10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal dan Kenali Tips Memilihnya (2022)

10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal dan Kenali Tips Memilihnya (2022)

Rutinas penting yang perlu Anda lakukan dalam perawatan wajah adalah membersihkan wajah. Dalam dunia skincare, cleansing balm menjadi salah satu pembersih wajah yang cukup banyak digunakan. Anda perlu mengetahui tips memilih cleansing balm agar cocok dengan kulit Anda. BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi cleansing balm lokal terbaik sebagai referensi untuk Anda.

Cleansing Balm Sebagai Pembersih Wajah

Ketika Anda melakukan perawatan wajah, rutinitas penting yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan wajah. Dalam dunia skincare, cleansing balm menjadi salah satu pembersih wajah yang cukup banyak digunakan. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid yang akan meleleh pada suhu tubuh.

Saat ini Anda bisa menemukan cleansing balm merk lokal dengan mudah. Namun, dengan banyaknya merek yang dipasarkan maka akan membuat Anda kebingungan.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda juga perlu mengetahui tips memilih cleansing balm terlebih dahulu. Kemudian BP-Guide akan memberikan rekomendasi cleansing balm lokal sebagai referensi untuk Anda yang akan membeli produk ini.

Tips Memilih Cleansing Balm Agar Tidak Salah Pilih

Cleansing balm memiliki jenis yang harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Oleh karena itu, agar Anda mendapatkan cleansing balm yang cocok maka perlu mengetahui tips memilih cleansing balm berikut ini.

Cleansing Balm Dengan Kandungan Bahan Alami dan Vitamin

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli cleansing balm adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya. Anda sebaiknya mencari cleansing balm yang mengandung bahan-bahan alami, seperti ekstrak tumbuhan atau ekstrak bunga.

Anda juga perlu mencari cleansing balm yang memiliki vitamin dengan kandungan antioksidan untuk menutrisi sekaligus merawat kulit dari efek buruk radikal bebas. Dengan perpaduan bahan tersebut, maka Anda akan mendapatkan cleansing balm yang mampu membersihkan wajah, sekaligus melembapkan dan menutrisi wajah.

Utamakan Cleansing Balm Yang Dapat Teremulsi Dengan Air

Pada cleansing balm ada yang teremulsi dengan air dan ada yang tidak. Agar lebih praktis untuk mengangkat sisa residu tanpa menggunakan kain, maka sebaiknya pilih cleansing balm yang dapat teremulsi dengan air.

Anda hanya perlu membasuhnya dengan air, maka tekstur cleansing balm akan mulai meleleh menjadi silky oil dan milky. Selain itu, untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit Anda maka gunakan cleansing balm yang dapat teremulsi dengan air karena bisa meminimalisir gesekan pada kulit Anda.

Perhatikan Kandungan Oil Dalam Cleansing Balm

Hal yang juga perlu Anda perhatikan saat membeli cleansing balm adalah kandungan oil. Sebaiknya, cleansing balm yang Anda beli memiliki kandungan natural oils yang tinggi.

Hal ini disebabkan karena dengan kandungan natural oils dapat dengan mudah diserap oleh kulit, sehingga menimbulkan efek hidrasi yang dibutuhkan kulit. Anda juga perlu menghindari produk cleansing balm yang memiliki kandungan mineral oils, karena sifatnya yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Memiliki Kandungan Surfaktan

Bahan pembersih ini disebut surfaktan merupakan bagian penting dari cleansing balm yang efektif. Hal ini dikarenakan tanpa surfaktan maka minyak dalam balm tidak akan terbasuh secara menyeluruh dari kulit.

Hal ini justru akan menyebabkan pori-pori tersumbat, minyak berlebih, dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih cleansing balm yang mengandung surfaktan sempurna.

Pilih Cleansing Balm Tanpa Kandungan Zat Aditif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka pilihlah cleansing balm berdasarkan alergen dan reaktan di kulit Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu kandungan dalam cleansing balm.

Pada umumnya, pembersih all in one memang sangat jarang ditemui kandungan bahan kimia berbahaya. Hal ini disebabkan karena cleansing balm cenderung terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada juga cleansing balm yang memiliki kandungan yang tidak baik untuk kulit sensitif.

Misalnya seperti paraben, parfum, sulfate, silikon, dan alkohol. Jika Anda menemukan kandungan tersebut pada suatu produk cleansing balm, maka sebaiknya Anda cari produk lain dan harus lebih selektif agar tidak membahayakan kulit sensitif Anda.

Ini Dia Rekomendasi Cleansing Balm Lokal

SOMETHINC Omega Butter Deep Cleansing Balm

Somethinc telah membuat cleanser berbentuk balm yang diinfus dengan Botanical Extracts, OMEGA 3-6-9, dan vitamin. Dengan kandungan tersebut maka produk ini dapat meluruhkan seluruh kotoran, sebum berlebih, dan sunscreen waterproof. Selain itu, juga memberikan antioxidant pada kulit tanpa meninggalkan residu, perih, dan meninggalkan kulit yang bersih serta lembab.

Produk yang telah diresmikan oleh BPOM ini juga diklaim dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Beberapa bahan lain dalam cleansing balm ini adalah Sea Buckthorn yang membantu mengurangi iritasi, melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi radikal bebas.

Cleansing balm ini dapat menghaluskan kulit, menghambat penuaan dini, melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, karena adanya bahan Pyrus Malus (Apple) Seed.

Dengan adanya bahan Mugwort dapat membantu Anda dalam mengatasi kemerahan, radang, serta memperkuat lapisan pelindung kulit. Helianthus Annuus (Sunflower) Seed yang merupakan bahan yang dapat membantu dalam melembabkan kulit, antioksidan kuat yang melindungi kulit dari stress external, membantu memperbaiki skin barrier, membantu proses regenerasi sel kulit, menjaga elastisitas, dan membantu mencegah pembentukan garis halus.

Bahan Centella Asiatica yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier, membantu mengurangi beruntusan, membantu meredakan jerawat, dan menenangkan kulit Anda yang teriritasi.

Cleanser ini cocok untuk remaja, jadi boleh dipakai dari umur 11 tahun ke atas. Cara pemakaian cleanser ini adalah pastikan dulu wajah Anda dalam kondisi kering. Setelah itu, ambil cleansing balm ke telapak tangan lalu balurkan ke kulit dengan gerakan memijat hingga kulit terasa bersih. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Harga Rp. 37.500-624.297

Fanbo All in One Deep Cleansing Balm

Cleansing balm ini memiliki berbagai varian, namun tetap memiliki fungsi yang sama. Cleansing balm ini dapat membantu Anda untuk menghapus make up waterproof dan long lasting dengan mudah tanpa dibilas air. Terdapat tiga varian yang memiliki kandungan yang berbeda.

Varian Sakura Extract, dengan kandungan ekstrak sakura maka dapat melembapkan dan membuat kulit Anda tampak cerah. Cleansing balm variasi ini dianjurkan untuk kulit kering dan sensitif.

Varian berikutnya adalah Tea Tree Oil, yang cocok digunakan untuk kulit berminyak dan sensitif. Diformulasikan dengan Tea Tree Oil yang dapat membantu melindungi kulit dari jerawat, menyejukkan kulit kemerahan, melembapkan dan mengontrol minyak.

Terdapat juga varian Lemon Extract yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit normal. Mengandung bahan aktif yang natural seperti ekstrak lemon yang dapat membuat kulit tampak bersinar, menyamarkan noda hitam dan mengurangi pigmentasi.

Cara menggunakan cleansing balm ini adalah dengan menggunakan spatula yang telah disediakan untuk mengambil balm. Kemudian Anda oleskan cleansing balm pada seluruh wajah dan pijat dengan lembut. Setelah itu, lap dengan handuk kering atau kapas untuk membersihkan riasan dan kotoran di kulit Anda.

Harga Rp. 38.000-113.540

AQUILA Two Way Natural Cleansing Balm

Cleansing Balm dari Aquila ini terbuat dari beberapa bahan seperti avocado, shea butter, rosehip, lavender, citrus family dan jojoba oil. Dengan kandungan tersebut membuat cleansing balm ini memiliki banyak fungsi. Dengan deep cleansing yang dapat membersihkan makeup waterproof seperti lipstik, eye liner, mascara dan lain sebagainya.

Sebagai daily cleanser, dapat digunakan untuk pembersih wajah harian. Sebagai pollution out dapat membersihkan secara mendalam debu dan polusi, sehingga cocok untuk yang beraktivitas di luar seharian.

Selain itu, cleansing balm ini mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini. Jika Anda ingin menjaga kekencangan kulit gunakanlah cleansing balm ini, karena dapat menjaga elastisitas kulit sekaligus membuat wajah lebih segar dan bersinar.

Cleansing balm ini dapat digunakan dengan dua cara yaitu kering dan basah. Cara kering yaitu dengan oleskan cleansing balm pada bagian yg akan dibersihkan. Kemudian pijat memutar dan lap dengan tisu atau kapas. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi bersih sekaligus terasa lembab.

Cara basah dapat dilakukan dengan oleskan cleansing balm pada bagian yang akan dibersihkan. Kemudian pijat memutar dan percikkan sedikit air hingga warna memutih lalu bilas. Ini akan membuat kulit Anda menjadi terasa bersih dan kesat.

Harga Rp. 115.000-369.500

Gentle Hour Cleansing Balm

Cleansing balm ini memiliki formula balm to oil dimana balm akan meleleh menjadi minyak yang mampu dengan efektif membersihkan kulit wajah dari segala jenis produk makeup hingga sunscreen, polutan dan kotoran tanpa mengiritasi kulit.

Bahan utama dari cleansing balm ini adalah avocado oil yang membantu dalam melembapkan, anti-inflamasi, dan merevitalisasi. Minyak alpukat membuat kulit terasa lembut dan halus, relaksasi yang sempurna setelah seharian beraktivitas dalam maupun luar ruangan.

Kandungan almond oil dengan kualitas alaminya dapat menenangkan kulit Anda sekaligus membantu melembapkan kulit kering. Cleansing balm ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Cara penggunaan cleansing balm ini yaitu sendok sedikit balm menggunakan spatula dan oleskan pada wajah.

Kemudian dengan menggunakan ujung jari, pijat perlahan pada kulit kering dengan gerakan melingkar untuk mengubah balm menjadi minyak untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu, tambahkan sedikit air untuk mengemulsi minyak menjadi seperti susu sambil dipijat dan bilas hingga bersih dengan air hangat. Cleansing balm ini aman digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam hari.

Harga Rp. 240.000-387.500

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Jika Anda memiliki komedo (blackhead) yang timbul akibat minyak berlebih yang menumpuk di dalam pori kulit dan menghitam karena teroksidasi. Maka pembersih wajah biasa tidak cukup untuk mencegah timbulnya komedo tersebut.

Anda perlu menggunakan Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm secara teratur untuk bantu bersihkan pori-pori wajah. Tidak hanya itu, dengan produk ini juga akan membuat kulit Anda tampak lebih bersih, halus dan terawat.

Tekstur balm ini terasa lembut dengan formula nyaman di kulit. Cara penggunaanya adalah dengan ambil produk dengan telunjuk secukupnya dan oleskan pada area wajah dimana terdapat blackhead dan whitehead.

Kemudian pijat dengan lembut kulit Anda selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu, bersihkan dengan cara di bilas menggunakan pure foaming cleanser atau air hangat.

Harga Rp. 28.875-190.500

It's Vegan Double Cleansing Balm

Cleansing balm ini memiliki kandungan utama yaitu sunflower oil, castor oil, candelilla wax, shea butter, olive oil, avocado oil, jojoba seed oil, rosa canina seed oil, lavender oil, dan citrus oil. Dengan kandungan tersebut maka cleansing balm ini memiliki sejumlah manfaat.

Fungsi utama yaitu membersihkan makeup, sunblock, dan debu secara menyeluruh. Fungsi lain dari cleansing balm ini adalah dapat membantu melembapkan kulit, menutrisi kulit, mencerahkan dan meremajakan kulit, membuat kulit terasa kenyal dan elastis.

Selain itu, cleansing balm ini juga bermanfaat sebagai anti oksidan yang memperlambat penuaan. Kandungan surfactant yang terdapat dalam polyglyceryl membuat aman jika tidak menggunakan second cleanser.

Cara menggunakan cleansing balm ini adalah dengan mengambil secukupnya Vegan Double Cleansing Balm, kemudian oleskan secara merata. Pijat melingkar sampai makeup, debu atau oil plugs terangkat. Setelah itu, bersihkan dengan dengan air bersih atau kapas.

Harga Rp. 85.000-198.500

Omniskin Peach And Pore Meltaway Cleansing Balm

Cleansing balm dari Omniskin ini memiliki kandungan ekstrak buah Peach and Geranium Oil yang bermanfaat untuk menghapus makeup, membersihkan pori, serta mencegah penyumbatan dan mengurangi blackhead. Tekstur yang melt pada cleansing balm mampu membersihkan makeup setebal apapun dan juga makeup waterproof sekalipun.

Cara menggunakan cleansing balm ini adalah dengan oleskan secukupnya pada beberapa titik dalam wajah. Kemudian ratakan dan gosok dengan gerakan melingkar hingga bedak dan make up larut dengan sempurna.

Setelah itu, basahi dengan sedikit air dan gosok lagi hingga semua balm pada kulit berubah menjadi air susu. Lalu bilas dengan air hingga bersih dan lanjutkan mencuci wajah dengan sabun wajah.

Harga Rp. 89.000-178.000

Raecca Miracle Balm

Raecca Miracle Balm adalah cleansing balm 3 in 1, multifungsi dan gentle untuk kulit wajah bahkan untuk yang memiliki kulit sensitif. Selain untuk membersihkan dan menghapus makeup, cleansing balm Raecca juga memberikan kelembapan pada kulit wajah Anda.

Kandungan dalam cleansing balm ini seperti olive oil dan camelia oil, bekerja sebagai anti aging. Bahan aktif lain yang terkandung pada cleansing balm ini adalah centella asiatica, fallopia japonica, baikal skullcap, licorice, matricaria dan rosemary.

Cara penggunaan cleansing balm ini adalah dengan lelehkan cleanser secukupnya pada telapak tangan. Kemudian usap dengan air dan aplikasikan pada wajah dan leher. Anda perlu memijat lembut bagian wajah dengan gerakan memutar dan bilas hingga bersih.

Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan face wash. Cleansing balm ini dapat digunakan pada pagi dan malam hari sesuai kebutuhan kulit.

Harga Rp. 89.100-229.436

Upmost Skin Nourishing Cleansing Balm

Cleansing balm ini memiliki formula yang dapat menghilangkan riasan secara efektif, dan membuat kulit Anda terasa lembut serta ternutrisi. Memiliki formulanya yang lembut, sehingga cocok untuk semua jenis kulit dari normal hingga sensitif. Teksturnya yang halus di kulit dapat membersihkan kotoran dengan sempurna.

Cleansing balm ini juga mengandung banyak bahan bermanfaat seperti shea butter, sunflower seed oil, jojoba oil, tea tree leaf oil, macadamia seed oil, grape seed oil, rose water, chrysanthellum indicum extract, jasmine extract dan lemon extract. Cleansing balm ini telah bersertifikasi BPOM, halal, cruelty free, bebas dari paraben, sulphate dan phthalates.

Anda dapat mengaplikasikan cleansing balm ini dengan menggunakan spatula. Pertama, ambil balm secukupnya dan oleskan ke kulit. Kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar ke seluruh area wajah hingga semua kotoran meleleh.

Balm akan berubah menjadi minyak saat menyentuh suhu tubuh kulit. Setelah itu, bilas dengan air hangat untuk mengemulsi minyak menjadi larutan berwarna seperti susu dan bilas hingga bersih. Jika sudah bersih Anda dapat melanjutkan dengan pembersih berbasis non minyak.

Harga Rp. 191.200-382.400

RyoonaAll in One Daily Cleanser

Cleansing balm ini mengandung 8 bahan aktif yaitu Butyrospermum Parkii (shea), sunflower (helianthus annuus) seed oil, vitis vinifera (grape) seed oil berfungsi sebagai emollient. Ada juga argania spinosa kernel (argan) oil, jasminum sambac (jasmine flower) extract, rosa canina flower extract, citrus limon fruit extract dan melaleuca alternafolia (tea tree) leaf oil. Dengan bahan tersebut membuat Ryoona All in 1 Daily Cleanser menjadi cleansing balm sebagai pembersih wajah berbasis minyak yang dapat membersihkan kulit wajah dari make up, sunscreen, maupun debu dan polusi.

Cleansing balm ini aman dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Selain itu, cleansing balm ini juga dapat melembapkan kulit sehingga tidak membuat kulit kering.

Saat mengaplikasikan cleansing balm ini Anda perlu mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian ambil sedikit balm dengan spatula. Pijat perlahan pada kulit yang masih kering dengan gerakan melingkar hingga balm berubah menjadi minyak.

Tambahkan sedikit air untuk mengemulsi minyak menjadi seperti susu sambil tetap dipijat. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Harga Rp. 139.500-398.271
From our editorial team

Pilih Cleansing Balm yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Itulah beberapa rekomendasi cleansing balm lokal sebagai referensi untuk Anda. Menggunakan cleansing balm ini akan membuat wajah Anda bersih dari makeup atau debu dengan lebih maksimal. Perlu Anda ketahui, untuk memilih cleansing balm lokal berdasarkan jenis atau permasalahan kulit. Anda juga dapat melihat kandungan atau bahan utama serta fungsinya pada kulit dalam produk cleansing balm lokal tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.