10 Rekomendasi Botol Minuman Anak yang Lucu dan Unik (2022)

10 Rekomendasi Botol Minuman Anak yang Lucu dan Unik (2022)

Bukan rahasia lagi kalau anak-anak sedikit susah minum. Untuk memastikan asupan cairan si kecil tetap terpenuhi, berikan botol minuman lucu yang membuat mereka makin semangat minum. Yuk, simak rekomendasi botol minuman anak dari BP-Guide berikut ini!

Botol Minum Lucu Bikin Anak Makin Semangat Minum Air

Tubuh kita membutuhkan konsumsi air minum yang cukup, agar tubuh dapat berfungsi dan beraktivitas dengan baik, tak terkecuali bagi anak-anak. Terlebih jika anak-anak aktif bermain dan bergerak, maka sedapat mungkin kita menjaga kebutuhan cairan tubuhnya, agar tidak dehidrasi dan menyebabkan mereka lesu.

Sayangnya, tidak sedikit anak-anak yang enggan minum air, terutama airnya itu air putih yang menurut mereka mempunyai rasa yang tawar.

Namun, solusi agar anak-anak rajin minum air pun sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu cara untuk mendorong anak-anak agar lebih semangat untuk minum adalah dengan memberi mereka botol minum atau tumbler yang mereka sukai.

Memakai botol minum atau tumbler sendiri juga berarti berkontribusi bagi lingkungan hidup, lebih hemat, serta berupaya untuk kesehatan dalam menjaga kualitas dan kuantitas minum anak.

Tips Memilih Botol Minum Anak

Pertimbangkan Ukurannya

Pertimbangkan apakah ukuran botol minum anak cukup untuk memenuhi kebutuhan airnya dalam melakukan aktivitas. Pertimbangkan juga beratnya, apakah anak mampu membawa botol minum tersebut atau malah menyulitkannya.

Utamakan yang Berlabel BPA Free

Botol minum yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak mudah pecah sehingga akan lebih mudah untuk dibawa oleh anak-anak. Meski begitu pilihlah botol minum plastik yang mencantumkan label BPA Free, yang artinya bebas bahan kimia bisphenol-A sehingga aman untuk dijadikan tempat minum.

Bentuk Ergonomis

Pilihlah botol minum yang nyaman dipegang oleh anak, bahkan hanya dengan satu tangan. Pilih juga botol minum yang tutupnya mudah dibuka dan ditutup oleh anak, mudah saat meminum air, namun tidak mudah tumpah.

Pilih Tipe Kesukaan Anak

Botol minum yang ada di pasaran tersedia dalam model dengan sedotan dan yang tanpa sedotan. Sebelum membeli, tanyakan dulu pada si kecil mengenai botol seperti apa yang paling nyaman untuknya.

Cek Fitur Tambahan

Beberapa botol minum memiliki fitur tambahan seperti tas, tali gantung, pegangan, gelas minum, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini dapat menjadi nilai tambah, namun tidak semua anak menyukainya dan merasa nyaman dengannya. Anda pun bisa berdiskusi dengan si kecil, apakah ia menyukai fitur tambahan pada suatu botol atau tidak.

Tipe Botol Minum Untuk Anak

Tipe Langsung

Jika si kecil sudah bisa meneguk air langsung dari botol tanpa menggunakan sedotan, tipe ini baik untuk dipilih. Modelnya simpel, dan mudah untuk dibersihkan. Namun, bagi anak yang masih belum lancar menenggak langsung dan minum sendiri, perlu dilatih dan diingatkan untuk berhati-hati agar tidak tersedak.

Tipe Sedotan

Botol minum tipe sedotan akan lebih cocok untuk anak yang belum bisa minum langsung dari gelas. Botol tipe ini pun lebih tidak mudah tumpah dibandingkan dengan tipe langsung. Sayangnya, botol tipe ini lebih susah untuk dibersihkan, karena bagian sedotannya yang kecil dan sulit dijangkau oleh jari. Namun Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan sikat khusus.

Tipe Cangkir

Keistimewaan utama dari tipe cangkir adalah lebih higienis karena sisa makanan di mulut tidak mudah tercampur dengan air saat minum. Namun, tipe ini tidak lebih praktis dibandingkan dengan tipe langsung dan tipe sedotan karena perlu menuangkan minuman dari botol ke cangkir terlebih dahulu.

Rekomendasi Botol Minum Untuk Buah Hati Anda

Nuby Snack n Sip

Botol minum Nuby Snack n Sip ini berbentuk gelas dan dilengkapi dengan sedotan berbahan silikon yang cukup panjang, sehingga lembut untuk gigi dan gusi anak. Selain bahan sedotan yang aman, terdapat tutup sedotan yang menjaga agar air di botol tidak mudah tumpah. Botol minum ini juga memiliki fitur tambahan berupa wadah kecil untuk tempat camilan seperti biskuit atau potongan buah kecil, sehingga cukup praktis.

Harga Rp. 65.000-100.000

Botol Minum Diller Tritan

Botol minum anak merk Diller Tritan ini cukup unik karena memiliki dua pilihan tutup botol dengan fungsi yang berbeda. Satu tutup botolnya untuk bagian sedotan, dan tutup yang lainnya untuk bagian lubang air tanpa sedotan. Keduanya bisa dipakai secara bergantian, tergantung dengan kebutuhan. Botol minum dari Diller Tritan ini juga dilengkapi dengan tali panjang untuk kemudahan anak ketika membawanya.

Harga Rp. 65.000-85.000

Drink In The Box

Botol minum ini memiliki desain yang transparan dan hadir dengan berbagai warna pilihan yang menarik. Ada dua pilihan ukuran yaitu 235 ml dan 355 ml. Botol minum ini juga dilengkapi dengan sedotan yang lentur.

Anda pun tidak perlu khawatir jika anak Anda suka menggigit sedotan, karena ada sedotan pengganti yang bisa dibeli terpisah. Silicone seal yang terdapat pada botol minum ini membuatnya tidak gampang bocor.

Harga Rp. 35.000-150.000

Botol Minum Anak Eplas EGB 550

Botol minum dari Eplas ini dibuat dari bahan tritan copolyester yang bersifat kuat, tahan banting, dan anti bocor. Botol minum ini juga bebas BPA, dan tidak bau meskipun dimasukkan air panas atau air es sekalipun.

Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan desain yang mengusung masing-masing musim seperti musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Dilengkapi dengan tali panjang, sehingga bisa dikalungkan dengan mudah oleh anak.

Harga Rp. 100.000-150.000

Baby Safe Botol Minum Silikon Spout SK 005

Botol minum Baby Safe ini merupakan salah satu produk training cup yang aman untuk balita. Botol jenis ini biasanya digunakan pada masa peralihan anak dari botol susu ke sedotan atau gelas.

Botol minum ini dilengkapi dengan sedotan yang terbuat dari bahan silikon lembut sehingga tidak melukai gusi anak. Canggihnya, lubang air akan tertutup dengan sendirinya jika sedotan tidak dihisap. Botol ini juga didesain dengan handle anti slip pada salah satu sisinya sehingga akan memudahkan anak saat memegangnya.

Harga Rp. 25.000-35.000

Skip Hop Zoo Straw Bottle

Skip Hop Zoo Straw Bottle hadir dalam berbagai pilihan warna dengan motif yang menarik dan lucu untuk anak-anak. Selain dilengkapi sedotan yang dapat ditutup agar tetap higienis, botol ini juga memiliki tali kecil sehingga dapat digantung di carrier, stroller, atau juga digantung di tas.

Selain digantung, botol ini juga dapat disimpan di dalam sekat bagian samping tas. Hal yang penting adalah botol minum ini juga didesain agar anti tumpah.

Harga Rp. 100.000-150.000

Tupperware New Eco Bottle 1 Liter

Tupperware ini sudah sangat terkenal di kalangan para ibu. Selain kualitas bahannya yang tahan dan baik untuk menjadi wadah makanan, desain dan warnanya juga beragam dan menarik. Salah satu produk andalan Tupperware yang bisa diandalkan sebagai botol minum anak adalah New Eco Bottle.

Produk ini hadir dengan bentuk botol yang lebih ergonomis sehingga nyaman digenggam. Terdapat juga tali mini untuk mempermudah anak ketika membawanya.Tutup botol menggunakan sistem flip cap, sehingga mudah ditutup ataupun dibuka, namun tidak mudah tumpah.

Harga Rp. 70.000-130.000

Sugar Baby Strong Vacuum Stainless Steel Bottle

Multiple Layers of Technology pada botol minum Sugarbaby ini memadukan lapisan ganda stainless steel luar dan dalam. Botol ini juga memiliki ruang hampa udara dan ekstra lapisan tembaga. Dengan teknologi ini, suhu minuman bisa bertahan sangat lama, yakni lebih dari 20 jam untuk air panas.

Jika Anda ingin membekali si kecil dengan botol minum yang berbahan stainless steel, produk ini bisa dipertimbangkan. Karena harganya pun terbilang terjangkau untuk produk botol stainless steel.

Harga Rp. 100.000-150.000

BROS Crystal Basketball Player

Botol minum anak seri Crystal dari BROS ini cukup banyak ini diklaim tak berbau dan kebal terhadap noda. Oleh karena itu, kebersihannya pun jadi lebih terjaga sebagai wadah bagi minuman anak. Anda juga bisa membersihkannya menggunakan dishwasher.

Anda pun tak perlu khawatir akan keamanan botol ini karena sudah memenuhi standar kelebihan lain, seperti sesuai dengan standar Food and Drug Administration (FDA). Bodinya transparan namun juga memiliki sentuhan gambar karakter yang menggemaskan.

Harga Rp. 200.000-250.000

Dodo Bottle Sport Handle Cup Big

Botol minum anak dari Dodo ini bisa dijadikan botol peralihan anak usia di atas 6 bulan yang ingin belajar minum sendiri. Botol minum ini dilengkapi dengan sedotan dan juga pegangan pada sisi kiri dan kanan, agar tidak mudah tergelincir, sehingga memudahkan mereka saat memegang botol.

Sedotan didesain otomatis keluar ketika penutup botol digeser ke atas, dan akan masuk kembali saat digeser ke bawah. Plastik sedotan juga lembut dan BPA free, sehingga aman. Tersedia dalam 3 jenis warna dan corak yang lucu untuk anak-anak.

Harga Rp. 30.000-50.000
From our editorial team

Pastikan Anak Minum Sesuai Dengan Porsinya

Kebutuhan minum sehari adalah 2 liter. Namun, kebutuhan minum anak mungkin berbeda lho. Konsultasikan kebutuhan air harian si kecil dengan dokter anak atau ahli gizi. Pilih botol dari rekomendasi BP-Guide di atas agar anak makin semangat ya!

Tag