10 Rekomendasi Alat Pertanian Modern Ini Dapat Membuat Pekerjaan Mengolah Lahan Pertanian Menjadi Lebih Efisien (2019)

10 Rekomendasi Alat Pertanian Modern Ini Dapat Membuat Pekerjaan Mengolah Lahan Pertanian Menjadi Lebih Efisien (2019)

Kecanggihan teknologi membuat segala pekerjaan kita jadi lebih mudah. Di sektor pertanian, beragam alat canggih diperkenalkan untuk mempercepat proses cocok tanam. Kenali yuk apa saja alat pertanian modern masa kini!

Mengikuti Perubahan Zaman, Alat Pertanian Modern Kini Menggantikan Alat Pertanian Tradisional

Perkembangan teknologi memang menyentuh seluruh sendi kehidupan. Makin canggihnya teknologi pertanian membuat kita memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis pertanian.

Hadirnya aneka mesin dan alat canggih akan makin mempermudah kita dalam mengelola tanah pertanian. Dari cara penanaman, perawatan, hingga pemanenan kini sudah bisa dibantu oleh alat inovasi yang inovatif dalam pertanian. Bersama BP-Guide kita intip yuk apa saja fungsi alat pertanian modern masa kini.

Fungsi Alat Pertanian Modern

Mempersingkat Waktu Kerja

Tidak dipungkiri bahwa salah satu faktor pembuat naiknya kesuksesan dalam bercocok tanam adalah hadirnya alat pertanian yang lebih modern dan lebih praktis. Pada zaman yang serba instan seperti sekarang, aneka terobosan dibuat perusahaan besar untuk membuat alat pertanian modern. Ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan petani supaya lebih mudah dalam mengolah lahannya.

Maka akan sangat disayangkan jika petani belum banyak mengenal aneka teknologi dalam pertanian modern. Karena dengan bantuan aneka alat ini maka para petani bisa bekerja dengan hasil yang lebih maksimal. Alat pertanian modern bisa membuat petani menggarap lahan luas dengan cepat dan membuat waktu kerja mereka jadi lebih singkat.

Meningkatkan Perekonomian

Sektor pertanian menjadi salah satu komponen pembangunan nasional. Jika pertaniannya maju maka kita bisa menuju swasembada pangan untuk turut berpartisipasi dalam hal mengentaskan kemiskinan. Saat hasil pertanian melimpah dan kita bisa melakukan swasembada pangan tentu artinya perekonomian kita jadi lebih meningkat.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan mesin pertanian secara besar-besaran untuk pengolahan lahan sampai dengan tahap panen dan pasca-panen. Dengan memakai berbagai alat modern dalam pertanian maka kegiatan usaha pertanian menjadi pertanian yang modern guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Meringankan Beban Pekerjaan

Indonesia merupakan negara agraris di mana pertanian menjadi salah satu sektor utamanya. Lewat pertanian, negara bisa memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Oleh karena itu hadirnya alat pertanian modern akan sangat penting dalam kegiatan bercocok tanam. Beban pekerjaan petani pun menjadi berkurang.

Mempermudah Pemeliharaan Lahan

Saat ini pemeliharaan lahan lebih mudah untuk dilakukan dengan bantuan berbagai alat modern. Baik saat penanaman, menunggu masa panen, hingga saat panen. Lahan akan lebih mudah dirawat, tanaman juga lebih subur, dan hasilnya lebih melimpah.

10 Macam Alat-alat Pertanian Modern

Traktor

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pemakaian alat dan mesin modern tentunya bisa mempercepat proses pengolahan produksi pertanian. Traktor menjadi salah satu alat yang paling menunjang kegiatan petani dalam hal pengolahan tanah.

Traktor Kubota KRT-140 ini bisa menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengolah tanah lebih mudah. Dengan memakai mesin diesel Kubota sebagai penggeraknya, traktor ini memiliki sistem Direct Injection yang menghasilkan tenaga responsif serta irit bahan bakar. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 95 juta.

Rotavator

Sumber gambar www.bukalapak.com

Selanjutnya ada alat bernama rotavator yang bisa membantu proses bercocok tanam supaya lebih mudah dilakukan. Ini adalah alat yang bisa digunakan untuk menyiapkan tanah supaya lebih siap ditanami. Mesin bermotor ini hadir dengan bilah berputar untuk membalikkan tanah.

HOWARD Rotavator B16 Light Duty menjadi rekomendasi kami untuk alat pertanian modern selanjutnya. Hadir dalam 3 standar lebar kerja dari 125, 155 dan 180 cm, produk ini paling cocok digunakan untuk sawah dan ladang. Bisa digunakan juga untuk traktor horsepower kecil. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 65 juta.

Garu Piring

Sumber gambar i0.wp.com

Sebelum melakukan proses penanaman bibit, maka para petani perlu melakuan pengolahan tanah. Hal ini harus dilakuan dengan baik dan benar supaya nantinya proses penanaman bisa lebih baik dan benih yang ditanam bisa tumbuh lebih subur. Untuk itu para petani membutuhkan garu piring.

Alat ini gunanya adalah untuk membersihkan rumput. Selain itu bisa digunakan untuk menutupi tanah yang baru saja disebar benih. Dengan piringan-piringan kecil, alat ini akan membalikkan tanah dangkal pada lahan pertanian. Satu piringan garu bisa membalikkan tanah dalam jumlah banyak.

Garu Sisir

Dulu kita mengenal garu sisir sebagai pembajak tanah. Sapi atau kerbau membantu menggerakkan alat ini untuk mempermudah petani membajak tanah. Namun, sekarang garu digerakkan oleh mesin traktor.

Garu sisir ini bisa diterapkan pada sawah yang berair sehingga bongkahan tanah dapat menjadi gembur. Penggaruk dengan gigi paku ini umumnya digunakan saat tanah pertanian berada dalam kondisi basah setelah selesai diolah dengan mesin bajak. Garu sisir yang modern menggunakan mesin dan gerigi logam. Dengan demikian garu sisir menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Bajak Singkal

Sumber gambar blog.agromaret.com

Para petani yang memakai alat pertanian yang baik akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Lahan harus diolah secara benar dengan alat yang tepat supaya proses penanaman jadi lebih baik. Salah satu alat yang digunakan sebelum penanaman adalah bajak singkal.

Alat yang satu ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan rotavator. Bajak singkal hadir dalam 2 jenis yakni yang memiliki satu arah dan bajak singkal yang memiliki dua arah. Alat ini digunakan untuk membalikkan lapisan tanah supaya lebih gembur.

Bajak Subsoil

Sumber gambar lutfiblurry.blogspot.com

Selanjutnya dalam alat pertanian modern ada yang bernama bajak subsoil. Alat ini fungsinya adalah untuk pembentukan parit. Bajak subsoil dipakai untuk memecahkan tanah hingga kedalaman 50 cm sampai 90 cm.

Parit yang diciptakan dengan bajak subsoil nantinya digunakan untuk pengairan sawah. Alat yang satu ini digerakkan dengan mesin traktor.

Penanam Kentang

Untuk menanam benih kentang dibutuhkan tenaga yang banyak. Pemakaian mesin penanam kentang akan bisa menekan jumlah tenaga kerja penanam dengan kinerja yang lebih baik. Selain bisa dipakai menanam kentang, alat ini bisa digunakan untuk menanam bawang putih.

Alat Tanam Kentang Saam TK1 ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda. Bisa digunakan pada traktor roda dua dengan kekuatan 8-12hp, alat ini bisa membuat guludan, memupuk, dan juga bisa membantu proses penanaman secara bersamaan. Alat berdimensi 620 x 500 x 700mm ini memiliki berat 30 kg.

Anda bisa menghubungi alamat email: office.saam@gmail.com atau whats app: 0812 3066 2789 / 0823 3174 6464 untuk mengetahui harga dan ketersediaan alat ini.

Penanam Padi

Sumber gambar www.tokomesin.com

Penanam Padi Otomatis juga tergolong sebagai alat pertanian modern. Mesin yang satu ini mempermudah proses menanam bibit padi dengan sistem penanaman yang serentak. Mudah digunakan, alat ini akan menjadi solusi tepat dalam hal berkurangnya tenaga kerja di sektor pertanian.

Penanam Padi tipe TPDI-22 ini bisa jadi pilihan Anda. Produk ini mampu menanam 2 baris saat dioperasikan. Cukup dioperasikan dengan cara ditarik dengan kedua tangan, Anda bisa menanam dengan jarak tanam sekitar 210-250 mm dan bisa diatur. Dapatkan di tokomesin.com dengan harga Rp 6.375.000.

Penanam Jagung

Sumber gambar www.agrowindo.com

Alat untuk menanam jagung dengan cepat merupakan salah satu inovasi di bidang pertanian. Alat ini akan menempatkan benih tanaman di atas atau di bawah permukaan tanah. Dengan demikian proses penanaman pada lahan jagung bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

Alat Tanam Jagung dan Biji-Bijian ini bisa jadi alat pertanian yang sangat membantu. Alat tipe AGR-PN22 ini bisa digunakan pada lahan dengan jarak tanam 22 cm. Anda bisa gunakan alat ini untuk menanam jagung, kacang, hingga kedelai. Sudah dilengkapi part dengan lubang yang sesuai, alat ini tidak bikin capek. Anda bisa membelinya di Agrowindo dengan harga Rp 2.105.000.

Pemanen Tebu

Saat memanen tebu akan lebih cepat dan mudah jika Anda memakai alat pemanen tebu. Mesin pemanen tebu telah dikembangkan sejak tahun 1920-an.

Mesin ini mampu memotong dedaunan tebu dan memotong tebu menjadi batang-batang yang lebih kecil. Setelahnya tebu dimasukan ke penampung atau ditumpahkan ke kotak pengejar yang ditarik oleh traktor dan bergerak beriringan dengan mesin.

Mesin Panen Tebu Mini ini bisa digunakan untuk membantu melakukan pemanenan batang tebu. Hasil lebih banyak dalam waktu singkat, pekerjaan memanen jadi lebih cepat dilakukan. Alat ini memerlukan bahan bakar sebanyak 20 liter per hektar dengan kapasitas kerja kurang dari 0, 13 hektar per jam.

Untuk membeli dan mengetahui harganya, Anda bisa menghubungi Santoso Advance Agricultural Machinery di nomor telepon 0331 - 335 163/ 0812 3066 2789 / 0823 3174 6464.

From our editorial team

Alat Pertanian Modern Menjadi Salah Satu Kunci Sukses Petani kala Bercocok Tanam

Bertani bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan keterampilan khusus untuk melakukannya. Dulu kegiatan bertani dilakukan dengan alat seadanya dan kebanyakan manual sehingga hasil pertanian terkadang kurang memuaskan. Sekarang, berkat adanya aneka alat pertanian modern, petani lebih mudah dalam melakukan tugasnya. Mengolah lahan, menanam bibit, hingga memanen bisa dilakukan dengan lebih cepat. Intip rekomendasi alat pertanian modern dari BP-Guide di atas ya!