Baru Memulai Olahraga Lari? Jangan Sampai Salah Memilih Sepatu yang Tepat, Ini 10 Rekomendasinya (2019)

Baru Memulai Olahraga Lari? Jangan Sampai Salah Memilih Sepatu yang Tepat, Ini 10 Rekomendasinya (2019)

Berlari adalah olahraga yang tidak butuh banyak peralatan. Yang kamu perlukan adalah baju yang nyaman serta alas kaki yang tepat. Pilih sepatu lari dengan benar agar kamu bisa mendapat manfaat lari secara maksimal. Segera intip rekomendasi sepatu lari dari kami ya!

Lari Menjadi Pilihan Pertama bagi para Pemula untuk Mulai Berolahraga

Olahraga memang aktivitas yang memiliki manfaat baik. Selain bisa menurunkan berat badan, rutin berolahraga juga bisa mencegah risiko penyakit jantung dan juga mencegah terjadinya penuaan dini. Banyak alasan untuk mulai berolahraga, jadi mengapa harus menundanya?

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan sebagai pemula adalah olahraga lari. Tidak membutuhkan banyak alat, lari cukup simpel dilakukan. Bisa dilakukan kapan saja, olahraga lari memberi banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk membakar kalori.

Meski dibilang sebagai bentuk olahraga paling mudah, berlari memerlukan trik dan teknik khusus. Ini supaya manfaat lari bisa didapatkan secara maksimal. Selain itu tips dan trik lari juga harus diketahui supaya bisa meminimalkan risiko cedera. Yuk, intip apa saja tips lari untuk para pemula.

Tips untuk para Pelari Pemula

Mulai dengan Berjalan

Untuk yang tidak biasa bergerak aktif, lari bisa jadi sangat memberatkan. Supaya tubuh tidak terkejut dengan aktivitas yang tiba-tiba berat, maka sebaiknya jangan langsung berlari di awal. Kamu bisa mengawali dengan berjalan agar tubuhmu mulai terbiasa.

Berjalan memiliki gerak yang sama dengan berlari. Kendati demikian, saat berjalan tidak banyak tekanan terjadi pada bagian tulang dan sendi. Berjalanlah dengan cepat namun bertempo. Masukkan sesi berjalan untuk jeda lari setiap beberapa menit sekali.

Persiapkan Fisik

Pelari pemula perlu melakukan latihan pemanasan. Hal ini perlu dilakukan supaya kita lebih cepat pulih dari rasa pegal dan juga bisa meningkatkan kekuatan otot. Kamu bisa juga mempersiapkan fisik sebelum berlari dengan berlatih yoga ataupun pilates. Hal ini akan membantu melenturkan tubuh yang kaku.

Saat berlari, maka akan banyak melibatkan tubuh untuk bergerak. Agar otot-otot pada tubuh tidak cidera, maka perlu persiapan yang matang supaya bisa memberikan hasil optimal. Karena itulah persiapan fisik harus dilakukan guna meningkatkan ketahanan tubuh.

Jangan Terlalu Jauh atau Terlalu Cepat

Ketika mengawali olahraga lari, fokuslah pada waktu bukan pada jarak atau kecepatan. Berlari jarak jauh bisa mengintimidasi bagi pelari pemula. Saat kita tidak menitikberatkan fokus pada kecepatan dan jarak maka kita bisa lebih fokus meningkatkan kemampuan lari serta menikmatinya.

Kamu bisa melakukan lari selama 30 menit yang digabung dengan berjalan jika diperlukan. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa menambah durasinya agar bisa lebih lama berlari. Hindari berlari terlalu cepat. Sebab makin cepat kamu berlari, makin cepat lelah dan makin cepat bosan kamu dengan olahraga ini. Lari dengan cepat di awal malah bisa memberi risiko cedera karena otot yang belum siap.

Pilih Sepatu yang Tepat

Dalam olahraga lari, alat yang dibutuhkan adalah sepatu. Alas kaki yang satu ini harus dipilih secara tepat supaya lari bisa memberikan hasil yang maksimal. Selain itu pemilihan sepatu yang tepat bisa membuat kaki terhindar dari risiko cedera. Pemakaian sepatu lari yang salah juga bisa menyebabkan nyeri setiap kali kamu bergerak. Jika sudah begini, maka motivasi untuk berlari jadi berkurang.

Gunakan sepatu khusus untuk lari. Kamu bisa mencari jenis structured shoes dengan kestabilan terbaik. Jangan lupa untuk rutin mengganti sepatu setelah enam bulan atau melewati 300 mil. Hal ini perlu dilakukan agar sepatu bisa berfungsi dengan baik dan kamu bisa mendapat manfaat lari lebih maksimal.

Beberapa Rekomendasi Sepatu Lari Terbaru Murah yang Cocok untuk Pemula

Nike Odyssey React Flyknit 2 Shoes

Sumber gambar www.zalora.co.id

Beruntung ada aneka brand kenamaan yang menghadirkan sepatu khusus untuk lari. Salah satunya adalah Nike. Brand ini banyak mengembangkan sepatu khusus untuk berlari, terutama untuk pelari yang sudah mahir.

Untuk kamu yang baru melakukan olahraga lari, bisa banget nih memakai produk andalan Nike. Ada Odyssey React Flyknit 2 Shoes yang siap bikin kamu rajin berlari. Produk yang satu ini hadir dengan desain two tone yang mengombinasikan warna putih dan biru. Khusus untuk olahraga lari, sepatu ini makin keren dengan adanya logo Swoosh khas Nike. Terbuat dari bahan sintetis kombinasi tekstil, bagian outsolenya berbahan rubber. Sepatu round toe ini memiliki detail tali depan. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 1.079.000.

Diadora Raguso Sports Performance Shoes

Sumber gambar www.zalora.co.id

Raguso Sports Performance Shoes dijamin bikin kamu makin semangat berlari. Sepatu warna hitam ini desainnya round toe. Dengan tali depan, sepatu ini terlihat sangat sporty. Sepatu dengan motif melange ini bikin kamu jadi lebih percaya diri. Terbuat dari kombinasi bahan sintetis dan tekstil, ada juga bahan karet yang digunakan untuk outsole. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 399.000.

STARMILANO LOTTO - BLACK/SILVER/RED

Sumber gambar www.zalora.co.id

Adidas merilis teknologi Boost ketika bekerja sama dengan perusahaan kimia terbesar di dunia asal Jerman, BASF. Teknologi ini dirancang khusus untuk sepatu keluaran Adidas. Teknologi ini terbuat dari TPU yang efisien sehingga bisa mengembalikan lebih banyak energi pengguna agar bisa berlari dan berjalan dengan lebih cepat namun dengan lebih sedikit energi.

Adidas Ultraboost Shoes tentunya wajib jadi milik kamu. Sepatu lari ini hadir dengan nuansa pop color. Kombinasi warna merah, putih, dan hitam menjadikan sepatu bertali depan ini sangat ceria kesannya. Dengan model depan round toe, sepatu ini dibekali continental rubber yang bikin traksi lebih maksimal. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 2.800.000.

Eagle Aurora

Sumber gambar www.zalora.co.id

Setiap sepatu dirancang dengan fungsi yang berbeda. Maka dari itu gunakan sepatu yang sekiranya cocok dengan trek lari kamu pada umumnya. Jika kamu berlari di jalanan beraspal, maka kamu membutuhkan sepatu yang fleksibel dan ringan. Namun jika kamu berlari di lintas alam, maka kamu membutuhkan sepatu yang lebih kuat dengan sol anti selip. Salah satu produk yang bisa jadi pilihan yaitu Eagle Aurora.

Eagle menghadirkan Aurora yang terbuat dari bahan mesh. Sepatu lari ini hadir dalam warna abu-abu terang dengan detail logo yang bagus. Produk round toe ini memiliki tali depan yang bikin gayanya makin sporty. Sepatu dengan bahan karet untuk outsole-nya ini menjamin kenyamanan kamu kala berlari. dapatkan di Zalora dengan harga Rp 219.950.

League Kumo 1.5 M

Sumber gambar www.zalora.co.id

Lari menjadi salah satu gaya hidup masyarakat di kota besar. Mudah dilakukan, kamu hanya butuh sepatu yang tepat untuk menunjang aktivitas lari. Ini dilakukan agar kamu bisa merasa nyaman saat melakukan olahraga lari. Intip yuk rekomendasi sepatu keren untuk lari dari League.

Nah, coba sepatu Kumo 1.5 M yang bisa kamu miliki. Produk sepatu lari ini memiliki nuansa monokrom yang indah. Dengan warna abu-abu, sepatu almond toe ini nyaman digunakan. Ada teknologi air mesh yang bikin kaki lebih sejuk berada dalam sepatu. Terbuat dari bahan tekstil, sepatu ini bagian outsole-nya berbahan karet. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 466.650.

Under Armour UA Surge SE

Sumber gambar www.zalora.co.id

Under Armour adalah merek asal Amerika yang mulai melejit sejak tahun 1999. Merek ini juga sudah produsen baju olahraga untuk liga sepak bola Amerika, XFL. Di negara kita, merek ini populer berkat endorsement dari berbagai artis ternama.

UA Surge SE adalah produk keren dari Under Armour. Sepatu yang satu in terbuat dari bahan poliester untuk bagian upper dan insole-nya. Outsole sepatu terbuat dari bahan karet. Dengan model round toe, sepatu ini dibekali lace up fastening. Sepatu lari dengan desain two tone ini dijamin bikin gaya kamu makin keren. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 798.900.

New Balance 420 Fitness Running Shoes

Sumber gambar www.zalora.co.id

New Balance merupakan merek papan atas yang tidak bisa kamu lewatkan jika bicara soal sepatu berkualitas. Kalau sedang browsing sepatu lari, kamu bisa cari produk dari New Balance. Mereka menyediakan sepatu untuk pemula hingga pelari profesional. Desainnya keren sehingga sangat menarik untuk dimiliki.

New Balance menghadirkan 420 Fitness Running Shoes. Sepatu keren yang satu ini hadir dengan logo running sneakers. Terbuat dari bahan tekstil untuk upper dan insole, sepatu terasa nyaman digunakan. Outsole sepatu ini memakai bahan karet yang kuat mencengkeram berbagai permukaan. Sepatu round toe ini dilengkapi dengan tali depan. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 839.000.

Reebok Run Light Mid Fast Tempo Flexweave Shoes

Sumber gambar www.zalora.co.id

Untuk pelari pemula, ada baiknya memakai sepatu lari berbobot ringan. Pilihlah sepatu yang memiliki bantalan cukup empuk. Hal ini akan membuat kaki kamu tetap terasa nyaman kala berlari dan tidak mudah terasa sakit.

Salah satu produk yang bisa jadi pilihan yaitu Run Light Mid Fast Tempo Flexweave Shoes yang merupakan produk keren dari Reebok. Sepatu lari yang satu ini menghadirkan rajutan yang sangat rapi pada bagian atasnya. Dilengkapi dengan dengan bantalan pada alas, sepatu ini nyaman digunakan. Sepatu round toe ini memakai bahan karet sebagai outsole-nya. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 1.379.000.

910 Nineten Hibiki Sepatu Lari Unisex

Sumber gambar www.zalora.co.id

Ada 910 Nineten Hibiki Sepatu Lari Unisex tidak boleh ketinggalan untuk kamu miliki. Sepatu lari ini hadir dengan teknologi Fitcounter. Dengan bahan mesh pada bagian upper, sepatunya tidak bikin kaki gerah. Sepatu ini juga dilengkapi teknologi Solar Propulsion Rail untuk stabilitas ketika berlari. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 279.900.

PUMA Run/Train IGNITE Limitless 2 Shoes

Sumber gambar www.tokopedia.com

Puma Ignite merupakan produk sepatu lari yang menjanjikan pemakainya dapat berlari dengan kinerja terbaik. Ini merupakan produk sepatu pertama Puma yang menggunakan fitur Puma’s IGNITE Foam. Bantalan ini bisa memberi pantulan maksimal pada tumit saat berlari sehingga jadi lebih maksimal.

Sepatu lari Puma yang satu ini hadir dengan desain urban. Ada logo merek dan kombinasi warna navy dan merah pada sepatu ini. Dengan bahan mesh untuk bagian upper, sepatu ini insole-nya berbahan tekstil. Produk ini juga dilengkapi teknologi ariaprene yang bikin sepatunyamudah bernapas. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 1.999.000.

From our editorial team

Jangan Lewatkan Lari Pagi untuk Bikin Tubuh Tetap Bugar Sepanjang Hari

Lari merupakan salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan. Kamu bisa lari 15 hingga 30 menit setiap pagi untuk mengawali hari kamu. Tubuh akan jadi bugar dan siap beraktivitas. Selain itu, berat badan terkontrol dan kamu jadi lebih sehat. Untuk berlari, gunakan sepatu yang khusus untuk menunjang aktivitas lari. Intip rekomendasi dari kami di atas untuk sepatu lari ya!

Tag