9 Rekomendasi Sabun Batangan yang Bagus untuk Wajah

9 Rekomendasi Sabun Batangan yang Bagus untuk Wajah

Kehidupan kita sehari-hari tentu saja tidak akan pernah lepas dari sabun karena sabun inilah yang kita gunakan untuk membersihkan diri agar hilang berbagai macam lemak dan kotoran sehingga wajah dan tubuh kita kembali menjadi segar setelah beraktivitas seharian. Kali ini BP-Guide ingin menyampaikan kepada Anda tentang sabun-sabun batangan yang bagus untuk wajah. Yuk, disimak!

Berkenalan dengan Asal Usul Sabun Batangan

Sabun berasal dari bahasa India yaitu "surfaktan" yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Sejak tahun 2800 SM, sejak air menjadi bagian yang penting untuk kehidupan. Benda mirip sabun ditemui di dalam tabung saat penggalian di Babilonia Kuno.

Sekitar 1500 SM sejarah tentang sabun mulai ditemukan. Bangsa Mesir mulai menggabungkan minyak hewan, sayur-sayur, dan garam alkali yang nantinya digunakan untuk merawat kulit dari penyakit dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Kemudian jauh setelah itu pada abad ke 17, pembuatan sabun di benua Eropa dikerjakan secara besar-besaran dan menjadi suatu kerajinan yang mapan. Produsen utamanya adalah Italia, Spanyol, dan Prancis.

Sabun Batang Sekarang Menjadi Sabun yang Paling Banyak Dipakai

Sabun batangan merupakan jenis sabun yang paling lama dan mungkin juga paling pertama di dunia. Sabun batangan ini memiliki harga yang terbilang murah dan dengan penggunaannya yang mudah membuat sabun batangan menjadi pilihan banyak orang.

Selain itu, sabun batangan juga memiliki keunggulan yang lainnya, seperti bebas SLS serta memiliki pH tinggi dan juga memiliki kandungan pelembap alami dari minyak zaitun atau minyak kelapa.

Tips Memilih Sabun Batang untuk Wajah yang Tepat

Bacalah Label dengan Saksama

Sumber gambar www.fastlabels.co.uk

Untuk memilih sabun batang yang tepat untuk wajah, pertama Anda harus membaca label dengan teliti dan saksama. Bila Anda memiliki kulit wajah yang berjerawat, pilihlah sabun batang dengan kandungan bahan suplementer yang sesedikit mungkin karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit Anda.

Pilihlah juga kandungan bahan yang ramah terhadap kulit karena bahan-bahan tertentu justru bereaksi negatif dan tidak baik untuk kulit. Pengetahuan bahan dasar seperti itu dapat Anda ketahui jika Anda membaca tabel dengan saksama.

Pilih yang Formulanya Sesuai untuk Kulit

Sumber gambar www.amazon.com

Mencuci wajah perlu perhatian yang lebih, karena kulit wajah lebih halus dan tipis jika dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan sembarang sabun untuk membersihkan wajah Anda.

Pada umumnya, ada beberapa jenis kulit manusia, antara lain kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak. Selain itu ada pula jenis kulit kombinasi di mana kulit wajah Anda sebagian kering dan sebagiannya lagi berminyak. Ada pula kulit sensitif yang sangat mudah bereaksi bila bersentuhan langsung dengan benda atau zat tertentu. Pengetahuan tentang kulit Anda sendiri inilah yang membantu Anda memilih sabun muka batangan yang cocok untuk kulit wajah Anda.

Memiliki Manfaat untuk Kecantikan Wajah

Sumber gambar www.pexels.com

Facial foam bertujuan untuk mencuci wajah dan menghilangkan kotoran. Beberapa sabun pembersih muka juga dilengkapi efek menghilangkan sel kulit mati. Selain membersihkan, alangkah baiknya jika memilih sabun cuci wajah yang memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

Pilihlah sabun yang mengandung hyaluranic acid atau sodium hyaluronate, collagen, dan glycerin, karena mengandung pelembap yang akan membuat wajah Anda selalu fresh dan tidak kering.

Pilihlah juga sabun yang mengandung vitamin C karena vitamin C tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga mampu menangkal radikal bebas dan menjadikan kulit tetap sehat dan prima. Vitamin C juga membantu kulit melawan penuaan dini.

Rekomendasi Sabun Batangan Khusus untuk Wajah yang Bisa Dilirik

Mustika Ratu Sabun Wajah Mutiara

Sumber gambar www.tokopedia.com

BP-Guide merekomendasikan beberapa sabun batangan untuk wajah, salah satunya adalah Mustika Ratu Sabun Wajah Mutiara. Sabun batangan ini akan merawat kulit Anda dengan perawatan khas putri keraton. Sabun berbahan alami dan tradisional ini diolah dengan teknologi modern sehingga menghasilkan sabun berkualitas tinggi dengan keharuman yang elegan. Kandungan ekstra mutiaranya membuat kulit Anda lebih cerah dan merona bagai putri keraton.

Untuk dapat membawa pulang sabun untuk wajah berukuran 85 gram ini, Anda dapat membelinya di Tokopedia seharga Rp 20.000.

Tje Fuk Soap Brightening Scrub

Rekomendasi sabun wajah selanjutnya adalah Tje Fuk Soap Brightening Scrub. Sabun mandi kaya busa yang memiliki tekstur yang lembut dan tidak membuat iritasi ini, mengandung moisturizer yang akan membuat wajah Anda lembap dan tidak kering. Scrub lembut akan membuang sel-sel kulit mati secara efektif.

Selain memiliki banyak manfaat, harga dari Tje Fuk Original Brightening Transparent Soap Black With Scrub terbilang juga sangat terjangkau. Anda hanya memerlukan biaya sebesar Rp 37.000 untuk pembelian 100 gr di pusatkosmetik.com atau seharga Rp 40.000 untuk pembelian 100 gr di Lazada.

Dove White Beauty Bar

Dove White Beauty Bar menjadi rekomendasi sabun wajah selanjutnya. Sabun ini akan membersihkan tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit Anda. Dilengkapi dengan moisturising cream yang akan melembapkan kulit Anda dan cepat menyerap hingga ke dalam kulit saat digunakan. Busanya yang ringan memberikan sensasi berbeda ketika Anda mencuci wajah. Manfaat selanjutnya adalah membuat kulit Anda lembut, lembap, kenyal, dan tidak menutup pori-pori.

Anda bisa membeli Dove White Beauty Bar di Lazada dengan harga 90 gr Rp 36.000.

Extraderm Lightening Facial Soap

Rekomendasi sabun wajah selanjutnya adalah sabun Extraderm Lightening Facial Soap. Sabun ini akan membersihkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan serta melembutkan kulit wajah. Selain itu sabun ini juga akan memutihkan kulit wajah dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah Anda.

Anda berminat untuk mencoba sabun untuk wajah ini? Anda dapat membelinya di pusatkosmetik.com seharga 90 gr Rp 20.000 atau di Lazada seharga 90 gr 36.000.

Beliva Sabun Temulawak

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rekomendasi BP-Guide selanjutnya adalah Beliva Sabun Temulawak. Sabun ini mengandung antibiotik alami, seperti sirih dan temulawak untuk mengobati jerawat. Manfaat lain dari sabun ini selanjutnya adalah mengencangkan kulit serta mengatasi gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya.

Cara penggunaan sabun ini adalah, pertama basahi sabun dengan air, lalu usapkan ke wajah kemudian diamkan selama 2 menit dan bilas dengan air. Jika Anda memiliki masalah jerawat atau penyakit kulit lainnya di wajah, sabun ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 86.000.

Jellys Aura White Pure Soap

Sabun wajah selanjutnya adalah Jellys Aura White Pure Soap. Sabun jeli ini akan menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam Anda. Sabun ini juga bermanfaat mencegah dan meminimalkan timbulnya jerawat sehingga jerawat tidak akan kembali lagi. Dengan penggunaan teratur, Anda akan mendapatkan kulit cerah, sehat, mulus, dan terhindar dari radikal bebas.

Penggunaan sabun ini sangatlah simpel, Anda hanya basuh sabun ke wajah dan gosok lembut, kemudian diamkan sekitar 3 menit lalu bilas hingga bersih. Pada pemakaian pertama hasil yang terlihat adalah kulit halus dan mengkilap. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 48.000.

Sabun Susu Lyolan

Rekomendasi sabun wajah berikutnya adalah Sabun Susu Lyolan. Sabun yang terbuat dari susu ini juga dilengkapi butiran scrub yang sangat tinggi nutrisi untuk membuat kulit wajah Anda menjadi putih.

Lyolan Scrub melengkapi pilihan Anda dalam merawat wajah dengan kemewahan protein susu yang berfungsi sebagai pengangkat flek dan sel kulit mati tanpa membuat kulit menjadi kering.

Kandungan nutrisinya yang alami masuk ke dalam jaringan epidermis kulit. Sabun Susu Lyolan ini juga dilengkapi ekstra moisturizer dan vitamin B3 yang menghasilkan kulit Anda lebih lembut, halus, dan tampak lebih putih.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda dapat membeli sabun Susu Lyolan di Tokopedia dengan harga Rp 6.500.

Secret Key Snail Repairing Soap

Sabun wajah selanjutnya adalah Secret Key Snail Repairing Soap. Sabun ini tidak hanya membersihkan kulit Anda, tetapi juga mengencangkan kulit Anda yang mulai kendur. Dilengkapi dengan kandungan utama snail mucus yang berfungsi melembapkan, memberi perlindungan, merawat tekstur kulit, serta mempertahankan nutrisi pada kulit. Sehingga Secret Key Snail Repairing Soap akan membersihkan secara mendalam tanpa membuat kulit Anda kering.

Selain itu, Secret Key Snail Repairing Soap diperkaya dengan komposisi tambahan seperti, coconut oil, tea tree oil, lavender oil, squalane, aloe vera, vitamin E, serta chessnut shell yang akan memberikan energi pada kulit.

Anda dapat membeli Secret Key Snail Repairing Soap dengan harga 100 gr Rp 63.000 di Tokopedia.

Kojie San Skin Lighting Soap

Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi sabun wajah terkakhir oleh BP-Guide adalah Kojie San Skin Lighting Soap. Sabun ini akan membantu menghilangkan jerawat, bintik-bintik di wajah, pigmentasi kulit, dan daging kecil yang sering tumbuh di wajah dan leher.

Kojic Acid bersifat menghambat pertumbuhan melanin di kulit wajah dan tubuh Anda, sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih cerah. Kojie San sangat efektif memutihkan juga menghilangkan bekas-bekas jerawat di wajah dan badan.

Cara pemakaian dari Kojie San Skin Lighting Soap adalah pertama basuh badan dan wajah dengan air, kemudian buatlah busa sabun dengan tangan atau puff. Basuh ke wajah atau tubuh kemudian diamkan selama 3 sampai 5 menit hingga kandungan whitening meresap ke pori-pori. Terakhir bilas dengan air bersih dan hasilnya telah dapat Anda lihat pada pemakaian pertama.

Kojie San Soap 135 gr dapat dibeli di Lazada seharga Rp 60.000.

Terakhir, Waspadai Tanda-tanda Sabun Wajah yang Kurang Cocok untuk Anda

Sumber gambar www.wikihow.com

Terakhir, Anda harus mengetahui tanda-tanda di wajah jika sabun wajah yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit Anda. Tanda-tanda pertama adalah iritasi. Jika setelah mencuci wajah, kulit Anda terasa perih berarti pembersih wajah yang Anda gunakan terlalu keras untuk kulit Anda yang sensitif. Gantilah sabun yang lebih lembut, usahakan yang mengandung gliserin, ceramide, atau hyaluronic acid.

Jika jerawat muncul setelah Anda rutin membersihkan wajah Anda, berarti sabun pembersih Anda memiliki kandungan yang membuat kulit wajah Anda mudah jerawatan.

Jika setelah membersihkan wajah kulit Anda terasa kencang, ini dapat mengindikasikan bahwa sabun cuci muka Anda terlalu kering untuk tipe kulit Anda.

Tanda tanda selanjutnya adalah kulit wajah memerah. Jika wajah Anda memerah setelah dibersihkan dengan sabun, berarti sabun yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit Anda. Sebaiknya pilihlah produk sabun pembersih wajah tanpa pewangi buatan, tetapi yang mengandung ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid. Anda juga disarankan untuk memeriksakan kondisi ini ke dermatolog.

From our editorial team

Gunakan Sabun yang Sesuai dan Jangan Berlebihan

Setiap orang pasti menginginkan wajah yang cerah dan sehat yang enak dipandang mata, Akan tetapi pada kenyataannya terkadang hal tersebut tidak dapat diperoleh dan bahkan seseorang harus berjuang agar dapat memperoleh wajah yang bersih dari jerawat dan menarik. Pilihlah sabun wajah dengan saksama, jangan sembarangan, dan jangan berlebihan, apalagi berganti-ganti sabun wajah untuk percobaan.

Salah satu faktor yang membuat wajah menjadi bersih adalah gaya hidup. Maka Anda harus memperbaiki gaya hidup Anda, seperti: kurangi makanan-makanan yang tidak sehat, perbanyak minum air putih, olahraga, dan beristirahat yang cukup. Lalu bagi Anda yang Muslim, perbanyak berwudhu, karena selain untuk melestarikan sunnah namun juga dapat membantu mencerahkan wajah.

Tag