Kantong Kempes? Jangan Khawatir Karena 10+ Kado Low Budget Ini Tak Kalah Unik dan Menarik Untuk Sahabat Kamu

Kantong Kempes? Jangan Khawatir Karena 10+ Kado Low Budget Ini Tak Kalah Unik dan Menarik Untuk Sahabat Kamu

Sumber gambar amazon.ca

Memberi hadiah bisa menyenangkan orang lain dan menunjukkan perhatian kita. Kepada sahabat, hal ini perlu dilakukan agar tumbuh rasa kedekatan dan juga kasih sayang. Namun, hadiah tak berarti harus mahal karena kado yang diberi sungguh-sungguh sejatinya tak ternilai dari nominal. Kado low budget berikut pun bisa jadi menawan saat kamu memberikannya dengan tulus.

Memberikan Hadiah Kepada Sahabat Sebagai Tanda Sayang adalah Hal yang Biasa Dilakukan

Sumber gambar leejessup.com

Sebagai makhluk sosial pastinya kita tak bisa hidup sendirian. Kita akan selalu butuh orang lain untuk menemani dan mendampingi hidup kita. Ada saudara, ada tetangga, ada keluarga dan pastinya ada sahabat.Kita akan selalu membutuhkan kehadiran sahabat. Karenanya pasti kita tak akan melewatkan moment penting bersama sahabat. Apalagi jika sahabat kita sedang berulang tahun.

Sebagai momen penting, perayaan ulang tahun sahabat kamu wajib kamu hadiri. Nah tentu yang lebih penting lagi adalah memberinya hadiah. Ini sebagai bentuk kasih sayang kamu terhadap sahabat.

Tips Memberikan Kado yang Low Budget

Cari Tahu Kado Apa yang Sesuai Budget Kamu

Sumber gambar commerce.microsoft.com

Niat hati memang ingin memberikan sesuatu yang berkesan dan berharga. Terkadang kita melihatnya sebagai sesuatu yang mahal. Padahal yang berkesan dan berharga tak selalu harus mahal.

Untuk kado low budget tentu kamu wajib browsing dan cari tahu dulu. Sekiranya kado apa yang paling pas dengan budget kamu. Tentukan dulu besaran budgetnya lalu baru cari hadiahnya. Ada banyak sekali kok kado berkesan yang hanya butuh low budget.

Beli di Tempat yang Murah

Sumber gambar cheeringup.co.uk

Memberikan kado low budget bukan hal yang mustahil. Untuk sahabat pastikan kamu memberikan kado terbaik yang bisa berkesan meski harganya murah. Nah ada tips lain untuk membeli kado low budget.

Kamu bisa beli di toko atau pasar atau toko online yang harganya murah. Dengan demikian jelas kamu lebih menghemat budget kamu bukan? Kamu bisa lirik marketplace online produk handmade lokal. Biasanya mereka akan menjual produk dengan harga miring.

Kamu Bisa Membuatnya Sendiri

Sumber gambar makeandtakes.com

Alternatif lain untuk memberikan kado untuk sahabat yang sedang ulang tahun adalah memberikannya kado yang dibuat sendiri. Ya kado handmade pasti akan jauh terasa lebih berkesan ketimbang yang kamu beli.

Kamu bisa lebih hemat pengeluaran dan pasti sahabat kamu akan merasa lebih bahagia dengan hadiah yang kamu berikan. Ia akan terharu karena kamu sempat membuat sendiri kadonya. Hadiah buatan sendiri pastinya juga akan membuat kamu merasa lebih puas kala memberikannya. Ini karena rasa kerja keras kamu kala membuatnya akan terbayar saat melihat wajah takjub sahabat kamu.

Kado yang Murah dan Unik untuk Sahabat

Sepucuk Surat

Sumber gambar lifelovelauren.com

Kado yang unik dan berkesan tak harus mahal. Kamu hanya perlu kreatifitas utuk membuatnya. Misalnya saja untuk sahabat kamu bisa memberikan sepucuk surat untuk tiap kondisinya. Surat ini dikenal dengan istilah ‘Open When’.

Jadi kamu tulis sepucuk surat dan masukkan dalam amplop. Siapkan beberapa amplop dengan aneka label di tiap amplopnya. Misalnya saja ada label sedih, label senang, label jatuh cinta, label marah. Nah sesuaikan isi surat dengan label tersebut.

Kamu juga bisa selipkan foto atau benda lain yang berhubungan dengan labelnya. Sehingga nantinya sahabat kamu akan membuka satu per satu surat kamu kala ia merasa seperti yang tertera pada labelnya. Kala ia sedih maka ia akan membuka amplop dengan label sedih dan seterusnya.

Sarung Pengaman Ponsel dari Bahan Rajut

Sumber gambar haakmaarraak.nl

Hari gini pasti semua orang sudah beralih mengenakan smartphone. Nah kamu bisa jadikan hal tersebut sebagai ide kado low budget kamu. Bukan memberikan smartphonenya namun memberikan pengaman untuk ponsel sahabatmu. Bikin pengaman ponsel dari bahan rajut yuk.

Kamu akan butuh 2 gulung benang rajut katun seharga Rp 20.000. Lalu kamu butuh jarum rajut seharga Rp 15.000 dan gunting.

    Cara Membuat :
  • Langkah pertama kamu bisa ukur panjang dan ketebalan hp sahabat kamu, lalu mulailah merajut alas tas hp.
  • Untuk baris pertama buatlah tusuk rantai atau ch sepanjang hp. Lalu balik benang dan buat tusuk tunggal alias sc dari ch kedua dari jarum hingga ujung ch.
  • Pada baris dua silahkan membuat 2 sc pada ujung lalu lanjut sc hingga ujung satunya dengan tambahan 2 sc lalu tusuk ss untuk mengakhirinya.
  • Lalu ulang pada baris 2 dengan tambahan 2 sc di setiap ujung sesuai ukuran tebalnya hp.
  • Pada baris satu jika sudah memiliki dasar oval maka tanpa membaliknya langsung lanjutkan dengan membuat sc di benang belakang hingga kembali ke awal.
  • Di baris kedua dan selanjutnya silahkan buat sc mengelilingi lingkaran sampai mencapai tinggi hp anda dan akhiri memakai ss.
  • Kalau sudah cukup maka tinggal finishing seperti di panduan awal tadi. Bisa juga dilanjutkan dengan tusuk picot yang biasanya dipakai untuk pinggiran kreasi rajutan.

Scrap Book

Sumber gambar myphotobook.it

Scrapbook bisa juga kamu jadikan hadiah low budget. Jadikan karya album ini sebagai kenangan foto dan artikel hingga lainnya untuk sahabat kamu. Kerajinan ini bisa mudah dibuat sendiri loh.

Pilih kertas yang mempunyai kadar keasaman lebih dari 7 supaya foto jadi lebih awet. Lalu untuk merekatkan foto kamu bisa pakai menggunakan lem batang, double tape, pita, atau glue dot. Kamu bisa menulis cerita juga pada scrapbook yang kamu sesuaikan dengan foto atau pernik yang kamu tempelkan.

Saat membuat scrapbook jangan lupa memberikan pelindung untuk tiap scrap book. Bisa dari plastik supaya scrapbook kamu lebih awet. Jangan lupa juga pikirkan tema dari scrapbook yang akan kamu buat supaya lebih berkesan ya.

Untuk membuat scrapbook tentukan dulu ukurannya. Misalnya kamu ingin membuat 12 x 12 cm dan lain sebagainya sesuai keinginan. Siapkan alat dan bahannya juga ya supaya kamu lebih nyaman membuatnya. Persiapkan kertas scrapbook, kertas warna warni, lem, spidol dan pensil warna, foto kenangan, hiasan unik dari kancing atau pita dan lainnya, gunting, cutter dan penggaris.

    Tips membuat scrapbook :
  • Pertama, dalam memilih lem pilih yang bebas asam supaya scrapbook lebih awet.
  • Selanjutnya pilih kertas dengan pH tinggi.
  • Pakailah kertas yang warnanya bisa disatukan dengan foto yang akan ditempelkan.
  • Untuk foto lama usahakan untuk mencetaknya ulang. Dengan demikian kamu akan memiliki file digital dari foto tersebut sehingga kamu juga memiliki simpanan foto lama tersebut.
  • Dalam memotong foto jangan sampai salah potong karena bisa berpengaruh pada hasil scrapbooknya.
  • Hiaslah dasar scrapbook dulu dengan cara mengambil kertas yang akan dijadikan dasar lalu tempel aneka pernik hiasan. Buatlah sesuai tema misalnya pantai, maka tempel background nuansa biru dengan pasir pantai putih. Lalu baru kamu tempel foto dengan rapi.
  • Tambahkan dekorasi menarik sesuai dengan tema. Misalnya tadi tema pantai maka kamu bisa tambahkan hiasan kerang-kerangan atau payung dari pita dan sebagainya.
  • Kamu bisa juga menambahkan cerita dalam scrapbook kamu supaya lebih menarik. Sehingga scrapbook berkesan seperti komik.

Rak Kosmetik dari Kardus

Sumber gambar media.rooang.com

Kamu bisa banget nih membuatkan rak kosmetik dari kardus untuk sahabat kamu. Persiapkan segera kardus bekas sepatu, gunting, pisau, lem dan 3 lembar kertas kado warna warni.

Kado ini pasti sangat murah kok. Untuk kardus sepatu kamu bisa dapatkan di rumah kamu tanpa beli. Gunting dan pisau pastinya kamu sudah punya juga. Kamu tinggal beli kertas kadonya saja. Murah banget bukan?

    Cara Membuat :
  • Gunting rapi kardus bekas sepatu menjadi beberapa bagian.
  • Lanjut dengan menggunting kertas kado warna-warni untuk menutupi semua permukaan kardus. Tempel pada kardus dengan memakai lem.
  • Susunlah kardus yang telah ditutup kertas kado menjadi beberapa kotak.
  • Jangan lupa untuk merekatkan dengan lem tiap-tiap sudut dan semua permukaan agar terlihat rapi.
  • Dan rak cantik pun sudah siap untuk kamu jadikan kado deh.

Lukisan Karikatur

Sumber gambar bukalapak.com

Karikatur unik bisa jadi hadiah keren untuk sahabat kamu. Karikatur ini tujuannya untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Kamu bisa memberikan karikatur unik yang kamu buat sendiri. Apalagi jika memang kamu memiliki bakat terpendam dalam menggambar. Pasti deh gambar satu ini unik banget untuk kado.

Kamu butuh benda seperti pensil dan kertas, penghapus dan papan alas serta tisu. Ada beberapa tips nih yang perlu kamu tahu dalam membuat karikatur.

    Tips membuat karikatur :
  • Kala membuat karikatur pasti kamu butuh pensil. Gunakan aneka pensil mulai dari B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B dan 7B. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu supaya untuk tiap garis dan gambar bisa jadi lebih sempurna.
  • Pakailah kertas HVS dan gunakan kertas khusus sketch biar lebih terlihat seninya.
  • Pakailah papan dasar bersih supaya hasil gambar terlihat bagus.
  • Gunakan penghapus hitam karena daya hapus lebih bagus dan smooth.
  • Pakailah tisu yang lembut untuk melembutkan arsiran dengan sempurna.
  • Gunakan rautan pensil yang bagus supaya hasil ujung pensil juga bagus untuk menggambar.

Botol Kenangan

Sumber gambar escapeadulthood.com

Sudah berapa lama kamu berteman dengan sahabat kamu? Pastinya sudah lama banget dong ya karenanya pasti kenangannya pun sudah bejibun banyaknya. Jangan lupakan segala kenangan tersebut dan berikan kejutan dengan mempersembahkan aneka kenangan tersebut untuk sahabat kamu.

Kamu bisa buat kenangan dalam botol. Tulis kenangan dalam kertas lalu gulung dan masukkan dalam botol yang cantik. Ini bisa jadi hadiah unik yang murah juga. Kamu bisa cari botol bekas di rumah. Lalu kamu juga butuh kertas warna warni dengan harga Rp 10.000. Kamu juga akan butuh spidol warna warni yang sekiranya habis Rp 20.000. Dan terakhir kamu butuh pita kado seharga Rp 10.000 untuk menghias.

    Cara Membuat :
  • Cari dan juga pilih botol lalu pasangi pita pada leher botol supaya terlihat unik.
  • Ambil kertas dan tulis beberapa kenangan yang unik antara kalian.
  • Lalu masukkan beberapa kertas kenangan tersebut pada botol.
  • Nah kado unik siap meluncur ke sahabat kamu.

Scrap Frame

Sumber gambar fjb.kaskus.co.id

Dalam membuat hadiah low budget kamu bisa berikan scrap frame. Ini merupakan rangkaian foto atau gambar yang ditata sehingga menjadi apik. Lalu masukkan dalam frame atau pigura untuk membuatnya sebagai pajangan rumah.

Kamu akan butuh frame foto 3 dimensi senilai Rp 50.000 dan foto-foto untuk dicetak sekitar Rp 20.000. Kamu juga butuh aneka kertas seharga Rp 10.000, hiasan dengan harga Rp 10.000, lem dan double tape seharga Rp 10.000. Untuk gunting dan cutter pastinya kamu sudah punya di rumah ya.

    Cara Membuat :
  • Silakan buat desain memakai Corel Draw atau Adobe Photoshop.
  • Lalu pisahkan desain yang sudah jadi tersebut setiap objek. Ini untuk membuat supaya background dengan objek-objek desain yang lain terpisah sendiri-sendiri. Beri sedikit jarak antar objek desain satu dengan lainnya untuk memudahkan kita dalam memproses pemotongannya.
  • Cetak hasil desain pada kertas tebal lalu potong hasil cetakan sesuai objek desain yang sudah kita buat.
  • Siapkan papan triplek sesuai desain lalu tempelkan kertas cetakan background dengan lem atau double tape.
  • Selanjutnya silahkan tempelkan potongan-potongan gambar yang sudah kita potong tadi sesuai dengan desain awal.
  • Siapkan frame khusus untuk scrapframe lalu pasang deh hasil penempelan tadi ke dalam frame yang sudah ada.

Bingkai Foto dari Gabus

Sumber gambar blog.duitpintar.com

Gabus memang benda sepele kelihatannya. Namun ini bisa jadi ide keren kamu untuk hadiah sahabat dengan low budget. Kamu akan butuh gabus styrofoam seharga Rp 10.000, kertas warna warni Rp 10.000 dan gunting.

    Cara Membuat :
  • Silahkan langsung potong gabus styrofoam sesuai ukuran yang akan dibuat bingkai.
  • Selanjutnya kamu bisa memotong bagian tengah gabus styrofoam untuk ruang penyimpanan foto.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa memotong kertas warna-warni untuk dijadikan ornamen pinggiran bingkai.
  • Lipatlah aneka kertas tersebut supaya menyerupai daun-daun atau bunga-bunga.
  • Lalu tempel pada pinggiran bingkai dan siap deh jadi kado untuk sahabat.

Custom T-Shirt

Sumber gambar ijeverson.com

Sesuatu yang dibuat secara khusus alias dipesan khusus akan memberikan arti tersendiri. Tentu ini bisa jadi inspirasi kado keren buat kamu ya. Kamu bisa pilih custom t-shirt yang keren untuk kado low budget sahabat kamu.

Kamu bisa desain sendiri T-shirt sesuai dengan keinginan kamu loh. Caranya mudah kok kamu bisa kunjungi website Utees.me.

Dalam website tersebut kamu bisa desain kaos kamu sendiri. Kemudian mereka akan mem-printnya untuk kamu dan bisa kamu bayar deh. Kalau kamu tak jago mendesain tenang saja karena mereka juga menyiapkan deretan desain keren untuk kamu pilih.

    Cara Membuat :
  • Silakan daftar pada situs Utees lalu cobalah mendesain.
  • Pilih model T-shirt yang sesuai yakni apakah regular, female atau kids.
  • Lalu desain sesuka kamu atau bisa pilih templates dari website tersebut.
  • Rancang desain sendiri dari aneka kategori yang ada.
  • Jika sudah selesai silahkan klik finish, bisa juga beri judul untuk desain kamu sendiri mulai dari deskripsi, tag, dan kategori. Klik juga ‘save as private’ atau ‘save and publish’ sesuai keinginan kamu.
  • Lalu akan muncul kata ‘get this shirt printed for you’ yang artinya kaos sudah siap di print untuk kamu. Pesan dan isi datanya lalu akan muncul konfirmasi pembelian.

Bikin Video Singkat

Sumber gambar blog.bukalapak.com

Kado untuk mereka yang selalu ada untuk kita memang ada banyak. Namun tak melulu harus berupa barang ya. Kamu bisa juga bikin video singkat kala sahabat kamu berulang tahun.

Film pendek alias video singkat bisa jadi kado menarik. Editlah sendiri beberapa video untuk kamu berikan pada sahabat kamu sebagai ungkapan kepedulian dan kasih sayang kamu untuk sahabat. Bisa merupakan hasil video kala sedang bersama sahabat. Bisa juga film berisi kumpulan foto kalian.

    Cara Membuat :
  • Siapkan segera kamera maupun handycam lalu pilih aneka foto dan video kamu beserta sahabat yang akan dijadikan video klip.
  • Pakailah aplikasi untuk mengedit video.
  • Gunakan aplikasi sekreatif mungkin kamu juga bisa tambahkan suara atau lagu.
  • Burn ke dalam CD atau DVD dan berikan deh untuk sahabat kamu.
From our editorial team

Berikan Kado yang Memuat Minatnya

Memberi kado dengan dana terbatas mungkin terdengar menyulitkan tapi jika kamu cermat, ada banyak hal yang bisa diberikan. Misal, jika sahabatmu suka membaca puisi, kamu bisa menulis ulang puisi-puisi dari penyair favoritnya di sebuah buku catatan. Beri hiasan dan tambahkan juga puisi buatanmu sendiri. Jangan lupa untuk selalu menetapkan tenggat hari karena membuat kado sendiri akan butuh waktu daripada membeli di toko. Pastikan waktu pembuatannya bisa cukup hingga kamu dapat memberikan kado pada sahabat.