Mulai Hidup Sehat dan Enak Dengan 10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (2022)

Mulai Hidup Sehat dan Enak Dengan 10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (2022)

Hidup sehat bisa dimulai dari apa yang kita konsumsi. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi smoothie blender untuk gaya hidup yang lebih sehat tapi tetap bisa makan enak. Yuk, simak bersama!

Minum Smoothie Bisa Jadi Cara Untuk Hidup Lebih Sehat

Smoothie menjadi minuman yang banyak digemari belakangan ini. Jika Anda dan keluarga termasuk penyuka minuman ini, maka tak ada salahnya untuk membeli smoothie blender agar dapat membuat smoothie di rumah.

Smoothie blender ini pun akan mendukung gaya hidup sehat Anda. Anda dapat mengonsumsi smoothie pada saat sarapan di pagi hari agar tubuh menjadi lebih segar dan siap beraktivitas pada sisa waktu Anda.

Anda tinggal menyiapkan buah-buahan ataupun sayuran di rumah. Dengan memiliki smoothie blender, Anda bisa lebih leluasa untuk membuat beragam jenis smoothie yang lezat sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Memilih Smoothie Blender

Pastikan Bisa Menghancurkan Bahan Beku

Smoothie biasanya dibuat dengan menggunakan buah-buahan beku, atau dengan menambahkan es batu. Oleh karena itu, bahan yang akan diblender pun memiliki sifat yang keras. Maka dari itu, pastikan smoothie blender Anda merupakan jenis yang kompatibel dengan es.

Anda bisa memperhatikan bentuk bilah pisau yang ada pada alat smoothie. Penting juga untuk mengecek detail penjelasan setiap produk sebelum membeli.

Perlu diingat, smoothie blender memerlukan daya untuk memecahkan benda keras seperti es. Umumnya, makin tinggi konsumsi daya (watt) yang dibutuhkan, makin kuat daya yang dihasilkan.

Cek Kapasitasnya

Biasanya, smoothie blender ditujukan untuk membuat satu porsi smoothie. Namun, ada juga smoothie blender dengan kapasitas yang lebih besar. Anda bisa menyesuaikan kapasitas smoothie blender ini dengan kebutuhan Anda,

Ukuran bodi smoothie blender secara keseluruhan juga harus diperhatikan. Makin besar kapasitasnya, makin besar pula ukurannya. Ukuran ini tentu juga berkaitan dengan penyimpanan produk.

Beberapa smoothie blender hadir dengan fitur bisa dibongkar pasang. Jadi, Anda bisa membongkarnya menjadi beberapa bagian kecil saat hendak menyimpan. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi Anda ya.

Pertimbangkan Desain dan Ukuran

Bila smoothie blender terlalu tinggi dan besar, barangkali Anda akan merasa tidak nyaman karena Anda tidak memiliki space yang cukup. Di sisi lain, produk yang lebih kecil bakal lebih mudah digunakan, tetapi kapasitasnya sedikit.

Beberapa smoothie blender dapat dibongkar pasang. Namun, jika Anda menggunakannya setiap hari, tentu akan sedikit merepotkan untuk membongkar-pasang alat ini. Akan lebih praktis bila meletakkannya saja di atas meja.

Untungnya, saat ini telah banyak smoothie blender yang hadir dengan desain yang modis. Anda bisa memilih produk dengan desain yang menarik agar tidak begitu mengganggu pemandangan.

Perhatikan Apakah Botolnya Dapat Dilepas

Jika Anda harus menuang smoothie ke dalam gelas sebelum meminumnya, tentu cucian Anda jadi semakin bertambah. Barangkali hal ini bukan masalah jika Anda membuat smoothie untuk beberapa orang, karena bagaimanapun memang perlu minum dari wadah masing-masing. Namun bila Anda hanya membuatnya untuk diri sendiri, tentu ini akan sedikit menambah kerjaan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bagian tabungnya dapat digunakan langsung sebagai gelas minum. Beberapa tabung smoothie blender dapat difungsikan sebagai gelas dan memiliki tutup. Ini akan menghemat waktu Anda.

Selain itu, ada juga smoothie blender yang menyediakan beberapa tabung dengan kapasitas yang berbeda-beda. Anda bisa memilih produk yang seperti ini jika ingin menyiapkan smoothie untuk beberapa orang.

Pertimbangkan Bahan Blender

Blender jar atau gelas yang digunakan sebagai tabung penampung bahan makanan ini terbuat dari beberapa macam material, seperti plastik, kaca tebal, dan stainless steel. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Blender jar yang terbuat dari bahan plastik ini lebih ringan dan tidak mudah pecah. Namun, bahan ini lebih rentan terhadap goresan dan penyok jika mendapat tekanan yang berlebihan. Jika Anda ingin membeli blender dengan tabung plastik, maka pastikan produk tersebut BPA free, dan tidak memakainya untuk mengolah bahan makanan bersama air hangat.

Sementara blender jar dengan bahan kaca tebal lebih tahan terhadap goresan. Bahan kaca juga dapat mengurangi risiko perubahan warna, dan bau makanan pun tidak mudah lengket. Anda juga bisa menjaga kebersihan kaca dengan lebih mudah hanya dengan mencucinya menggunakan cairan khusus.

Cara Merawat Blender Agar Awet dan Tahan Lama

Bersihkan Blender Secara Rutin

Apapun jenis blender Anda, pastikan Anda membersihkannya secara rutin. Terutama pada bagian wadah tempat menampung buah dan sayur, karena terkadang ada sisa-sisa olahan yang menyelip ke bagian sudut. Bersihkan bagian tersebut dan seluruh kabinet dalam dengan sabun pembersih khusus agar blender siap digunakan dalam kondisi bersih.

Batasi Pemakaian Blender

Berilah jeda pada blender Anda, karena memakainya secara terus-menerus tanpa berhenti akan membuat blender lebih cepat rusak. Setidaknya Anda memberi waktu istirahat sekitar 30 menit sebelum digunakan lagi. Bila ingin lebih baik lagi, Anda bisa membaca rekomendasi penggunaan pada buku panduan.

Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Simpanlah blender di dalam tempat atau ruangan yang bersuhu normal. Hindari menyimpan blender di tempat yang lembab, terlebih saat blender baru dibersihkan dan belum kering. Selain itu, pastikan ruangan penyimpanan Anda bersih dari debu dan hewan seperti serangga, cicak, tikus, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik Untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Cosmos CB 522

Blender on-the-go atau blender portable dari Cosmos ini dapat Anda gunakan untuk membuat minuman segar seperti jus buah atau smoothies dalam waktu cepat. Anda tak memerlukan gelas tambahan sebagai wadah untuk menyimpan hasil olahan sebab tabung blender Cosmos CB 522 dirancang dapat digunakan sebagai botol minum (tumbler).

Pada saat pembelian, Anda akan memperoleh blender dengan 2 tumbler berukuran 570 ml dan 400 ml. Dengan demikian, Anda bisa menyajikan dua macam minuman. Bagian badan blender terbuat dari stainless steel berwarna silver dan hitam yang tampak elegan. Mata pisau pada blender ini mampu melumat buah dan sayur secara merata, bahkan es batu sekalipun.

Harga Rp. 200.000-300.000

Philips Daily Collection Blender HR2057/03

Tabung Blender Philips yang satu ini dibuat dari material plastik tahan pecah dengan kapasitas 1,5 liter. Di bagian dasar tabung, terdapat mata pisau yang terbuat dari baja anti karat bintang 4. Pisau dapat memotong dan melumatkan segala jenis bahan makanan.

Pada bagian panel pengontrol kecepatan, blender anti pecah ini hanya menyediakan 1 tombol untuk memberikan satu tingkat kecepatan dan penggantian mode pulse. Namun, mata pisau yang tajam pada alat ini telah didukung dengan mesin motor bertenaga besar untuk menghancurkan es sekalipun. Jika ingin menghaluskan bahan lembut, Anda bisa mengubah ke fungsi pulse hanya dengan satu kali pencet.

Harga Rp. 450.000-650.000

Kenwood Smoothie Cocktail Smoothie Maker Chrome SB327

Smoothie blender yang satu ini dilengkapi dengan keran berdesain elegan dan ergonomis pada bagian bawah tabung. Dengan adanya keran ini, Anda tak perlu lagi repot-repot mengangkat tabung blender saat menuangkan smoothie untuk disajikan.

Melalui keran tersebut, Anda juga tak perlu khawatir karena alat ini dapat mencegah tetesan smoothie berceceran di lantai atau baju Anda. Produk yang sangat tepat bagi Anda yang mengutamakan kebersihan dan kepraktisan.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

Vitamer Juicer Cup Smoothie Blender USB

Smoothie blender yang satu ini sangat ringkas dan simpel. Ukurannya yang kecil membuat produk ini mudah dibawa ke mana saja, bahkan saat akan bepergian travelling atau keluar kota.

Produk ini bisa Anda pakai dengan menggunakan baterai, serta dilengkapi juga dengan USB port dan kabel USB yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya baterai.

Aktivitas membuat smoothie akan tetap bisa berjalan dengan nyaman, bahkan ketika tidak terhubung dengan instalasi listrik. Dengan smoothie maker portable ini, Anda bisa membuat smoothie di dalam perjalanan.

Harga Rp. 300.000-400.000

Pensonic Personal Blender PB-4003B

Produk ini cocok untuk orang yang senang membawa bekal smoothie ke mana saja, karena tabungnya yang didesain unik dan mudah dibawa-bawa.

Bagian bawah produk ini dilengkapi dengan fitur anti selip sehingga tak akan bergeser saat digunakan. Smoothie di dalamnya pun tak mudah tumpah. Jadi lebih aman.

Tutupnya juga dilengkapi dengan alat pengait khusus sehingga bisa digantung dengan mudah di tas. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bila tas Anda sudah penuh diisi berbagai barang. Tidak juga perlu membawa tentengan lain, karena tutup yang praktis ini.

Harga Rp. 300.000-500.000

Kris Stand Blender Portable

Akan menyenangkan saat menginap di hotel dalam acara gathering dari kantor jika membawa Kris Stand Blender Portable ini. Anda bisa membuat smoothie sendiri di manapun Anda berada.

Kapasitas 600 ml dari blender ini memungkinkan Anda membuat minuman segar untuk 2-3 gelas biasa. Jadi bisa berbagi bersama beberapa teman yang juga menyukai smoothie.

Jika ingin dipakai di rumah juga bisa. Blender ini hanya memerlukan daya listrik sebesar 300 watt untuk pengoperasiannya. Mata pisaunya anti karat dan mudah dibersihkan. Produk ini hadir dalam beberapa varian warna, seperti merah, biru, dan hijau.

Harga Rp. 450.000-650.000

Severin Smoothie Mix & Go SM 3735

Jika biasanya tabung smoothie blender memiliki warna yang sama, tidak begitu dengan produk ini. Produk ini hadir bersama 2 botol dengan pilihan warna yang berbeda, sehingga terlihat unik dan menarik.

Dua buah tabung yang disediakan oleh smoothie blender dari Severin ini memiliki ukuran sama, hanya warnanya yang berbeda. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan varian smoothie yang dibuat, atau memakainya bergantian sesuai dengan mood.

Smoothie blender yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan yang berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Blender ini pun terbilang simpel dan mudah digunakan.

Harga Rp. 1.000.000-1.200.000

Newstyle High Speed Blender Milkshake Smoothies Juicer X02

Smoothie blender ini memiliki tujuh mata pisau sehingga dapat menghancurkan buah dan es dengan lebih cepat dan halus. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan filter yang dapat menghasilkan smoothie dengan tekstur yang sangat lembut.

Kapasitasnya cukup besar, sehingga Anda dapat membuat beberapa porsi smoothie sekaligus. Bagi Anda yang ingin menyajikan smoothie untuk seluruh anggota keluarga, produk ini layak Anda pertimbangkan.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Oxone OX-853 Personal Hand Blender

Oxone bukan pemain baru dalam dunia elektronik. Dalam jajaran produk blender, Oxone mempunyai OX-853 yang dikategorikan sebagai personal hand blender. Oxone hanya menyertakan satu tombol pengoperasian untuk segala kebutuhan. Produk ini cukup lucu dengan tabung berwarna merah muda yang transparan.

Blender ini tersedia dalam 2 ukuran tabung, yaitu 600 ml dan 300 ml. Tabungnya terbuat dari material plastik yang BPA Free. Komponen utama, yakni tutup dan wadah pada Oxone OX-853 dapat dilepas-pasang dengan mudah sehingga lebih mudah mencuci.

Harga Rp. 350.000-500.000

Shake N Take 3 Blender

Shake N Take 3 Blender ini memiliki desain yang ringkas. Anda dapat membuat smoothie secara mudah dengan menggunakan alat ini. Anda bisa membawa tabung pada blender botol ini karena juga dapat digunakan sebagai tumbler.

Pada seri ini, Shake N Take 3 Blender menyediakan Extra Cup sehingga bisa digunakan untuk dua orang yang masing-masing disertai tutup. Produk ini tersedia dalam beberapa varian warna, seperti kuning, biru, ungu, dan hijau yang tampak sporty.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Saatnya Mencoba Berbagai Resep Smoothie

Setelah membaca rekomendasi smoothie blender terbaik dari BP-Guide di atas, apakah Anda tertarik untuk bikin smoothie juga? Ada berbagai resep smoothie lezat yang bisa Anda praktekkan lho. Yuk, mulai hidup sehat dengan smoothie mulai sekarang!