10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik yang Bersihkan Wajah dari Makeup dengan Sempurna! (2021)

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik yang Bersihkan Wajah dari Makeup dengan Sempurna! (2021)

Cleansing oil merupakan salah satu produk pembersih wajah yang wajib kamu coba. Ini cocok untuk kamu yang kerap memakai makeup waterproof. Kandungan minyak di dalamnya akan membantu melunturkan makeup yang sulit dihilangkan. Nah, simak tips memilih cleansing oil dan juga rekomendasinya terbaik dari BP-Guide!

Cleansing Oil Lebih dari Sekadar Pembersih Makeup

Untuk membersihkan muka, ada banyak produk skincare yang bisa kita gunakan. Salah satu yang banyak diminati adalah cleansing oil. Jenis pembersih wajah yang satu ini ampuh membantu membersihkan makeup yang transferproof maupun yang waterproof. Produk yang satu ini terbuat dari kandungan minyak esensial alami seperti grapeseed oil, almond oil, olive oil, hingga sunflower oil.

Memakai cleansing oil sebagai pembersih makeup membuat kita jadi lebih mudah membersihkan wajah. Kotoran, debu, dan minyak ikut terangkat dan membuat wajah jadi lebih bersih dan segar. Nah, ternyata, selain bisa membersihkan makeup, cleansing oil juga memiliki sederet manfaat lainnya.

Pertama, cleansing oil bisa digunakan untuk membantu mencegah jerawat muncul di wajah. Pemakaian facial foam tak jarang hanya membuat kulit makin kering. Jika sudah begini, maka kelenjar sebum akan memproduksi minyak dalam jumlah lebih banyak dan pada akhirnya menyumbat pori-pori sehingga kamu lebih rawan berjerawat. Memakai cleansing oil akan lebih aman ketimbang facial foam. Cleansing oil juga hadir dengan bahan antibacterial sehingga bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat pada wajah.

Manfaat lainnya adalah, cleansing oil bisa melembapkan kulit tanpa berlebihan. Ini karena cleansing oil terbuat dari minyak esensial yang baik untuk kulit. Saat kelembapan kulit terjaga maka kondisi kulit jadi lebih kenyal, elastis, awet muda, dan tampak lebih sehat.

Memakai cleansing oil untuk membersihkan wajah juga bisa membantu kamu menghemat pemakaian makeup remover. Jika biasanya kamu butuh milk cleanser dan toner atau micellar water dan facial foam, kini kamu hanya butuh cleansing oil saja untuk membersihkan makeup. Ini karena micellar water dan milk cleanser saja atau facial foam saja kurang bisa menghapus makeup, utamanya yang waterproof dengan sempurna. Namun, dengan hanya memakai cleansing oil, kamu bisa membersihkan semua bagian wajah termasuk mata dan bibir, jelas ini lebih hemat, bukan?

Pemakaian cleansing oil secara teratur mampu membuat kulit kamu tampak lebih sehat dan juga dewy. Cleansing oil dilengkapi dengan zat antioksidan, antiinflamasi, dan aneka vitamin yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat, dewy, dan tampak flawless.

Cara Tepat Memilih Cleansing Oil

Pilih Karakteristik Cleansing Oil

Saat memutuskan memakai cleansing oil, kamu perlu mengetahui dulu karakteristik cleansing oil yang akan kamu pilih. Setiap produk cleansing oil memiliki karakter uniknya sendiri. Secara umum, ada 4 karakteristik cleansing oil yang bisa kamu pilih.

Pertama, ada cleansing oil dengan karakter lightweight cleansing oil. Teksturnya ringan sehingga sangat mudah dibilas. Produk semcam ini juga bisa mengangkat kotoran di wajah tanpa meninggalkan rasa berat dan lengket pada kulit. Lighweight cleansing oil cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kulit berminyak, atau kulit berjerawat.

Sementaraitu, untuk kamu yang memiliki kulit kering bisa mengandalkan cleansing oil yang memiliki karakter deep cleansing. Cleansing oil semacam ini tidak hanya mengangkat kotoran dari pori-pori wajah namun juga bisa mengangkat makeup waterproof dari wajah. Deep cleansing oil cocok juga digunakan untuk kulit sensitif.

Jika kulit kamu mudah berjerawat dan bersisik, ada baiknya memiliki cleansing oil dengan karakteristik exfoliate. Jenis pembersih yang satu ini bisa membuat wajah tampak lebih sehat dan berseri. Exfoliating cleansing oil akan bikin wajah bebas jerawat dan lebih mulus karena bisa membantu mengangat sel kulit mati yang tertinggal di wajah.

Terakhir, ada cleansing oil dengan karakter soothe. Sesuai namanya, selain bisa membersihkan wajah juga bisa menenangkan dan melembutkan kulit. Di dalam soothing cleansing oil terdapat bahan seperti vitamin E, green tea extract, dan grape seed oil sehingga bisa membuat kulit jadi lebih halus.

Pastikan Tidak Menyumbat Pori-pori

Pastikan kamu memilih cleansing oil yang tidak akan menyumbat pori-pori. Pilih yang formulanya ringan sehingga tidak meninggalkan residu minyak di pori-pori yang bis berpotensi menimbulkan jerawat dan juga komedo. Kamu tentu tidak mau memiliki kulit yang bersih namun pembersihnya bisa memicu munculnya jerawat, bukan? Maka dari itu, telitilah dengan benar klaim yang ditulis pada cleansing oil pilihan kamu.

Sesuaikan Jenis Kulit

Tentu saja kamu harus menyesuaikan cleansing oil yang kamu gunakan dengan jenis kulitmu. Ini supaya kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari produk yang kamu gunakan.

Jika kamu memiliki kulit kering maka pastikan cleansing oil tidak hanya bisa membersihkan kulit dengan lembut namun juga bisa menutrisi kulit agar kelembapannya bisa terjaga dengan maksimal. Gunakan cleansing oil yang mengandung minyak alami seperti minyak zaitun, minyak biji apricot, minyak jojoba, dan minyak argan.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka pilih cleansing oil yang bisa menyeimbangkan produksi sebum di kulit. Pilih cleansing oil dengan bahan ringan yang tidak menyumbat pori-pori. Contoh bahan yang sesuai adalah minyak lavender, minyak argan, minyak tea tree, dan minyak alpukat.

Lain halnya jika kamu memiliki kulit kombinasi. Kamu butuh cleansing oil yang bisa menutrisi dan merawat penampilan kulit. Gunakan cleansing oil yang mengandung minyak argan, minyak biji aprikot, minyak jojoba, dan minyak bunga matahari.

Nah, kalau kamu memiliki kulit berjerawat, ada baiknya kamu memilih cleansing oil yang bisa mengontrol jerawat dan komedo di wajah. Pilih yang hadir dengan minyak yang bersifat astringent seperti minyak tea tree, minyak argan, minyak lavender, dan minyak geranium.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa memilih cleansing oil yang memiliki formulasi sederhana. Hindari cleansing oil dengan kandungan parfum atau pewarna. Hindari juga minyak esensial karena bisa mengiritasi kulit. Ada baiknya kamu memilih jenis minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak castor, atau minyak jojoba karena terbukti aman untuk kulit sensitif.

Ini Dia Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Nivea Soothing Cleansing Oil

Nivea Soothing Cleansing Oil bisa jadi pilihan pertama kamu. Produk yang satu ini hadir dengan fomula yang sangat ringan. Ini membuatnya tidak meninggalkan residu pada wajah. Kulit kamu juga bisa lebih lembut dan halus karena karakteristiknya tergolong sebagai soothing cleansing oil. Produk yang satu ini hadir dengan minyak biji anggur alami yang bisa menghilangkan sisa makeup, kotoran, dan minyak di wajah sehingga membuat wajah lebih bersih maksimal.

Harga Rp. 64.000-92.000

Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Somethinc Alpha Squalane tergolong sebagai deep cleansing oil. Hadir dengan oil vegan yang ampuh mengangkat minyak, debu, kotoran, hingga waterproof makeup dari wajah, produk juga bisa membersihkan sunscreen dengan baik. Cleansing oil dengan teknologi micelle ini bisa mengikat kotoran dan mengubahnya jadi bertekstur lembut saat berkontak dengan air. Hasilnya, kulit lebih bersih tanpa residu.

Cleansing oil yang satu ini bersifat less comefogenic sehingga tidak menimbulkan komedo pada wajah. Tidak ada efek stripping pada kulit sehingga lebih aman digunakan. ada ukuran 40 ml dan 100 ml yang tersedia.

Harga Rp. 89.000-169.000

Shiseido Perfect Cleansing Oil

Shiseido Perfect Cleansing Oil tentu bisa jadi pilihan sempurnamu selanjutnya. Produk yang satu ini akan membuat wajah terasa bersih tanpa meninggalkan rasa yang berat. Cleansing oilnya ringan sehingga efektif membersihkan pori-pori wajah untuk menghilangkan kotoran dan makeup waterproof.

Dengan teknologi shiseido gentle quick removing, cleansing ini bisa dipakai pada kulit dalam kondisi kering atau basah. Produk ini bisa juga dibilas dengan cepat karena termasuk lighweight cleansing oil.

Harga Rp. 248.000-650.000

Kose Softymo Speedy Cleansing Oil

Kose Softymo Speedy Cleansing Oil dikemas dalam ukuran 230 ml. Pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur ringan sehingga tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Gunakan untuk membersihkan makeup waterproof dengan sempurna, termasuk makeup mata dan juga bibir.

Pembersih yang satu ini juga bisa melembapkan kulit dengan maksimal. Cukup pompakan produk pada tangan lalu aplikasikan pada wajah dan pijat dengan lembut. Bilas dengan air hingga bersih.

Harga Rp. 125.000-182.000

Kiehl's Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil

Kiehl's Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil hadir dalam dua pilihan ukuran kemasan yakni 40 ml dan 175 ml. Dengan formula double cleansing, produk ini bisa membersihkan wajah dengan lebih maksimal. Terbuat dari aneka bahan botanical, produknya aman untuk kulit.

Cleanser ini sedikit memberikan rasa kencang usai digunakan. Karena efek tersebut, cleanser kurang cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Terlebih lagi, cleanser ini juga hadir dengan aroma lavender yang menenangkan namun sedikit mengganggu untuk kamu yang tidak suka pewangi dalam produk cleansing oil.

Harga Rp. 50.000-501.000

Biore Cleansing Oil

Biore Cleansing Oil bisa jadi andalan kamu karena formulanya sangat bagus. Produk ini hadir dengan kandungan utama yang bisa mengangkat minyak di wajah dengan sempurna. Cleanser bisa dipakai dalam keadaan basah atau kering. Kamu bisa juga mengandalkannya untuk membersihkan makeup tebal dan waterproof. Cleanser cocok untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan pria maupun wanita.

Harga Rp. 66.000-83.000

Sulwhasoo Gentle Cleansing Oil

Sulwhasoo Gentle Cleansing Oil tergolong sebagai cleanser yang bagus untuk kamu andalkan setiap hari. Terbuat dari aneka bahan herbal tradisional Korea, cleanser bisa membuat wajah tetap bersih terawat. Produk mengandalkan tanaman herbal Korea seperti apricot kernel oil dan tangerine peel extract yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, ada teknologi inovasi hydra capture complex yang bisa menjaga kelembapan kulit dengan maksimal.

Teksturnya ringan sehingga tidak akan meninggalkan residu minyak di wajah. Cocok untuk semua jenis kulit, produk dikemas dalam ukuran 50 ml, 200 ml, dan 400 ml.

Harga Rp. 66.000-579.000

Innisfree Apple Seed Cleansing Oil

Innisfree Apple Seed Cleansing Oil adalah cleanser dengan minyak biji apel dan ekstrak buah apel. Kedua bahan tersebut akan membantu membersihkan kulit wajah dengan maksimal. Selain itu, kulit juga jadi lembut dan segar maksimal. Cleanser cocok untuk semua jenis kulit.

Selain bisa mengangkat sel kulit mati juga bisa mencerahkan wajah. Kandungan minyaknya juga bisa mengangkat sisa makeup dengan lembut tanpa membuat kulit iritasi. Aroma apelnya ringan dan menenangkan sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 139.000-195.000

The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil Cleanser

The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil Cleanser merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini teksturnya ringan sehingga tidak meninggalkan kesan berat di wajah. Dengan bahan chamomile extract, produk ini juga bisa mengangkat makeup waterproof sekalipun. Kulit jadi terasa lebih lembut dan bersih. Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Pijat lembut dengan gerakan memutar lalu segera bilas dengan air.

Harga Rp. 199.000

Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil

Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini efektif membersihkan debu, kotoran, minyak, dan makeup waterproof dari wajah. Dengan formula dari bahan-bahan natural seperti, minyak delima, minyak argan, dan ekstrak magnolia berry, cleansing oil ini kaya antioksidan dan fitronutrien.

Cukup pijatkan lembut pada wajah lalu bilas hingga kulit bersih menyeluruh. Ada kandungan antiaging dalam produk yang bisa membantu mengurangi garis halus di wajah. Cleansing oil ini cocok untuk semua jenis kulit. Aman juga digunakan ibu hamil dan menyusui karena sudah melalui uji klinis. Produk sudah tersertifikasi halal dan juga sudah memiliki sertifikasi BPOM.

Harga Rp. 180.000-199.000
From our editorial team

Pilih yang Mudah Dibilas

Salah satu cara paling tepat untuk memilih cleansing oil adalah mengutamakan yang mudah dibilas. Pastikan cleansing oil mudah larut dengan air sehingga tidak membuatmu harus menggosok dengan keras untuk menghilangkan kotoran dan sisa minyak di wajah. Gerakan menggosok terlalu keras bisa memicu kerutan di wajah. Cleansing oil yang mudah dibilas juga membuat wajahmu bebas dari residu produk cleansing oil sehingga tidak akan menyunbat pori-pori dan menimbulkan jerawat atau komedo.