Memasak Makanan Berkuah Menjadi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Panci Stock Pot Terbaik (2022)

Memasak Makanan Berkuah Menjadi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Panci Stock Pot Terbaik (2022)

Keberadaan panci stock pot di dapur kesayangan tentunya akan memudahkan kamu mengolah berbagai masakan berkuah seperti bakso, sup, soto, dan lainnya.

Memasak Menjadi Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Panci Stock Pot

Memiliki peralatan dapur yang lengkap memang idaman semua orang. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara memilih produk yang tepat termasuk saat membeli panci. Pertama, kamu harus mengetahui jenis panci apa yang ingin dibeli. Apakah kamu ingin mempunyai panci khusus membuat kaldu dan sejenisnya? Jika iya, maka kamu bisa membeli panci stock pot terbaik di pasaran.

Secara umum, panci stock pot memang tidak jauh berbeda dengan panci lainnya. Akan tetapi, panci ini dibuat untuk kamu yang ingin mengolah berbagai masakan berkuah seperti sop dan lainnya. Desainnya yang tinggi membuat panci satu ini memuat lebih banyak air atau kuah dibandingkan panci biasa.

Material pembuat panci stock pot terbaik adalah stainless steel yang tidak hanya kuat tetapi juga elegan. Selain itu, panci ini juga biasanya dilengkapi dengan pegangan agar kamu bisa menuang atau memindahkan makanan ke wadah lain dengan mudah.

Memilih Panci Stock Pot yang Tepat

Menentukan Ukuran Panci Sesuai Kebutuhan

Sebelum pergi ke toko panci stock pot, pastikan kamu sudah tahu seperti apa kebutuhan memasak menggunakan alat dapur satu ini. Artinya, kamu sudah tahu panci ukuran berapa yang akan kamu gunakan terutama untuk penggunaan harian. Jenis panci ini hadir dengan berbagai ukuran mulai dari panci dengan diameter 8 cm hingga panci berdiameter 45 cm.

Untuk keperluan memasak harian dengan jumlah anggota keluarga yang sedikit, panci stock pot terbaik berdiameter kecil rasanya sudah cukup. Tetapi, untuk acara besar yang biasa kamu selenggarakan, kamu tentu butuh panci berukuran besar. Itulah kenapa kamu harus tahu kebutuhan memasak sebelum membeli alat dapur bermaterial stainless steel satu ini.

Pilih Panci dengan Gagang yang Nyaman Saat Dipegang

Gagang (handle) panci merupakan fitur dari panci stock pot yang tidak boleh kamu anggap remeh. Hal tersebut akan menunjang kenyamanan saat menggunakan panci tersebut. Gagang yang nyaman akan mempermudah untuk memindahkan panci tanpa takut terjatuh.

Kamu juga bisa mempertimbangkan panci bergagang anti panas. Dengan begitu, kamu bisa kapan saja mengangkat panci tanpa harus menggunakan sarung tangan. Hal ini tentunya dapat meminimalisir risiko yang tidak diinginkan saat kamu memasak.

Memilih Panci Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memilih panci stock pot terbaik adalah memilihnya berdasarkan bahan atau material pembuatnya. Memang benar jika panci jenis ini umumnya terbuat dari stainless steel. Material ini bersifat tahan karat serta tidak mudah panas. Panci ini juga umumnya lebih tahan lama meskipun ukurannya cenderung berat.

Meski demikian, ada juga bahan pembuat panci lainnya seperti alumunium, kaca, teflon, keramik, dan lain sebagainya. Kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan agar dapat memilih panci stock pot yang tepat.

Rekomendasi Panci Stock Pot Terbaik yang Harus Ada di Dapur Cantikmu

Oxone Performa Stock Pot OX-97S

Penggunaan panci yang tepat saat memasak makanan berkuah tentunya akan menambah pengalaman dalam menyiapkan hidangan lezat untuk keluarga tercinta. Jika biasanya kamu menggunakan panci biasa, kini saatnya berpindah ke panci stock pot terbaik.

Sebagai rekomendasi untukmu, ada Oxone performa stock pot OX-97S. Panci dengan ketebalan 3 mm ini ternyata anti lengket. Sehingga akan lebih mudah dalam membersihkan dan merawatnya. Gagang terbuat dari soft touch silicone membuatnya nyaman dan tidak perlu takut terkena panas. Dengan diameter 20 cm, kamu bisa menambahkan hingga 4 liter air untuk sekali memasak. Cukup banyak, bukan?

Harga Rp. 220.000-550.000

Cookville Short Stock Pot

Untuk kamu yang ingin memasakan sup atau makanan berkuah lain tanpa takut kuahnya tumpah-tumpah saat mendidih, coba gunakan Cookville short stock pot. Produk ini merupakan salah satu rekomendasi panci stock pot terbaik yang banyak diminati.

Jika dilihat-lihat, desain panci ini berbeda dari panci serupa pada umumnya. Tidak hanya elegan tetapi juga unik dan dilengkapi dengan pegangan yang kokoh. Panci ini begitu tebal sehingga kuat dan tahan lama.

Karena terbuat dari stainless steel berkualitas, panci ini bisa menghantarkan panas secara merata sehingga membuat masakan matang sempurna. Panci ini juga bisa menjadi solusi untuk menghemat penggunaan gas atau listrik dan sudah food-grade.

Harga Rp. 299.000-650.000

Big J 16QT Stock Pot

Jika kali ini kamu ingin memiliki panci stock pot terbaik yang terbuat dari material selain stainless steel, Big J 16QT stock pot sangat layak kamu bawa pulang. Panci satu ini terbuat dari logam coating enamel dengan tampilan yang cantik.

Dengan diameter 30 cm dan tinggi 25 cm, rasanya panci stock pot ini bisa memenuhi kebutuhan masakan kamu. Terlebih penggunaan airnya bisa mencapai hingga 16 liter.

Harga Rp. 274.000-550.000

Ideal Oriental Stock Pot

Rekomendasi panci stock pot terbaik selanjutnya adalah Ideal Oriental stock pot. Kamu bisa dengan mudah menemukan panci satu ini baik di toko offline maupun online. Jika kebanyakan panci hadir dengan desain polos, produk ini memiliki motif bunga yang akan terlihat panci lebih cantik.

Kamu bisa memilih diameter panci sesuai kebutuhan seperti panci berdiameter 30 atau 40 cm. Sedangkan tinggi panci dengan tutup sekitar 33,5 cm. Jika panci ini dinilai lebih cocok untuk kebutuhan memasak, kamu bisa segera membelinya.

Harga Rp. 218.000-350.000

Subron Stainless Stock Pot

Sulit menemukan panci stock pot terbaik dengan harga terjangkau? Mungkin kamu belum tahu keberadaan Subron stainless stock pot. Panci ini merupakan produk yang hadir dengan harga terjangkau sehingga siapa saja bisa membelinya tanpa harus mempertimbangkan harga.

Untuk keluarga kecil, kamu bisa memilih panci berukuran 22 cm atau 24 cm. Seperti namanya, panci ini terbuat dari stainless steel sehingga akan tahan lama dan tidak mudah penyok. Handle yang kokoh turut melengkapi panci ini. Terdapat juga tutup kaca yang tebal sehingga begitu pas untuk kebutuhan kamu.

Harga Rp. 65.000-180.000

Supra Stock Pot Set 4-in-1 WSP

Jika tidak ingin repot membeli panci stock pot berbagai ukuran secara terpisah, mengapa tidak memilih Supra stock pot set 4-in-1 WSP saja? Hanya dengan satu kali pembelian, kamu bisa mendapatkan 4 item sekaligus dengan berbagai ukuran. Hal ini tentunya sangat menguntungkan sehingga kamu tidak perlu bolak balik membeli panci yang sama. Bahkan produk ini dilengkapi dengan tutup yang juga terbuat dari stainless steel.

Karena terbuat dari stainless less, baik panci maupun tutupnya tidak mudah berkarat dan tebal. Bagian handle juga sangat kuat karena merupakan handle double rivet.

Harga Rp. 680.000-1.300.000

Maspion Panci Stock Pot

Panci stock pot terbaik dengan harga ramah kantong juga bisa kamu dapatkan apabila membeli Maspion stock pot. Rasanya, brand Maspion sudah sangat populer di berbagai kalangan sehingga tidak perlu lagi ragu untuk memilih produk satu uni.

Panci ini terbuat dari bahan porcelain steel on enamel dan aman untuk berbagai macam pemanas. Karena panci tebal sehingga akan kuat dan tahan lebih lama saat digunakan. Kamu bahkan bisa menggunakan panci ini untuk berbagai jenis masakan termasuk merebus obat herbal atau jamu.

Selain memiliki tutup, panci berdiameter 26 cm ini juga dilengkapi dengan pegangan yang nyaman. Dengan motif bunga, panci yang tingginya 15 cm ini akan menambah daftar alat dapur kesayangan kamu tentunya.

Harga Rp. 116.000-270.000

Zebra Stock Pot

Jika ingin memasak lebih banyak makanan berkuah, kamu bisa memilih panci dengan diameter atau ukuran yang lebih besar. Kapasitas kuah atau airnya bisa mencapai 55 liter. Saat membeli produk ini, kamu akan mendapatkan panci beserta tutupnya yang juga terbuat dari stainless steel anti-karat.

Selain aman untuk makanan karena bahan dan kualitasnya premium, panci ini juga bisa kamu bersihkan dengan mudah. Sehingga tidak akan merepotkan apapun jenis makanan yang kamu masak pada alat dapur satu ini.

Untuk mendapatkan satu panci lengkap dengan tutupnya, kamu mungkin harus merogoh kocek agak dalam. Meski demikian, harganya sebanding dengan kualitas dan keunggulannya yang ditawarkan kepada setiap penggunanya.

Harga Rp. 690.000-1.350.000

Bima Prima X1 Stock Pot with Steamer

Jika dilihat dari namanya, kamu bisa yakin bahwa Bima Prima X1 stock pot with steamer memang merupakan panci yang kamu perlukan. Jika kebanyakan panci hanya bisa kamu gunakan untuk merebus atau memasak makanan berkuah saja seperti soto dan bakso, produk ini memiliki dua kegunaan sekaligus.

Selain untuk merebus, kamu juga bisa menggunakan panci stock pot satu ini untuk mengukus berbagai olahan makanan. Hal tersebut karena panci ini dilengkapi dengan steamer atau piring kukusan. Alhasil, kamu tidak perlu menambah perlengkapan dapur karena dua fungsi bisa kamu dapatkan hanya dari satu produk saja.

Stainless steel grade 18/ 0,75 dan 403 merupakan bahan pembuat panci stock pot. Diameter panci ini adalah 30 cm dengan tinggi 28 cm. Sementara tinggi dari piring kukusan ke atas adalah 20 cm. Penggunaannya juga sangat mudah dan cocok untuk berbagai jenis kompor termasuk kompor halogen.

Harga Rp. 334.000-890.000

Inocook Casserole Stock Pot

Satu lagi pilihan panci stock pot terbaik ramah kantong yang menjadi pilihan tepat yaitu Casserole stock pot. Material panci adalah stainless steel yang aman untuk makanan karena food grade. Bagian tutup terbuat dari kaca sehingga memudahkan kamu mengontrol tingkat kematangan masakan tanpa harus membuka tutup.

Gagang panci juga kuat dan tahan panas. Jadi, kamu bisa mengangkat atau memindahkan panci tanpa harus takut melukai tangan atau bagian tubuh lainnya.

Harga Rp. 85.000-100.000
From our editorial team

Agar Panci Stock Pot Lebih Awet

Setiap peralatan dapur tentunya memerlukan perawatan yang tepat termasuk panci stock pot. Untuk memastikan benda satu ini bisa kamu gunakan dalam jangka waktu lama, perhatikan cara tepat perawatannya. Perawatan bisa kamu sesuaikan dengan jenis bahan pembuat panci. Selain itu, jangan lupa untuk membaca petunjuk perawatan panci agar lebih awet sehingga tidak perlu mengganti panci dengan yang baru dalam jangka waktu singkat.