9 Jenis Topi Keren Sebagai Fashion Statement Wanita

9 Jenis Topi Keren Sebagai Fashion Statement Wanita

Topi tak hanya melindungi kepala dari sinar matahari tapi juga bisa menjadi statement gaya berpakaian kamu. Ada banyak macam-macam topi yang bisa disesuaikan dengan segala suasana dan kondisi. BP-Guide memiliki 10 rekomendasi topi wanita yang bisa menjadi pelengkap penampilan.

Sejarah Topi

Sebenarnya topi sudah muncul sejak zaman Mesir Kuno dan Eropa. Pada saat itu, topi dipakai oleh masyarakat kelas pekerja. Kegunaan utamanya masih sama, sebagai pelindung kepala dari terik panas matahari.

Namun topi dimaknai berbeda dalam beberapa budaya tertentu. Topi wajib digunakan sebagai pelengkap untuk upacara seremonial bahkan keagamaan. Di sisi lain, topi juga dimaknai sebagai tingkatan pangkat dalam bidang militer.

Bentuk dasar dari topi itu sendiri adalah struktur kepala bagian atas, bagian lidah tepi yang terletak di bagian depan. Kegunaannya untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terik.



9 Rekomendasi Jenis Topi Fashion Wanita

Flat Cap

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau kamu menyukai film "Titanic" pasti mengenali topi ini. Topi yang dipakai Leonardo Di Caprio saat memerankan Jack. Di Inggris, flat cap digunakan oleh kelas pekerja, buruh kasar, anak kecil penjual koran, sampai gangster. Saat ini flat cap dipakai hampir seluruh kalangan. Bahkan ada beberapa orang menyebutnya topi pelukis.

Kamu bisa tampil trendi dengan flat cap yang dijual di Tokopedia dengan harga Rp 20.000. Flat Cap Fleece Tribal 35N1 ini terbuat dari bahan fleece. Diameternya 17 cm dan bisa melar sampai 23 cm. Panjang topi sendiri adalah 23 cm. Di pinggir topi terdapat karet untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala kamu. Hal yang membuatnya semakin menarik adalah topi ini bermotif tribal.

Fedora

Sumber gambar www.zalora.co.id

Siapa yang tak kenal dengan topi fedora? Topi yang populer akhir tahun 1800-an ini memang dibuat "tidak sempurna" seperti topi lainnya. Topi ini sengaja dibuat "penyok" agar lebih artistik.

Biasanya topi ini dipakai laki-laki. Bahkan beberapa penyanyi menggunakan topi ini seperti Bruno Mars dalam beberapa penampilannya.

Tapi, perempuan juga bisa menggunakan topi fedora ini. Topi fedora memang terkesan maskulin tapi juga fashionable.

Seperti Topi Sequined Fedora Hat dari yang memiliki detail sparkling dengan bahan poliester berwarna hitam. Kamu akan terkesan stand out saat memakai topi ini. Fedora ini bisa dibeli di Zalora dengan harga Rp 122.500.

Boater

Sumber gambar shopee.co.id

Tak banyak yang tahu sebutan topi jenis ini. Sebagian menyebutnya topi jerami karena terbuat dari jerami yang dianyam. Nama boater diambil dari sejarah bahwa dulu topi ini sering digunakan kru kapal atau pelaut.

Boater justru menjadi pelengkap penampilan saat ini. Bentuknya yang simpel justru membuat tampilan fashion kamu semakin all out tanpa berlebihan.

Pilih TP001 Classic Boater Hat Topi Pantai Topi Fashion yang memiliki lingkar kepala 56-58 cm, diameter 31 cm, dan tinggi 8 cm. Ada detail pita hitam pada lingkaran atas kepala semakin mempermanis boater. Silakan langsung meluncur ke Tokopedia untuk membelinya dengn harga harga Rp 100.000. Tersedia empat warna menarik, yaitu putih, krem, cokelat, serta hitam.

TP0024B Flolia Rotan Boater Hat juga bisa menjadi pilihan. Dibuat dari anyaman dengan lingkar kepala 56-58 cm dan tinggi 9 cm. Ada detail bunga di salah satu sudut topi untuk mempermanis penampilannya. Dapatkan dengan harga Rp 83.300 di Shopee.

Baseball Cap

Sumber gambar shopee.co.id

Siapa yang tak punya baseball cap. Hampir semua orang mengenal topi yang biasa digunakan oleh pemain baseball. Modelnya yang sederhana menjadikan topi ini paling pas saat dipakai santai.

Fashion Letter Embroidery Baseball Cap bisa menjadi pilihan kamu bergaya dengan baseball cap. Warna hitam dan dusty pink bisa menjadi pilihan. Ada detail tulisan "Long live the Hypocrite" di bagian depan. Desainnya pun silky sehingga terlihat elegan. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 44.000.

TB 011 X Sign Baseball Cap memiliki warna kuning, putih, dan hitam yang keren. Bahannya terbuat dari katun dan bisa diatur diameter topinya pada bagian belakang. Detail huruf "X" di bagian depan dan tulisan "Xotie" di bagian belakang membuatnya tak biasa. Topi ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 65.000.

Baret

Sumber gambar www.zalora.co.id

Topi baret dipakai oleh kalangan militer di benua Eropa pada abad ke-19. Dalam bidang fashion, biasanya topi ini sebagai pelengkap gaya retro atau maskulin. Topi baret bisa dipakai saat kamu berlibur, hang out dengan teman, atau pergi ke kantor.

Faux Pearl Bar Felt Berret dari River Island bisa dijadikan pilihan. Baret berwarna pink yang outstanding ini memiliki detail mutiara imitasi di salah satu sisinya. Model slip on ini berbahan wool 100%. Silakan membelinya di Zalora dengan harga Rp 409.000.

Selain itu, Baret Hat Topi Korea yang terdiri dari delapan pilihan warna juga patut dicoba. Ada warna abu-abu, cokelat muda, beige, hitam, merah muda, merah, biru, dan cokelat. Bahannya terbuat dari katun campuran dengan model yang simpel dan cocok di berbagai macam gaya pakaian. Silakan lihat di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Beanie

Sumber gambar www.zalora.co.id

Di Indonesia, topi beanie disebut dengan topi kupluk atau topi gunung. Kalau di negara empat musim, jenis ini dipakai saat musim dingin atau pun gugur. Bahannya dari wol sehingga sangat hangat untuk dipakai saat udara dingin.

Tapi itu dulu. Saat ini, beanie juga bisa dipakai saat musim panas sekalipun. Kamu bisa memadukannya dengan kaos, jaket jeans, parka, sampai sweater.

Zelda Beanie dari BLXS bisa dipilih. Topi ini terlihat lucu dan imut karena ditambah detail kuping kelinci di atasnya. Bahannya adalah acrylix dengan tiga warna pilihan, hitam, abu-abu tua, dan putih. Panjang topi adalah 25 cm. Desainnya pun nyaman serta lembut jika dipakai di kepala kamu. Beanie ini bisa kamu beli di Zalora dengan harga Rp 99.000.

Bowler

Sumber gambar www.zalora.co.id

Bowler atau dikenal juga dengan sebutan Topi Charlie Chaplin berasal dari Inggris. Di Inggris, bowler digunakan oleh kalangan bangsawan serta menengah ke atas. Dulu topi ini hanya memiliki satu warna saja, yaitu hitam.

Namun, saat menjadi statement fashion, sudah banyak bowler hat yang dibuat dalam berbagai warna. Topi ini bisa dijadikan andalan saat bad hair day. Tampilan maskulin ataupun feminin bisa pas dengan aksesoris topi bowler.

Bowler Hat Charlie Chaplin Lokal terbuat dari bahan laken beludru. Diameternya sekitar 19-20 cm. Ada detail pita hitam yang melingkar di topi. Pita tersebut bisa dilepas pasang. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Mac Grls dari BALLIN bisa meng-update fashion kamu. Topi ini terbuat dari bahan suede dengan warna abu-abu. Diameternya adalah 18,5x27x16 cm. Perawatan untuk topi ini jika kotor adalah dengan semir khusus bahan suede. Detail pita mempermanis topi. Bowler Hat ini bisa kamu beli di Zalora dengan harga Rp 180.500.

Floppy Straw

Sumber gambar www.zalora.co.id

Floppy straw hat ini bisa kamu kenali jika pergi ke pantai. Bagaimana tidak? Desain lidah topi yang lebar bisa menutupi wajahmu secara sempurna dari sengatan matahari. Bentuknya pun stylish dan membuatmu semakin fashionable.

Maclellan Floppy Hat dari ALDO bisa menjadi salah satu pilihan kami. Bahannya terbuat dari paper dengan detail pita yang manis berwarna hitam. Warna topi yang netral masuk di segala warna pakaian kamu. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 499.000.

Topi Floppy Hat Pantai juga bisa dipilih. Terbuat dari bahan laken beludru halus dengan ukuran diameter 56-58 cm. Floppy hat yang tersedia dalam 13 warna ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 40.000.

Pork Pie Hat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bintang film Buster Keaten adalah seseorang yang sangat gemar menggunakan pork pie hat di tahun 1920-an. Kemudian musisi blues serta jazz pun menggunakan topi ini. Tak lama, pork pie hat pun identik dengan penyanyi jazz. Desainnya pun modern dan berkelas.

D&D Hat Collection berwarna cokelat atau hitam bisa dijadikan alternatif pork pie hat kamu. Materialnya adalah cotton poly dengan ukuran 56-58 cm. Ada pita sebagai detail dari topi tersebut. Pork pie hat ini bisa dibeli dengan harga Rp 65.000 di Blibli.

Topi Bulat Oval Pork Pie memiliki detail bulu di bagian sisi topi sehingga membuatnya semakin menawan. Menariknya ada tali di bagian bawah topi sehingga pemakaiannya bisa disesuaikan Warna yang tersedia adalah hitam, cokelat tua, krem, merah, biru, dan marun. Topi ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 80.000.

From our editorial team

Aneka Jenis Topi untuk Berbagai Acara

Topi memiliki jenis yang bermacam-macam. Dengan begitu, kamu semakin mudah untuk menyesuaikannya dengan busana dan kegiatan yang akan diikuti. Penampilan busana pun akan semakin berwarna dengan tambahan topi-topi ini.