9 Merek Speaker Terbaik Buat Kamu yang Berkecimpung di Dunia Musik

9 Merek Speaker Terbaik Buat Kamu yang Berkecimpung di Dunia Musik

Speaker sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Manusia menggunakan speaker untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan berkomunikasi melalui video conference. BP-Guide akan memberimu rekomendasi merek speaker terbaik yang cocok menemani aktivitasmu.

Speaker Sudah Jadi Bagian yang Tak Terpisahkan dari Kehidupan Modern

Sumber gambar media.istockphoto.com

Pada dasarnya, setiap orang senang mendengarkan musik. Pagi, siang, sampai malam sulit rasanya lepas dari musik. Musik menjadi bagian dari keseharian. Dari mulai anak hingga orang dewasa, semuanya menyenangi musik.

Untuk mendengarkan musik tentu butuh seperangkat alat. Salah satu perangkat yang mutlak dibutuhkan untuk mendengarkan musik adalah alat bernama speaker. Adalah Johann Philipp Reis yang pertama membuat speaker elektronik di dalam telepon pada 1861. Speaker buatan Reis disempurnakan dan dipatenkan oleh Alexander Graham Bell untuk telepon buatannya pada 1876.

Sejak saat itu, penggunaan speaker pun meluas ke berbagai alat lainnya. Seperti untuk mendengarkan lagu, menonton film, hingga saat ini menjadi perangkat pelengkap di komputer atau multimedia lainnya.

Pintar-pintarlah dalam Memilih Speaker yang Baik

Untuk bisa mendengarkan musik dengan nikmat dan nyaman hanya akan didapat dengan menggunakan speaker terbaik. Tanpa speaker berkualitas, suara musik yang didengarkan tidak akan maksimal, bahkan bisa jadi terdengar aneh dan sember.

Karena itu, saat memilih speaker, pastikan kamu memeriksa komponen yang menjadi bahan utama, seperti daun speaker di bagian depan yang akan menentukan kualitas suara yang muncul. Semakin lentur daun suaranya semakin bagus suara yang terdengar. Daun suara yang lentur juga akan lebih awet.

Selain itu, perhatikan magnet yang ada di bagian belakang. Semakin besar magnet maka semakin berkualitas suara yang dihasilkan. Kejernihan dan kebulatan suara dihasilkan dari sebuah speaker dengan magnet yang besar.

Terakhir, tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang harus membeli speaker berkulitas tinggi untuk mendapatkan audio yang jernih dan bulat, cari dan beli speaker terbaik yang dibutuhkan. Namun, jika sudah cukup dengan suara speaker yang sedang-sedang saja, tidak perlu membeli speaker mahal karena hanya akan melakukan pemborosan.

Yuk Berkenalan dengan Macam-macam Jenis Speaker Terbaik untuk Kamu

Sebagai tambahan informasi, sebelum membeli speaker terbaik, ada baiknya kamu mengenali dulu jenis-jenis speaker yang ada saat ini karena pada dasarnya suara yang dihasilkan oleh speaker memiliki range yang berbeda. Ada yang bekerja di range rendah, sedang, hingga tinggi.

Dari pada makin bingung, yuk simak jenis-jenis speaker di bawah ini:

Subwoofer

Subwoofer merupakan speaker penghasil suara dengan nada rendah. Bekerja di frekuensi 20-200 Hz sehingga akan menghasilkan suara berat yang lebih sering disebut dengan bass.

Ukuran subwoofer biasanya paling besar dibanding jenis speaker lainnya, paling tidak sekitar 12 inci hingga 21 inci. Ukuran yang besar ini bukan tanpa alasan karena suara rendah yang dihasilkan bakal lebih optimal jika melalui speaker yang berdiameter besar.

Untuk menunjang kerjanya, subwoofer akan diletakkan di sebuah boks khusus yang dilengkapi dengan lubang sehingga suara bass yang dihasilkan akan terdengar lebih maksimal.

Woofer

Seperti halnya subwoofer, speaker woofer juga bekerja untuk menghasilkan suara rendah atau bass. Frekuensi kerjanya berada di kisaran 40-1000 Hz. Perbedaannya ada pada ukuran. Woofer memiliki diameter mulai dari 4 inci hingga 12 inci.

Mirip subwoofer, speaker woofer pun biasanya dipasang pada satu boks khusus, bahkan tak jarang digabungkan langsung dengan speaker midrange dan tweeter sehingga speaker woofer masuk dalam sistem 3 way dan dibutuhkan crossover untuk memisahkan frekuensi suara yang berbeda yang muncul dari setiap speaker.

Mid Range

Sumber gambar www.dynavox.com

Diameter speaker midrange umumnya berada di kisaran 4 sampai 6 inci saja. Frekuensi kerjanya berada di antara 500-5000 Hz. Suara yang muncul terdengar jelas dan terfokus. Speaker midrange merupakan bagian dari sistem 3 way bersama woofer dan tweeter.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat speaker midrange tidak akan menghasilkan nada rendah seperti halnya woofer atau subwoofer. Speaker ini juga tidak akan menghasilkan suara dengan nada tinggi seperti yang dilakukan tweeter.

Tugas speaker midrange adalah menyempurnakan kedua jenis speaker lainnya dalam sistem 3 way, yaitu membantu memunculkan suara vokal dan suara di frekuensi menengah lainnya agar terdengar lebih jelas.

Tweeter

Sumber gambar img.banggood.com

Ini merupakan jenis speaker terkecil dalam rangkaian jenis speaker terbaik yang ada saat ini. Bagaimana tidak, speaker tweeter berukuran antara 0,5 inci hingga maksimal 4 inci saja.

Ukurannya yang kecil memang menyesuaikan dengan tugasnya untuk menghasilkan suara berfrekuensi tinggi. Frekuensi suara yang dihasilkan tweeter berada di kisaran 3500 Hz hingga 20 Khz.

Suara-suara melengking dan tinggi seperti yang dihasilkan oleh pukulan pada cymbals drum adalah yang mampu diakomodir oleh speaker tweeter. Beda dengan subwoofer yang harus dipasang pada boks khusus, tweeter bisa langsung dipasang karena sudah membentuk semacam boks sendiri yang berbentuk setengah lingkaran atau yang berbentuk corong.

Full Range

Sumber gambar upload.wikimedia.org

Sesuai namanya, speaker fullrange memang bekerja di frekuensi yang sangat lebar, mulai dari 40 Hz hingga 2 Khz. Speaker ini mampu mengeluarkan suara rendah hingga tinggi sekaligus. Namun, tentu saja suara yang dihasilkan tidak semaksimal jenis speaker yang menghasilkan suara pada frekuensi tertentu.

Jenis speaker ini biasa kita temui dalam panggung musik di lapangan, acara nikahan, hingga karaoke. Speaker fullrange tetap butuh satu tempat agar bisa disusun dengan speaker sejenis lainnya ketika digunakan di tempat terbuka atau lapangan.

Nah, Ini Dia 9 Merek Speaker Terbaik yang Harus Kamu Tahu

Kini saatnya tiba untuk mengetahui merek speaker terbaik apa saja yang beredar di pasaran saat ini. Dengan mengetahui merek-merek tersebut, kamu akan bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap merek speaker. Sehingga nantinya akan bisa dicocokkan dengan kebutuhan.

B&W (Bower & Wilkins)

Bowers & Wilkins (B&W) merupakan speaker buatan pabrikan asal Inggris. Didirikan oleh John Bowers dan Peter Heyward pada 1966. B&W kini dikenal sebagai salah satu produsen audio terbaik di dunia. Salah satu produknya menjadi andalan dalam produk iPod.

Bowers & Wilkins ASW610 (B&W) Black Ash

Speaker high end yang dijual di Tokopedia dengan harga Rp 10.150.000 ini merupakan penghasil suara rendah yang berkualitas. Seperti seri 600 dari B&W, speaker ini pun dibuat dari gabungan serat kevlar dan pulp kertas yang mampu memunculkan suara rendah yang dihasilkan dari koil suara.

Bowers and Wilkins 684 S2

Seri ini lebih ramping dari pendahulunya, B&W 684 S2. Namun mampu menghasilkan suara dengan kinerja menakjubkan. Speaker berukuran 5 inci ini dilengkapi dengan Anti-Resonance Plug. Sehingga menghasilkan suara midrange bebas distorsi. Dilengkapi pula dengan tweeter Decoupled Double Dome untuk menghasilkan suara tinggi yang jernih dan alami. Tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 15.800.000.

Bose

Bose bukan nama asing dalam dunia speaker. Perusahaan asal Amerika Serikat yang berdiri sejak 1964 ini dikenal berkat produksi audionya yang berkualitas tinggi. Untuk kali ini, BP-Guide merekomendasikan dua jenis speaker dari merek Bose berikut ini.

Bose F1-812 Flexible Array Loudspeaker

Speaker ini tersedia dalam pilihan 8 inci untuk frekuensi mid/high range dan 12 inci untuk menghasilkan suara frekuensi rendah. Dilengkapi dengan 2 input channel untuk mengontrol volume dan dijual seharga Rp 26.760.000 di Tokopedia.

BOSE 301 Series V - Black

Speaker ini bisa dibeli di bhinneka.com dengan harga Rp 5.999.000. Dilengkapi dengan 2 buah stereo Targeting® tweeters 2 inci dan 8 inci long-excursion woofer yang menghasilkan suara lengkap dari rendah hingga tinggi.

Klipsch Audio Technologies

Berdiri sejak 1946, Klipsch Audio Technologies punya range produk yang cukup luas. Produk Klipsch Audio Technologies digunakan pada car audio, home audio, hingga pc audio. Sayang, produk ini tidak banyak ditemukan di Indonesia karena mereka memang tidak memasarkan secara langsung ke sini. Namun, kamu tetap bisa menemukan produk Klipsch Audio Technologies di sejumlah toko online lokal.

Klipsch R-15PM Wirelees Active Speaker

Speaker ini dilengkapi dengan input RCA, digital USB, digital optik, dan 3,5 mm minijack. Selain itu, R-15PM bisa terkoneksi secara nirkabel melalui Bluetooth, plus remote untuk mengendalikannya dari jarak jauh. Speaker ini bisa dipakai untuk Turntable hingga PC. Bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 7.350.000

Klipsch R-115SW Subwoofer Aktif

Speaker yang bisa terkoneksi tanpa kabel ini punya rentang suara cukup lebar dengan kualitas mumpuni, terutama di suara frekuensi rendah berkat keberadaan 15'spun-copper Cervanallic wooferAll-digital amplifier. Dapatkan speaker berkualitas tinggi ini di Tokopedia dengan harga Rp 15.750.000.

Harman Kardon

Nama Harman Kardon tentunya sudah sangat familiar bagi penggemar audio di Indonesia. Kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, perusahaan yang didirikan oleh Sidney Harman dan Bernard Kardon ini punya produk yang cukup banyak dan bervariasi.

Harman Kardon Onyx Studio 3

Speaker portable ini bisa menjadi teman di mana pun. Di toko online Lazada, speaker ini harus dilepas dengan merogoh kocek sebesar Rp 3.026.600. Dengan koneksi wireless via Bluetooth, speaker Onyx Studio 3 mampu terhubung dengan 3 gadget sekaligus. Penggunaan baterai Li-ion membuat speaker ini bisa dipakai hingga 5 jam. Dilengkapi dengan port USB yang bisa menjadi pengisi daya bagi smartphone kamu.

Harman Kardon 2 Original Speaker

Seperti halnya Onyx 3, speaker ini juga terkoneksi secara wireless dengan menggunakan Bluetooth. Speaker seharga Rp 2.699.000 di Lazada ini memiliki range frekuensi yang sangat lebar, mulai 60 Hz hingga 20 Khz. Dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

Pioneer

Merek Pioneer juga termasuk yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Produknya sangat beragam dan banyak digunakan di berbagai dunia. Kualitas produk asal Jepang ini memang tak perlu diragukan lagi.

Speaker Karaoke Pioneer CS-X080

Speaker yang bisa didapat di Tokopedia ini menawarkan suara yang jernih dan bulat. Hal ini berkat digunakannya teknologi kondensor kelas tinggi. Disempurnakan dengan pengaturan titik crossover yang menghasilkan suara berimbang dan tepat pada woofer dan tweeter. Ditambah dengan desain tata letak diagonal, speaker seharga Rp 9.600.000 ini bakal memberi suara maksimal pada volume besar di dalam ruangan.

JBL

JBL juga dikenal sebagai salah satu merek speaker berkualitas tinggi. Selain mengeluarkan produk untuk audio kendaraan, JBL juga mengeluarkan speaker wireless dengan kualitas berkelas.

JBL Charge 3

Speaker portable produksi JBL ini terkoneksi melalui Bluetooth. Kualitas suara yang dihasilkan cukup menggelegar berkat dua radiator bass eksternal pasif di dalamnya. Menggunakan baterai Li-ion 6.000 mAh, speaker ini tahan hingga 20 jam. Keistimewaan lainnya dari JBL Charge 3 adalah mampu dipasang di dekat kolam atau terkena cipratan air hujan tanpa takut rusak. Bahkan, masih bisa bertahan ketika tenggelam di kolam hingga kedalaman 1 meter. Speaker andal ini bisa diperoleh di toko online Lazada seharga Rp 2.499.000.

JBL Speaker Authentic L8

Satu lagi speaker wireless yang bisa kamu pertimbangkan adalah JBL Speaker Authentic L8. Speaker yang tersedia di Lazada ini menawarkan audio berkualitas tinggi. Koneksi nirkabel bisa melalui DLNA, AirPlay, dan Bluetooth. Dengan menggunakan aplikasi JBL MusicFlow, kamu akan lebih mudah dalam mengontrol speaker dengan power 4 x 30 W RMS ini. Dapatkan produk ini seharga Rp13.498.500.

KEF

KEF didirikan pada tahun 1961 oleh Raymond Cooke OBE (1925-1995) dan pada awalnya bermarkas di Nissen Hut di tempat Kent Engineering & Foundry (dari mana nama KEF berasal). Cooke, mantan Insinyur Listrik BBC, tertarik untuk bereksperimen dengan bahan dan teknologi baru untuk menciptakan produk dengan kualitas akustik superior yang dapat mereproduksi rekaman sealami penampilan aslinya. Sejak awal, penemuan perintis pengeras suara KEF sudah baik dan sekarang selama beberapa dekade, audiophile di seluruh dunia telah menghormati KEF karena audio inovatifnya yang berkinerja tinggi.

KEF C5 Speaker Floorstanding

Kombinasi dari tweetwe 0,75 inci dengan bass 5,25 inci dalam sebuah wadah yang ramping menghasilkan suara yang sempurna saat kamu mendengarkan lagu favorit. Crossover yang terpasang memastikan suara nada tinggi dan rendah terpisah secara sempurna. Speaker yang dijual seharga Rp 8.750.000 di Tokopedia ini range suaranya antara 41 Hz hingga 40 KHz. Speaker ini bakal menjadi alat sempurna dalam mendengarkan musik.

KEF Q700 / KEF Q 700 Floorstanding Speaker

Merupakan speaker premium dengan sentuhan teknologi terbaru. Menggunakan kombinasi speaker 6,5 inci dengan aluminium Uni-Q, Vented aluminium dome HF 1 inci, Aluminium ABR 6,5 inci. Range frekuensinya mulai dari 36 Hz - 40 kHz dengan maksimal output 112dB (SPL). Produk ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 30.000.000, ini

Polk Audio

Produk Polk Audio umumnya banyak digunakan untuk audio mobil. Perusahaan yang mulai beroperasi pada 2006 ini sudah mulai banyak dikenal masyarakat berkat produk-produknya yang berkualitas.

Polk Audio S20 Speaker

Polk Audio S20 Speaker hadir dengan desain acoustic array yang menghasilkan suara jernih, detail, dan full range untuk film, TV, dan musik. Dibekali 1 high-resolution Terylene tweeter untuk respons frekuensi tinggi yang dengan sempurna mereproduksi file audio beresolusi tinggi 6.5 low distortion mica-reinforced polypropylene cones untuk bass bersih, jernih, linieritas yang lebih baik, dan peningkatan mid-range dinamis. Port Power Polk Eksklusif untuk bass yang lebih besar. Tersedia di Tokopedia seharga Rp 5.600.000.

Polk Audio Atrium 6

Atrium6 adalah speaker yang cocok mengisi ruang besar dengan jenis suara berkualitas tinggi. Speaker ini sangat bagus untuk semua hiburan yang bisa diletakkan di luar ruangan kamu. Atrium60 akan membuat kamu menikmati berbagai pertunjukan yang hebat selama bertahun-tahun. Speaker ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 5.250.000.

Inifinity

Infinity juga merupakan jaminan dari produk bermutu tinggi. Speaker Infinity mampu menjaga kualitas produknya secara konsisten sejak pertama kali berproduksi pada 1968 hingga sekarang.

Infinity Powered Subwoofer PS212

Speaker seharga Rp 7.000.000 ini akan memberi suara bass yang menggelagar. Karena menggunakan daya 400 W dengan didukung subwoofer 12 inci yang akan membuat satu ruangan penuh dengan suara. Dibantu dengan teknologi eksklusif MMD yang membentuk kerucut woofer menghasilkan suara bersih dan bass yang bulat. Dapatkan produk ini segera di Tokopedia.

From our editorial team

Rasanya Kurang Pas Bila Mendengarkan Musik Tanpa Speaker

Bila kita menonton film dan mendengarkan musik, rasanya kurang pas bila tidak ada speaker. Apalagi saat menonton film dan ada adegan yang menegangkan, ketegangan kurang terasa bila suaranya kurang kencang. Mendengarkan musik juga demikian. Lantunan melodi tidak bisa dinikmati apabila suara yang dihasilkan dari perangkat tanpa speaker itu kurang keras. Nah, BP-Guide telah memberimu saran terbaik dalam memilih speaker yang cocok untuk menemanimu dalam menonton film dan mendengarkan musik. Pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.