Pernah Mengalami Koper Dibongkar Orang? Ini 10 Rekomendasi Gembok Koper untuk Keamanan Ekstra Saat Travelling

Pernah Mengalami Koper Dibongkar Orang? Ini 10 Rekomendasi Gembok Koper untuk Keamanan Ekstra Saat Travelling

Mendapat insiden tidak menyenangkan seperti barang dikoper hilang karena dibongkar orang memang bukan hal yang diinginkan semua orang. Agar hal ini tidak kita alami selama perjalanan, ada baiknya kita membuat pengaman ekstra untuk koper dengan memasang gembok. Nah, simak yuk rekomendasi gembok koper berkualitas pilihan BP-Guide!

Menjaga Keamanan Koper ketika Travelling Sangat Penting untuk Dilakukan

Koper umum digunakan untuk membawa banyak barang dan keperluan saat traveling ataupun jenis perjalanan lainnya. Sayangnya, berbagai insiden seperti koper hilang, tertukar, atau bahkan isinya dicuri masih saja terjadi.

Hal ini membuat kita harus benar-benar memperhatikan keamanan koper jika tidak ingin perjalanan jadi berantakan dan tidak lagi menyenangkan. Meski beberapa koper sudah dilengkapi fasilitas TSA lock standar internasional, namun akan lebih baik lagi jika kita menambahkan gembok koper sebagai pengaman ekstra untuk barang bawaan kita.

Berbagai Jenis Pengaman untuk Koper

Plastic Wrap

Sebenarnya ada beberapa jenis pengaman koper yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah plastic wrap di mana koper akan dibalut dengan plastik tipis agar isinya terlindung dari berbagai kerusakan seperti ketumpahan cairan, kehujanan saat loading, dan menghindari tangan-tangan jahil yang ingin membongkar isi koper kita.

Meski hanyalah sebuah plastik, tapi pengaman ini setidaknya membuat koper kita cukup aman saat masuk bagasi, jika ada yang membongkar, tentu akan meninggalkan jejak kerusakan. Layanan plastic wrap ini sudah tersedia di bandara dan biasanya letaknya tak jauh dari check in counter.

Sarung Koper

Sumber gambar www.bukalapak.com

Beberapa kejadian yang tidak mengenakan saat mengambil koper di conveyor adalah salah mengambil koper atau ada orang yang dengan sengaja mengambil koper kita dan membuat kita ragu apakah benar itu koper milik kita atau tidak. Hal ini bisa saja terjadi jika kita memiliki koper dengan warna dan karakteristik yang umum seperti kebanyakan koper.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pengaman yang bisa kita gunakan adalah cover pengaman khusus untuk tas/koper. Kita bisa memilih cover dengan motif dan warna tertentu sehingga kita bisa lebih mudah mengenali koper milik kita. Jika ada orang lain yang mengambil koper kita pun, kita bisa dengan segera mengetahuinya.

Sabuk

Sumber gambar www.enthun.com

Sabuk atau luggage strap merupakan jenis pengaman koper yang fungsinya mirip dengan gembok namun dilengkapi dengan pengaman sandi angka kombinasi yang terdiri dari 3-4 digit angka. Pengaman ekstra untuk koper ini terbuat dari bahan yang kuat dan telah teruji sehingga bisa menghindari kerusakan pada ritsleting koper. Selain itu sabuk koper juga akan memastikan koper kita tertutup dengan aman dan pastinya akan menyulitkan pencuri membongkar koper kita.

Gembok

Sumber gambar amp.news.com.

Jenis pengaman lain untuk koper adalah gembok khusus untuk koper yang terbuat dari bahan tembaga campuran berlapis plastik ABS yang kuat. Gembok juga dilengkapi dengan pengaman sandi yang terdiri dari 3-4 digit angka yang bisa kita kombinasikan sendiri. Tentunya dengan memasang gembok ini koper kita jadi aman dari tangan-tangan jahil yang ingin membuka dan mengambil isi koper kita.

10 Rekomendasi Gembok Koper Berkualitas

Gembok Swiss Password Code Lock Kunci Koper Kombinasi Angka Travel B

Gembok Swiss Password Code Lock Kunci Koper Kombinasi Angka Travel B merupakan gembok koper berkualitas dengan fitur keamanan berupa kombinasi angka. Cukup dengan mengombinasikan 3 digit angka, maka pencuri pun akan kesulitan membuka koper kita.

Kode sandi gembok juga bisa ditukar dengan memencet tombol adjust setelah gembok terbuka. Gembok ini juga tidak mudah dibongkar secara paksa karena terbuat dari bahan besi yang keras dan berkualitas. Gembok juga dilengkapi dengan keychain untuk menggantungkan sesuatu pada gembok.

Harga Rp. 4.500-6.000

Gembok Koper Tas Asli Suju

Gembok Koper Tas Asli Suju juga dapat melindungi koper atau tas kita dari pencuri karena gembok hanya akan terbuka dengan memasukkan 3 kombinasi angka yang benar. Dan tentunya kita bisa menentukan sendiri kombinasi angkanya, namun jangan sampai malah kita sendiri yang lupa dengan kodenya, ya! Gembok juga tidak bisa dibobol paksa dengan mudah karena terbuat dari durable zinc alloy yang kuat.

Harga Rp. 17.500-37.000

Traveltime 545 Combination Lock

Traveltime 545 Combination Lock jadi pilihan lain untuk pengaman ekstra koper kita selama perjalanan. Travel Time merupakan sebuah brand yang dikeluarkan oleh Tas Centre, sebuah perusahaan distributor tas dan brand exclusive (Elle Antler Carlton Nike) yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun.

Gembok ini bisa digunakan untuk mengamankan koper dan ransel/backpack karena ukuran pengaitnya dibuat standar. Sistem pengaman gembok juga berupa 3 digit angka yang bisa dibuat sesuai dengan keinginan. Materialnya terbuat dari metal yang kuat sehingga kita tidak perlu cemas gembok ini akan bisa dibobol pencuri.

Harga Rp. 40.000-45.000

Russwin TSA Lock 21152 Gembok

Russwin TSA Lock 21152 Gembok jadi pilihan berikutnya yang tak kalah berkualitas. Materialnya terbuat dari bahan ABS jacket dan baja yang kuat, aman, dan tahan lama.

Lawan shackle juga diberi ring baja sebagai pengaman tambahan. Sama seperti gembok koper pada umumnya, gembok hanya bisa dibuka dengan memasukkan 3 kombinasi angka yang benar.

Gembok juga dilengkapi dengan tambahan fitur indicating pole yang akan menonjol saat dibuka oleh otoritas bandara. Gembok berukuran 30 x 14 x 63 mm ini dirancang waterproof sehingga tidak mudah berkarat.

Harga Rp. 179.000-210.000

Travel Blue TB021 2x Security Suitcase Padlocks Gembok Koper

Mau gembok koper berkualitas tinggi untuk memastikan keamanan koper saat perjalanan? Ada Travel Blue TB021 2x Security Suitcase Padlocks Gembok Koper yang bisa dijadikan pilihan.

Berbeda dengan gembok koper lainnya yang menggunakan sandi pengaman, gembok ini justru menggunakan kunci untuk membuka gembok.

Gembok memiliki 3 kunci cadangan yang terbuat dari kuningan padat dengan sentuhan kilau emas yang tampak elegan. Sementara bahan gembok terbuat dari 95% kuningan dan silindernya berbahan 5% logam.

Harga Rp. 119.900-181.900

Russwin TSA 21100 Lock Gembok Koper

Masih ada lagi gembok koper berstandar internasional yang bisa dipilih, yakni Russwin TSA 21100 Lock Gembok Koper. Gembok berukuran 33 x 13 x 100 mm ini terbuat dari bahan ABS jacket dan hardened steel kualitas terbaik dan antikarat. Gembok tanpa anak kunci ini dapat dibuka dengan memasukkan nomor kombinasi yang benar sehingga membuat barang bawaan kita jadi lebih aman.

Harga Rp. 152.000-173.686

Paloma TPP 201 Gembok Koper TSA Padlock with Opening Indikator

Gembok koper berkualitas tinggi lainnya adalah Paloma TPP 201 Gembok Koper TSA Padlock with Opening Indikator. Gembok dengan sistem penguncian menggunakan 3 digit angka ini sudah berstandar internasional TSA (Travel Sentry Approved).

Material gembok terbuat dari zamak-5 alloy dan baja hardened berkualitas tinggi yang antikarat dan bebas korosi. Finishing-nya berupa mutiara hitam yang membuat gembok ini terlihat elegan. Gembok koper berkualitas ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 90.000.

Go Travel Travel Sentry Gembok for Koper

Sumber gambar https://www.blibli.com

Gembok pengaman koper lainnya yang tak kalah bagus adalah Go Travel Travel Sentry Gembok for Koper. Gembok tanpa kunci dibuat dengan 3 digit angka untuk membukanya sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan kunci.

Gembok ini juga dirancang untuk memudahkan personel keamanan bandara AS untuk memeriksa bagasi. Gembok juga dilengkapi dengan mekanisme error-free untuk mengantisipasi kita lupa dengan kode untuk membuka gembok. Gembok yang terbuat dari material logam ini dijual di Blibli dengan harga Rp 219.000.

Future Bulat Gembok Koper

Sumber gambar https://www.blibli.com

Future Bulat Gembok Koper juga dapat jadi pengaman koper atau tas kita saat bepergian. Gembok yang dilengkapi kombinasi angka untuk membukanya ini terbuat dari hard zinc alloy yang kuat dan tidak mudah rusak.

Gembok juga didesain simpel yang juga dapat digunakan sebagai karabiner. Tidak hanya bisa digunakan untuk tas dan koper, namun gembok ini juga bisa digunakan untuk mengunci loker. Gembok serbaguna ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 106.400.

Columbia Numeric Password Code Gembok Tas

Columbia Numeric Password Code Gembok Tas merupakan rekomendasi gembok koper terakhir dengan sistem pengaman numeric password code. Agar tidak lupa dengan password gembok, kita bisa mengatur sendiri kombinasi pasword sehingga lebih diingat. Material gembok terbuat dari material aluminium alloy yang kuat sehingga tidak mudah patah ataupun dibobol dan juga tahan lama.

Harga Rp. 16.900-46.000
From our editorial team

Dengan Pengaman Koper Ekstra Perjalanan Kita Bebas dari Rasa Was-was

Meski umumnya koper berisi pakaian, kebutuhan selama perjalanan dan beberapa benda untuk menunjang perjalanan kita, tetap saja kalau ada yang membongkar koper maka perjalanan kita akan menjadi terganggu. Terlebih jika yang hilang adalah sesuatu yang amat penting. Karena kini sudah ada solusi untuk mengamankan koper kita, maka perjalanan pun jadi bebas dari rasa was-was.