Agent H

Koper elektrik yang dapat digunakan untuk skuter berikutnya adalah Lanwain Agent H. Koper ini hanya membutuhkan waktu pengisian daya selama 4 jam saja untuk dapat digunakan pada jarak tempuh hingga 15 km.

Tentu saja ini akan sangat membantu saat traveling nantinya agar Anda tidak mudah lelah karena harus berjalan. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh adalah 16 km/jam, dengan beban maksimal yang dapat ditanggung adalah 130 kg.

Selain itu koper elektrik yang terbuat dari bahan aluminium kokoh ini juga dilengkapi dengan fitur power bank.

Harga Rp. 8.000.000-12.000.000

Micro Luggage Eazy

Berada di bandara yang luas memang cocok untuk menggunakan koper elektrik dengan fungsi ganda sebagai skuter. Rekomendasi koper elektrik selanjutnya adalah Micro Luggage Eazy.

Seperti halnya Airwheel SQ3, koper canggih ini juga dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Koper dengan kapasitas 33 liter ini dapat menampung beban maksimal hingga 100 kg.

Koper dengan model trendi dan praktis ini juga cocok digunakan ketika Anda sedang tidak bersama anak. Koper berukuran 22x39x56 cm ketika dilipat ini dapat dijadikan troli belanja atau tas tangan ketika Anda sedang traveling sendirian.

Harga Rp. 3.620.000-4.200.000

Bluesmart

Koper elektrik terakhir yang direkomendasikan adalah koper pintar Bluesmart yang canggih. Koper berbahan ringan dan waterproof ini memiliki teknologi pelacak lokasi agar Anda selalu mengetahui di mana keberadaannya dengan menggunakan smartphone.

Selain itu kendali smartphone juga dapat digunakan untuk mengunci ataupun membuka koper. Hanya saja saat ini server app pengendali pada smartphone telah ditutup.

Selain sistem kendali, Bluesmart juga dapat digunakan sebagai powerbank pengisi daya dengan dua port USB yang berkapasitas 10.000 hingga mAh. Kapasitas tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel hingga enam kali.

Koper elektrik berkapasitas 34 liter ini memiliki ukuran 55x35x22, cm dengan berat kurang lebih 4,26 kg.

Harga Rp. 4.500.000-4.960.000
From our editorial team

Pilih Koper Elektrik yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli koper elektrik, pastikan untuk cek dan ricek beberapa hal. Di antaranya pilih fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas Anda termasuk fitur perlindungan dan keamanan. Terlebih untuk koper anak yang perlu dukungan belt agar makin aman saat mengendarai koper skuter. Untuk kekuatan koper akan lebih baik memilih handle dua bar yang lebih kuat. Terakhir sesuaikan koper dengan kapasitas muatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk koper bepergian jauh dan jangka waktu lama tentu membutuhkan ukuran koper yang lebih besar bukan?