10 Rekomendasi Komik Detektif untuk Mengisi Waktu Luang agar Semakin Seru (2021)

10 Rekomendasi Komik Detektif untuk Mengisi Waktu Luang agar Semakin Seru (2021)

Bingung mau ngapain saat punya waktu luang? Kamu bisa baca komik detektif yang super seru untuk membuat waktu luangmu semakin asyik. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan deretan rekomendasi komik detektif yang bisa kamu baca. Yuk, kita simak!

Asah Kemampuan Analisis dengan Membaca Komik Detektif

Siapa bilang sih kalau membaca komik itu tidak ada manfaatnya? Sebagian besar orang memilih membaca komik sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang mereka. Tapi siapa sangka kalau ternyata membaca komik punya banyak manfaat untuk otak. Salah satunya dengan membaca komik detektif.

Komik detektif biasanya berisi sederet kasus-kasus rumit yang harus dipecahkan oleh sang tokoh utama. Dari situ, kamu bisa mempelajari cara berpikir mereka yang sangat teliti. Misalnya, bagaimana mereka bisa mencari jalan keluar di tengah situasi yang sangat sulit dan rumit.

Tips Memilih Komik Detektif yang Asyik Dibaca

Lihat Alur Ceritanya

Kekuatan komik detektif terletak pada alur ceritanya. Semakin seru cerita yang ditampilkan, maka semakin banyak pula pembaca yang tertarik pada komik tersebut. Komik detektif biasanya mengandung cerita yang sedikit berat karena melibatkan pemecahan kode, sandi, dan teka-teki.

Saat kamu akan membaca komik detektif, sebaiknya kamu pertimbangkan juga pengalamanmu. Jika kamu belum pernah membaca komik detektif sebelumnya, mulailah dengan cerita yang ringan dan tidak terlalu rumit agar kamu semakin mudah dalam memahami alurnya. Nah, buat kamu yang sudah membaca komik detektif, kamu boleh membaca cerita yang rumit yang membutuhkan pemahaman tinggi.

Pilih Gaya Gambar yang Sesuai Seleramu

Bukan rahasia lagi bahwa setiap komik memiliki gaya gambar yang berbeda, tergantung pengarang masing-masing. Karena gambar adalah salah satu aspek penting dalam komik, pastikan kamu membaca komik yang gaya gambarnya sesuai seleramu.

Apalagi untuk komik detektif yang mengandung banyak misteri. Gambar memiliki peranan penting dalam menunjukkan ekspresi wajah tokoh di dalamnya, hingga detail-detail benda yang mengandung petunjuk untuk memecahkan kasus. Semakin kamu cocok dengan gaya gambarnya, maka akan semakin semangat pula kamu untuk membaca komiknya.

Perhatikan Jumlah Serinya

Tips lain dalam memilih komik detektif adalah jumlah serinya. Manga Jepang atau komik Amerika biasanya punya puluhan hingga ratusan seri yang saling bersambung. Nah, kalau kamu kuat membaca kasus yang akan selesai dalam beberapa seri, kamu boleh membaca komik yang seperti ini.

Tapi kalau kamu tidak suka penasaran, sebaiknya pilih komik dengan seri pendek atau yang kasusnya tuntas hanya dalam satu seri buku saja. Yang tidak kalah penting, semakin banyak seri komik yang harus dibaca, maka semakin besar pula bujet yang harus kamu siapkan.

Cari Tahu Dulu Ulasan Pembaca

Sama seperti ketika kamu akan membeli barang, kamu juga harus mencari tahu ulasan pembaca dulu sebelum memilih komik tertentu. Jangan hanya membaca sinopsisnya, tapi simak juga kesan orang-orang yang sudah membacanya.

Dari situ kamu akan tahu apakah komik pilihanmu benar-benar layak dibaca. Tapi ingat, jangan membaca ulasan yang mengandung banyak spoiler karena hanya akan mengurangi keseruanmu saat membacanya.

Tidak Semua Komik Cocok untuk Anak-anak

Meski komik adalah cerita bergambar, nyatanya tidak semua komik cocok untuk anak-anak. Apalagi komik yang di dalamnya mengandung banyak adegan pembunuhan sadis yang tidak baik dampaknya untuk mereka. Jika kamu ingin memberikan komik untuk anak kecil, lihat dulu apakah cerita yang ada di dalamnya aman untuk anak.

Fakta Menarik Komik yang Harus Kamu Tahu

Sudah Ada Sejak Abad ke-19

Tidak ada yang tahu pasti kapan komik pertama di dunia diterbitkan. Namun menurut catatan sejarah, komik sudah ada sejak awal tahun 1800-an di Eropa dan Amerika. Dulunya, komik berbentuk strip dan dimuat di koran atau disebar dalam bentuk pamflet. Tujuannya bukan untuk menghibur, namun untuk menyuarakan kritik sosial terhadap penguasa.

Gaya Gambar dan Cerita Komik Terus Berubah

Gaya gambar dan cerita pada komik ternyata punya masa sendiri-sendiri dan terus berubah di setiap masa. Sejak awal kemunculannya, masa gaya gambar komik dibedakan menjadi masa platinum, keemasan, perak, dan perunggu.

Contohnya di masa keemasan yang berlangsung mulai tahun 1930-an hingga 1950-an. Saat inilah banyak bermunculan komik superhero yang sampai saat ini kita kenal seperti Captain America, Superman, Batman, dan masih banyak lagi.

Komik Banyak Dibumbui Unsur Budaya

Salah satu ciri khas komik adalah kental akan unsur budaya dari negara asal komik tersebut. Melalui cerita sehari-hari tokohnya, kita diajak untuk melihat suasana kota, makanan khas, hingga kegiatan sehari-hari mereka. Semakin terkenal sebuah komik, maka semakin luas pula penyebaran budaya negara bersangkutan. Misalnya seperti Doraemon yang terkenal di seluruh dunia, membuat banyak orang mengenal kue Dorayaki khas Jepang.

Rekomendasi Komik Detektif yang Bisa Dijadikan Bahan Bacaan

Detektif Conan

Detektif Conan jelas menjadi rekomendasi komik detektif pertama yang wajib kamu baca. Seri pertama komik ini dirilis pada tahun 1944, namun masih sangat terkenal sampai saat ini. Tidak hanya itu, Detektif Conan juga sudah diadaptasi menjadi ratusan episode anime dan film yang dirilis setiap tahunnya.

Komik ini bercerita tentang detektif SMA bernama Sinichi Kudo yang sering membantu kepolisian untuk memecahkan kasus-kasus sulit. Suatu hari, Sinichi membuntuti sekelompok orang mencurigakan secara diam-diam. Sial baginya, salah seorang kawanan penjahat tersebut memberikan minuman berisi racun pada Sinichi yang membuat tubuhnya mengecil.

Sinichi kemudian melanjutkan misinya dengan identitas baru sebagai Conan Edogawa yang berusia tujuh tahun dan membantu ayah Ran, Kogoro Mouri dalam memecahkan banyak kasus.\

Harga Rp. 5.000-30.000

Detektif Kindaichi

Detektif Kindaichi adalah komik detektif seru lainnya yang layak kamu baca. Komik ini juga tergolong lawas karena sudah diterbitkan sejak tahun 1984. Ini terlihat dari gaya komik yang sangat khas tahun 90-an. Detektif Kindaichi bercerita tentang Hajime Kindaichi, siswa SMA yang pemalas, bodoh, dan punya sikap kurang sopan.

Siapa sangka di balik kemalasannya Kindaichi punya kemampuan untuk memecahkan kasus-kasus yang sulit. Ternyata bakat ini diwarisi dari sang kakek yang dulunya bekerja sebagai seorang detektif terkenal. Kasus-kasus yang ditampilkan dalam komik ini cenderung berkepanjangan dan berlanjut di seri-seri berikutnya. Jalan ceritanya pun lebih rumit dan lebih sadis.

Harga Rp. 7.000-35.000

Death Note

Death Note adalah komik misteri yang tidak kalah terkenal. Seri ini tidak sepanjang Detektif Conan, namun tetap saja menghibur dan sarat akan unsur misteri. Tokoh utama dalam Death Note adalah Light Yagami. Ia adalah siswa SMA yang teladan, tampan, dan berkharisma. Light juga dikenal cerdas dan jenius.

Sayangnya, Light merasa hidupnya sangat membosankan. Hingga suatu hari ia menemukan sebuah buku misterius bertuliskan "Death Note". Ternyata buku tersebut adalah catatan kematian milik seorang malaikat pencabut nyawa bernama Ryuk.

Sama seperti Light, Ryuk juga merasa bosan menjalani kewajiban sebagai malaikat dan iseng menjatuhkan buku catatannya. Death Note bukan sembarang buku karena punya kekuatan supranatural yang bisa membunuh siapa saja yang namanya dituliskan di sana. Light yang cerdas kemudian menggunakan buku itu untuk membunuh para penjahat dan orang-orang yang tidak sependapat dengan dirinya.

Harga Rp. 8.000-100.000

Q.E.D (Quot Erat Demonstrandum)

Komik yang satu ini punya judul unik, Q.E.D (Quot Erat Demonstrandum). Mendengarnya saja kamu pasti sudah penasaran bukan?

Arti dari Q.E.D sendiri adalah "yang sudah terbukti". Komik ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1997. Kasus-kasus yang dibahas di dalamnya adalah kasus yang melibatkan ilmu matematika mulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit.

So Toma menjadi tokoh utama dalam komik ini. Ia merupakan anak muda jenius yang sudah lulus dari MIT, namun masuk ke SMA biasa setelah pindah ke Jepang. Karena kepintarannya, So Toma sering diminta membantu kasus-kasus kepolisian. Kasus dalam komik ini sangat beragam, mulai dari pembunuhan, pencurian, hingga kasus yang berlatar belakang politik dan hukun di luar negara Jepang.

Harga Rp. 7.000-150.000

Detektif School Q

Satu lagi nih komik lawas yang tetap enak dibaca sampai sekarang. Judulnya Detektif School Q. Komik ini bercerita tentang Kyu Renjo, seorang remaja yang punya cita-cita jadi detektif setelah ia diselamatkan dari penculikan saar masih kecil. Kyu kemudian masuk ke sekolah detektif terkenal yaitu Dan Detective School atau DDS.

Kyu masuk ke kelas Q yang dipenuhi oleh anak-anak yang bercita-cita jadi detektif. Setiap anak di kelas Kyu punya kemampuan khusus masing-masing. Ada yang punya kemampuan analisis hebat, jago beladiri, pintar teknologi, hingga punya ingatan fotografis.

Komik ini selalu menampilkan kasus yang apik dan menarik untuk disimak. Apalagi saat mengikuti perjalanan Kyu dan teman-temannya dalam memecahkan satu per satu kasus yang ada.

Harga Rp. 3.500-10.000

The Great Detective Kiyoshiro Yumemizo

Komik dengan tema detektif kadang memang bisa jadi bacaan yang berat dan membosankan. Tapi berbeda dengan The Great Detective Kiyoshiro Yumemizo yang punya kepribadian unik dan nyentrik. Bercerita tentang Kiyoshiro yang pernah bekerja sebagai dosen ilmu logika.

Penampilannya sangat aneh, didukung dengan kepribadiannya yang sangat pelupa, pemilih makanan, dan sangat pemalas. Kiyoshiro punya hobi membaca buku. Dan di balik penampilannya yang nyeleneh, siapa sangka Kiyoshiro adalah seorang detektif andal. Ia mampu menebak hal-hal unik seperti tetangganya yang akan memiliki tiga anak kembar.

Kasus-kasus yang diungkap dalam komik ini sangat ringan dan bahkan lucu. Tidak seperti komik detektif kebanyakan, cerita dalam komik ini sangat mudah dimengerti oleh anak-anak.

Harga Rp. 7.000-140.000

Monster

Monster termasuk seri komik yang sudah tamat, terbit mulai tahun 1995 sampai 2001. Berbeda dengan komik detektif kebanyakan, Monster dibumbui sedikit drama dewasan dan kejiwaan.

Dr. Kenzo Tenma adalah ahli bedah otak yang memiliki misi mengejar seorang psikopat bernama Johan. Selagi membaca komik ini, kamu akan diajak mengelilingi negara Eropa seperti Hungaria, Republik Ceko, Polandia, dan Jerman. Sebelum menjalankan misi ini, Dr. Tenma dihadapkan pada dua pilihan sulit, yaitu mengoperasi politikus atau anak kecil yang sekarat.

Pilihan Dr. Tenma jatuh pada si anak kecil, dan ini membuat dirinya kehilangan status sosial serta tunangan yang ia cintai. Upaya Dr. Tenma dalam menyingkap kebenaran di balik nasib yang menimpanya ini sangat layak disimak lho!

Harga Rp. 20.000-300.000

Secret Code A Displeased Detective Of Cipher

Seperti judulnya, Secret Code A Displeased Detective Of Cipher adalah komik yang melibatkan banyak pemecahan kode dalam ceritanya. Kamu akan diajak menyimak perjalanan Chitose yang menjalankan bisnis pembacaan sandi. Ia memiliki asisten yang juga adalah teman masa kecilnya, Momo, yang selalu membantunya dalam memecahkan banyak kode.

Meski bicara soal pemecahan kode, cerita dalam komik ini tergolong ringan dan mudah dipahami kok. Selain itu, komik ini juga cocok untuk pembaca yang tidak suka dengan banyak seri. Secret Code A Displeased Detective Of Cipher hanya terdiri dari 3 seri saja dan semua serinya sudah terbit.

Harga Rp. 20.000-90.000

MPD Psycho

Berikutnya ada rekomendasi komik berjudul MPD Psycho yang disebut-sebut mirip dengan Monster. Kedua komik ini tidak cocok untuk anak kecil karena jalan ceritanya yang banyak dibumbui adegan pembunuhan sadis.

MPD Psycho menceritakan tentang Yosuke Kobayahsi, seorang detektif yang punya misi untuk menangkap pembunuh berantai yang suka memutilasi korbannya. Pacar Yosuke bahkan tidak luput jadi korban dan hal ini membawa perubahan besar pada kepribadian Yosuke. Ia pun membalas dendam dan membunuh di pembunuh pacarnya.

Karena hal itu, Yosuke harus mendekam di penjara. Setelah bebas, ia bekerja di kantor agensi detektif Machi Isono. Di sanalah ternyata sebuah rahasia besar tentang Yosuke mulai terungkap.

Harga Rp. 8.000-200.000

Dog Detective Sherdock

Terakhir ada rekomendasi komik Dog Detective Sherdock yang bercerita tentang remaja bernama Takeru Wajima. Takeru berusia 16 tahun dan merupakan siswa di London Academy Highscool. Suatu ketika, ia mengadopsi anak anjing lucu yang ia beri nama Sherdock.

Siapa sangka anjing imut tersebut bisa berbicara dan ia mengaku sebagai reinkarnasi dari Sherlock Holmes, detektif legendaris Inggris. Takeru dan Sherdock kemudian memulai misi untuk memecahkan banyak kasus sulit. Ceritanya sangat ringan dan menghibur, ditambah dengan interaksi Takeru dan Sherdock yang wajib disimak.

Harga Rp. 6.000-150.000
From our editorial team

Jadi, Komik Mana Nih yang Sudah Kamu Baca?

Jika kamu adalah penggemar lawas komik detektif, pasti dari rekomendasi BP-Guide di atas sudah ada yang kamu pernah baca bukan? Membaca komik detektif memang sangat seru. Kamu akan merasa seperti detektif sungguhan yang berupaya menyingkap misteri di balik kasus-kasus yang dihadapi oleh tokoh utamanya.

Tag