10 Rekomendasi Saus Teriyaki yang Enak Agar Masakan Makin Lezat (2022)

10 Rekomendasi Saus Teriyaki yang Enak Agar Masakan Makin Lezat (2022)

Teriyaki adalah saus khas Jepang yang disukai banyak orang. Buat Anda yang suka masak, kini ada banyak produk saus teriyaki yang bisa Anda gunakan untuk melezatkan masakan. Yuk, simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Siapa yang Tidak Suka Saus Teriyaki?

Anda pasti sudah tidak asing dengan teriyaki bukan? Berbagai olahan masakan dengan bumbu teriyaki memang jadi favorit banyak orang!

Pada dasarnya, kata “teriyaki” merujuk pada teknik memasak yang langsung ke sumber panas alias memanggang (grilling). Teknik ini menghasilkan warna coklat yang mengkilap. Teriyaki juga terkenal dengan rasanya yang gurih.

Kemudian hadirlah saus teriyaki dengan rasa gurih, asin, dan manis yang nikmat, khas Jepang. Anda dapat menggunakannya untuk memasak berbagai macam resep masakan.

Saus teriyaki dapat Anda gunakan untuk memasak berbagai bahan, seperti daging, ikan, hingga sayuran. Anda juga bisa menggunakan saus teriyaki untuk BBQ, marinasi, juga menumis. Saus teriyaki pun hadir sebagai kombinasi dalam berbagai jenis menu masakan di restoran.

Jenis Saus Khas Jepang yang Bikin Masakan Makin Enak

Shoyu

Shoyu adalah kecap asin khas Jepang, yang dibuat dari bahan dasar kedelai. Produk ini akan menambahkan rasa asin dan gurih umami dalam setiap sajian makanan. Hampir semua daerah di Jepang memproduksi saus kecap asin ini, terutama di Prefektur Chiba.

Anda akan sering menemukan kecap asin ini pada berbagai hidangan makanan Jepang, seperti saus pada sushi, dan berbagai masakan Jepang lainnya yang menggunakan shoyu dengan campuran bahan lain dalam proses pembuatannya.

Okonomiyaki

Pada dasarnya, “okonomi” berarti “apapun yang Anda suka”, dan “yaki” berarti “memanggang”. Sementara “okonomiyaki” berkembang jadi nama sebuah pancake khas Jepang yang gurih. Tiga bahan dasar okonomiyaki adalah tepung terigu, telur, dan kubis. Tentu saja bebas untuk menambahkan isian lainnya, seperti seafood, daging, acar, keju, dan juga saus.

Saus menjadi salah satu kunci kelezatan sajian pancake tradisional Jepang ini. Okonomiyaki biasa memakai gabungan saus tiram dan saus Worcestershire yang sama-sama memiliki rasa asin dengan aroma yang khas. Saus ini biasanya juga ditambahkan dengan tomat dan gula untuk menambah cita rasa manis.

Katsu

Katsu merupakan sajian khas Jepang berupa cutlet atau potongan daging yang dibalur tepung roti dan digoreng hingga renyah. Ada berbagai macam sajian katsu, seperti chicken katsu, beef katsu, pork katsu (tonkatsu), dan lainnya.

Dalam menikmati katsu agar semakin terasa nikmat, tersedia juga saus khasnya. Saus katsu terbuat dari bubuk wijen, saus tomat, kecap asin, saus Worcestershire, mustard, mirin, bawang putih, dan gula, menghasilkan cita rasa manis asin gurih yang nikmat saat berpadu dengan daging gorengnya.

Teriyaki

Kata “teriyaki” merujuk pada teknik memasak yang langsung ke sumber panas alias memanggang (grilling). Sedang secara terminologi, kata “teriyaki” berasal dari kata “teri” yang berarti “mengkilap atau terang”, dan “yaki” yang berarti “memanggang” atau “masak”. Unsur mengkilap pada masakan ini berasal dari sausnya.

Saus teriyaki sendiri berakar dari Hawaii, ketika para perantau Jepang mencampur kecap asin dan gula merah dengan jus buah setempat, seperti nanas. Hal ini menciptakan saus dengan cita rasa asin dan manis. Mirin, jahe, dan bawang putih pun kerap ditambahkan dalam campuran saus ini.

Tare

Tare merupakan saus Jepang khas lainnya. Saus ini biasa digunakan sebagai saus oles maupun celup. Biasanya saus tare digunakan dalam sajian yakiniku dan yakitori, yaitu sajian daging yang dipanggang. Saus ini juga bisa dijadikan sebagai substitusi saus teriyaki, sebagai saus cocolan gyoza, dan bumbu dalam nabemono.

Saus tare ini biasanya dibuat dari kecap asin, sake/mirin, gula atau madu, serta bahan opsional lainnya seperti saus tiram serta jahe. Bahan-bahan tersebut dipanaskan hingga mendapatkan tekstur yang agak kental namun tetap cukup encer.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Saus Teriyaki

Ada Tidaknya Kandungan Alkohol

Teriyaki biasa dibuat dengan campuran bahan yang mengandung alkohol, karena juga digunakan untuk menghangatkan tubuh. Bagi Anda yang memiliki pantangan dalam mengonsumsi alkohol, Anda bisa mengecek komposisinya, ataupun cek label Halal yang tertera pada kemasan.

Varian Rasanya

Saus teriyaki pun dikembangkan dengan berbagai varian rasa. Contohnya, Spicy Teriyaki dengan rasa yang lebih pedas, dan Garlic Teriyaki dengan rasa ekstra gurih. Beberapa brand lokal juga mengeluarkan produk saus teriyaki dengan cita rasa yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Asal Produk

Beberapa orang ingin mendapatkan saus teriyaki dari Jepang, karena dirasa lebih otentik khas Jepang. Namun, Anda harus membayar harga yang lebih mahal untuk mendatangkannya ke Indonesia. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih produk lokal yang lebih murah namun dengan rasa yang tak kalah nikmat.

Rekomendasi Saus Teriyaki Untuk Semua Masakan

Saori Saus Teriyaki

Saori Saus Teriyaki telah menyesuaikan cita rasanya dengan lidah Indonesia, namun tetap tidak kehilangan keaslian rasa gurih manis teriyaki khas Jepang. Saori sendiri merupakan sebuah produk dari Ajinomoto, yang merupakan perusahaan asli Jepang.

Tambahkan saja saus ini pada berbagai masakan, baik dimasak bersama dengan bahan utama, atau menambahkannya pada tahap akhir proses memasak.

Harga Rp. 12.000-50.000

Kikkoman Saus Teriyaki Bawang

Kikkoman merupakan brand yang berdiri pada tahun 1917 dan berkantor pusat di Noda, Prefektur Chiba, Jepang. Salah satu produk Kikkoman adalah saus teriyaki dengan cita rasa Jepang asli. Anda bisa menggunakannya untuk memasak daging maupun sayuran.

Kikkoman Saus Teriyaki Bawang mengandung bawang putih sebagai salah satu komposisi utamanya, sehingga menciptakan cita rasa yang gurih. Kikkoman Saus Teriyaki Bawang ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, lho!

Harga Rp. 17.000-25.000

MamaSuka Delisaos Saus Teriyaki

MamaSuka juga mengeluarkan saus teriyaki khas Jepang yang dibuat dari bahan-bahan pilihan tanpa pemanis buatan. Saus ini memiliki paduan rasa gurih manis yang pas.

Anda bisa menggunakan saus teriyaki dari MamaSuka ini untuk menambah cita rasa pada berbagai masakan, baik dari daging, ikan, ayam, hingga bahan nabati seperti sayuran, tempe, tahu, dan sebagainya.

Harga Rp. 10.000-20.000

Yamasa Teriyaki Sauce

Beberapa bumbu akan berubah rasanya saat diaplikasikan pada daging dan seafood. Namun, tidak dengan Yamasa Teriyaki Sauce ini. Anda pun bisa menikmati lezatnya hidangan yang dan gurih manis khas teriyaki.

Yamasa Teriyaki Sauce ini bisa Anda gunakan untuk memarinasi berbagai bahan masakan, ataupun untuk bumbu oles BBQ. Namun, perlu Anda ketahui bahwa produk saus teriyaki keluaran Yamasa ini mengandung alkohol.

Harga Rp. 50.000-250.000

Pronas Teriyaki Sauce

Anda merasa tidak punya banyak waktu untuk memasak? Kalau begitu, Anda bisa mengandalkan Pronas Teriyaki Sauce yang praktis dan bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan.

Anda bisa mengolah bahan masakan dengan saus ini selama tiga menit saja. Saus teriyaki ini bisa Anda gunakan untuk merendam sekaligus menumis masakan. Hidangan lezat pun tercipta tanpa butuh waktu lama.

Harga Rp. 10.000-25.000

AKU Saus Teriyaki

Sushi dan sashimi biasanya disantap dengan shoyu. Namun, jika Anda merasa bosan dan ingin berpetualang rasa, Anda bisa menggantinya dengan saus teriyaki yang tidak kalah gurih.

Saus teriyaki dari AKU ini sudah banyak digunakan di berbagai restoran dan hotel–hotel Indonesia. Selain aman mengonsumsinya secara langsung, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan campuran masakan. Saus ini telah mendapatkan sertifikasi BPOM, Halal, serta ISO 22000.

Harga Rp. 15.000-250.000

Kikkoman Saus Teriyaki Lada Hitam

Saus teriyaki dari Kikkoman pun hadir dalam varian Lada Hitam yang menambah aroma dan rasa yang lebih kuat, dan sedikit pedas namun tidak terlalu membakar.

Saus teriyaki dari Kikkoman ini dapat Anda gunakan untuk marinasi, memasak, maupun cocolan ready to eat. Produk ini tersedia dalam kemasan botol beling 300 gr, hingga kemasan jerigen 5 liter untuk Anda yang memiliki usaha jualan makanan.

Harga Rp. 15.000-30.000

Daisho Teriyaki Japanese Sace

Saus teriyaki ini memang enak disantap dengan daging tipis. Ditambah dengan nasi pulen hangat, wah, bertambah lagi kenikmatannya. Jadi terbayang beef rice bowl yang khas negeri Sakura itu ya?

Daisho Teriyaki Japanese Sace ini dibuat dari bahan alami berkualitas, dilengkapi dengan rumput laut halus dan stock Bonito (Kaldu khas Jepang). Saus ini cepat meresap dan membuat daging menjadi nikmat. Namun, saus ini mengandung anggur kuning dan sedikit anggur putih, dan tidak halal.

Harga Rp. 45.000-70.000

Bamboe Asia Teriyaki Sauce

Bamboe Asia Teriyaki diformulasikan dengan rasa gurih yang bisa diterima oleh lidah banyak orang, apa pun preferensi dan dari mana pun negara Anda berasal.

Jika Anda mengadakan perjamuan yang dihadiri banyak orang, saus teriyaki ini bisa menjadi penyelamat. Anda bisa menghasilkan hidangan yang praktis dengan menggunakan saus teriyaki ini. Saus ini tersedia pula dalam kemasan sachet.

Harga Rp. 6.000-15.000

HINODE Teriyaki Sauce

Saus teriyaki dari Hinode ini diformulasikan khusus untuk proses marinasi, sehingga mudah meresap ke dalam bahan masakan seperti daging sapi dan daging ayam.

Proses marinasi dengan saus teriyaki ini menciptakan cita rasa premium yang gurih dan lembut serta ringan pada setiap gigitan dan kunyahan. Selain untuk memarinasi daging, Anda juga bisa menggunakan saus teriyaki ini untuk campuran tumisan sayur agar lebih umami.

Harga Rp. 45.000-50.000
From our editorial team

Saat Membeli, Cek Juga Tanggal Kadaluarsanya Ya!

Selain citarasa dan asal produk, yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah tanggal kadaluarsa dari saus teriyaki yang Anda beli. Pastikan produk tersebut masih bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama ya! Pilih produk saus teriyaki favorit Anda hanya dari rekomendasi BP-Guide di atas!