Aman dan Nyaman, Ini Dia 10 Rekomendasi Baby Cup untuk Melatih Si Kecil Minum Sendiri (2022)

Aman dan Nyaman, Ini Dia 10 Rekomendasi Baby Cup untuk Melatih Si Kecil Minum Sendiri (2022)

Setelah mahir menggunakan dot atau lepas dari pemberian ASI, Anda perlu melatih si kecil minum sendiri dengan menggunakan baby cup. Bagi Anda yang tengah mencari baby cup aman dan nyaman untuk anak-anak, berikut adalah 10 rekomendasi baby cup terbaik yang patut dipilih.

Melatih Si Kecil Minum Sendiri dengan Baby Cup

Pada usia tertentu, Anda perlu melatih si kecil untuk minum sendiri. Untuk melatih keterampilan ini, Anda memerlukan baby cup yang memang dirancang khusus untuk anak-anak yang tengah belajar minum secara mandiri. Baby cup adalah cangkir yang dirancang khusus untuk melatih si kecil minum.

Baby cup memiliki desain yang beragam, ada yang menggunakan sedotan silikon, hingga tutup moncong pipih dengan lubang. Cangkir ini juga dilengkapi dengan gagang sebagai pegangan. Secara keseluruhan, baby cup dirancang agar si kecil dapat minum dengan mudah tanpa takut tumpah.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Baby Cup

Pastikan Baby Cup Terbuat dari Bahan yang Aman

Dalam memilih peralatan untuk si kecil, keamanan tentu menjadi faktor penting yang patut diperhatikan. Begitu pula dalam memilih baby cup, pastikan produk yang dipilih terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas. Pilih baby cup yang terbuat dari bahan food grade dan bebas BPA.

Bagi Anda yang hendak memilih baby cup berbahan plastik, upayakan untuk tidak menggunakan produk berbahan plastik daur ulang berbahan polivinil klorida (PVC) dengan kode 3 dan polystyrene (PS) dengan kode 6. Anda bisa memeriksa kode segitiga di bawah kemasan produk.

Sesuaikan Kapasitas Baby Cup dengan Kebutuhan

Selain mempertimbangkan bahan, kapasitas baby cup juga perlu diperhatikan. Baby cup tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Untuk anak-anak yang baru belajar minum, tentu Anda perlu memastikan kenyamanannya ketika menggunakan baby cup.

Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan baby cup dengan ukuran yang kecil. Sebaiknya, pilih baby cup dengan kapasitas di bawah 200 ml yang lebih ringan dan nyaman digunakan. Anda bisa menambah ukuran dan kapasitas baby cup seiring bertambahnya usia dan keterampilan si kecil.

Pilih Bentuk Mouthpiece yang Sesuai

Setelah mempertimbangkan kapasitas baby cup, Anda juga perlu untuk memilih mouthpiece yang sesuai. Ada beberapa tipe mouthpiece pada baby cup, termasuk tipe spout, straw, dot, hingga cup. Setiap tipe mouthpiece tentu memiliki kemudahan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Masing-masing mouthpiece didesain sedemikian rupa untuk memudahkan anak-anak saat minum. Anda bisa menyesuaikan tipe mouthpiece yang hendak dipilih dengan usia dan juga keterampilan si kecil untuk minum.

Perhatikan Waktu Penggunaan Baby Cup

Jangka waktu penggunaan baby cup adalah hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian. Pasalnya, terlalu sering memberikan minum menggunakan baby cup akan membuat si kecil tidak lapar, sehingga nafsu makan menurun. Anda bisa membatasi penggunaan baby cup saat makan atau saat si kecil haus.

Sebagaimana penggunaan botol susu, penggunaan baby cup juga ada masanya. Ketika anak Anda sudah mahir minum menggunakan baby cup, ajari si kecil secara bertahap untuk beralih minum menggunakan gelas biasa.

10 Rekomendasi Baby Cup yang Nyaman untuk Si Kecil

SIDMOOL Botol Minum Bayi Gelas Anak Balita Training Cup Baby 280ml

Produk pertama yang direkomendasikan adalah SIDMOOL Botol Minum Bayi Gelas Anak Balita Training Cup Baby 280ml. Baby cup ini terbuat dari bahan yang aman dan memenuhi standar peralatan makan anak. Didesain menarik, produk ini dilengkapi dua pegangan kecil yang memudahkan si kecil untuk memegangnya.

SIDMOOL Botol Minum Bayi Gelas Anak Balita Training Cup Baby 280ml dirancang khusus agar mampu menahan udara masuk selama minum susu, sehingga membantu mencegah kembung. Bentuk, bahan, dan teksturnya dirancang sedemikian rupa untuk mendukung perkembangan gigi dan rahang. Produk ini tersedia dalam warna ungu, hijau, pink, dan biru muda.

Harga Rp. 12.800-48.000

Philips Avent Classic Spout Cup 7OZ Single Boy SCF551/05 Botol Minum

Philips Avent Classic Spout Cup 7OZ Single Boy SCF551/05 Botol Minum adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Tak hanya cocok untuk bayi, cangkir ini juga cocok untuk orang tua. Cerat silikonnya lembut, sehingga lebih mudah dan nyaman digunakan.

Produk dari Philips ini memiliki cerat yang dilengkapi katup internal, sehingga lebih praktis dan mudah dirakit. Semua bagiannya juga aman dicuci dengan mesin cuci piring. Baby cup ini bisa digunakan untuk bayi berusia lebih dari enam bulan.

Harga Rp. 102.536-179.000

Coconi Tritan Bottle 270ml | Botol Minum Bayi Anak dengan Pemberat 360 | Baby Drinking Sippy Cup

Coconi Tritan Bottle 270ml | Botol Minum Bayi Anak dengan Pemberat 360 | Baby Drinking Sippy Cup adalah baby cup yang cocok digunakan untuk bayi berusia di atas enam bulan. Produk ini terbuat dari bahan tritan dan silikon dengan kualitas food grade serta bebas Bisphenol A (BPA).

Produk keluaran Coconi ini dilengkapi sedotan dengan teknologi pemberat gravitasi yang memudahkan anak untuk minum dengan berbagai posisi. Baby cup ini ringan, awet, dan tahan benturan. Didesain ergonomis, produk ini menggunakan tutup flip yang mudah dipencet dan tidak mudah bocor.

Harga Rp. 65.900-79.000

Leleoncare Baby Sippy Cup

Bagi Anda yang tengah mencari baby cup dengan desain menarik, Leleoncare Baby Sippy Cup bisa menjadi pilihan. Produk ini terbuat dari bahan tritan, FDA approved, dan bebas BPA. Materialnya bebas bahan kimia berbahaya, sehingga aman digunakan.

Bagian tutupnya hadir dalam warna soft pink dan soft blue yang didesain dengan aksen tanduk rusa yang menarik. Baby cup dari Leleoncare ini dilengkapi sedotan dengan teknologi pemberat gravitasi, sehingga memudahkan si kecil minum dalam berbagai posisi.

Harga Rp. 39.860-85.000

Bunny Training Cup 250 ml Botol Air Bayi

Rekomendasi baby cup berikutnya adalah Bunny Training Cup 250ml Botol Air Bayi. Produk ini terbuat dari bahan Polypropylene (PP) berkualitas dan bebas BPA, yang tersedia dalam warna biru, hijau, dan pink. Baby cup ini bisa digunakan untuk bayi dengan usia enam bulan keatas.

Bunny Training Cup 250 ml Botol Air Bayi dirancang menarik dengan dilengkapi pegangan pada kedua sisinya. Desain ergonomis tersebut untuk memudahkan si kecil menggenggam dan memudahkan masa transisi dari botol ke cangkir minum.

Harga Rp. 47.405-95.000

Kuru Baby Silicone Sippy Cup Set

Kuru Baby Silicone Sippy Cup Set adalah produk yang cocok untuk mendukung masa transisi si kecil dari botol ke cangkir minum. Terbuat dari 100% food grade silicone, produk ini juga bebas BPA, PVC, Latex, Phthalate, dan Nitrosamine. Baby cup ini juga hipoalergenik, bacterial resistant, serta FDA dan LFGB approved.

Cangkir bayi keluaran Kuru ini hadir dengan dua tipe tutup, yaitu tutup dengan sedotan dan tutup dengan lubang yang lebih kecil. Produk ini mudah dibersihkan, tahan panas, dan tidak berbau. Baby cup yang cocok untuk bayi usia enam bulan keatas ini tersedia dalam warna Blue, Orange, Yellow, Cream, dan Grey.

Harga Rp. 72.500-75.000

Sugar Baby TRITAN Sippy Cup Star

Sugar Baby TRITAN Sippy Cup Star adalah cangkir yang cocok digunakan oleh bayi berusia sembilan bulan keatas. Baby cup ini terbuat dari bahan tritan berkualitas yang telah tersertifikasi FDA. Materialnya bebas dari bahan kimia berbahaya, BPA, EA, AA, PVC, maupun Phthalates.

Baby cup dari Sugar Baby ini dilengkapi sedotan berbahan silikon lembut yang aman untuk gusi dan gigi bayi yang baru tumbuh. Produk ini bisa disterilkan dengan metode kering dan dibilas dengan air panas, karena memiliki temperature range -10°C to 100°C. Didesain ergonomis, bagian gagangnya didesain khusus untuk memudahkan saat memegang. Tutup flipnya juga mudah dipencet, sehingga tidak mudah bocor.

Harga Rp. 103.500

Disney Baby Drinking Cup 12OZ Sport Sipper With Swivel LID Mickey Minnie Bunny

Baby cup berikutnya yang patut dilirik adalah Disney Baby Drinking Cup 12OZ Sport Sipper With Swivel LID Mickey Minnie Bunny. Produk ini terbuat dari bahan PP yang bebas BPA. Terbuat dari bahan food grade membuatnya aman bagi si kecil.

Produk ini dilengkapi dengan tutup gelas dan sedotan yang memudahkan si kecil saat minum. Baby cup ini cocok digunakan untuk bayi berusia 6 bulan keatas. Tersedia dalam warna hitam dan merah, baby cup ini hadir dengan desain ergonomis dilengkapi dua pegangan cangkir.

Harga Rp. 44.080-46.400

Babyqlo Baby Sippy Cup With Straw BQ SBT7001

Produk baby cup berikutnya yang direkomendasikan adalah Babyqlo Baby Sippy Cup With Straw BQ SBT7001. Baby cup ini terbuat dari bahan PP yang bebas BPA, sehingga aman digunakan. Sedotannya terbuat dari bahan silikon dengan desain khusus agar tidak mudah tumpah.

Babyqlo Baby Sippy Cup With Straw BQ SBT7001 memiliki dua gagang yang mudah digenggam. Bandul silikon yang melengkapinya berfungsi untuk meminimalisir resiko tersedak dengan cara mencegah udara ikut masuk saat anak minum. Produk ini tersedia dalam warna hijau dan pink yang menarik.

Harga Rp. 99.000-160.000

Beiens Baby Botol Minum Sedotan Anak Training Square Straw Cup Bottle 240ml

Baby cup terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Beiens Baby Botol Minum Sedotan Anak Training Square Straw Cup Bottle 240ml. Produk ini terbuat dari bahan PPSU food grade dengan sedotan silikon. Bagian pegangannya terbuat dari bahan TPE yang lembut dan mudah digenggam.

Beiens Baby Botol Minum Sedotan Anak Training Square Straw Cup Bottle 240ml memiliki sedotan berbentuk V yang efektif mencegah bayi tersedak. Produk ini didesain anti-kolik untuk menghindari menghirup udara berlebih yang dapat menyebabkan kembung pada bayi. Baby cup ini cocok untuk usia sembilan bulan sampai tiga tahun.

Harga Rp. 49.000-124.000
From our editorial team

Bersihkan Baby Cup dengan Benar Secara Rutin

Tak hanya ketika membelinya, Anda juga perlu memberikan perhatian khusus dalam merawat baby cup. Pastikan untuk segera membersihkan baby cup setelah selesai digunakan. Cuci semua bagian baby cup hingga bersih, terutama pada bagian ujung corong dan sedotan yang rentan ditumbuhi jamur. Anda bisa menggunakan sikat botol untuk menjangkau bagian yang sulit dibersihkan. Kemudian, bilas dengan air hangat untuk memastikan baby cup bersih dari residu dan kuman.