10 Rekomendasi Koper Terbaik Untuk Menemani Anda Traveling (2022)

10 Rekomendasi Koper Terbaik Untuk Menemani Anda Traveling (2022)

Suka traveling atau sering melakukan perjalanan bisnis? Anda butuh koper yang tangguh dan mumpuni untuk memastikan semua keamanan barang-barang Anda. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi koper terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda.

Suka Traveling? Anda Wajib Punya Koper yang Mumpuni!

Ketika ingin melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri, koper menjadi pilihan untuk membantu membawa barang-barang pribadi karena memiliki roda sehingga mudah dibawa. Supaya kegiatan travelling Anda dapat berjalan dengan lancar, gunakanlah koper dengan fitur dan kapasitas yang mumpuni.

Tak hanya itu. Di samping kegunaannya yang fungsional, koper juga dapat menunjang penampilan Anda saat travelling. Untuk itu, Anda juga dapat mempertimbangkan koper dengan desain yang modis.

Tips Memilih Koper yang Bagus dan Aman

Pilih Jenis Kopernya

Dalam memilih koper, Anda harus memastikan jenis koper yang tepat. Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis koper yang tersedia, yakni koper hardcase dan softcase.

Koper jenis hardcase mampu memberikan perlindungan yang optimal terhadap barang bawaan Anda selama traveling. Koper ini juga mudah dibersihkan. Namun, koper hardcase ini lebih mudah tergores, retak, bahkan pecah. Namun, untuk meminimalisir risiko ini, Anda bisa memilih koper hardcase yang terbuat dari material polycarbonate yang ringan, tapi kokoh dan tidak mudah retak.

Sementara koper jenis softcase memiliki bobot yang lebih ringan dibanding hardcase. Namun kekurangannya, Anda akan sedikit mengalami kerepotan untuk membersihkan koper jenis ini karena bahannya yang tak bisa terkena air. Jika menginginkan koper softcase, Anda disarankan untuk memilih bahan ballistic nylon.

Ukuran dan Lama Perjalanan

Tips memilih koper selanjutnya adalah memperhatikan ukuran koper dan durasi perjalanan Anda. Sebab, lama perjalanan biasanya akan memengaruhi jumlah barang bawaan yang akan Anda masukkan ke dalam koper.

Jika Anda hendak bepergian dengan durasi di bawah tiga hari, harusnya koper kecil dengan ukuran kabin sudah cukup untuk mengakomodasi seluruh barang bawaan Anda.

Namun, apabila Anda akan bepergian untuk waktu yang lama, Anda bisa memilih koper dengan ukuran yang lebih besar. Apalagi jika nanti Anda akan menambah barang bawaan seperti cenderamata yang Anda beli saat liburan. Penting juga untuk menyesuaikan dan memastikan jatah jumlah bagasi yang Anda dapatkan dalam penerbangan ya!

Utamakan Warna Cerah

Selain memilih jenis dan ukuran koper yang tepat, Anda juga bisa mempertimbangkan warna koper yang hendak Anda beli. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk memilih warna yang cerah. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan.

Koper dengan warna gelap umumnya lebih sering digunakan oleh banyak orang, sehingga akan sedikit menyulitkan Anda saat harus mengambil koper di bagasi. Itu sebabnya, Anda bisa memilih warna-warna cerah, bahkan dilengkapi dengan motif unik, agar tidak tertukar dengan orang lain, dan Anda pun bisa dengan mudah mengenali koper Anda saat menunggu di conveyor belt.

Pertimbangkan Jumlah Roda

Perlu Anda ketahui, koper juga dibagi dalam 2 jenis roda, yaitu koper dengan 4 roda dan koper dengan 2 roda. Bagaimana memilihnya? Gampang saja.

Jika Anda lebih sering bepergian, koper dengan 4 roda bisa jadi pilihan yang tepat. Koper ini akan lebih mudah ditarik dan didorong, sehingga Anda akan lebih praktis saat membawanya.

Sementara itu, koper dengan 2 roda hanya bisa ditarik, dan sulit didorong sehingga membuat Anda mengeluarkan tenaga lebih banyak. Namun, jika Anda memilih koper kabin yang notabene memiliki ukuran lebih kecil, jenis koper roda 2 ini tetap bisa Anda pakai dengan nyaman.

Cek Fitur Lainnya

Tips memilih koper yang terakhir adalah perhatikan fitur yang ditawarkan. Para produsen menyematkan beragam fitur pada koper untuk menarik calon pembelinya. Fiturnya bermacam-macam, mulai dari bentuk handle yang ditawarkan hingga sistem penguncian yang aman.

Sebagai contoh, Anda disarankan untuk memilih koper dengan resleting yang berukuran besar karena cenderung lebih kuat dibandingkan dengan resleting kecil. Selain itu, perhatikan juga lubang gembok pada resleting untuk mengunci koper Anda menggunakan gembok.

Ada lagi yang perlu Anda perhatikan terutama jika hendak travelling ke luar negeri. Sebab, beberapa negara seperti Amerika dan Eropa sudah mengharuskan koper menggunakan kunci standar Travel Sentry Approved (TSA), agar petugas bandara bisa membuka koper dan melakukan pemeriksaan tanpa merusak koper secara paksa.

Cara Packing Koper yang Efisien

Gulung Pakaian, Jangan Ditumpuk

Sebaiknya Anda menggulung pakaian di koper, bukan dengan menumpuknya dengan cara dilipat seperti biasa. Sebab, pakaian yang digulung akan lebih memaksimalkan penggunaan ruang dalam koper sehingga bisa muat lebih banyak, dibanding pakaian yang dilipat dan ditumpuk.

Oleh karena itu, gulunglah pakaian untuk memaksimalkan penggunaan tempat, agar Anda bisa membawa lebih banyak barang jika memang dibutuhkan. Terlebih jika Anda pergi liburan dalam jangka waktu yang lama, tentu cara ini akan sangat membantu.

Gunakan Kantong Kedap Udara

Anda dapat memanfaatkan kantong kedap udara atau vacuum bag untuk mengkerutkan ukuran berbagai barang atau pakaian, sehingga tidak banyak udara yang terjebak di sela-sela barang bawaan.

Anda bisa memasukkan jaket, baju anak-anak, hingga beberapa mainan lembut ke dalam kantong kedap udara ini. Kantong ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan baju kotor yang Anda pakai saat liburan.

Jangan Sisakan Ruang Kosong

Dalam packing koper untuk liburan, sebaiknya Anda tidak menyisakan ruang kosong. Hal ini disebabkan karena ruang kosong itu dapat mengacaukan susunan barang Anda di dalam koper karena guncangan yang terjadi dalam perjalanan.

Jika barang bawaan Anda masih saja menyisakan ruang kosong di dalam koper, Anda bisa mengantisipasi berantakannya barang-barang dengan memasukkan gumpalan kertas atau koran dan semacamnya untuk mengisi ruang, namun tetap tidak membebani koper dengan bobotnya.

Rekomendasi Koper Terbaik Untuk Traveling

President Luggage Trolley Case 5323

Pada umumnya, koper hanya hadir dengan satu warna, tetapi tidak dengan koper keluaran President ini. Koper yang satu ini memberikan sentuhan yang berbeda dengan warna dual tone sehingga lebih menarik perhatian. Anda dapat memilih koper ini jika bosan dengan warna koper yang itu-itu saja.

Kualitas produk dari merek ini juga tidak perlu diragukan lagi. Tak tanggung-tanggung, President pun memberikan garansi selama 3 tahun. Paket lengkap koper yang modis dan berkualitas untuk menemani perjalanan Anda.

Harga Rp. 5.000.000-6.500.000

SKYBASE Tas Koper Hardcase 090

Produk keluaran SKYBASE adalah pilihan pas jika Anda menginginkan tampilan koper yang tampak classy. Koper ini dilapisi dengan material polikarbonat. Material ini memiliki kemampuan antigores yang prima. Namun, meskipun terbilang tahan goresan, Anda tetap perlu menjaganya dengan baik.

Bukan hanya itu, koper ini juga dilengkapi dengan roda ganda alias 4 roda yang berukuran besar, sehingga kuat menahan beban barang bawaan, dan Anda pun mudah menarik maupun mendorong koper ini di jalan.

Harga Rp. 200.000-350.000

Xiaomi 90 Points Luggage

Xiaomi ini memang terkenal sebagai brand yang memproduksi barang elektronik dan smartphone. Namun di samping itu, Xiaomi juga memproduksi koper, yaitu Xiaomi 90 Points Luggage 20 Inch. Koper ini memiliki desain yang mewah dan dilengkapi dengan fitur modern.

Koper ini berukuran 20 inci, dan ideal untuk dibawa dalam perjalanan singkat dan dapat Anda masukkan ke dalam kabin. Terdapat kompartemen depan yang akan memudahkan Anda untuk mengambil pakaian atau peralatan yang sering dipakai, seperti charger, tablet, laptop, smartphone, hingga ke sweater dan jaket.

Bahan luarnya terbuat dari polycarbonate, sementara bagian dalamnya menggunakan kain yang lembut. Koper ini juga anti gores, anti air, ringan, dan awet. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, koper ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda miliki.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Realme Adventurer Luggage

Koper yang satu ini akan memberikan pengalaman berkat kapasitas 36 liter yang cukup untuk memuat keperluan perjalanan dalam 3 hingga 5 hari. Bahkan bisa lebih jika Anda pintar menyusun barang bawaan.

Koper dengan desain flexicube ini hadir dalam 3 warna, yaitu kuning, hitam, dan biru. Dilengkapi juga dengan 4 buah roda yang bisa berputar 360 derajat, sehingga akan memudahkan Anda. Koper ini juga sudah tersertifikasi TSA sehingga lebih aman untuk Anda bawa dalam perjalanan hingga ke luar negeri.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

American Tourister FRONTEC

Apabila Anda membutuhkan koper yang bisa menunjang segala aktivitas, produk dari American Tourister ini wajib Anda pertimbangkan. Koper ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan perjalanan Anda.

Koper American Tourister Frontec ini memiliki engsel bukaan unik yang berbeda dari koper pada umumnya. Teknologi PlentiVol juga membuat koper ini mampu menggunakan kapasitas maksimum. Koper ini juga menyediakan USB port untuk charging. Selain itu, Frontec dilengkapi roda Optimov yang dapat menyerap guncangan. Canggih, kan?

Harga Rp. 4.000.000-5.000.000

Eminent E-KG82

Koper ini dibuat menggunakan material polycarbonate yang bersifat anti gores. Dilengkapi resleting anti pencuri dan kombinasi kunci TSA (Travel Sentry Approved), sehingga barang bawaan Anda tetap aman di perjalanan.

Koper berukuran 24 inci atau 66 x 46 x 27 cm ini dapat diperluas di bagian dalamnya, dan dapat memuat barang hingga 86 liter. Rodanya pun bisa berputar 360 derajat, sehingga memudahkan Anda saat membawa koper ini.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Elle Trolley Case 31237

Apabila Anda mencari rekomendasi koper kabin yang minimalis, jadikan koper yang satu ini sebagai pilihan. Koper ini memiliki perpaduan warna yang minim dan tidak memiliki motif pada bagian permukaannya.

Koper hardcase yang satu ini menggunakan sistem membuka dan menutup bertipe framelock. Sistem tersebut membuat Anda tidak perlu membuka resleting dari ujung ke ujung, karena produk ini akan terbuka dengan membuka kuncinya dari satu sisi saja.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000

Travelinox Bobba

Anda sedang mencari koper dengan pilihan warna yang bervariasi? Liriklah koper Travelinox Bobba by Quadran ini! Koper ini hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang cerah hingga gelap. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Koper Travelinox Bobba by Quadran ini memiliki 4 roda yang akan memudahkan Anda untuk membawanya saat berjalan, baik dengan menarik maupun mendorongnya. Menariknya lagi, produsen koper ini juga memberikan garansi selama 2 tahun, lho!

Harga Rp. 250.000-500.000

Polo City Hardcase 073

Polo City 083 merupakan tas koper dengan casing keras (hardcase) yang memiliki 4 buah roda. Semua rodanya dapat berputar 360 derajat. Berkat rodanya yang fleksibel, Anda bisa membawanya dengan mudah, entah dengan cara menarik maupun mendorongnya. Bahanya menggunakan material ABS yang dilapisi plastik polikarbonat, yang menjadikannya enteng tetapi tetap kuat dan tahan benturan di perjalanan.

Kompartemennya tergolong luas, sehingga Anda jadi lebih leluasa dalam mengatur barang bawaan. Koper ini juga memberikan keamanan ekstra dengan kunci kombinasi untuk mencegah koper terbuka secara tidak sengaja.

Harga Rp. 750.000-1.300.000

LOJEL Lineo Medium Size

Apakah Anda heavy traveller yang sering pergi ke berbagai tujuan wisata? Jika iya, berarti Anda memerlukan koper yang kuat. Nah, koper Lojel Lineo ukuran medium ini bisa menjadi teman perjalanan Anda!

Koper hardcase ini memiliki 4 buah roda yang membuat pergerakannya menjadi lebih dinamis. Koper ini juga memiliki garansi resmi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila Anda mencari koper yang kuat dan memiliki fitur unggulan, pertimbangkanlah produk ini!

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000
From our editorial team

Bersihkan Koper Setelah Dipakai dan Simpan Dengan Baik

Setelah bepergian dengan koper Anda, pastikan Anda membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Kemudian simpan dengan baik di tempat yang kering dan jauh dari sinar matahari. Jadi, mana nih koper yang paling menarik hati Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas?