Yuk, Liburan Seru dengan Suasana Laut yang Asri di Kepulauan Seribu, Ini rekomendasi 10+ Penginapan di Kepulauan Seribu

Yuk, Liburan Seru dengan Suasana Laut yang Asri di Kepulauan Seribu, Ini rekomendasi 10+ Penginapan di Kepulauan Seribu

Tidak perlu jauh-jauh apalagi ke luar negeri untuk menikmati pemandangan laut yang asri dan terjaga. Datang saja ke Kepulauan Seribu. Ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi di wilayah yang masih termasuk Jakarta ini. Dalam tulisan kali ini, BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi tempat penginapan paling nyaman dengan harga terjangkau di Kepulauan Seribu.

Sensasi Laut untuk Meredakan Stress di Pulau Seribu

Penat dengan aktivitas sehari-hari? Atau merasa diri sudah mulai kurang produktif lagi? Itu tandanya Anda butuh penyegaran atau refreshing. Salah satu destinasi favorit untuk berlibur adalah laut. Pemandangan dan bunyi debur ombak, dipadu dengan semilir angin yang memikat menjadi salah satu lokasi terbaik untuk Anda bisa menjaga mood dan mengurangi stress.

Di Indonesia, sebagai negara kepulauan tentunya memiliki banyak laut yang indah. Nah, di Jakarta, salah satu lokasi untuk memandang laut adalah Kepulauan Seribu, yang terletak di Jakarta Utara. Pemandangan pantai dan keindahan lautnya menjadi salah satu daya tarik utama dari Kepulauan Seribu.

Jadi, bila Anda tengah mencari tempat berlibur yang tepat untuk mengurangi tekanan pada pikiran dan jiwa Anda, tidak ada salahnya menjadikan Kepulauan Seribu sebagai lokasi rencana menghabiskan akhir pekan. Sensasi menyaksikan deburan ombak, juga semilir angin yang menerpa tubuh menjadi salah satu peredam stress yang ampuh, loh.

Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Pulau Seribu

Kepulauan Seribu terletak di utara Jakarta. Terdiri dari puluhan hingga ratusan pulau yang tersebar merata. Sebagian besar dari pulau tersebut tidak berpenghuni, sedangkan ada beberapa pulau yang memiliki penghuni. Pulau-pulau ini layaknya pulau tropis di Kepulauan Maladewa yang indah dan memukau.

Pesona dari Kepulauan Seribu sudah memikat wisatawan untuk berkunjung di pulau ini. Ada belasan pulau yang bisa Anda kunjungi, termasuk di pulau yang tidak berpenghuni. Keindahan alam yang terbentang dari Pulau Seribu tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Apalagi, gugusan pulau di Kepulauan Seribu bisa menjadi destinasi wisata yang cukup terjangkau. Biaya untuk berkunjung ke sana, tentunya lebih murah dibandingkan dengan biaya ke luar Jakarta. Anda hanya perlu menuju Muara Angke, lalu menempuh perjalanan laut ke pulau. Perlu diketahui bahwa Kepulauan Seribu merupakan kawasan taman nasional, dengan nama lengkap Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang terbentang di atas lahan 108.000 ha, sebagian besar di antaranya merupakan wilayah perairan.

Pulau Tidung

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung. Pulau yang akan Anda kunjungi adalah Pulau Tidung Besar, yang merupakan salah satu pulau yang memiliki penghuni di Kepulauan ini.

Pantainya indah, pasirnya putih memikat dan air lautnya jernih. Tentunya, perpaduan itu menjadi pemandangan yang tepat untuk Anda. Pulau Tidung Besar termasuk dalam lingkup wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Dari Muara Angke, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 3 jam saja.

Kenapa disebut Pulau Tidung Besar? Karena ada dua pulau yang bernama Pulau Tidung di daerah ini. Pulau Tidung yang satu lagi bernama Pulau Tidung Kecil. Namun, kedua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Entah kenapa diberi nama Jembatan Cinta, namun jembatan sepanjang 750 meter menjadi tempat para wisatawan untuk menikmati pemandangan laut yang eksotis, serta air laut yang jernih sehingga terumbu karang penuh warna bisa terlihat dengan jelas.

Pulau Bidadari

Pulau yang cukup ternama di Kepulauan Seribu bernama Pulau Bidadari. Pulau ini memiliki banyak cottage serta fasilitas lainnya yang indah. Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa berangkat dari dermaga 17 Pantai Marina, Ancol. Dengan menggunakan speedboat, Anda hanya perlu berjalan selama 20 menitan saja.

Pulau ini sangat cantik, dilengkapi dengan pasir putih yang berkilau dan air laut yang begitu jernih. Ada beberapa tanaman langka yang tumbuh di pulau ini, seperti pohon kepuh, pohon sentigi, pohon kayu hitam hingga pohon "perdamaian" atau Baringtonia Exelsa.

Di pulau ini, ada beberapa fasilitas hiburan air seperti banana boat, jetski dan lain sebagainya. Tapi, bila ingin diving, kurang cocok dilakukan di pulau ini. Pulau ini sangat dekat dengan daratan Jakarta, sehingga air lautnya sama dengan air laut Jakarta.

Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau yang letaknya terjauh dari Jakarta. Pulau Harapan juga dikelilingi berbagai pulau lain yang tidak berpenghuni. Daya tarik dari pulau ini adalah panorama dan keindahan lautnya yang masih terjaga dan begitu asri. Dari Muaraangke, Anda bisa menggunakan kapal ferry di setiap hari Sabtu dengan biaya Rp 50.000 per orang.

Lokasi ini sangat tepat untuk Anda yang menyukai snorkeling dan diving. Sebab, terumbu karang yang begitu indah, ikan-ikan yang menari-nari serta air laut yang begitu jernih tentu akan membuat Anda akan semakin berminat ke pulau ini.

Bila Anda mengunjungi pulau ini pada akhir pekan, seperti Sabtu atau Minggu, maka Anda akan menjadi salah satu dari ratusan wisatawan yang memenuhi destinasi wisata ini. Pulau ini juga menawarkan berbagai program keliling pulau dan lain-lain.

Pulau Pramuka

Bisa dibilang, Pulau Pramuka adalah pulau yang memiliki banyak penghuni dengan total lebih dari 1.600 jiwa. Bila Anda ingin menuju beberapa pulau lain untuk diving dan snorkeling, maka Pulau Pramuka pasti akan Anda kunjungi, setidaknya Anda lewati.

Selain itu, pulau ini juga memiliki fasilitas penunjang pariwisata seperti penginapan, cafe, jasa penyewaan alat diving, klinik dan lain sebagainya. Karena itu, pulau yang juga memiliki perairan yang jernih dan terawat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu Anda kunjungi.

Ditambah lagi, di pulau ini juga tersedia penginapan yang menyewakan sepeda. Jadi, Anda bisa menikmati sore dengan santai bersepeda di pulau ini, sambil menikmati sunset yang indah di pulau ini. Tidak hanya sunset, tapi Sunrise di pulau ini tentunya jangan Anda akan lewatkan.

Rekomendasi Penginapan Pulau Seribu Buat Kamu

Ada sejumlah penginapan, resort, cottage, hingga hotel yang terletak di beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Tentunya, penginapan tersebut perlu menjadi destinasi tujuan Anda ketika berlibur ke Kepulauan Seribu. Penginapan tersebut ada yang terletak di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan dan beberapa pulau lainnya.

Berikut BP-Guide paparkan apa saja beberapa penginapan di Kepulauan Seribu yang bisa Anda jadikan tujuan menginap ketika berlibur ke daerah ini. Simak, yah.

Pari Solata Seaview Homestay

Sumber gambar booking.com

Penginapan yang pertama adalah Pari Solata Seaview. Penginapan ini terletak di Pulau Pari, tepatnya di Jalan Dermaga, Pulau Pari No. 2, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Tentunya, salah satu yang ditawarkan oleh penginapan ini adalah pemandangan dari Pulau Pari yang indah, dan salah satu pantainya yang terkenal yakni Pantai Perawan.

Biaya menginapnya cukup murah, juga memiliki berbagai fasilitas seperti WiFi, fasilitas BBQ, tempat duduk santai, TV layar datar juga memiliki layanan resepsionis yang siap siaga selama 24 jam. Anda juga bisa mendapatkan layanan penyewaan mobil, sepeda juga toko suvenir atau oleh-oleh yang berada di penginapan ini.

Harga per kamarnya mulai dari Rp 300.000 per malam. Anda bisa memesan kamar di Pari Solata Seaview dari booking.com dan berbagai website atau aplikasi lainnya.

Tidung Solata Homestay

Sumber gambar booking.com

Selanjutnya adalah penginapan di Pulau Tidung. Pesona dan daya tarik dari keindahan alam, pantai, laut yang jernih, juga Jembatan Cinta dari Pulau Tidung tentu menjadi faktor kenapa Anda memilih bermalam di Pulau Tidung. Salah satu penginapan yang terletak di Pulau Tidung adalah Tidung Solata Homestay.

Tidung Solata Homestay terletak di Jalan Kampung Baru, Pulau Tidung. Lokasi penginapan tidak begitu jauh dari bibir pantai menjadikan Anda bahkan bisa melihat air laut dan bunyi deburannya dari penginapan ini. Jadi, tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai bersama keluarga.

Tidung Solata Homestay memiliki berbagai fasilitas seperti tempat duduk, TV layar datar, resepsionis yang sedia 24 jam dan lain-lainnya. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving di penginapan ini, termasuk menyewa sepeda. Harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 288.000 dan bisa Anda pesan melalui booking.com.

Pulau Ayer Resort & Cottages

Pulau lain yang bisa dikunjungi dan memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik adalah Pulau Ayer. Pulau Ayer juga memiliki banyak fasilitas yang lengkap, juga memiliki cottage yang didesain menarik. Salah satunya adalah Pulau Ayer Resort, yang jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta.

Pulau Ayer Resort & Cottage berada di tepi pantai, dan beberapa bagian justru berada di atas laut, atau terapung di atas laut. Itulah kenapa, resort ini disebut sebagai Floating Resort atau resort terapung. Meskipun demikian, lautan luas yang terbentang menjadi pemandangan menarik ketika Anda menghadap luar penginapan. Sebagian besar terbuat dari kayu dengan tiang penyangga berbahan baja. Meski sering bergoyang ketika terkena deburan ombak yang keras atau angin yang kencang, namun tidak akan rusak atau patah.

Fasilitas lainnya adalah TV, AC, shower mandi dan lain-lain. Cottage ini terletak di Jalan H Samanduhi, Krekot, Pulau Ayer. Harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 1.376.974. Anda bisa memesannya dari booking.com atau berbagai website dan aplikasi untuk memesan tiket hotel lainnya.

Sisca Beach Homestay Pulau Tidung

Sumber gambar traveloka.com

Kembali ke Pulau Tidung, Anda juga bisa menemukan homestay lain yang menarik dan fasilitas lengkap di lokasi ini. Salah satunya Sisca Beach Homestay Pulau Tidung.

Fasilitasnya cukup lengkap, seperti TV, air hangat, area merokok, area hewan peliharaan, juga ruangan besar yang bisa diisi hingga 6 orang. Meskipun Anda menginap lebih dari 6 orang, namun tidak akan ada biaya tambahan, loh.

Harga sewa kamar di homestay ini adalah mulai dari Rp 373.753 per malam. Anda bisa memesannya di airbnb.com atau sejumlah situs atau aplikasi pemesan kamar hotel lainnya.

Royal Mermaid

Sumber gambar royal-mermaid.com

Penginapan yang lainnya terletak di Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang memiliki daya tarik yang mempesona. Selain itu, ada berbagai pulau kecil lainnya di sekitaran Pulau Pramuka yang tentunya bisa dikunjungi untuk melepas penat diri Anda. Pulau ini bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja dari Muaraangke, atau dari Pelabuhan Ancol.

Salah satu penginapan yang terletak di Pulau Pramuka adalah Royal Mermaid. Anda juga bisa membawa hewan peliharaan Anda ke penginapan ini, karena juga ada fasilitas untuk hewan peliharaan. Di Royal Mermaid, juga tersedia AC, TV, teras dengan tempat duduk, penitipan anak, pramutamu, hingga toko souvenir. Juga ada penyewaan sepeda dan alat snorkeling di sekitar penginapan ini.

Harga sewa kamarnya per malam mulai dari Rp 470.588. Anda bisa memesannya di booking.com dan berbagai situs lainnya.

Penginapan Kedaton Pulau Pramuka

Sumber gambar spot-travel.com

Salah satu penginapan lainnya yang terletak di Pulau Pramuka adalah Vila Kedaton. VIla yang satu ini terletak di Pulau Pramuka yang merupakan penghubung ke sejumlah lokasi diving dan snorkeling di Kepulauan Seribu. Dari segi fasilitas, Vila Kedaton bisa dibilang sangat lengkap.

Vila Kedaton menawarkan sejumlah fasilitas seperti kamar mandi di dalam ruangan, AC, ruang makan, ruang meeting dan kamar yang dimilikinya mencapai 110 kamar. Harga sewa kamar mencapai Rp. 1.260.000 per malam.

Anggrek Homestay Pulau Harapan

Sumber gambar blogspot.com

Pulau selanjutnya yang bisa menjadi destinasi tujuan saat ke Pulau Seribu adalah Pulau Harapan. Pulau ini berdampingan dengan Pulau Kelapa, yang termasuk salah satu pulau terjauh dari Jakarta. Untuk menuju Pulau Harapan, Anda bisa menaiki kapal speedboat dari Pantai Marina Ancol dengan waktu tempuh 1,5 jam. Atau, setiap hari Sabtu, Anda bisa menaiki kapal ferry.

Pesona pulau Harapan sangat menarik, apalagi bagi penggila diving, snorkeling dan pemandangan laut yang asri. Keindahan pantai, berpadu dengan deburan ombak, serta indahnya terumbu karang menjadi daya tarik di pulau ini. Nah, bila Anda berkunjung ke Pulau Harapan, jangan takut untuk menginap karena ada banyak resort dan penginapan yang berada di pulau ini.

Salah satunya Anggrek Homestay. Fasilitasnya lengkap, mulai dari kamar mandi, TV, kipas angin dan lain-lain. Harga sewa kamarnya mulai dari Rp 300.000 per malam. Untuk pemesanan Anda bisa melalui website pemesan kamar hotel, atau melalui blog welcometokepulauanseribu.blogspot.co.id.

Hevik Homestay Pulau Harapan

Sumber gambar caripenginapanmurah.net

Salah satu penginapan lainnya yang bisa Anda temukan di Pulau Harapan adalah Hevik Homestay. Homestay yang satu ini terletak dekat dengan pemukiman penduduk di Pulau Harapan, namun menghadap ke pantai. Jadi, pemandangan menyejukkan khas laut menjadi pemandangan pertama yang akan Anda lihat setelah bangun tidur, ketika menginap di resort ini.

Fasilitas yang dimiliki resort ini cukup lengkap dengan adanya tempat tidur, AC, TV, dan 2 kamar mandi. Anda bisa memesan kamar ini di blog Regnodefilnes dengan harga mulai dari Rp 400.000 per malam.

From our editorial team

Keindahan laut dan deburan ombak bisa jadi pereda stress

Suasana laut yang asri di kawasan Kepulauan Seribu tentunya akan memberi Anda sensasi menyegarkan. Ditambah dengan semilir angin dan pemandangan yang memukau, menjadikan Anda terhindar dari stress, karena tekanan sehari-hari. Yuk, manjakan diri Anda dengan berlibur ke Pulau Seribu.

Tag