Liburan ke Pantai? Yuk, Lihat Dulu 10 Rekomendasi Pantai Terkenal di Seluruh Dunia

Liburan ke Pantai? Yuk, Lihat Dulu 10 Rekomendasi Pantai Terkenal di Seluruh Dunia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi begitu banyak pantai yang indah. Sehingga membuat pantai menjadi salah satu destinasi favorit kita saat berlibur. Hanya saja bukan cuma Indonesia yang punya hamparan pantai yang indah. Banyak negara-negara di dunia yang juga memiliki deretan pantai yang luar biasa cantik dan memesona. Mau lihat? Yuk simak selengkapnya di sini.

Pantai Adalah Destinasi Wisata Favorit Banyak Orang

Pantai memang merupakan tempat liburan yang eksotis. Itu sebabnya, banyak orang yang senang bepergian ke pantai. Mulai dari menikmati terbenamnya matahari, melihat terumbu karang di dasar laut, hingga menikmati sinar matahari yang menyinari kulit. Untuk itu, jangan lewatkan waktu liburan Anda untuk ke pantai. Carilah lokasi pantai yang memiliki panorama indah di sekitar kota Anda.

Barang yang Harus Anda Bawa Saat Berlibur ke Pantai

Liburan ke pantai memang menyenangkan. Akan tetapi, jangan sampai kesehatan terganggu dan kulit Anda menjadi kusam. Untuk itu, beberapa barang berikut ini wajib Anda bawa ketika pergi ke pantai.

Sunblock

Pergi ke pantai seharian tentu menyenangkan. Bahkan, saking senangnya Anda akan tidak sadar bila kulit Anda terbakar dan menjadi iritasi. Ini bisa menyebabkan masalah pada kulit Anda. Untuk itu, sunblock wajib dibawa agar kulit Anda terlindung dari paparan sinar matahari.

Kandungan zinc oksida dan titanium dioksida yang terkandung pada sunblock memiliki khasiat anti iritasi. Bila titanium dapat menangkal sinar matahari, maka zinc oksida akan memecah energi dan panas dari sinar UV, sehingga akan menghalangi radiasi ke kulit.

Air Minum

Panasnya udara akibat sinar matahari akan membuat cairan tubuh berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi. Di mana dehidrasi bisa menjadi penyebab terganggunya kesehatan tubuh Anda, seperti sakit kepala, kejang, hingga pingsan. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa air minum, terutama air putih. Minum air putih yang cukup akan mengganti cairan tubuh yang hilang.


Tikar

Seperti yang telah kita ketahui bila udara di pantai sangatlah panas. Tentunya panas dari sinar matahari ini juga akan berdampak pada panasnya pasir di pantai. Ini akan membuat Anda tidak nyaman ketika ingin beristirahat atau sekadar tidur-tiduran di pinggir pantai. Untuk itu, sebaiknya Anda membawa tikar sebagai alas untuk bersantai di pinggir pantai.

Topi

Topi juga sebaiknya Anda bawa ketika pergi ke pantai. Selain untuk aksesori, topi akan melindungi kepala Anda dari paparan sinar matahari langsung. Bayangkan saja, bagaimana bila sinar matahari langsung mengenai kulit kepala Anda! Tentu akan sangat panas sekali bukan? Bahkan kepala Anda akan terasa pusing dan membuat Anda menjadi tidak sadarkan diri.

Pakaian yang Nyaman

Jangan salah kostum ke pantai. Tidak hanya menjadi bahan tertawaan, pakaian yang tidak tepat akan membuat Anda tersiksa. Pilih pakaian yang nyaman dan tidak menghambat aktivitas Anda di pantai. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian seperti berikut ini.

  • Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sifon atau poliester karena akan panas ketika digunakan. Atasan dari bahan katun yang longgar akan terasa nyaman dan tidak panas. Ini karena katun merupakan bahan yang menyerap keringat. Selain itu, baju yang longgar akan membuat ruang gerak Anda lebih leluasa.
  • Hindari pakaian berwarna putih. Ketika bermain basah-basahan, tentu pakaian dalam Anda akan menjadi pusat perhatian. Anda bisa menggunakan pakaian dengan warna terang atau bernuansa pastel agar lebih aman.
  • Menggunakan celana jeans ketat akan membuat Anda tersiksa. Selain panas, bila basah celana jeans tersebut akan menjadi lebih berat. Belum lagi pasir yang menempel. Ini pun tidak bagus bagi kulit Anda, karena gesekan dari pasir dan celana jeans yang basah dapat menyebabkan kulit lecet dan iritasi. Untuk itu, gunakan bawahan longgar seperti harem pants.
  • Long dress tetap bisa jadi pilihan untuk Anda yang tetap ingin tampil feminin dan anggun. Namun, gunakan yang terbuat dari bahan katun atau kaus. Dan jangan lupa gunakan legging untuk melindungi ketika tertiup angin.
  • Jumpsuit juga oke untuk Anda yang ingin tetap terlihat modis pada saat bersantai di pantai.
  • Untuk yang berjilbab, jilbab instan yang terbuat dari kaus atau katun akan terasa nyaman digunakan. Selain simpel juga tidak menyebabkan panas.

Beberapa Pantai Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Sedang merencanakan liburan ke pantai? Tak usah bingung! BP-Guide punya beberapa rekomendasi pantai terbaik di dunia. Mari disimak!

Pantai Costa Del Sud - Italia

Sumber gambar We Love Traveler

Salah satu pantai terindah di dunia yang ada di Italia ini terkenal karena air lautnya yang jernih. Bahkan, Anda dapat melihat pemandangan terumbu karang dan aneka ikan kecil di atas permukaan lautnya.

Terletak di kota Valencia, tepatnya terbentang dari Porto di Teulada ke Chia, Costa del Sud. Memiliki panorama alam yang mengagumkan, bahkan Pantai Costa Del Sud menjadi salah satu pesisir paling indah di Sardinia selatan.

Bila datang berkunjung, jangan lupa untuk menikmati suasana di Chia. Tempatnya sangat asyik karena berpusat di dua pantai yang megah. Nikmati pula pengalaman berenang di Strada Panoramica della Costa del Sud.

Pantai Kondoi - Jepang

Sumber gambar Japanhoppers.com

Jepang juga memiliki pantai yang terkenal dengan keindahannya. Berada di Taketomijima, sebuah pulau kecil dengan air yang jernih dan berkilauan menyerupai warna zamrud. Pantai Kondoi masih terpelihara keasriannya dengan langit berwarna biru kobalt sera pasir seputih salju. Pastinya Anda dan keluarga tidak akan bosan menikmati keindahan dari pantai berair dangkal yang airnya tak pernah benar-benar surut ini.

Anda pun dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam, karena pantai ini menghadap ke arah barat. Tak ketinggalan berbagai pemandangan pulau lainnya bisa Anda nikmati, seperti Yaeyama, Iriometejima, Kohamajima, dan Kuroshima.

Untuk sampai ke pulau ini Anda terlebih dahulu harus ke Pelabuhan Taketomi yang berjarak sekitar 1,5 km dari pusat desa. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan atau menggunakan sepeda ke Pantai Kondo. Jaraknya hanya sekitar 2,5 km saja.



Pantai Karon - Thailand

Sumber gambar Phuket 101

Ini dia pantai indah yang mempunyai pasir putih nan halus dengan air laut yang bening. Pantai Karon cocok dikunjungi oleh kamu yang suka olahraga air seperti ski air, jet ski, hingga parasiling.

Berada di Thailand, pantai sepanjang 5 km ini hanya dapat digunakan untuk berenang pada bulan November hingga April karena ombaknya kecil dan dianggap tidak berbahaya. Berbeda dengan di antara bulan Mei hingga Oktober yang memiliki arus lebih deras.

Bila ingin memanjakan diri, pantai ini memiliki lebih dari satu baris sunbeds. Dan ada yang disewa lengkap dengan mejanya. Bahkan, di tepi pantai Anda dapat melihat pemandangan sunset sambil menikmati pijat relaksasi ala Thailand.



Pantai Tulum - Meksiko

Sumber gambar Never Ending Footsteps

Bila ke Meksiko, maka Pantai Tulum bisa menjadi tujuan wisata Anda. Uniknya, kawasan ini merupakan salah satu kota yang terakhir dibangun oleh bangsa Maya. Itu sebabnya Anda juga bisa melihat reruntuhan dari situs arkeologi bangsa Maya di pantai ini.

Situs tersebut berbentuk tembok di tepi tebing curam yang mengelilingi kota. Untuk mencapai tempat ini Anda harus berjalan dari Cancun ke arah selatan selama 90 menit. Selain reruntuhan sejarah, Anda dapat menikmati pemandangan lautan berwarna biru.

Pantai Anguilla - Puerto Rico

Sumber gambar Islands

Pantai yang terletak di sebelah selatan Puerto Rico ini merupakan bagian dari negara Anguilla. Merupakan negara yang mayoritas wilayahnya terdiri dari pantai dan pulau. Tidak memiliki daratan, negara yang berada di bawah pemerintahan Britania Raya ini memiliki pantai seperti surga. Bahkan, Anguilla sendiri menjadi salah satu pantai terbaik di dunia.

Pantai yang berada di kawasan Karibia ini memiliki 33 spot wisata yang unik dan menarik. Tak heran bila Anda akan menemukan banyak hotel mewah di sekitar pantai. Selain pasir putih yang halus, panorama bawah lautnya juga menjadi objek wisata yang paling dicari wisatawan. Di sepanjang pantainya dihiasi deretan pohon palem, yang menambah kecantikan pemandangannya.

Pantai Whitehaven - Australia

Sumber gambar Queensland.com

Ini dia pantai yang paling indah dan menawan di Australia. Pantai Whitehaven juga dikenal sebagai pantai terbersih. Pasirnya mengandung silica, sehingga nyaman untuk dipijak karena tidak menyerap panas. Ini disebabkan karena lokasinya yang berada tepat di jantung Great Barrier Reef, yang terletak di bagian utara Pulau Whitsunday, Queensland. Keindahannya didapatkan dari warnanya yang merupakan gradasi dari warna pasir yang putih bersih yang berbaur dengan warna biru terang, toska, dan hijau.

Jika berminat ke pantai Whitehaven, maka Anda dapat memulai perjalanan dari Hamilton Island. Ada banyak cara mencapainya, mulai dari menyewa helikopter, yacht, hingga seaplane.

Pantai Fernando de Noronha - Brazil

Brazil memang dikenal sebagai salah satu negara yang eksotis. Namun, tidak lengkap rasanya bila Anda tidak mengunjungi Kepulauan Fernando de Noronha ketika berada di Brazil. Berada di Samudra Atlantik, secara geologis pulau ini tidak terhubung langsung dengan daratan Brazil. Terletak sejauh 354 kilometer dari daratan utama Brazil, formasi gunung yang berada di bawah laut menjadi daratan dari pulau ini.

Merupakan pulau yang berpenghuni, sangat mudah untuk mencapai pulau ini. Berbagai sarana transportasi telah tersedia, baik udara maupun transportasi laut.

Tersedia beberapa jalur penerbangan seperti jalur dari Aracaju, Belo Horizonte-Confins, Natal, Recife, Rio de Janeiro-Santos Dumont, serta Salvador da Bahia. Sayangnya tidak ada jalur penerbangan internasional.

Bahkan, pemerintah Brazil membatasi jumlah kedatangan wisatawan. Ini karena ekosistem di kepulauan tersebut rawan akan kerusakan, sumber mata air pun terbatas. Maka, jangan kaget bila biaya wisata ke Kepulauan Fernando de Noronha, bahkan Anda diwajibkan membayar pajak yang jumlahnya disesuaikan dengan lama waktu kunjungan. Tentunya uang pajak itu akan digunakan untuk perlindungan pulau tersebut.

Pantai Boracay - Filipina

Sumber gambar Tribun Travel

Ingin melihat pemandangan cantik menyerupai Karibia ala Filipina?Maka datanglah ke Pulau Boracay. Anda akan disuguhkan pemandangan hutan hijau serta air laut yang jernih dengan terumbu karang di dasarnya. Itu semua tidak lengkap dengan hamparan pasir putih yang lembut.

Anda dapat mengunjungi pantai-pantai yang terkenal seperti White Beach dan Bulabog Beach. White Beach merupakan tempat favorit para traveler yang suka melakukan kegiatan snorkeling dan diving. Sebagai pusat dari Boracay, setiap malam terdapat banyak atraksi di pantai yang menjadi tontonan banyak para wisatawan. Uniknya pantai dengan pasir halus ini tetap terawat dan terjaga kebersihannya. Selain penginapan murah di tempat ini juga tersedia pusat informasi pariwisata, cafe, restoran, kantor pos hingga toko suvenir.

Pantai Bulabog Beach lebih jauh dari keramaian. Pasirnya lebih putih. Dan cocok untuk Anda yang mencari ketenangan. Untuk datang ke Pulau Boracay sangat mudah. Anda harus berangkat dari Kota Manila kemudian naik pesawat ke Pulau Panay. Perjalanan ke Pulau Barocay pun akan dilanjutkan dengan kapal. Akan tetapi, traveling Anda ke pulau ini sekarang sudah lebih mudah. Telah banyak jasa travel agent yang dapat Anda gunakan untuk mendatangi Pulau Boracay.

Pantai Tavira - Portugal

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Tidak hanya pemandangan panoramanya yang menarik, tapi Anda bisa melihat situs sejarah unik di pantai yang berada di Portugal ini. Berada di kawasan Tavira, Algarve, Barril Beach menyimpan situs sejarah berupa kuburan jangkar kuno yang berada tak jauh dari tepi pantai.

Jangkar tak terpakai itu sengaja dibiarkan warga untuk menjadi situs sejarah. Warga ingin tetap mengenang kejayaan para nelayan di abad 18, di mana ikan tuna menjadi hasil tangkapan terbesar saat itu. Bahkan di kawasan Barril Beach didirikan sebuah gedung pada tahun 1842 sebagai pusat berkumpul dan kegiatan pada nelayan tersebut.

Sayangnya, hasil tangkapan ikan tuna semakin berkurang seiring dengan waktu. Hal ini membuat warga mulai melepaskan profesinya sebagai nelayan, dan meninggalkan jangkar dan kapal mereka begitu saja di pinggir pantai. Ratusan besi jangkar yang tertancap di pasir itu pun semakin lama menjadi berkarat bahkan menghitam. Menjadi kuburan jangkar dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dan untuk gedungnya saat ini sudah dialihfungsikan menjadi restoran dan pertokoan.




Pantai Kauai - Hawai

Sumber gambar Hawaii Life

Jika Anda pernah menonton film Hollywood seperti "King Kong", "Raiders of The Lost Ark", atau "Jurassic Park", tentu Anda juga melihat keindahan pulau yang menjadi lokasi di film tersebut. Memiliki hamparan hutan hijau, pemandangan yang sangat eksotis dan lautan dengan ombak yang asik digunakan untuk surfing. Tahulah Anda, bila pulau tersebut benar-benar ada. Dan lokasinya berada di Hawaii.

Pulau terpencil yang berada jauh dari keramaian ini adalah Pulau Kauai. Di mana pantainya dikatakan memiliki pemandangan terindah di dunia. Selain pemandangan sekeliling pantai, Anda juga dapat menyaksikan keindahan terumbu karang bila mengunjungi pantai ini. Ingin menjelajah hutan seperti di Jurrasic Park? Anda juga akan menemukan air terjun yang sangat mengagumkan.

Uniknya lagi, mayoritas penghuni pulau ini adalah ayam. Mereka hidup bebas, tidak hanya di sekitaran pantai, namun juga hutan hingga air terjun. Itu sebabnya pulau ini dijuluki sebagai "kerajaan ayam". Ada urban legend yang menyatakan bila pada tahun 1992 pernah terjadi badai Iniki yang membuat beberapa peternakan ayam hancur, sehingga ayamnya lepas.

Namun, bila Anda amati di pulau ini hanya ada sedikit hewan karnivora. Bahkan berdasarkan situs Kauai Outfitters dikatakan bila tak ada luwak di pulau ini. Sedikitnya predator membuat ayam-ayam ini berkembang biak dengan aman. Penduduk lokal pun tak mau memakan ayam-ayam ini. Dagingnya alot, bahkan dikatakan seperti batu.

Sayangnya, pulau ini tak bisa diakses dengan kendaraan bermotor. Anda harus berjalan kaki untuk berpetualang menyusuri pulau. Atau telusuri sungai dengan perahu yang disewakan oleh penduduk setempat.





From our editorial team

Jaga Selalu Kebersihan Pantai dan Laut Saat Anda Berkunjung

Berwisata, terutama di pantai memang menyenangkan. Anda bisa melepas penat dan merasa segar kembali. Tapi sehabis bersenang-senang dan hendak pulang, selalu ingat untuk merapikan dan membereskan barang-barang Anda. Terutama sampah dan sisa makanan yang berpotensi mengotori pantai. Jadilah wisatawan yang cerdas dan bisa memberikan contoh positif bagi wisatawan lain.

Tag