10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Kenyamanan Saat Tidur di Luar Ruangan (2022)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Kenyamanan Saat Tidur di Luar Ruangan (2022)

Apakah Anda gemar melakukan kegiatan outdoor? Sleeping bag merupakan perangkat luar ruangan yang patut dimiliki untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat tidur di luar ruangan. Berikut adalah 10 rekomendasi sleeping bag terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.

Sleeping Bag, Kebutuhan Dasar Penggemar Aktivitas Luar Ruangan

Sleeping bag adalah salah satu kebutuhan penting bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas luar ruangan. Bukan rahasia lagi, bahwa kegiatan pendakian atau penjelajahan di alam membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sehingga, tak jarang Anda harus tidur di alam sambil menunggu pagi untuk melanjutkan perjalanan.

Perangkat tidur portable ini dirancang sedemikian rupa untuk memastikan penggunanya dapat tidur dengan nyaman meski dengan kondisi yang ekstrim di alam. Sleeping bag tersedia dalam berbagai ukuran, jenis dan bentuk. Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penggunanya, pastikan untuk memilih sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhan.

4 Tips Memilih Sleeping Bag

Pilih Bahan yang Nyaman dan Kuat

Kenyamanan dan keamanan adalah aspek utama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli sleeping bag. Untuk mendapatkan sleeping bag yang nyaman dan aman, pilih produk dengan bahan yang tepat. Sleeping bag dengan bahan polyester pada bagian luar lebih direkomendasikan karena karakternya yang ringan dan mudah kering.

Untuk bagian dalamnya, beberapa bahan yang umumnya digunakan pada sleeping bag adalah polar dan dacron. Bahan polar memiliki karakter yang ringan, tipis, cepat memberikan rasa hangat, namun juga mudah ditembus hawa dingin. Sementara, dacron memiliki ukuran yang lebih besar, namun lebih hangat dan mampu menahan hawa dingin dari luar. Kombinasi polar dan dacron dinilai sebagai bahan dalam sleeping bag yang paling direkomendasikan.

Ukuran Sesuai dengan Tinggi Badan

Ukuran sleeping bag juga perlu dipertimbangkan saat akan membelinya. Pastikan panjang sleeping bag sesuai dengan tinggi badan Anda. Dengan demikian, kepala hingga ujung kaki Anda dapat terlindungi dengan sempurna dari hawa dingin.

Menyesuaikan ukuran sleeping bag dengan badan Anda juga berguna untuk memastikan kenyamanan saat digunakan. Meski sleeping bag yang lebih panjang dibanderol dengan harga yang lebih mahal, namun kenyamanan Anda lebih terjamin. Menggunakan sleeping bag yang lebih pendek akan membuat tubuh Anda menjadi kaku karena kaki yang tertekuk dan tertekan.

Bentuk Sesuai Kebutuhan

Sumber gambar https://phinemo.com

Selain tersedia dalam berbagai bahan dan ukuran, sleeping bag juga tersedia dalam berbagai bentuk. Beberapa bentuk sleeping bag yang umum di pasaran, antara lain mummy, tapered, dan rectangle. Bentuk sleeping bag yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sleeping bag mummy didesain semakin ke bawah semakin mengecil, mengikuti tubuh manusia. Detail tersebut membuatnya mampu menghangatkan tubuh secara maksimal dan cocok untuk kegiatan mendaki gunung.

Anda yang menginginkan ruang lebih longgar, namun dengan insulasi yang baik, sleeping bag tapered atau kepompong bisa menjadi pilihan. Sementara, bagi Anda yang menginginkan sleeping bag yang membuat leluasa bergerak, sleeping bag rectangle bisa dipilih. Namun, sleeping bag ini memiliki daya insulasi yang lebih rendah dibanding dua jenis sleeping bag lainnya.

Dilengkapi Fitur Penunjang

Banyaknya produk sleeping bag di pasaran tentu membuat Anda bingung untuk memilih yang terbaik. Salah satu tips untuk memilih sleeping bag terbaik adalah dengan mempertimbangkan aneka fitur tambahan yang ditawarkan.

Penutup kepala adalah salah satu fitur tambahan yang fungsional dan Anda butuhkan untuk menambah kehangatan. Pilih juga sleeping bag dengan kantong resleting yang mampu menyimpan beberapa barang kecil milik Anda.

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik

Antarestar Sleeping Bag Mummy Outdoor Hiking

Rekomendasi sleeping bag yang pertama adalah Antarestar Sleeping Bag Mummy Outdoor Hiking. Produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas serta tahan air yang hangat digunakan. Meski tebal, sleeping bag terbaik dari Antarestar ini ringan dan mudah dibawa.

Antarestar Sleeping Bag Mummy Outdoor Hiking memiliki ukuran 220 x 75 cm. Produk ini mampu menahan suhu dingin 10-15 derajat. Dengan demikian, Anda bisa tidur dengan nyaman meski di luar ruangan.

Harga Rp. 139.900-225.900

Kantong Tidur / Sleeping Bag Tikar + Polar Arei Outdoorgear

Kantong Tidur / Sleeping Bag Tikar + Polar Arei Outdoorgear adalah sleeping bag terbaik berikutnya yang patut dilirik. Produk ini terbuat dari bahan polyester untuk bagian luarnya, sementara pada bagian dalam terbuat dari bahan dacron dan polar fleece.

Terbuat dari bahan yang berkualitas, sleeping bag ini mampu memberikan kehangatan bagi Anda meski tidur di luar ruangan. Produk keluaran Arei ini memiliki berat 800 gram saja, sehingga ringan dibawa bepergian saat aktivitas outdoor.

Harga Rp. 197.500-199.000

Naturehike M180 NH20MSD02 Sleeping Bag

Anda yang tengah mencari sleeping bag dengan desain menarik, Naturehike M180 NH20MSD02 Sleeping Bag bisa menjadi pilihan. Sleeping bag ini hadir dengan model envelope yang dilengkapi hoodie. Bagian luarnya terbuat dari bahan polyester pongee yang lembut, sementara bagian dalamnya berbahan cotton.

Ritsleting dengan tipe double sided memungkinkan Anda untuk membuka sleeping bag dari luar maupun dalam. Anda juga bisa membukanya secara maksimal untuk dijadikan selimut. Produk ini praktis dibawa kemana saja, karena telah dilengkapi dengan compression bag.

Harga Rp. 405.000-465.000

Consina Sleeping Bag Extreme Comfort Lite

Para penggemar aktivitas luar ruangan tentu sudah tidak asing dengan Consina. Merek lokal tersebut telah menyediakan berbagai kebutuhan untuk kegiatan outdoor, termasuk sleeping bag. Salah satu sleeping bag terbaik keluarannya adalah Consina Sleeping Bag Extreme Comfort Lite.

Consina Sleeping Bag Extreme Comfort Lite hadir dengan ukuran 210 x 72 cm. Berbahan Duck Down 90% pada bagian dalamnya membuat produk ini mampu memberikan kenyamanan dengan comfort range 5°C. Praktis dibawa bepergian, sleeping bag dengan berat 800 gram ini memiliki packing size 25 x 15 cm saja.

Harga Rp. 665.000-950.000

EIGER RECT PILOT 250 US SLEEPING BAG

Selain Consina, Eiger juga dikenal sebagai merek lokal yang menghadirkan kebutuhan outdoor berkualitas. Salah satu produknya adalah EIGER RECT PILOT 250 US SLEEPING BAG. Produk ini hadir dengan dimensi 220 x 75 x 50 cm.

Sleeping bag terbaik dari Eiger ini terbuat dari material polyester honeycomb 70D W/R Cire pada bagian luar. Sementara, bagian dalamnya terbuat dari bahan polyester silk touch 75D/100D. Fitur yang melengkapinya, antara lain top tutup besar, kerah penahan panas dengan penutup tali, dan resleting di bagian bawah.

Harga Rp. 399.000-525.382

Cozmeed Sleeping Bag Camping Kantong Tidur Dacron Black Green

Sleeping bag terbaik berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Cozmeed Sleeping Bag Camping Kantong Tidur Dacron Black Green. Berukuran 190 x 75 cm membuatnya ideal digunakan untuk tidur di luar ruangan. Produk ini terbuat dari bahan nylon pada bagian luarnya dan dacron 6 oz pada bagian dalam.

Materialnya yang berkualitas membuat sleeping bag ini mampu memberikan kehangatan 5°-10°C. Tak hanya hangat, produk keluaran Cozmeed ini juga didesain menarik dengan bentuk mummy style yang dilengkapi hoodie. Sleeping bag terbaik ini tersedia dalam warna oranye dan hijau.

Harga Rp. 346.000-227.800

Sleeping Bag Hiking Polar Hikemore Camp Warmer Original

Sleeping Bag Hiking Polar Hikemore Camp Warmer Original adalah produk berikutnya yang direkomendasikan. Sleeping bag ini memiliki ukuran 200 x 75 cm dan dapat dibuka menjadi tikar. Bagian luarnya terbuat dari bahan polyester, sementara dalamnya menggunakan bahan polar yang sangat lembut dan nyaman di kulit.

Disertai dengan pouch yang menggunakan Cord-Lock System dan dilengkapi handle membuatnya mudah dibawa kemanapun. Produk keluaran Hikemore ini didesain dengan aneka keunggulan, antara lain fungsional, fashionable, dan durability. Sleeping Bag Hiking Polar Hikemore Camp Warmer Original cocok digunakan untuk camping, hiking, hingga piknik.

Harga Rp. 179.000-338.000

AVTECH Sleeping Bag 1012

Produk berikutnya yang masuk ke dalam daftar rekomendasi adalah AVTECH Sleeping Bag 1012. Sleeping bag terbaik ini hadir dalam ukuran 205 x 75 cm yang ideal. Bagian luarnya terbuat dari bahan Nylon Taffeta, sementara bagian dalamnya terbuat dari Polar Bulu yang hangat dan nyaman.

Memiliki berat 900 gram saja membuat sleeping bag ini ringan dan mudah dibawa bepergian. AVTECH Sleeping Bag 1012 memiliki berbagai pilihan warna yang menarik, antara lain coklat, biru, merah maroon, ungu, navy, hitam, dan abu-abu.

Harga Rp. 180.000-238.000

Explore Store Project Outdoor Sleeping Bag

Anda yang tengah mencari sleeping bag bergaya mummy, Explore Store Project Outdoor Sleeping Bag mungkin bisa menjadi pilihan. Produk keluaran Explore ini hadir dengan ukuran 250 x 85 cm. Terbuat dari bahan parasut milky untuk bagian luarnya, membuat sleeping bag ini memiliki daya tahan yang kuat.

Sementara itu, bagian dalamnya terbuat dari bahan dacron 3 mm yang memberikan kehangatan. Sleeping bag ini dilengkapi dengan resleting YKK untuk memberikan keamanan saat tidur di alam terbuka. Praktis dan ringan dibawa bepergian, produk ini memiliki dimensi 30 x 15 cm saja saat dikemas.

Harga Rp. 167.000-268.000

Savana Sleeping Bag Trigal

Produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Savana Sleeping Bag Trigal. Sleeping bag terbaik ini hadir dengan ukuran 200 x 67 cm yang ideal. Terbuat dari material polyester taslan pada bagian luarnya membuat produk ini kuat saat dikenakan di luar ruangan.

Bagian dalamnya terbuat dari bahan Polar yang lembut dan hangat. Savana Sleeping Bag Trigal didesain dengan gaya mummy yang nyaman digunakan dalam berbagai kegiatan outdoor. Memiliki berat 900 gram saja membuatnya praktis dan ringan dibawa kemana saja.

Harga Rp. 220.000
From our editorial team

Pilih Sleeping Bag yang Ringkas dan Praktis

Saat berkegiatan di luar ruangan, banyak barang bawaan perlu menjadi perhatian. Untuk memudahkan Anda ketika perjalanan, perlengkapan outdoor fungsional dengan ukuran yang tidak terlalu besar banyak disukai karena lebih praktis. Begitu pula dalam memilih sleeping bag yang dibutuhkan untuk tetap nyaman tidur di luar ruangan. Sebaiknya Anda memilih sleeping bag ringan, ringkas dan praktis, namun tetap menawarkan kehangatan dan kenyamanan.