Cara Menyiasati Traveling ke Luar Negeri dan 9 Destinasi Wisata di Malaysia yang Siap Memanjakan Liburanmu

Cara Menyiasati Traveling ke Luar Negeri dan 9 Destinasi Wisata di Malaysia yang Siap Memanjakan Liburanmu

Bujet terbatas tapi pengen liburan ke luar negeri? Nggak usah bingung, Malaysia bisa jadi pilihan yang tepat untuk menikmati liburan, lho ! Jangan salah, destinasi wisata di negeri ini punya hal-hal menarik yang siap memanjakan matamu. Yuk, simak aja destinasi yang direkomendasikan dan tips untuk menyiasati bujet minimalis saat liburan ke luar negeri.

Malaysia, Negeri Serumpun yang Punya Banyak Destinasi Wisata

Sumber gambar kryptomoney.com

Masih serumpun dengan Indonesia, kamu bisa kunjungi negara ini untuk habiskan libur akhir tahun, lho. Sebagai informasi, Malaysia juga memiliki keberagaman suku, budaya serta agama. Masyarakatnya hidup berdampingan secara damai.

Potensi wisata negara menara kembar ini sangat tinggi. Meski luasnya tak seberapa namun Malaysia menawarkan aneka tempat menakjubkan untuk dikunjungi. Biaya perjalannya sangat terjangkau sehingga membuat masyarakat Indonesia tak ragu mengunjungi Malaysia untuk berlibur.

Menengok Negeri Tetangga dengan Tur Malaysia? Kenapa Tidak !

Lokasi Malaysia memang sangat dekat dengan Indonesia. Tak salah dong kalau kita liburan ke negeri tetangga ini. Banyak penerbangan langsung menuju Kuala Lumpur memudahkan kita menjangkau negara satu ini.

Kita tak akan merasa pergi terlalu jauh karena dari segi bahasa, budaya hingga kuliner, Malaysia tak jauh beda dari Indonesia. Saat ini untuk tur ke Malaysia bukan hal yang sulit. Kamu bisa ikut biro tur perjalanan.

Umumnya, untuk 3 hari 2 malam biayanya adalah sekitar dua juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk penginapan dan makan serta pajak bandara. Kamu juga akan mendapat seorang guide selama menggunakan jasa tur ini.

Panduan Menyiasati Bujet Bagi yang Berminat Tur ke Malaysia

Sumber gambar liburmulu.com

Kalau mau berwisata tentunya kita harus mengatur bujet sepandai mungkin. Usahakan untuk tak mengunjungi tempat wisata saat High Season sehingga bujet bisa ditekan sebesar mungkin. Lebih baik kamu ambil cuti pada hari biasa untuk berlibur. Ini tentu akan lebih menghemat dari biaya perjalanan hingga tiketnya.

Untuk penginapan kamu bisa pilih daerah dekat Masjid Jamek atau Chinatown karena terbilang harganya lebih terjangkau. Selain itu, menginap di sana kamu pun jadi lebih dekat dengan beberapa tempat wisata populer. Untuk belanja camilan, kamu bisa beli di toko dan warung kecil sekitar penginapan. Ini bisa jauh lebih murah ketimbang membeli di 7-11.

Siapkan Tiket PP

Sumber gambar www.infoperbankan.com

Liburan bisa jadi saat ada promo atau diskon untuk tiket penerbangan. Ini bisa bikin liburan kamu lebih hemat, lho. Langsung saja beli tiket pulang-pergi agar lebih menghemat biaya. Jika ada promo, baiknya kamu beli jauh-jauh hari karena jika sudah mendekati, umumnya ada perbedaan harga dan sedikit mahal.

Tentukan kamu ingin pergi di tanggal berapa dan pulang tanggal berapa. Lanjut dengan mencari tiket pesawat murah. Bisa dicari secara online melalui beragam aplikasi yang ada saat ini. Mudah kan? Yuk, segera booking tiketnya.

Buatlah Itinerary Terlebih Dahulu

Sumber gambar i.pinimg.com

Liburan mendadak memang menyenangkan karena akan ada banyak kejutan yang bisa kita temui dengan persiapan minim. Namun alangkah baiknya jika kita membuat itinerary dulu sebelum perjalanan. Ini bisa bikin liburan lebih terorganisir. Selain itu, bisa bikin kita siap dengan apa saja yang akan terjadi selama perjalanan.

Kamu bisa browsing mengenai persiapan apa saja yang harus dibuat sebelum menuju tempat wisata yang akan kamu datangi. Kamu bisa juga baca pengalaman beberapa orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Sekalian kamu bisa bertanya mengenai ongkos hingga transportasi apa yang cocok. Sehingga paling tidak di saat hari H kamu tahu harus bagaimana nantinya.

Lebih Baik Membawa Botol Minum dan Camilan Sendiri

Sumber gambar mx.tupperware.co.id

Liburan pastinya kamu bakal beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ini artinya kamu harus berhemat untuk nantinya bisa belanja banyak suvenir dari Malaysia. Trik paling ampuh menghemat biaya adalah bawa minum dan camilan sendiri.

Kamu bisa bawa roti atau lauk semacam rendang atau telur rebus yang bisa awet dibawa perjalanan. Jadinya ketika di Malaysia kamu tinggal beli nasi dan sayur saja, dijamin lebih hemat. Untuk airnya kamu bisa bawa sendiri lalu isi ulang di sana atau beli saja yang baru di Malaysia karena harga air mineral kurang lebih sama dengan Indonesia, kok.

Hindari Taksi, Manfaatkan Go KL

Sumber gambar www.gokl.com.my

Kamu juga bisa jauh lebih hemat dengan memilih naik Go KL ketimbang taksi selama di Malaysia. Sebagai informasi saja, Go KL ini gratis lho ! Jadi kamu tinggal lihat rute bisnya untuk sampai ke tempat tujuanmu.

Kamu bisa naik Go KL yang jalur hijau untuk keliling KLCC dan Twin Tower sampai Bukit Bintang. Sementara Go KL ungu akan membawamu dari Bukit Bintang hingga ke Pasar Seni dan KL Tower. Ada juga jalur merah pada Go KL yang menuju KL Sentral dan Masjid Negara serta Dataran Merdeka. Jalur biru Go KL akan lewat Bukit Nanas dan Chow Kit serta Kampung Baru.

Agar Tur Malaysiamu Lebih Komplit, Jangan Lewatkan Destinasi Berikut

Sumber gambar cdn2.tstatic.net

Negara tetangga Indonesia tak hanya Singapura, namun juga Malaysia. Kedua negara ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang tak boleh dilewatkan. Nah, khusus untuk Malaysia kamu wajib tahu beberapa tempat yang hits sebagai tujuan wisata.



Melaka

Sumber gambar asiatourist.co

Kota ini hubungannya sangat erat dengan Indonesia. Pendiri kota ini adalah Prameswara dari Kerajaan Sriwijaya. Nama kota sendiri diambil dari Pohon Melaka yang berada di pinggir sungai Bertam.

Merupakan kota tua penuh sejarah, kamu tak bisa lewatkan tempat satu ini. Melaka merupakan pusat Kesultanan Melaka pada zaman dahulu. Selain itu, tempat ini juga menjadi pusat peradaban Melayu yang sudah dinobatkan Unesco sebagai kota warisan budaya dunia.

Untuk kemari, kamu bisa naik bis atau boleh juga dengan naik mobil atau taksi. Perjalanan akan sekitar dua jam dari pusat Kuala Lumpur. Biaya untuk naik bis sekitar Rp 16.600 per orang. Selanjutnya setelah tiba di Melaka Sentral kamu bisa langsung ke pusat kota naik taksi dengan harga Rp 8.300.

Kota Bharu

Berada di semenanjung Malaysia dekat perbatasan Thailand. Lokasinya 456 kilometer dari Kuala Lumpur. Untuk menuju kemari kamu bisa naik bus hingga pesawat. Untuk perjalanan darat akan membutuhkan waktu 10 jam sedangkan perjalanan lewat udara bisa ditempuh satu jam saja. Apa sih bagusnya kota Bharu ini?

Di sini kebudayaan Melayunya sangat kental. Selain itu, suasananya cukup menenangkan dan sangat nyaman. Karena merupakan kota budaya kamu akan dengan mudah mendapati banyak museum di sini. Museum khusus barang budaya Melayu hingga aneka bangunan bernuansa Eropa bisa kamu jelajahi di sini.

Jangan lewatkan juga pasar Siti Khadijah dimana kamu bisa berburu kuliner khas kota. Uniknya pasar ini disebut paling unik karena memang pasarnya penuh warna dan meriah.

Kuala Lumpur City Gallery

Sumber gambar .asiawebdirect.com

Bagi yang sangat mencintai seni, jangan sampai ketinggalan tempat menarik ini, ya. Berada dekat Lapangan Merdeka lokasinya mudah ditemukan. Tepatnya ada di Jalan Dataran Merdeka yang lokasinya dikelilingi bagunan tua dengan arsitektur megah nan menawan. Menuju ke sini kamu bisa naik LRT untuk selanjutnya turun di Stasiun Masjid Jamek. Lanjut dengan naik bus Hop On dan Hop Off yang lewat jalan Merdeka.

Di Gallery ini kamu bisa menemukan ikon I Love KL yang ternama. Masuk ke dalam galeri kamu akan ditarik sebesar Rp 16.600. Dalam gedung galeri kamu bisa menikmati video tentang Kuala Lumpur dan miniatur kotanya. Lokasi galeri berdekatan dengan lapangan yang umumnya dipakai untuk upacara Hari Kemerdekaan Malaysia.

Menara Kembar Petronas

Sumber gambar www.pinterpandai.com

Malaysia memang tak bisa lepas dari landmark satu ini. Twin Tower ini letaknya di KLCC yakni di pusat perbelanjaan besar di Kuala Lumpur. Bahkan dulu menara kembar ini sempat mengalahkan tingginya Willis Tower Amerika Serikat pada tahun 1998 hingga 2004, lho.

Untuk menuju lokasi kamu bisa naik LRT Kelana Jaya untuk kemudian turun Stasiun KLCC. Kamu bisa ke sini saat sore hingga jelang malam. Pada pukul 19.00 malam kamu bisa menyaksikan area air mancur yang ada di luar gedung sembari menyaksikan dancing fountain.

Selanjutnya kamu bersama teman dan keluarga bisa juga menikmati ketinggian menara. Namun, waktu terbaiknya sebelum pukul 7 pagi, ya. Kamu bisa juga berfoto di atas sini pada pukul 6 hingga 7 malam.

Bukit Bintang Walkway Malaysia

Sumber gambar www.gogonesia.com

Ini merupakan tempat wisata Malaysia yang banyak dikunjungi. Merupakan kawasan mall mewah dimana barang branded dijual selain itu ada juga banyak tempat makan enak yang bisa dicoba. Kamu bisa berjalan di area ini untuk sekedar foto maupun window shopping.

Jika di Singapura, Bukit Bintang ini bisa disamakan dengan Orchard Road. Meriahnya dan suasana bikin betah kamu untuk menikmati suasana kota saat malam. Kamu bisa belanja sepuasnya di sini, ya. Untuk kemari, kamu bisa naik Monorail dan turun di Stasiun Bukit Bintang.

Cameron Highland

Sumber gambar www.lonelyplanet.com

Ada di Pegunungan Titiwangsa tempat ini berkonsep taman Inggris yang pastinya bikin kamu takjub dengan kemegahan dan kecantikannya. Untuk menuju kemari, kamu bisa naik bus dari Kuala Lumpur dari Terminal Bas Puduraya dengan tiket harga Rp 116.000. Perjalanan akan makan waktu sekitar empat jam.

Dataran tinggi eksotis Cameron Highlands ini pasti bikin kamu makin rileks, deh. Pemandangannya yang penuh pesona bikin kamu lupa semua masalah. Selain kebun bunga, ada juga kebun teh serta taman rekreasi alam yang bikin betah.

Taman Negara

Sumber gambar www.malaysia.travel

Dari Kuala Lumpur langsung saja naik kendaraan ke arah Jerantut lalu ke timur laut hingga sampai ke Taman Negara. Jaraknya dari Kuala Lumpur sekitar 247 kilometer sehingga perjalanan menghabiskan sekitar 4 jam. Namun jangan biarkan lamanya perjalanan menghalangimu untuk menikmati keindahan tempat ini, ya.

Taman ini adalah hutan hujan tropis yang menjadi ekowisata ternama di Malaysia. Kamu bisa merasakan bertualang di alam liar dengan menjelajah taman dan menemukan aneka satwa langka hingga burung-burung yang eksotis. Akan ada guide yang memandu kamu jadi kamu tak perlu takut nyasar, ya. Nah, segera yuk ke sana dan taklukan aneka rintangan yang kamu hadapi di hutan tersebut.

Langkawi

Lokasinya di daerah pantai barat laut Malaysia sehingga Langkawi menjadi kepulauan yang memiliki pantai serta gunung dan hutan yang indah. Kamu bisa naik aneka transportasi untuk ke Langkawi. Perjalanan bisa mencapai tujuh jam jika dengan transportasi darat. Kamu akan disuguhkan aneka pantai cantik yang ada di Langkawi.

Tempat-tempat indah di Langkawi jadi sangat populer dan berkembang sangat pesat. Dari hotel sampai restoran sudah tersedia sehingga kamu tak perlu bingung untuk tempat menginap dan tempat makan. Yuk, nikmati indahnya pantai Langkawi karena putihnya pasir dan birunya laut siap menyambutmu.

Legoland Malaysia

Sumber gambar www.konsortium.com.sg

Legoland ini seru banget untuk dikunjungi. Berada di Asia, taman ini didirikan tahun 2012 silam dengan luas 30 hektar. Lokasinya ada di Johor Baru sedikit jauh dari Kuala Lumpur namun tak menghalangi banyaknya pengunjung kemari.

Theme park ini bisa dijangkau dengan pesawat dari Bandara Senai lalu lanjut dengan melakukan perjalanan darat. Dari kuala Lumpur kamu bisa menyewa kendaraan pribadi dan menempuh empat jam untuk sampai ke Legoland. Uniknya tempat ini, karena ada aneka wahana berkonsep mirip permainan lego. Sekitar 40 wahana baru dipersiapkan untuk menarik pengunjung.

From our editorial team

Rencanakan Liburanmu Segera

Sebenarnya, berlibur nggak selalu harus menunggu waktu liburan, ya. Jika terkendala bujet, kamu bisa ambil cuti dan berangkat pada hari biasa agar biaya akomodasi maupun transportasi jauh lebih murah dibandingkan musim liburan. Ke mana pun tujuanmu, jika pergi saat musim liburan bisa dipastikan bujetmu akan berkali lipat lebih banyak daripada hari biasa. Jadi, pertimbangkan masak-masak jika ingin berlibur ke luar negeri pada musim liburan, ya !

Tag