Coba Tutorial Makeup Glowing dengan Menggunakan 10 Rekomendasi Kosmetik yang Tepat untuk Kulit Berkilau (2019)

Coba Tutorial Makeup Glowing dengan Menggunakan 10 Rekomendasi Kosmetik yang Tepat untuk Kulit Berkilau (2019)

Tampilan makeup glowing juga saat ini banyak diminati terutama oleh mereka yang memiliki kulit wajah yang cenderung kering. Untuk mendapatkan tampilan makeup yang glowing, kamu bisa simak tips dan rekomendasi produk makeup yang tepat dari BP-Guide berikut ini!

Tak Hanya Makeup Matte, Tampilan Glowing Kini Juga Banyak Diminati

Sumber gambar www.cosmo.ph

Kini make up glowing menjadi hits kembali menggantikan tren matte. Hal ini dikarenakan make up glowing lebih terlihat alami daripada matte. Meskipun glowing Anda masih dapat memperoleh penampilan maksimal flawless dengan mengaplikasikan shimmer dan highliter. Riasan seperti ini bila dipandang mampu membuat kulit menjadi lebih fresh, lebih muda dan lebih sehat.

Tips Mendapatkan Tampilan Makeup yang Glowing

Perbaiki Kondisi Kulit

Sumber gambar aireriverstrust.org

Sebelum memakai make up sebaiknya pakailah skin care untuk membuat kulit menjadi lebih prima, sehat, bersih dan bebas dari dry patches. Langkah awal sebelum mengaplikasikan skin care adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi kulit dapat seimbang yaitu tidak terlalu lembab, namun tidak terlalu kering.

Untuk hydrating dan toner sebaiknya pilihlah yang bebas dari alkohol sedangkan pelembab ringan bisa memakai yang berbasis gel. Perawatan skin cara diperlukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang  disebabkan oleh banyaknya tumpukan sel kulit mati, terlalu sering bergonta ganti produk kecantikan ataupun membersihkan wajah tidak optimal.

Jangan Memakai Bedak Terlalu Tebal

Sumber gambar www.youtube.com

Penggunaan bedak selama ini selalu dipergunakan untuk menyerap kelebihan minyak yang terjadi diwajah. Penyerapan ini dimaksudkan untuk membuat penampilan menjadi lebih mempesona dan matte. Meskipun begitu pengaplikasian make up pada wajah justru membuat efek glowing menjadi menghilang.

Untuk tetap dapat membuat penampilan glowing sebaiknya batasilah penggunaan bedak tidak terlalu banyak, cukup sekedar sapukan secara tipis-tipis agar foundation terkunci sempurna. Selain itu apabila Anda memiliki budget lebih dapat menggunakan illumination powder yang mampu memberikan secara langsung efek glowing.

Campur Liquid Highlighter

Penggunaan pelembab ataupun foundation dapat membuat penampilan menjadi dewy, tekstur lengket dan mudah sekali transfer sehingga penampilan menjadi mudah luntur. Terlebih lagi apabila diaplikasikan pada saat cuaca tropis, Anda akan terlihat seperti penggorengan yang terlalu banyak minyak.

Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi jitunya yaitu dengan mencampurkan liquid highlighter dalam pelembab ataupun foundation. Dengan campuran tersebut dapat memberikan efek glowing yang tahan lama.

Selain itu penampilan Anda akan terlihat semakin bercahaya dan berkilau dengan mengaplikasikan sentuhan highlighter pada wajah yang berpusat pada tulang alis, dahi, ujung tulang hidung dan ujung tulang pipi.

Setting Spray untuk Glowing Lebih Lama

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Setting spray selama ini lebih dikenal sebagai pengunci make up agar bertahan lama seharian. Meskipun begitu produk ini juga dapat membantu memberikan tampilan glowing sekaligus memperbaiki tampilan yang terlalu matte. Bahan dasar dari setting spray adalah air sehingga dapat membuat riasan tidak mudah luntur. Selain itu setting spray berwarna bening yang dapat menyatu dengan tekstur dan warna make up.

Setting spray dapat dipergunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering. Kulit berjenis seperti itu sebaiknya jangan pergunakan setting spray dengan kandungan alkohol agar kulit tidak semakin kering. Penggunaan setting spray diaplikasikan pada depan wajah dengan cara menyemprotkan beberapa kali dan diamkan mengering dengan sendirinya. Usahakan setelah menyemprotkan setting spray jangan mengusapnya karena dapat membuat make up luntur.

Kosmetik Wajib Punya untuk Tampilan Makeup yang Glowing

Moisturizer

Sumber gambar id.priceprice.com

Setiap kulit apapun jenisnya selalu membutuhkan moisturizer atau pelembab untuk menjaga agar kulit tidak dehidrasi, lebih sehat dan lembut. Meskipun begitu masing- masing dari jenis kulit tersebut mempunyai konteks kebutuhan moisturizer yang berbeda - beda.

Seperti kulit kering lebih cenderung menggunakan pelembab bertekstur balm atau face oil sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya pergunakan dalam bentuk gel. Hal ini disebabkan agar moisturizer atau pelembab dapat terserap ke kulit secara maksimal sekaligus menghambat kulit wajah terlihat kering dan pecah-pecah.

Wardah Purifying Moisturizer Gel dapat merupakan pelembab yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini memiliki kandungan oil control dan ekstrak Witch Hazel yang dapat membuat kulit lebih lembab sekaligus mengecilkan pori-pori.

Selain itu pelembab ini mengandung kombinasi provitamin B5, humectant dan vitamin E. Kandungan tersebut mampu menghidrasi kulit, menangkal radikal bebas sekaligus mencegah munculnya jerawat. Produk ukuran 40 ml ini dapat Anda beli di toko kosmetik terdekat atau di Tokopedia dengan harga Rp 24.000.

Primer

Sumber gambar www.target.com

Primer merupakan dasar dari make up yang dapat membuatnya lebih tahan lama, sekaligus melembabkan wajah. Produk ini selalu dipakai sebelum memulai serangkaian ritual dari make up, sehingga jangan pernah lupa untuk memakainya. Pemakaian primer setelah penggunaan moisturizer, namun sebelum BB Cream ataupun foundation.

Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser merupakan primer yang dapat membantu mengurangi ataupun menyamarkan pori-pori besar. Produk ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak. Kandungan dimethicone dalam primer ini mampu melembutkan tekstur kulit.

Sedangkan ekstrak buah cherrynya dapat dipergunakan sebagai antioksidan baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus tetap melembabkan wajah. Primer ini sangat ringan dipakai, mudah diratakan dan tidak membuat make up menjadi cakey. Anda dapat membeli primer ini di toko kosmetik terdekat, di gerai Maybelline ataupun di Tokopedia dengan harga Rp 66.000.

Foundation

Sumber gambar www.target.com.au

Foundation merupakan fondasi utama dari make up agar menutupi secara sempurna segala kekurangan pada wajah, mulai dari jerawat, bekas jerawat ataupun kulit tidak rata. Anda dapat menggunakan foundation sedikit ataupun banyak sesuai dengan kebutuhan, meskipun begitu usahakan tidak terlalu berlebihan agar kulit wajah tidak terlihat cakey.

Penggunaan foundation umumnya setelah primer dan pastikan Anda memilih sesuai dengan warna kulit agar terlihat semakin natural. L'oreal Infallible Pro Glow Foundation dapat menjadi pilihan tepat Anda karena awet, tahan lama, waterproof serta coverage sempurna.

Produk ini dapat Anda pergunakan sehari-hari cukup dengan satu layer saja ataupun special occasion yaitu beberapa layer. Selain itu foundation ini juga dapat memberikan efek glow dengan cara di blend. Produk ini tersedia dalam warna classic ivory, cream natural, nude beige, natural buff dan natural beige. Anda dapat membelinya di toko kosmetik, di gerai L'oreal ataupun di Tokopedia dengan harga Rp 240.000.

Blush

Sumber gambar www.modeglam.com

Pemakaian blush on pada wajah memang dapat membuat munculnya efek warna pink di pipi serta bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan segar. Untuk memilih blush on yang tepat sebaiknya pilihlah yang mudah dibaurkan dengan hasil tahan lama. Anda dapat memilih berbagai macam jenis blush on, mulai dari powder, gel ataupun cream. Pada saat membeli blush on jangan lupa untuk menyesuaikan dengan warna kulit Anda.

Maybelline Blush Studio Cheeky Glow yang dikemas dalam sebuah pot kecil transparan sangat tepat menjadi pilihan glowy Anda. Blush on ini hadir dalam bentuk tekstur yaitu bouncy mousse light yang mudah untuk diblend dengan menggunakan jari. Produk ini mempunyai 4 hade yaitu fresh coral, peachy sweetie, creamy cinnamon dan wooden rose.

Selain itu Maybelline Blush Studio Cheeky Glow juga dapat membantu pipi Anda terlihat merona dengan mempertegas garis wajah sekaligus menyempurnakan bentuk wajah agar lebih cerah. Hal ini akan membuat kulit Anda tidak terlihat pucat dan justru merona sepanjang hari. Anda dapat membelinya di toko kosmetik terdekat, di gerai Maybelline ataupun di Bukalapak dengan harga Rp 69.900.

Highlighter

Sumber gambar www.nyxcosmetics.com

Highlighter merupakan salah satu produk make up yang kurang begitu penting dalam riasan. Hal ini dikarenakan memakai ataupun tidak memakainya akan tetap terlihat sama, namun meskipun begitu pemakaian dari highlighter juga dapat memberikan kesan menonjol dan lebih bercahaya.

Bagian yang ditonjolkan umumnya adalah tulang pipi dan pemakaian highlighter ini lebih baik daripada shading. Selain itu highlighter juga mempunyai fungsi lain, seperti menonjolkan bentuk hidung, mempertegas lekuk bibir dan menyamarkan lingkaran bawah mata.

NYX Born to Glow Liquid Illuminator dapat menjadi pilihan Anda karena mempunyai formula yang creamy dan unik sehingga mudah untuk diaplikasikan. Produk ini juga dapat memberikan tampilan wajah lebih glowing subtle dan natural. Highlighter tersedia dalam dua warna yaitu sun bean dan gleam. Anda dapat membeli produk ini di gerai NYX dan di Bukalapak dengan harga Rp 122.500.

Dapatkan Tampilan Segar Dengan Tutorial Makeup Glowing Berikut!

Gunakan Moisturizer dan Primer

Sumber gambar www.self.com

Sebelum menggunakan pelembab ataupun moisturizer, pastikan wajah Anda telah bersih dari debu dan kotoran. Setelah penggunaan moisturizer tersebut segera aplikasikan face primer pada bagian-bagian tertentu di wajah yang akan digunakan untuk concealer, seperti bawah mata, hidung dan sekitar bibir.

Pemakaian primer berfungsi untuk menyamarkan jerawat ataupun noda bekas jerawat sekaligus menutupi pori-pori besar. Aturan pemakaian dari primer ini agar terlihat matte adalah pergunakan pada area T zone, area antara alis, samping hidung serta dagu.

Pakai Foundation dengan Glow Finish Sesuai Warna Kulit

Sumber gambar www.bebeautiful.in

Penggunaan foundation ditujukan agar wajah terlihat halus, sempurna dan flawless. Untuk itu ketika memutuskan membeli foundation, usahakan memilih warna yang senada dengan kulit Anda. Hal penting dilakukan agar kulit lebih terlihat alami, merata dan tidak ada lagi belang.

Untuk pengaplikasiannya sebaiknya pergunakan kuas khusus. Pemilihan dari foundation sendiri terdapat rumus utama yaitu pilihlah warna foundation satu tingkat lebih gelap dari warna kulit Anda atau mencampurnya dengan dua atau tiga warna foundation.

Pemilihan ini harus tepat karena apabila salah memilih justru dapat membuat penampilan rusak, seperti penggunaan foundation yang terlalu terang dapat membuat kulit wajah cakey ataupun tidak fresh.

Samarkan Noda dengan Concealer

Sumber gambar www.glossybox.co.uk

Apabila Anda memiliki noda di wajah dan masih terlihat ketika menggunakan foundation, ada baiknya menambahkan concealer untuk mendapatkan tampilan sempurna. Concealer sendiri sudah terkenal mampu menutupi segala macam permasalahan kekurangan pada wajah.

Untuk penggunaannya sebaiknya harus menyesuaikan dengan permasalahan kulit. Concealer berwarna hijau umumnya dipergunakan untuk menetralkan warna merah pada jerawat. Meskipun begitu sebelum penggunaan concealer sebaiknya oleskan tea tree terlebih dahulu dan juga sebelum pemakaian foundation.

Hal ini ditujukan agar jerawat tetap tenang dan mengempis, mengkamuflasekan lingkaran hitam mata. Concealer memiliki bentuk beragam, mulai dari liquid, cream ataupun mineral powder. 

Pakai Bedak Transluscent

Sumber gambar fashionpotluck.com

Translucent Powder sering disebut juga dengan bedak bubuk ataupun bedak transparan yang dapat memberikan kesan mempesona tanpa terlihat berat, berlebihan ataupun belang. Bedak ini mudah dipakai yaitu cukup dengan memberikan lapisan tipis dengan bantuan brush. Penggunaan bedak ini dapat membantu mengkontrol minyak berlebih dan menghilangkan kilap yang ada di wajah.

Meskipun begitu bedak ini tidak akan merubah warna kulit Anda, tetapi justru membaur sempurna pada wajah sehingga menimbulkan penampilan natural. Selain itu bedak ini dapat menyamarkan pori-pori besar dan membuat make up Anda optimal.


Pulas Pipi dengan Blush On

Untuk mendapatkan tampilan flawless, natural dan tetap glowing, Anda dapat menggunakan blush on dengan warna natural seperti pink, peach ataupun caramel. Meskipun begitu usahakan memilih warna blush on yang natural dan mendekati warna kulit Anda agar tidak terlihat mencolok.

Anda dapat menggunakan blush on jenis cream ataupun padat. Untuk penggunaannya agar lebih terlihat alami dan tidak berlebihan dapat dengan menggunakan jari dan tepuk-tepukkan secara perlahan sebelum disapukan pada pipi. Selain itu jangan lupa untuk membubuhkan blush on di atas tulang pipi Anda.

Rapikan Alis dengan warna Coklat Natural

Sumber gambar www.thriftyfun.com

Untuk membuat penampilan lebih maksimal, jangan lupa membentuk dan merapikan alis. Meskipun begitu Anda tetap harus memperhatikan warna dan ketebalan alis, jangan sampai terlihat terlalu berlebihan. Apabila Anda memiliki alis asli yang sudah tebal sebaiknya cukup pergunakan brush saja, jangan menambahkan membuat alis lagi agar tidak bertambah tebal.

Umumnya banyak orang memilih warna coklat untuk memberikan kesan natural pada alis. Ketika membuat alis usahakan ujung alis tidak terlalu panjang, namun seimbang antara kanan dan kiri. Selain itu Anda harus melukis alis sesuai dengan bentuk aslinya. Anda dapat menggunakan pensil alis untuk membingkai wajah menyesuaikan dengan arah rambut alis dengan cara mengarsir secara perlahan-lahan mulai dari bagian ujung dalam alis sampai ujung luar alis.

Pakai Eyeshadow dengan Warna Natural atau Earth Tone

Sumber gambar www.wisegeek.com

Eye shadow kecoklatan atau earth tone dapat memberikan kesan soft pada penampilan Anda. Eye shadow ini dapat dipergunakan dalam keseharian sebagai riasan ringan atau bahkan memberikan kesan berat dan dramatis. Untuk mendapatkan kesan sempurna dengan menggunakan eye shadow kecoklatan lakukan langkah berikut, yaitu menggunakan eye shadow dalam bentuk cream dan berwarna natural dengan menggunakan kuas ukuran sedang pada seluruh kelopak mata secara merata.

Langkah ini perlu dilakukan sebagai dasar eye shadow kecoklatan agar terlihat lebih natural. Setelah itu aplikasikan eye shadow berwarna cerah pada tulang mata secara merata dengan menggunakan brush ukuran besar. Kemudian pergunakan brush kecil untuk merapikan eye shadow dan pada sudut luar mata aplikasikan eye shadow warna coklat tua. Untuk langkah terakhir sebaiknya aplikasikan kembali eye shadow warna coklat tua pada bagian ujung mata bagian bawah agar mata terkesan lebih hidup.

Pilih Lipstick Berwarna Pink

Sumber gambar www.freepik.com

Untuk mendapatkan kesan bibir lebih cantik pada saat siang hari atau acara santai, sebaiknya aplikasikan lipstik bernuansa nude atau pinkish. Nuansa warna seperti ini sangat cocok untuk dipergunakan remaja dalam berbagai acara. Selain itu Anda dapat menggunakan lip gloss untuk mendapatkan efek glossy yang cantik.

Sempurnakan dengan Highlighter

Sumber gambar gildedcage.com

Untuk mendapatkan penampilan cantik sepenuhnya, jangan lupa menyempurnakan sentuhan terakhir dengan highlighter. Penggunaan highlighter dengan teknik make up glow dapat memberikan kesan wajah terlihat bersinar dan sehat, meskipun tone kulit berwarna gelap.

Pengaplikasian highlighter berfokus pada tulang pipi dan pelipis mata untuk menciptakan dimensi pada wajah dan sebaiknya jangan pergunakan secara berlebihan. Ketika akan membeli highlighter usahakan pilihlah warna yang cocok dengan kulit Anda dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti bentuk cream ataupun powder.

From our editorial team

Gunakan Produk Makeup Secara Tepat dan Tidak Berlebiha,n Ya!

Untuk mendapatkan tampilan flawless namun tetap cantik sepanjang hari, Anda tidak harus selalu menggunakan foundation ataupun harus menggunakan perawatan lengkap. Anda cukup menggunakan cara dandan yang satu ini yang tidak terlalu sulit yaitu dengan merawat kulit dari dalam dan cara tepat mengaplikasikan make up. Make up natural glowing ala beauty vlogger asal Korea dapat Anda coba karena tidak memberikan kesan berlebihan sekaligus dapat dipergunakan sehari-hari

Tag