10 Rekomendasi Merk Bantal Guling yang Bagus dan Nyaman Untuk Tidur Lelap (2022)

10 Rekomendasi Merk Bantal Guling yang Bagus dan Nyaman Untuk Tidur Lelap (2022)

Tak hanya kasur atau matras tidur, produk bedding yang perlu diperhatikan kenyamanannya adalah bantal guling. Dengan produk bedding yang memberi kenyamanan, maka kualitas tidurmu pun akan meningkat. Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas kamu di sepanjang hari lho. Tak perlu bingung memilih, BP-Guide sudah menyiapkan rekomendasi merk bantal guling yang bagus dan nyaman sesuai dengan kebutuhanmu!

Tidur Berkualitas dengan Bantal Guling yang Tepat

Salah satu upaya untuk memiliki tubuh dan jiwa yang sehat selain makan makanan sehat dan berolahraga adalah tidur berkualitas. Selain memberi efek positif pada kesehatan, tidur berkualitas juga dapat meningkatkan produktivitas kamu.

Ketika kamu bangun pagi dan merasa badan bukannya segar tetapi malah pegal, lemah, letih, hingga lesu maka bisa saja tidurmu kurang berkualitas. Sebenarnya kualitas tidur tidak hanya dilihat dari waktu tidur yang lama, akan tetapi tidur yang nyenyak, nyaman, dan merasa tidak terganggu juga merupakan beberapa indikator tidur berkualitas.

Untuk mendapatkan kenyamanan tidur tersebut salah satu caranya adalah menggunakan bantal guling yang tepat guna. Pemakaian produk bedding yang tepat juga dapat menghindarkan kamu dari nyeri leher, bahu, kepala, hingga kram urat.

Tips Memilih Bantal Guling yang Bagus dan Nyaman

Pilih Isian yang Cocok

Ada berbagai macam jenis bahan yang digunakan untuk isian bantal dan guling. Bahan yang paling umum dan sudah lama digunakan di Indonesia adalah kapuk. Memiliki tekstur yang lembut dan licin ketika dipegang, bahan berwarna putih ini masuk ke dalam material yang kuat menahan beban dengan ketebalan yang telah disesuaikan.

Hanya saja untuk jangka waktu yang lama, kapuk akan cenderung memadat. Selain itu bahan ini juga mudah lembap, mudah berdebu, rentan kutu, dan menyebabkan alergi untuk beberapa orang. Selanjutnya bahan yang sering digunakan di Eropa jaman dahulu adalah bulu angsa. Seperti halnya kapuk, bulu angsa juga menghasilkan debu dan tidak cocok untuk orang yang memiliki alergi.

Bahan ketiga adalah bahan sintetis yang juga banyak di pasaran, yakni spons. Memiliki tekstur yang lentur dan dapat mengikuti bentuk kepala, spons atau busa dapat kembali ke bentuk semula ketika tidak digunakan. Hanya saja bahan ini cenderung mudah panas.

Bahan populer berikutnya adalah memory foam yang terbuat dari bahan sejenis busa bernama polyurethane. Bedanya dengan busa, memory foam butuh waktu lama kembali ke bentuk semula. Namun kelebihannya, bahan ini dapat menyerap keringat.

Selanjutnya adalah material dacron yang terbuat dari serat plastik dengan desain anti debu dan anti kutu. Sedangkan bahan lateks berasal dari getah karet yang bebas kutu, sejuk, dan nyaman dipakai. Terakhir adalah material microfiber yang lebih halus dari wol, katun, bahkan sutra. Bantal berbahan microfiber lebih empuk dipakai, memiliki sifat hypoallergenic, tahan lama, dan mudah dicuci.

Gunakan Ukuran yang Tepat

Standar ukuran bantal yang umum digunakan adalah 50x60 cm. Sedangkan beratnya sesuai dengan isian yang digunakan. Langkah pertama untuk memilih bantal guling kamu perlu menyesuaikan juga dengan ukuran tempat tidur yang digunakan.

Apakah itu single bed yang berukuran lebar 90 cm, atau double bed lebar 120cm, queen bed 160 cm, king bed 180 cm, hingga super king bed dengan lebar 200 cm. Untuk tebal bantal juga perlu disesuaikan dengan kebiasaan tidur kamu.

Bagi kamu yang hobi tidur tengkurap, gunakan bantal dengan tebal antara 15 hingga 17 cm. Lain halnya dengan yang tidur normal telentang dapat menggunakan bantal dengan ketebalan 19 hingga 21 cm. Terakhir untuk kamu yang tidur menyamping, bantal yang lebih tebal berukuran 21 hingga 22 cm sangat disarankan agar kepala tetap dalam keadaaan lurus dengan tulang punggung.

Rekomendasi Bantal Guling yang Bagus dari Bp-Guide

KING KOIL Pillow Nano Fiber Soft

Merk King Koil adalah salah satu merk bantal guling yang bagus dan elit dalam dunia produk bedding di Indonesia. Salah satu produk dari King Koil adalah Pillow Nano Fiber Soft yang menggunakan kain katun satin sehingga memiliki tekstur kain yang padat dan lembut.

Nano fiber ini secara umum memiliki kemiripan dengan bantal silikon atau dacron namun dengan bahan dasar yang lebih lembut. Kelebihan yang ditawarkan dari produk ini adalah sirkulasi udara yang baik guna menghilangkan bau yang tidak sedap.

Pergantian udara dapat dilakukan hanya dengan menekan bantal agar udara lama berganti dengan udara segar yang baru. Perawatan KING KOIL Pillow Nano Fiber Soft adalah dengan pencucian dry cleaning pada suhu 40°C agar bersih optimal.

Harga Rp. 415.000-850.000

Restking

Untuk kamu yang resah dengan tungau penyebab gatal serta bau tak sedap yang timbul dari bantal, maka Restking merupakan alternatif pilihan yang tepat. Selain anti tungau dan tidak berbau, bantal berbahan silikon ini juga memiliki sifat hypoallergenic, anti debu, dan mudah dalam pencucian.

Tekstur lembut silikon membuat bantal Restking dapat secara fleksibel mengikuti bentuk kepala. Hal ini juga didukung dengan isinya yang berbentuk kapas nan lembut. Sedangkan bagian sarung luar terbuat dari kain microtex 100%.

Harga Rp. 216.000-260.000

Airland Polyester Pillow

Tak hanya berfungsi sebagai alas tidur, bantalpun dapat menjadi salah satu produk penunjang kesehatan dan memperbaiki kualitas tidur. Airland Polyester Pillow adalah salah satu merk bantal guling yang bagus dan menawarkan pengalaman tidur yang lebih lelap di malam hari.

Produk bedding yang satu ini diproduksi oleh PT. Dinamika Indonusa Prima yang memang berkecimpung di pembuatan bermacam-macam produk bedding. Termasuk produk Airland yang memang mengutamakan kualitas untuk kenyamanan tidur pengguna dibandingkan harga.

Airland Polyester Pillow memiliki bahan dacron, yakni bahan sintetis terbaig dengan fleksibilitas tinggi dan anti debu.

Harga Rp. 218.000-411.000

Florence Fiber Gel

Terkenal dengan produk spring bed, ternyata Florence juga mengeluarkan produk bantal bernama Florence Fiber Gel. Seperti halnya namanya, bantal dari Florence ini terbuat dari fiber gel yang dipadu dengan bahan katun dengan 200 thread count serta polyester fiber micro.

Bahan tersebut memberikan kelembutan medium yang berarti pengguna akan merasakan sensasi tidak terlalu keras maupun tidak terlalu empuk. Atau istilah lainnya memberikan kelembutan mirip bulu angsa tapi tetap firmness.

Selain itu Florence Fiber Gel memiliki keunggulan pada sistem sirkulasi udara. Keunggulan ini akan memberikan kesejukan sepanjang malam karena mampu mengalirkan udara.

Harga Rp. 360.000-545.000

Dunlopillo Ergo 100% Natural Latex Pillow

Salah satu merk bantal guling yang bagus dan sudah ada sejak lama adalah Dunlopillo. Merk ini ada sejak tahun 1929 dan merupakan pioner bantal, guling, ataupun matras tidur yang berbahan latex alami. Selain itu Dunlopillo juga brand yang mengeluarkan produk anti alergi, anti bakteri, serta sejuk.

Memiliki tingkat kepadatan medium, Dunlopillo Ergo 100% Natural Latex Pillow dirancang dengan bentuk ergonomis yang menyesuaikan lekukan leher dan cocok digunakan oleh orang dewasa. Tentu saja desain ini mengutamakan kenyamanan tidur kamu agar tetap berkualitas.

Bentuk yang bergelombang sesuai lekuk leher tersebut juga dilengkapi dengan duri empuk sebagai efek pijatan kecil saat tidur. Tentu saja fitur ini bermanfaat untuk kepala ataupun leher yang sedang sakit. Kenyamanan dari bantal berukuran 40x60 cm ini juga ditambah dengan efek dingin saat penggunaan yang lama.

Harga Rp. 240.000-888.000

Pillow People

Hadir dengan harga yang lebih terjangkau, bantal Pillow People tetap menawarkan kualitas yang bagus dan kenyamanan. Hadir dengan bahan microtex, bantal ini tidak berbau meskipun dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu bantal ini juga dapat dicuci sehingga dapat terhindar dari bakteri dan tetap higienis. Tingkat kelembutan dari bantal Pillow People ini berada di tingkat medium dengan kepadatan dan ketebalan di bagian bawah. Bentuk ini dapat menopang kepala dan leher dengan sempurna.

Harga Rp. 150.000-366.000

Feather World Classic

Produk merk bantal guling yang bagus dengan tingkat kelembutan medium berikutnya adalah Feather World Classic. Untuk kamu yang memang sering menginap di hotel atau ingin merasakan pengalaman tidur dengan bantal hotel bintang lima, Feather World Classic adalah jawabannya. Hal ini dikarenakan bahan dasar dari bantal tersebut adalah kain katun 100% dengan kerapatan yang berstandar internasional 233TC atau downproof cotton.

Memiliki kelembutan maksimal dari bulu angsa dengan kehalusan 100%, Feather World Classic menjamin seumur hidup bahwa bantalnya tidak akan pernah kempas. Tak hanya itu, bantal ini juga dijahit dengan kerapatan tinggi atau jahitan double, kemudian ditutup lagi dengan list yang membuatnya aman dari debu.

Perawatan dari bantal ini dapat dicuci dengan menggunakan metode dry clean dan cukup dijemur di bawah sinar matahari saja.

Harga Rp. 365.000-820.000

Willow Pilopedic Ergonomic Small

Bantal ergonomis selanjutnya yang direkomendasikan adalah Willow Pilopedic Ergonomic Small. Bantal ini didesain dengan bentuk yang mengikuti kepala dan lekukan leher sehingga cocok untuk kamu yang memiliki masalah pada tulang ataupun otot leher, kepala, hingga tulang belakang.

Bantal berbahan visco elastis ini memiliki sifat hypoallergenic yang mampu mencegah tumbuhnya alergen seperti bakteri maupun tungau. Tentu hal ini akan membuat Willow Pilopedic Ergonomic Small cocok digunakan untuk penderita alergi ataupun asma.

Hanya saja bantal yang memiliki garansi lima tahun ini tidak dapat dicuci dan tidak diperkenankan untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Harga Rp. 255.000-375.000

OLIVIA Smart Choices

Salah satu merk bantal guling yang bagus dan mendapat sertifikat The Standard 100 by OEKO-TEX adalah OLIVIA Smart Choices. Bantal Olivia terbuat dari kain halus silicon fiber sehingga tidak licin dan tidak panas.

Selain itu kenyamanan juga ditambah dengan teksturnya yang sangat empuk. Bantal dengan harga terjangkau ini tidak akan menimbulkan alergi serta tidak membuat kepala dan leher kamu sakit.

Perawatannya pun cukup mudah karena dapat dicuci dengan menggunakan tangan ataupun mesin cuci. OLIVIA Smart Choices hadir dengan bantal yang berukuran 65x45 cm dan guling yang berukuran 20x80 cm.

Harga Rp. 45.000-103.000

Clarissa Nano Microfiber

Dapat digunakan untuk orang yang memiliki kebiasaan tidur terlentang maupun menyamping, Clarissa Nano Microfiber memiliki feels yang empuk dan padat. Bahan yang halus berisi microfiber import tersebut didukung dengan kenyamanan penggunaan yang mengikuti lekukan leher dan kepala kamu.

Kenyamanan ditambah dengan bahan penutup yang berupa microtex 100%. Bantal Clarissa ini adalah bantal anti jamur, anti mikroba, anti tungau, tidak berdebu dan tidak berbau. Tentu saja kelebihan-kelebihan tersebut tidak akan menimbulkan alergi untuk pernapasan ataupun untuk kulit. Bantal yang memiliki berat hanya 1.200 gram ini memiliki ukuran 50x70 cm.

Harga Rp. 750.000-1.200.000
From our editorial team

Pilih Bahan Sarung Bantal Guling yang Nyaman

Selain memilih bentuk, ukuran, dan merk bantal guling yang bagus, untuk menambah kualitas tidur perlu juga memilih bahan sarung bantal guling yang tepat. Bahan sarung kain yang dapat menambah kenyamanan tidur kamu antara lain adalah katun dan velvet atau beludru yang dapat menyerap keringat. Selain itu ada juga kain sutra yang tidak menimbulkan gesekan keras pada wajah. Selain berdampak positif untuk kesehatan kulit, kain sutra juga cocok untuk pengguna yang memiliki alergi kulit ataupun eksim.