10 Motif Dasi untuk Dikenakan Pria dalam Berbagai Acara (2019)

10 Motif Dasi untuk Dikenakan Pria dalam Berbagai Acara (2019)

Memakai dasi terkadang menjadi cukup rumit untuk laki-laki, bukan hanya karena masalah cara memakainya, namun juga model dan motif seperti apa yang pantas dan cocok digunakan pada acara-acara tertentu. Artikel ini akan mengupas berbagai otif dasi yang cocok digunakan oleh para pria. Simak, ya!

Memadupadankan Dasi Terkadang Cukup Rumit dan Memusingkan

Sebagai seorang pria, gaya berbusana yang mengharuskan Anda menggunakan atribut seperti dasi terkadang cukup membingungkan. Memilih motif, bahan, dan warna yang sesuai dengan kemeja memang tidak mudah dilakukan. Ditambah dengan berbagai pola dasi, mulai dari yang diagonal hingga pola yang sangat unik terkadang membuat Anda kewalahan dalam memilihnya. Belum lagi banyaknya aturan dalam menggunakan dasi terkadang mungkin membuat Anda merasa bingung saat akan menggunakannya. Tetapi jangan khawatir, dengan menyimak informasi yang akan kita bahas berikut ini, memadumadankan dasi dengan pakaian Anda akan jadi jauh lebih mudah.

Padu Padan Menggunakan Dasi Bermotif agar Tidak Terlihat Norak

Bagaimana cara memadupadankan dasi bermotif agar tidak terlihat norak? Let's check it out!

Gunakan Baju yang Polos

Memilih kemeja dengan warna netral seperti putih, abu-abu, krem, atau hitam adalah awal yang tepat. Warna-warna ini cenderung lebih mudah dikombinasikan dengan berbagai motif dan warna dasi yang berada di pasaran. Ada banyak motif dasi yang bisa Anda pilih, mulai dari motif batik, diagonal, kotak-kotak, dan lain sebagainya.

Nah, bila Anda bingung memilih motif dasi, maka pilihlah dasi yang bermotif diagonal, karena cocok digunakan bagi Anda yang bertubuh kurus maupun gemuk. Selain itu, pilih juga dasi dengan permukaan mengkilap agar terlihat lebih bagus digunakan bersama kemeja Anda.

Pemilihan Bahan

Sumber gambar harga.timbangharga.com

Sama halnya dengan memilih bahan pakaian. Ada berbagai macam bahan dasi yang bisa Anda pilih, mulai dari sutra, katun, poliester, atau campuran kain lainnya. Pilihlah bahan sesuai dengan acara yang dituju. Misalnya, menggunakan dasi berbahan katun untuk acara yang sedikit santai, dan dasi berbahan sutera saat akan menghadiri undangan formal. Tak hanya itu, memilih dasi yang berbahan kuat tapi bertekstur lembut juga penting. Jangan sampai dasi yang Anda gunakan memiliki kain yang rapuh.

Pilih Warna Baju yang Serupa dengan Dasi

Sumber gambar www.gentlemancode.id

Tak hanya pemilihan bahan yang harus diperhatikan, tetapi memilih warna dasi yang cocok digunakan juga tak kalah pentingnya. Jangan sampai penampilan Anda dirusak oleh warna dasi dan kemeja yang bertabrakan. Sebagai contoh, bila Anda menggunakan dasi yang memiliki beberapa warna dalam motifnya, maka Anda bisa memilih kemeja dengan warna yang senada dengan salah satu warna corak dasi yang Anda pilih, bisa setingkat lebih cerah ataupun lebih gelap.

Selain itu, warna kulit Anda sebagai pengguna dasi juga menentukan. Bagi Anda yang memiliki kulit berwarna gelap, sebaiknya gunakan dasi yang berwarna ringan dan bagi Anda yang memiliki warna kulit cenderung pucat, pemilihan dasi berwarna gelap akan sangat cocok untuk dikenakan.

Hindari Memilih Dasi dengan Corak yang Sama dengan Kemeja

Sumber gambar www.idntimes.com

Aturan lainnya yang harus diperhatikan dalam menggunakan dasi adalah jangan menggunakan kemeja dan dasi yang memiliki corak serupa, karena akan membuat dasi kalah menonjol dibandingkan kemeja yang Anda gunakan. Misalnya kemeja kotak-kotak dengan dasi kotak-kotak, atau kemeja garis-garis dipadankan dengan dasi garis-garis yang sama pula. Contoh padanan yang serasi adalah kemeja kotak-kotak kecil berwarna lembut dengan dasi berwarna bold dengan motif polkadot, atau sebaliknya.

Berbagai Motif Dasi Pria yang Bisa Menjadi Inspirasi

Berikut ini adalah beberapa motif dasi yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Pin Dot

Sumber gambar Blibli

Salah satu motif dasi yang cukup populer adalah pin dot. Motif ini berisi bulatan-bulatan kecil yang menghiasi kain dasi Anda, dan cocok digunakan untuk acara casual maupun formal. Bila Anda menyukai jenis dasi seperti ini, dapatkan produk Houseofcuff CB T176 Dasi NeckTie Pocket Square Cufflink Cufflinks Manset Best Man, yang bisa Anda beli di Blibli dengan harga Rp 150.000 saja.

Satu set produk ini terdiri dari dasi ukuran 3 inch (size Regular Fit), pocket square/saputangan untuk saku jas, dan sepasang cufflinks (2 pcs), termasuk dengan kotak packaging-nya. Dengan bahan 100% poliester berkualitas, dijamin dasi Anda tidak akan mudah kusut.

Polka Dot

Sumber gambar Blibli

Motif lain yang dapat Anda pilih adalah polka dot. Banyak orang yang menganggap ini adalah motif yang sama dengan pin dot, padahal sebenarnya berbeda. Bila bulatan-bulatan pada motif pin dot berukuran kecil, maka pada polka dot, bulatannya berukuran lebih besar. Motif ini cocok digunakan untuk acara santai, ke kantor, dan acara tak formal lainnya.

Salah satu produk bermotif polka dot yang bisa Anda pilih adalah Elfs Shop Resleting Polkadot Dasi Pria. Dasi berbahan polyester yang nyaman digunakan ini cocok bagi Anda yang kurang mahir mengikat dasi, karena produk ini adalah dasi yang sudah terbentuk dengan rapi, jadi Anda tinggal memasangkannya saja di kerah kemeja, praktis bukan? Selain itu, ukuran leher bisa dibesar kecilkan dengan menggunakan retsleting.

Nah, bila tertarik, Anda bisa membeli dasi berukuran panjang 50 cm dan lebar 7,5 cm ini di elfs-shop hanya dengan harga Rp 34.000.

Paisley

Sumber gambar The Cufflins Store

Motif lain yang bisa Anda pilih untuk dasi adalah paisley. Ini adalah motif yang berupa tetesan air yang melengkung, dan berasal dari Persia. Keunggulan paisley adalah cocok digunakan dengan pakaian apapun yang sudah Anda miliki, baik kemeja atau jas berwarna terang, maupun gelap.

Bila motif seperti ini sangat Anda sukai, dasi Paisley Green and Black dari The Cufflinks Store seharga Rp. 162.500 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Dasi ini mempunyai lebar 7 cm dan berbahan polyester. Selain untuk digunakan sendiri, produk ini juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah, karena produk ini dikemas dengan packaging yang cantik.

Foulard

Sumber gambar Blibli

Salah satu motif yang cocok bagi Anda penyuka sesuatu yang simpel dan simetris adalah Foulard. Ini adalah pola berulang geometris yang rapi dan sesuai baik untuk acara formal maupun non formal. Motif ini bisa Anda dapatkan bila Anda membeli Houseofcuff Neck Tie Pocket Square Cufflinks Manset Dasi - Merah CB T165, sebuah set collection box dasi berbahan poliester yang didesain elegan dengan tampilan yang maskulin dan material berkualitas sehingga tidak mudah kusut dan dapat disetrika. Paket ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp. 150.000.

Satu set collection box terdiri dari dasi ukuran 3 inch (size regular fit), pocket square/saputangan untuk saku jas, dan sepasang cufflinks (2 pcs). Dasi ini juga akan dikemas dalam sebuah kotak packaging.

Sport and Club

Sumber gambar Tokopedia

Bagi Anda para pecinta film, klub olahraga, atau tokoh-tokoh tertentu, maka dasi dengan motif klub olahraga dan film kesayangan pastilah bisa menjadi andalan saat akan berbusana. Dasi jenis ini memang cocok sekali digunakan untuk acara-acara kasual.

Salah satu dasi yang bisa Anda pilih adalah dasi-dasi yang ditawarkan oleh Icon Nectie. Dengan motto Icon Nectie, yaitu “Tie that describe yourself”, maka dapat dipastikan aksesoris fashion yang bermotif mulai dari dasi anime, dasi games, dasi karakter kartun, dan dasi klub bola ini akan menunjukkan jati diri Anda yang sebenarnya.

Bahannya menggunakan bahan satin yang mengkilap sehingga terkesan elegan. Panjangnya 145 cm dan lebar 7,5 cm. Bagi Anda penggemar Manchester City, ada dasi spesial bermotif logo klub bola ini, yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

University

Sumber gambar Blibli

Motif lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah motif University. Corak University terdiri dari kumpulan garis-garis diagonal yang terlihat rapi. Motif ini cocok digunakan dalam berbagai kesempatan, terutama untuk acara casual. Salah satu produk dasi bermotif University adalah Dasi Neck Tie Slim Polos Wedding Best Man Purple Dark List Tie.

Dasi berbahan poliester dan berukuran 3 inch ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Selain itu, dasi berwarna dasar ungu gelap ini juga pas dipadupadankan dengan berbagai warna kemeja Anda. Segera dapatkan produk ini hanya di Bukalapak dengan harga terjangkau, yaitu Rp 79.000 saja.

Regimental

Sumber gambar Blibli

Motif geometris memang menjadi pilihan banyak pria. Salah satu yang termasuk motif ini adalah Regimental. Motif garis-garis yang simpel tapi terkesan elegan ini dapat Anda kenakan untuk acara formal maupun non formal. Walaupun motif ini berasal dari resimen militer Inggris, tapi sekarang banyak pria di belahan bumi manapun yang menyukainya.

Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah collection box dari House of Cuff, yaitu Dasi NeckTie Slim Polos Wedding Best Set. Koleksi ini bisa Anda dapatkan di House of Cuff seharga Rp 150.000 per setnya, yang terdiri dari dasi berukuran 3 Inch (size slim fit), handkerchief untuk saku jas, dan cufflinks. Kelebihan lainnya dari produk ini adalah bahan yang digunakan merupakan 100% poliester, sehingga dapat disetrika dan tidak mudah kusut.

Tartan

Sumber gambar Lazada

Motif dasi yang sekarang banyak diminati adalah tartan. Pola garis-garis vertikal dan horizontal yang saling bersilangan dalam aneka warna ini memang terlihat menarik saat dipadankan dengan kemeja Anda. Motif ini awalnya berasal dari Scotlandia, tapi sekarang sudah semakin umum digunakan banyak orang dalam menghiasi pakaian mereka.

Ciri utama dari motif ini adalah ukuran kotak-kotaknya yang cukup besar, menyerupai motif sarung. Salah satu produk dasi bermotif tartan adalah Dasi Pesta Pernikahan RD-Intl yang bisa Anda dapatkan di Lazada dengan harga Rp 37.000. Produk ini terdiri dari satu buah dasi kotak-kotak dengan panjang 145 cm dan lebar 10 cm. Dengan bahan sutra Korea berkualitas tinggi, dasi ini pasti akan pas dipadankan dengan kemeja Anda yang berwarna gelap.

Novelty

Sumber gambar Blibli

Sekarang waktunya kita berkenalan dengan novelty necties. Ini adalah julukan bagi dasi-dasi yang memiliki motif unik. Tak hanya motif-motif geometris yang sering jadi pilihan para pria, tetapi juga motif bergambar kartun. Misalnya saja tokoh-tokoh kartun Disney, atau versi kartun dari tokoh Star Wars. Nah, motif seperti ini biasanya sangat digemari bagi Anda yang berkepribadian dinamis.

Ada pilihan menarik bagi Anda yang menyukai jenis dasi seperti ini, misalnya saja produk dari Enable, yaitu Enable Motif Skull Executive Dasi Pria yang berwarna deep blue. Dasi berbahan poliester ini memiliki panjang 145 cm, sehingga cocok digunakan untuk berbagai tipe tubuh. Selain itu, dasi ini juga bisa memberikan kesan elegan pada penampilan Anda. Bila Anda berminat, dapatkan dasi ini di Blibli seharga Rp 115.200.

Repp Striped

Sumber gambar Blibli

Salah satu motif dasi yang juga sering jadi pilihan adalah Repp Striped. Dasi Repp Striped adalah tenunan halus yang menghasilkan tekstur yang kemudian membentuk pola garis-garis. Awalnya dasi ini populer di kalangan mahasiswa di Inggris, lalu kemudian digemari juga oleh para mahasiswa di Amerika Serikat.

Dasi ini cocok digunakan baik untuk acara santai maupun resmi. Anda bisa mendapatkan model dasi seperti pada produk Alisan Salur Biasa Dasi Pria, yang terdapat di Blibli seharga Rp 90.000 atau di Zalora dengan harga Rp 150.000 saja.

Dengan bahan polycotton yang didesain elegan, dasi ini cocok digunakan untuk acara formal maupun non-formal. Dasi berwarna abu-abu yang memiliki panjang 150 cm dan lebar 7 cm ini juga dilengkapi dengan box exclusive.

From our editorial team

Pilih Motif Dasi yang Sesuai agar Cocok dengan Karakter Anda

Menggunakan dasi merupakan salah satu tren fashion yang cukup menarik di kalangan para pria, oleh karenanya ada baiknya untuk bisa memilih motif, warna, dan bahan dasi yang cocok sehingga dapat memberikan kesan karakter Anda yang kuat. Jangan lupa coba saran-saran dari BP-Guide di atas, ya!

Tag