15 Penginapan Murah di Jakarta Sebagai Tempat Bermalam dan Melepas Lelah

15 Penginapan Murah di Jakarta Sebagai Tempat Bermalam dan Melepas Lelah

Jakarta, ibukota negara Indonesia, juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Di sini orang bisa melakukan aktivitas wisata kuliner maupun belanja. Agar nyaman selama berlibur di Jakarta, menginap di penginapan yang murah perlu dipertimbangkan. Dengan demikian Anda bisa berhemat dan tetap bisa bersenang-senang di kota ini.

Penginapan Murah di Jakarta? Ada, Kok!

Tak sedikit dari kita yang belum pernah menginjakkan kaki di Jakarta. Mungkin salah satu alasannya adalah karena kekhawatiran harus mengeluarkan biaya yang mahal saat berada di ibukota negara ini. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Untuk penginapan, misalnya. Cukup banyak penginapan yang murah di Jakarta sehingga Anda tak perlu ragu untuk berlibur dan menghabiskan waktu di sini.

Meskipun begitu, Anda harus tetap melakukan survey terlebih dahulu dengan cara mencari informasi di internet atau bertanya kepada teman atau saudara. Dengan cara ini, Anda bisa lebih meyakinkan diri bahwa penginapan murah yang akan disinggahi benar-benar tak mengecewakan.

Tips Mencari Penginapan Murah

Tentukan Dana Terlebih Dahulu

Ketika bicara soal penginapan, tentu tak luput dari yang namanya harga. Faktor kenyamanan serta keamanan juga menjadi pertimbangan dari harga yang ditawarkan. Semakin tinggi harga hotel, biasanya semakin baik kualitasnya.

Namun saat Anda merasa dana yang dimiliki tidak terlalu besar, maka yang bisa Anda lakukan adalah memilih penginapan yang terjangkau. Namun perlu diperhatikan pula kenyamanan dan keamanan Anda selama tinggal di sebuah penginapan. Bukan tidak mungkin kok untuk menemukan penginapan murah dengan kualitas yang baik di Jakarta.

Perhatikan Akses Penginapan

Saat berlibur, maka sebagian besar waktu, tenaga, serta biaya yang dihabiskan adalah untuk keperluan berwisata yang nyaman. Hal ini tak akan bisa Anda dapatkan jika penginapan yang dipesan memiliki akses yang sulit. Bayangkan saja jika Anda mesti membayar lebih banyak untuk transportasi ke suatu tempat hanya karena letak penginapan yang tak strategis.

Nah, sebelum ke Jakarta tentukan tempat penginapan yang strategis, yang dekat dengan ke lokasi wisata yang akan Anda tuju. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat biaya karena tak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk transportasi.

Bandingkan Fasilitas yang Akan Anda Dapatkan

Meski sama-sama murah, namun fasilitas hotel yang satu dengan yang lain pasti ada bedanya. Bandingkan kelebihan serta kekurangan masing-masing penginapan. Jika dengan harga yang sama murahnya Anda bisa mendapatkan fasilitas lebih nyaman di suatu penginapan, mengapa harus memilih hotel yang kurang nyaman?

Nah untuk mengetahui hal ini, Anda bisa nih mencari tahu dengan cara berselancar di dunia maya. Ada banyak situs web penyedia informasi dan pemesanan kamar hotel. Anda juga bisa melihat ulasan tamu hotel sebelumnya sebagai pertimbangan.

Faktor Keamanan Tetap yang Utama

Meskipun berharga murah, Anda harus memastikan bahwa penginapan yang dituju harus aman. Jika keamanan terjamin, Anda pun menjadi lebih tenang saat berlibur. Anda tak usah lagi merasa was-was jika harus meninggalkan barang-barang di hotel.

Sebelum meninggalkan kamar hotel untuk bepergian, pastikan kamar terkunci dengan aman. Cek apakah kunci hotel berfungsi baik. Jangan meninggalkan barang berharga dalam kamar hotel demi lebih terjaminnya keamanan Anda.

Rekomendasi Penginapan Murah di Jakarta Pusat

Borneo Hostel

Sumber gambar www.travelfish.org

Jika ingin menginap di daerah Jakarta Pusat, Anda bisa jadikan Borneo Hostel sebagai pilihan. Harga per malamnya cukup terjangkau yakni sekitar Rp 220.000. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan stasiun Gambir dan stasiun Gondangdia. Alamat lengkapnya ada di Jalan Kebon Sirih Barat Dalam, Nomor 37, Jakarta Pusat. Di penginapan ini ada kamar mandi dalam kamar, kipas angin, dan juga WiFi gratis yang tersedia.

Hotel Dewi

Sumber gambar indonesiaexplorer.net

Bisa juga nih Anda pilih Hotel Dewi saat menginap di Jakarta Pusat. Berlokasi di Jalan Percetakan Negara II, Nomor 17, hotel ini tergolong hotel melati. Tarif per malamnya mulai dari Rp 110.000 saja. Anda bisa memilih kamar dengan kipas angin atau AC. Lokasi hotel cukup strategis karena dekat dengan stasiun Senen. Kalau mau berbelanja, Anda bisa mengunjungi ITC Cempaka Mas yang juga cukup dekat dari sini.

Hotel Cempaka Sari

Sumber gambar id.foursquare.com

Butuh penginapan murah karena dana terbatas, bisa menginap di Hotel Cempaka Sari. Di sini per malamnya Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp 160.000. Tersedia pilihan kamar dengan kipas angin atau kamar dengan AC. Alamat hotel ini ada di Jl. Let. Jend Suprapto No. 11 E, Jakarta Pusat. Lokasinya dekat dengan stasiun Senen dan juga ITC Cempaka Mas.

Rekomendasi Penginapan Murah di Jakarta Timur

Homestay Rawamangun

Sumber gambar web.facebook.com

Liburan dengan hemat di Jakarta bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan. Anda bisa menginap di tempat yang agak murah. Jika memilih penginapan di daerah Jakarta Timur, Anda bisa melirik Homestay Rawamangun. Letaknya di Jalan Perserikatan Nomor 1, Rawamangun, Jakarta Timur dan dekat dengan terminal Rawamangun. Per malamnya cukup terjangkau, hanya Rp 175.000 saja. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, ada AC, kamar mandi dalam, ruang sholat, pemanas air, pantry, dan akses Wifi. Penginapan ini tidak menerima pasangan yang bukan suami istri. Jika ingin berbelanja, Anda bisa mendatangi Mal Arion Rawamangun atau Mal Kelapa Gading yang mudah dijangkau dari penginapan ini.


Maerokoco Inn Syariah

Sumber gambar www.traveloka.com

Ada lagi nih hotel murah yang patut dicoba. Ada Maerokoco Inn Syariah yang ada di Jalan Raya Inpres Nomor10, Kramat Jati, Jakarta Timur. Tarifnya mulai dari Rp 225.000 per malam. Jenis kamar yang tersedia adalah standard, superior single, dan superior double. Di sini Anda bisa mendapatkan fasilitas seperti sarapan gratis dan akses Wifi. Jika ingin berwisata, Anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dan Kebun Binatang Ragunan yang cukup dekat dari penginapan ini. Lumayan dekat pula ke Terminal Kampung Rambutan.

Hotel Rio

Hotel murah menurut kantong sebagian orang Indonesia adalah yang kisaran harganya di bawah Rp 100 ribu-an. Nah ada nih Hotel Rio yang mematok tarif per malam menginap Rp. 75.200 saja. Berada di Jalan Otto Iskandardinata Timur II, nomor 7, Jakarta Timur, hotel ini dekat ke stasiun Jatinegara. Untuk menginap bisa langsung menghubungi nomor teleponnya di (021)8515708. Kendati fasilitas yang didapat tak seberapa, namun Anda bisa memperoleh kenyamanan di sini. Ini karena kebersihan hotel selalu terjaga dengan baik.

Rekomendasi Penginapan Murah di Jakarta Selatan

Kamar Kamar Backpackers

Sumber gambar www.traveloka.com

Menginap di Jakarta Selatan pun mudah menemukan penginapan yang murah. Ada penginapan dengan nama Kamar Kamar Backpacker. Lokasi penginapan ada di Jalan Fatmawati, Nomor 37, Jakarta Selatan. Menginap di sini paling tidak menghabiskan biaya per malamnya yaitu Rp 135.000.

Untuk biaya tersebut ada fasilitas yang didapat seperti akses WiFi dan loker. Kemudian ada pula TV bersama dan layanan fotokopi serta faksimili. Tersedia kamar mandi bersama dengan shower dan toilet. Lokasi hotel ini dekat dengan Cilandak Town Square dan juga Pondok Indah Mall.

Rumahku 121 @Ampera Raya Hotel

Sumber gambar www.cregasia.com

Kunjungi Jalan Ampera Raya di Cilandak, Jakarta Selatan jika ingin mendapatkan penginapan murah dengan fasilitas berkualitas. Ada Rumahku121 yang merupakan guest house yang nyaman dengan harga terjangkau. Kamarnya luas dengan nuansa modern. Kebersihannya pun terjamin sehingga pengunjung betah dan nyaman.

Ada fasilitas dapur umum, lahan parkir, dan kantin di penginapan ini. Ada pula fasilitas akses WiFi gratis dan TV kabel. Lokasi penginapan dekat dengan area perkantoran dan tempat hiburan. Anda bisa berwisata kuliner di daerah Kemang atau mengunjungi Citos dan Pondok Indah Mal yang dekat dari sini. Biaya menginap per hari di sini adalah Rp 230.800.

Graha Wisata Ragunan

Sumber gambar grahawisatajakarta.com

Untuk mahasiswa dan pelajar, Graha Wisata Ragunan adalah tempat yang cocok untuk menginap selama ada keperluan di Jakarta. Biaya menginap per malamnya adalah Rp 110.400. Lokasinya berada di Kompleks GOR Ragunan dan sangat dekat dari Kebun Binatang Ragunan dan terminal Kampung Rambutan. Penginapan ini terdiri dari 83 kamar. Tiap kamar dilengkapi AC, TV, dan ada pula kamar mandi dalam.

Rekomendasi Penginapan Murah di Jakarta Barat

Wisma Niaga

Sumber gambar www.infokost.id

Di Jakarta Barat pun ada penginapan murah, lo. Penginapan ini lokasinya ada di Jalan Pasar Pagi Raya I No. No.20, Tambora, Jakarta Barat. Fasilitas yang didapat adalah akses WiFi, TV, dan AC. Tarif kamar dipatok mulai harga Rp 175.000 per hari.

Anda juga bisa indekos di tempat ini. Biaya per bulan dipatok dengan harga Rp 1 juta. Fasilitas yang tersedia adalah kasur springbed, AC, dan kamar mandi dalam. Ada pula akses WiFi dan parkir untuk satu motor. Gedung sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga keamanannya terjamin.

Wisma Nelly Murni

Sumber gambar www.infokost.id

Wisma Nelly Murni bisa menjadi alternatif pilihan jika Anda enggan menginap di hotel. Biaya per malam di wisma ini adalah Rp 115.000. Lokasinya berada di Jalan Salak Raya, Nomor 23, Jakarta Barat. Wisma ini dekat dengan Mal Taman Anggrek dan RS Jantung Harapan Kita. Selain itu dekat pula dengan Universitas Trisakti dan Pasar Tanah Abang. Menginap di sini Anda bisa mendapatkan fasilitas kamar mandi dalam, TV, serta AC. Ada pula ruang makan dan dapur serta lemari pendingin.

Hotel Mustika

Sumber gambar www.booking.com

Segera datang ke Hotel Mustika di Jalan Gajah Mada, Nomor 193e, jika ingin menginap di tempat yang murah di Jakarta Barat. Karena berada di tengah kota, maka dekat menjangkau tempat-tempat seperti Monas, Stasiun Gambir, serta pusat perbelanjaan Glodok dan Mangga Dua. Menginap di sini Anda akan ditarik biaya mulai dari Rp 145.600 per malamnya. Ada fasilitas akses internet gratis dan restoran jika ingin mengisi perut.

Rekomendasi Penginapan Murah di Jakarta Utara

Dinamika Guest House

Sumber gambar www.booking.com

Di Jakarta Utara pun tak mustahil jika ingin mendapatkan tempat menginap yang murah. Ada Dinamika Guest House yang ramah di kantong. Tempatnya bersih sehingga Anda bisa lebih nyaman saat berada di sini. Alamatnya berada di Komplek Marinatama Blok H No 5, Pademangan, Jakarta dan dekat dengan stasiun Pasar Senen. Ada 32 kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, kamar mandi. Anda juga akan mendapatkan fasilitas WiFi dan layanan cleaning service. Biaya per malam di penginapan ini adalah Rp 120.300.

Wisma Gading Indah

Sumber gambar www.pegipegi.com

Jangan lewatkan pula tempat menginap yang satu ini. Ada Wisma Gading Indah yang bisa jadi pilihan Anda nih. Lokasinya ada di Jalan Tanah Merah, Nomor 30-31, Jakarta Utara. Di sini Anda akan ditarik biaya Rp 155 ribu untuk standrad room dan Rp 195 ribu untuk superior room. Lokasinya sangat bersih, rapi, dan nyaman. Ada 30 kamar dengan fasilitas seperti kipas angin, TV LCD, dan kamar mandi dalam. Wisma ini dekat dengan Mal Kelapa Gading, jadi Anda bisa puas berwisata belanja di sana.

Penginapan Janur Indah

Berada di Kompleks Janur Indah Kelapa Gading, penginapan ini berfasilitas memadai. Di penginapan ini ada kamar untuk 2 hingga 4 orang. Per kamar dikenai biaya mulai Rp 140.000 per malamnya. Ada fasilitas morning coffee/tea, AC, kamar mandi, dan tempat tidur tingkat. Anda bisa menikmati wisata kuliner karena di Kelapa Gading banyak rumah makan yang menyediakan segala jenis makanan khas dari berbagai daerah yang lezat.

From our editorial team

Menyiapkan Charger Portabel dan Port USB Sendiri

Di zaman sekarang ini, perangkat seperti ponsel pintar atau laptop hampir pasti dibawa saat bepergian. Di penginapan-penginapan yang tergolong lama, fasilitas stop kontak untuk mengisi daya baterai mungkin tidak terlalu banyak. Jadi pertimbangkan untuk membawa charger portabel dan port USB sendiri. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot-repot mencari stop kontak untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik.