10 Pilihan Liburan Seru yang Asyik Dilakukan Bersama Teman (2018)

10 Pilihan Liburan Seru yang Asyik Dilakukan Bersama Teman (2018)

Penat bekerja? Nah, sudah waktunya Anda berlibur mencari kesegaran. Nggak perlu sendiri. Untuk menekan biaya, Anda bisa liburan seru bersama teman Anda di lokasi-lokasi menarik rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Liburan seru adalah cara terbaik melepas penat setelah rutinitas bekerja

Setelah 5 hari (atau kadang 6 hari?) tentunya kita butuh hiburan dan relaksasi di akhir minggu kan? Setelah rutinitas sehari-hari yang kadang membuat kita penat baik secara fisik maupun pikiran, tentunya di akhir minggu ingin menikmati waktu bersama keluarga. Salah satunya adalah pergi berlibur ketika libur panjang.

Ada manfaat tersendiri ketika melakukan liburan, yaitu menyegarkan pikiran dan tubuh Anda serta membuat Anda lebih relaks. Liburan adalah salah satu cara mengontrol stress, dan dampak kesehatan yang disebabkan oleh hormon kortisol yang pada umumnya berkaitan dengan imunitas dan inflamasi pada pembuluh darah.

Berbagai kebutuhan liburan harus dipersiapkan, kali ini kami akan memberikan tips liburan seru

Liburan merupakan waktu yang digunakan sebaik-baiknya untuk melepaskan dari aktivitas rutin dan kesibukan kita. Dengan liburan, pikiran kita akan relaks dan akan membuat ide-ide baru yang berkembang, dan produktivitas kerja semakin meningkat. Namun dalam merencanakan liburan harus dipersiapkan dengan matang. Persiapan apa yang harus Anda lakukan?

  • Waktu berlibur
    Tentukan dengan siapa Anda akan berlibur. Jika mengajak anak-anak maka pilihan tepat adalah saat liburan sekolah. Bisa juga mengajukan cuti sekolah untuk anak. Pastikan Anda dan pasangan sudah merencanakan jauh hari sebelumnya. Bisa juga mengajak teman atau sahabat yang sama-sama hobi travelling. Siapa tahu nantinya di tempat tujuan akan mendapatkan pengalaman baru
  • Tujuan wisata
    Apakah Anda ingin berlibur ke wilayah domestik? Atau ke luar negeri? Tentukan terlebih dahulu dan pastikan semuanya setuju.
  • Tujuan berlibur
    Apakah Anda dan keluarga akan berwisata kuliner? Atau berwisata belanja? Atau ingin menikmati keindahan alam? Semuanya ditentukan terlebih dahulu konsepnya.
  • Buat anggaran biaya untuk berlibur
    Sesuaikan dengan budget kita dan tujuan wisata. Biaya berlibur termasuk biaya tiket, akomodasi, makan, tiket masuk, pengeluaran tak terduga, belanja dan oleh-oleh.

Jika Anda ingin praktis dalam merencanakan liburan, coba datangi pameran liburan yang diadakan oleh maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan tour and travel agent. Tanyakan dengan detail mengenai biaya dan apakah ada diskon khusus jika pembayaran melalui kartu kredit? Apakah biaya sudah termasuk pesawat. Anda juga harus jeli dalam memilih paket perjalanan dan memastikan secara detail mengenai fasilitas seperti apakah hotel yang dipakai sesuai dengan yang kita harapkan.

Ajak teman yang asik dan seru

Ingin liburan berkesan dan sekaligus bisa menghibur? Cobalah ajak teman Anda yang asik dan seru. Asik dan seru di sini adalah seorang teman yang bisa diajak liburan secara terbuka, baik untuk masalah budget dan keinginan dia dan keinginan Anda dalam memilih tujuan untuk liburan.

Terkadang hanya masalah sepele ketika liburan, liburan pun menjadi pengalaman buruk dan malah memperburuk hubungan pertemanan Anda. Pastikan dalam liburan ini tanggung jawab masing-masing harus diperhatikan dan sebaiknya dilakukan secara tertulis dan saling menghargai privacy masing-masing ketika pergi berlibur. Namun juga harus lebih fleksibel terhadap keinginan teman liburan Anda.

Abadikan momen-momen lucu

Liburan bersama teman atau anggota keluarga tentunya merupakan moment yang tidak akan terlupakan, apalagi jika daerah wisata yang dituju berjarak jauh dari tempat asal. Untuk mendapatkan moment dengan gambar yang bagus, Anda bisa berinvestasi membeli smartphone dengan kamera canggih. Atau bisa juga memiliki kamera pro untuk pengambilan gambar yang prima.

Apalagi jika Anda mengajak teman-teman Anda untuk liburan bersama, maka bisa minta orang lain (atau kadang menyewa fotografer lokal) untuk menangkap momen lucu Anda bersama dengan teman-teman Anda. Anda bisa jadikan foto-foto kenangan liburan Anda ke dalam album sosial media seperti Instagram, atau bahkan bisa dicetak supaya sewaktu-waktu bisa dilihat.

Coba hal seru yang belum pernah dilakukan

Ketika Anda berlibur tentunya ingin agar waktu liburan tidak hanya dihabiskan di dalam area hotel saja bukan, yang sangat membosankan. Nah, mungkin Anda ingin mengisi liburan Anda kala sedang tidak mengunjungi daerah wisata.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda ke pantai, Anda bisa melakukan banyak hal seperti bermain pasir, istana pasir, banana boat, snorkeling dan diving. Bisa juga bermain layang-layang pada saat angin sedang besar. Bisa juga Anda membuat video yang lucu dan menangkap momen yang langka untuk kemudian dipost di sosial media / blog Anda.

10 Pilihan lokasi di Indonesia yang asik untuk melakukan liburan seru

Karena Indonesia banyak destinasi wisata baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, maka alangkah baiknya jika kita berlibur ke wilayah Indonesia. Banyak destinasi wisata diantaranya yaitu Sabang dengan Titik Nol Kilometernya, Bukittinggi dengan Jam Gadangnya, Jogjakarta dengan wisata sejarah seperti Candi Prambanan, Raja Ampat yang eksotis di Papua. Belum lagi kekayaan kuliner yang perlu Anda coba. Berikut ini beberapa pilihan untuk melakukan liburan.

Pulau Komodo

Pulau Komodo termasuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Termasuk pulau dengan alamnya yang indah dan juga terdapat hewan purba yang masih bertahan yaitu Komodo. Komodo adalah sejenis reptil melata yang senang tinggal di pohon. Namun Komodo dewasa tidak bisa memanjat pohon. Komodo termasuk binatang buas yang banyak ditemukan di pulau ini.

Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi pulau Komodo ini, Anda harus waspada karena komodo tersebar di mana-mana. Tapi jangan takut, nanti Anda akan dipandu oleh ranger untuk trekking di jalur yang aman.

Untuk menuju pulau Komodo ini bisa menuju ke bandara terdekat yaitu Labuan Bajo, dan kemudian dilanjut perjalanan dengan kapal / boat dengan biaya Rp 1.500.000 / kapal dengan kapasitas 12 orang. Tiket masuk ke Taman Nasional Komodo adalah Rp 102.500 per orang sudah termasuk tiket masuk dan biaya trekking yang didampingi tim ranger berpengalaman.

Trio Gili

Lombok, selain keindahan pantainya yang sangat eksotis, juga ada tujuan wisata yaitu Trio Gili. Trio Gili termasuk Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Diantara trio Gili tersebut, yang terkenal adalah Gili Trawangan.

Gili Trawangan yang merupakan gili terbesar ini menyediakan kegiatan air seperti scuba diving, snorkling, Kayak, dan berselancar. Jika gili trawangan merupakan wisata dengan keramaian pengunjung, untuk Gili Meno lebih menyajikan ketenangan yang eksotis yang menyajikan kicauan burung yang bisa menenangkan. Sedangkan Gili Air lebih menampilkan keindahan pantai dan juga dasar air. Anda bisa melihat spot kuda laut, kur-kura, dan berbagai jenis ikan.

Untuk menuju ke trio Gili ini dimulai dari pelabuhan Bangsal Pemenang dan Teluk Nara. Ada 2 cara untuk akses ke trio Gili ini, yaitu paket cepat dan nyaman dengan menggunakan speed boat dengan biasa sewa Rp 350.000-Rp 400.000 dan muat sampai 7 orang. Untuk paket murah dan hemat bisa menggunakan public boat Rp 15.000 per orang atau bisa charter dengan biaya sekali jalan Rp 500.000 atau Rp 900.000 pulang pergi.

Raja Ampat

Raja Ampat terkenal akan keindahan alamnya beserta rangkaian gugusan pulau yang sangat besar, dan Raja Ampat termasuk salah satu di dalamnya. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki gugusan karang terbesar di dunia dan dengan biota laut yang terlengkap. Kepulauan di Raja Ampat diantaranya bernama Pulau Ayau, Pulau Pensil, dan juga beberapa pantai diantaranya Pantai Yefpian, Bannos, Panun, Olobi, Teteruga, Pantai Jam, Pantai Daram, dan lain-lain.

Berlibur ke Raja Ampat memang tidak sedikit budget yang harus dikeluarkan mengingat jarak antara Jakarta (dan sekitarnya) sangat jauh, belum lagi transportasi antar pulaunya. Tapi jika Anda kekeuh ingin berlibur ke Raja Ampat dengan budget yang ngepas, sebaiknya harus direncanakan secara matang jauh hari.

Berikut pertimbangan budget untuk wisata ke Raja Ampat:

  • Tiket pesawat
    Tiket pesawat inilah yang paling menentukan untuk perjalanan dari Jakarta ke Sorong, Papua. Tiket pulang pergi Jakarta-Sorang adalah Rp 3.000.000 pp yang paling murah pada saat ada promo pesawat. Tentunya harus jauh hari sebelumnya agar bisa mendapatkan rate yang murah. Alternatifnya, Anda bisa koq ikut kapal milik PELNI dengan biaya setengah dari biaya pesawat, sehingga Anda bisa save budget.
  • Transportasi selama di Raja Ampat
    Karena Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang banyak, maka diperlukan transportasi Untuk menuju ke Raja Ampat, dari Sorong harus menyeberang ke Raja Ampat dengan menggunakan kapal boat dengan tarif Rp 130.000. Sesampai di Raja Ampat, pastinya Anda ingin berkeliling dengan menggunakan perahu boat sekitar 6-8 juta per kapal. Namun budget bisa ditekan jika Anda mengajak rombongan Anda.
  • Akomodasi
    Banyak sekali pilihan akomodasi di Raja Ampat, yaitu mulai dari harga Rp 250.000 / hari berupa hotel, resort dan homestay. Jika Anda bahkan sudah akrab dengan penduduk sekitar yang terkenal akan keramahannya, maka Anda akan ditawarkan menginap di rumah mereka dengan gratis.
  • Tarif masuk Raja Ampat
    Jika Anda berwisata ke Raja Ampat, akan dikenakan tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan Hidup sebesar Rp 500.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 1.000.000 untuk wisatawan asing. Bisa dibayarkan pada saat di pelabuhan.
  • Konsumsi
    Untuk pengeluaran makan ke Raja Ampat sebenarnya tidak terlalu besar karena di homestay pun ditawakan makan 3 kali sehari, dan jika Anda ingin makan di luar, dimulai dari harga Rp 20.000. Jika Anda sudah mengenal dan akrab dengan penduduk sekitar, maka biasanya akan ditawarkan makanan khas setempat. Yang selalu diingat adalah jika mengunjungi Raja Ampat, berprinsiplah bahwa “makan untuk hidup” bukan hidup untuk makan”. Karena itu jangan melebih-lebihkan dalam hal menghabiskan makanan.

Jika berlibur di Raja Ampat merupakan impian Anda namun budget masih dirasa kurang, cobalah mengajak teman-teman / komunitas backpacker minimal 4 orang. Pergi dengan rombongan akan lebih menghemat biaya transport selama di sana, juga untuk biaya menginap.

Danau Sentani

Danau Sentani ini merupakan Danau terbesar di Papua dan berada di Kabupaten Jayapura. Untuk menuju ke Danau Sentani ini tidaklah sulit karena dekat dengan Bandara Sentani. Hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit jika dari Bandara Sentani dan 40 menit dari kota Jayapura.

Di sini, Anda bisa menikmati keheningan air yang sangat damai, dengan latar belakang pegunungan Cyclops dengan berbagai tanaman yang subur, dan melindungi 24 desa di sekitar danau. Banyak penduduk sekitar yang berenang di sekitar danau.

Anda juga bisa menyewa boat untuk sekedar berputar menikmati angin berhembus di Danau atau kapal dengan biaya sewa Rp 10.000-Rp 50.000. Selain itu juga terdapat beragam kuliner khas Papua di sekitar danau seperti sagu beserta proses pembuatan, papeda, dan buah matoa.

Bali

Siapa sih yang tidak kenal dengan Bali? Pulau dengan julukan Pulau Dewata ini terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan sebagian orang di luar negeri lebih familiar dengan Bali daripada Indonesia.

Bali terkenal akan wisata alamnya yang sangat eksotis baik di daerah pantai maupun di pedesaan. Di sepanjang pantai di Bali banyak resort-resort mewah yang tersedia pantai pribadi. Beberapa pantai di Bali yang wajib dikunjungi adalah pantai Kuta, Pantai Pandawa Kutuh, Tanah Lot Tabanan Bali, Pantai Jimbaran.

Selain pantai, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat ibadah agama Hindu yaitu Pura. Diantaranya adalah Pura Besakih, yang merupakan pura terbesar serta Pura Uluwatu dengan keindahan alamnya dimana kita bisa melihat laut dari atas tebing. Atau ingin menikmati suasana pegunungan, Anda bisa menikmati pemandangan di Danau Beratan atau Kintamani.

Tertarik pergi ke Bali untuk berlibur? Sebaiknya Anda rencanakan jauh hari sebelumnya, yaitu mempersiapkan budget yang ada mau beberapa hari disana? Model transport apa yang akan dipakai, dan juga akomodasi. Hal ini bisa menentukan budget bepergian ke Bali. Jika ingin lebih berhemat Anda bisa menggunakan bis daripada pesawat dan menginap di penginapan yang murah namun memadai untuk backpacker.

Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken ini terletak di Sulawesi Utara tepatnya di Segitiga Terumbu Karang. Untuk menuju kesini, ada tiga alternatif yaitu melalui Marina Blue Banter, Pelabuhan Manado, atau Nusantara Diving Center (NDC). Taman Bunaken ini ditemukan oleh Nusantara Diving Club, yaitu klub selam tertua di Indonesia yang didirikan tahun 1991.

Sebagian besar dari Taman Laut ini merupakan habitat laut sementara sebagian kecil merupakan daratan dan meliputi lima pulau yaitu Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Taman Bunaken ini terkenal memiliki ekosistem yang kaya dimana terdapat 390 species terumbu karang, algae, rumput laut, serta biota laut seperti berbagai jenis ikan. Selain laut, juga terdapat hewan yang tinggal di daratan seperti rusa dan kuskus.

Sepertinya tidak lengkap jika Anda tidak melakukan diving atau snorkeling di Taman Bunaken ini. Keindahan taman laut beserta terumbu karang inilah yang akan membuat liburan Anda tidak terlupakan. Selain snorkeling, Anda bisa juga berkeliling ke Taman Bunaken dengan menggunakan sewa boat seharga Rp 400.000-Rp 800.000. Atau jika lebih hemat, Anda bisa menaiki Public Boat dengan harga Rp 50.000 per orang. Untuk tiket masuknya seharga Rp 50.000 per orang. Atau Anda juga bisa membeli tiket terusan seharga Rp 150.000 dan berlaku satu tahun.

Puncak Jayawijaya

Sumber gambar www.lazone.id

Puncak Jayawijaya atau yang juga dinamakan Puncak Carstenz terletak di Propinsi Papua tepatnya di Pegunungan Sudirman. Puncak Jayawijaya ini merupakan puncak tertinggi di Asia tenggara dan menjadi tujuan bagi para pendaki di seluruh dunia. Di puncaknya ini diselimuti salju yang selalu ada di sepanjang tahun. Oleh karenanya dinamakan puncak salju abadi.

Puncak Jawawijaya ini merupakan bagian dari Taman Nasional Laurentz, untuk menuju kesini memerlukan perjuangan karena medannya sangat terjal dan berbahaya. Mayoritas pendaki biasanya memanfaatkan jasa agen perjalanan agar aktivitas berjalan aman dan lancar. Meskipun demikian Anda harus rela merogoh kocek USD 10,000 atau jika dirupiahkan seharga sekitar Rp 130 juta.

Namun yang terpenting adalah pada saat Anda ingin merencanakan melakukan pendakian di puncak Jayawijaya ini, Anda harus persiapan 3 bulan sebelumnya. Kondisi kesehatan harus prima dan juga meminta surat dari Menpora dengan tembusan ke Kementerian Kehutanan, Pariwisata, Kehutanan, atau Kepolisian.

Untuk menuju ke Puncak Salju Abadi ini Anda bisa melewati Illaga dan Sugapa di Kabupaten Puncak Jaya. Untuk menempuh kesini, Anda harus naik pesawat perintis selama 45 menit dari Nabire. Setelah melewati Ilaga dan Sugapa, kemudian menuju ke Danau Larson selama empat hari, kemudian melewati Danau Biru dan kemudian camp terakhir sebelum Puncak Jayawijaya.

Menuju ke salju abadi diperlukan teknik pendakian yang tinggi karena harus melalui jurang sepanjang 100 m. Memang untuk menuju ke Puncak ini harus membayar mahal serta tantangan yang luar biasa. Namun jika Anda sudah berhasil menaklukkan, Anda akan melihat pemandangan luar biasa dari Puncak Jayawijaya.

Tana Toraja

Tana Toraja merupakan daerah yang unik yang terdapat di Sulawesi Selatan. Di Toraja inilah Anda bisa menemukan masyarakat yang masih mempertahankan cara hidup tradisional yang khas. Di Tana Toraja ini ada beberapa spot tujuan wisata yang menarik yang bisa Anda kunjungi. Di antaranya adalah:

  • Desa Pallawa
    Yaitu merupakan desa unik yang terkenal dengan rumah adat Toraja yang berdiri kokoh meskipun sudah berumur ratusan tahun. Rumah ini disebut Tongkanan. Ciri-ciri Tongkanan adalah atapnya yang melengkung seperti perahu dengan di bagian depan terdapat tanduk kerbau yang melambangkan kesejahteraan.
  • Londa
    Londa adalah sebuah gua di Tana Toraja yang difungsikan sebagai makam / kuburan sejak beratus tahun lamanya. Mayat-mayat tidak dikubur, melainkan dimasukkan dalam sebuah peti mati dan hanya ditaruh di gua begitu saja. Jika berkunjung kesini Anda akan menemukan banyak sekali peti mati di sini mulai dari usia beratus tahun sampai baru. Kadang terdapat tengkorak yang berserakan.
  • Sungai Sa’dan
    Sungai ini mempunyai panjang 182 m dengan lebar 80 m dan sering digunakan untuk arung jeram. Untuk tingkatannya beragam mulai dari level 3 sampai 5. Walaupun dengan tingkat kesulitan yang cukup, namun Anda akan menemukan pemandangan yang eksotis di sini.
  • Gunung Sesean
    Gunung Sesean ini memiliki tinggi 2.100 m dan dari puncak Sesean ini, Anda akan bisa melihat pemandangan Toraja di bawahnya. Walaupun dengan ketingian yang cukup, Gunung Sesean ini mempunayi medan yang cukup mudah untuk ditaklukkan. Hanya memakan waktu 6 jam untuk sampai ke puncak. Sesampainya diatas, Anda akan melihat banyak sekali awan awan putih seperti kapas dibawahnya.
  • Ke’te Kesu
    Ke’te Kesu juga merupaka desa tradisional di Toraja, dan berusia 300 tahun. Bahkan telah dinobatkan sebagai situs peninggalan dunia oleh UNESCO. Di Ke’te Kesu ini juga terdapat beberapa rumah adat khas Toraja.

Perjalanan menuju ke Tana Toraja ini memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Jika perjalanan dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat terlebih dahulu menuju ke Makasar. Setelah dari Makasar berlanjut naik bus malam dengan perjalanan sekitar 7-9 jam perjalanan.

Namun jangan khawatir, karena bis malam sudah dilengkapi fasilitas yang bisa memungkinkan penumpang tidur dengan nyaman. Setelah sampai di Toraja, sebaiknya adalah Anda menyewa sepeda motor karena bisa menjangkau ke pelosok desa sekalipun.

Candi Borobudur

Ingin menghabiskan liburan Anda ke tempat-tempat bersejarah? Candi Borobudur adalah pilihan yang tepat. Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Munkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi yang dibangun pada abad 9 pada Dinasti Syailendra ini merupakan salah satu situs terbesar di dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 1991.

Bangunan Candi Borobudur ini terdiri atas 3 tingkat, yaitu Kamadatu (tentang perilaku manusia yang dipenuhi nafsu dunia), Rupadatu (menceritakan manusia yang terbebas dari hawa nafsu), Arupadatu (merupakan tempat pencapaian teratas tempat para dewa tinggal).

Ketika mengunjungi Candi Borobudur, selain menceritakan sejarah dan budaya melalui reliefnya, juga Anda akan mendapatkan spot-spot foto ketika berkunjung di sana. Anda juga bisa berkeliling mengitari kompleks candi dengan mengendarai sepeda atau naik kereta mini yang bisa menghibur buah hati Anda jika Anda ajak liburan. Bisa juga mengunjungi museum kapal yang terdapat di area Candi.

Candi Borobudur akan banyak dikunjungi turis dari Thailand, Kamboja, Cina dan Tibet pada hari raya Waisak. Ketika keluar dari area candi, Anda akan menemukan beberapa penjual souvenir khas Candi Borobudur. Untuk tiket masuk ke Candi ini dikenakan biaya Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak. Untuk pengunjung WNA dikenakan biaya masuk USD 5 untuk dewasa dan USD 3 untuk anak-anak. Kalau ingin mengunjungi museumnya, jam berkunjung adalah pukul 7.00-17.00.

Taman Mini Indonesia Indah

Sumber gambar www.kupasmerdeka.com

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tujuan wisata buat para siswa yang masih duduk di bangku sekolah, karena didalamnya banyak nilai edukasi dan pengetahuan tentang budaya di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah merupakan ide dari Ibu Negara presiden ke-2 yaitu Ibu Tien Soeharto dimana beliau akan membangun miniatur Indonesia yang tujuannya agar lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia. Taman Mini yang terletak di Jakarta Timur ini diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Anda akan benar-benar mendapati miniatur Indonesia di dalam taman ini.

Terdapat anjungan daerah yang mewakili berbagai propinsi dan juga terdapat bangunan keagamaan yang ada di Indonesia dalam bentuk miniatur. Selain itu ada Keong Mas yaitu teater bioskop 4D dengan layar ukuran raksasa dan sering memutar film bertemakan lingkungan dan kebudayaan nusantara. Istana Anak Indonesia, kereta gantung, 16 macam museum di Taman Mini. Anda bisa juga mengelilingi taman mini hanya dengan menyewa sepeda dengan tarif Rp 20.000 per jam.

Selain bersepeda, untuk mengelilingi area Taman Mini, juga bisa naik kereta gantung. Dengan biaya Rp 40.000 per orang Anda akan merasakan sensasi melintasi gugusan kepulauan Indonesia buatan. Untuk mengunjungi Taman Mini, harga tiketnya adalah Rp 10.000 per orang belum termasuk biaya parkir. Selain itu, Anda juga membayar lagi untuk memasuki setiap wahana dalam Taman Mini.

From our editorial team

Liburan seru bukan cuma karena lokasi, tapi juga karena siapa yang bersama Anda!

Bener lho, Anda tak mungkin menggantikan serunya liburan bersama teman dengan hal lain. Pengalaman menikmati keindahan alam maupun tempat-tempat menarik selama liburan bersama teman tak akan pernah bisa digantikan oleh uang. Pengalaman ini akan terkenang selama-lamanya!