Kenali Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam Serta Simak 10 Rekomendasinya (2021)

Kenali Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam Serta Simak 10 Rekomendasinya (2021)

Teh merupakan minuman yang banyak diminum masyarakat dalam berbagai kesempatan. Selain rasanya enak, manfaatnya pun banyak untuk kesehatan. Teh hijau dan teh hitam telah lama diklaim sebagai teh yang paling menyehatkan. Kenali perbedaan keduanya dan juga rekomendasinya bersama BP-Guide!

Kebiasaan Minum Teh Sudah Dikenal Sejak Lama

Minum teh merupakan sebuah kebiasaan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Ini seakan sudah menjadi budaya turun temurun dan tradisi khas penduduk Indonesia dan juga penduduk berbagai negara di dunia. Teh memang menjadi minuman yang tak memandang batasan kelas sosial, usia, atau budaya. Minuman ini mudah didapatkan dan mudah dinikmati.

Masyarakat Indonesia pun sudah terbiasa menikmati teh baik sebagai minuman di pagi atau sore hari. Selain itu, teh juga digunakan sebagai suguhan kala ada tamu atau perjamuan resmi. Teh juga jadi minuman yang cocok jika ada yang merasa kurang enak badan. Secangkir teh hangat bisa memulihkan kondisi tubuh yang merasa meriang dan merasa mual.

Minuman teh kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi. Di dalam teh terkandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu ada juga kandungan kafein dan polifenol. Berbagai khasiat dalam teh tersebut membuat teh mampu memberikan manfaat kesehatan yang besar.

Teh hadir dalam berbagai varian. Ada varian teh hijau, teh hitam, teh putih, teh buah, teh bunga, dan lain sebagainya. Beda varian maka beda pula manfaat yang dibawanya. Varian teh yang paling populer adalah teh hijau dan teh hitam. Pada artikel kali ini kita akan mengupas tentang kedua varian teh tersebut, ya.

Kenali Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam

Kandungan dan Manfaat

Untuk mengenal lebih jauh mengenai teh hijau dan teh hitam, tentu kita wajib tahu kandungan dan manfaatnya. Kita bisa membandingkan keduanya meski keduanya juga memiliki persamaan. Contoh persamaannya adalah kedua teh ini sama-sama mengandung flavonoid yang merupakan polifenol yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Untuk bedanya, teh hijau memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi. Berkat antioksidan yang tinggi tersebut, teh hijau ampuh untuk menjaga kesehatan jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, teh hijau juga bisa melindungi hati dari pengaruh buruk makanan berlemak.

Sementara, teh hitam hadir dengan kandungan kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau. Segelas teh hitam mengandung kafein sebanyak 14 sampai 61 mg. Jumlah tersebut mampu mengusir kantuk dan memperbaiki mood. Manfaat mengonsumsi teh hitam di antaranya adalah untuk menambah kewaspadaan, mencegah kanker, dan menambah energi. Selain itu, teh hitam juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan bisa melancarkan pencernaan.

Proses Pembuatan

Perbedaan teh hijau dan teh hitam juga bisa dilihat dari proses pembuatan alias pengolahannya. Keduanya sama-sama berasal dari tanaman camellia sinensis, namun untuk pengolahannya memiliki perbedaan yang membuat warna dan rasa tehnya berbeda.

Pemrosesan teh hijau harus melalui banyak tahapan. Usai dipetik, daun teh hijau akan dikeringkan dulu, lalu dikukus. Hal ini dilakukan agar oksidasi pada daun teh tak terjadi dan daun tetap berwarna hijau. Rasanya juga bisa tetap segar.

Sementara itu, teh hitam usai dipetik langsung dikeringkan. Daun teh akan dihancurkan atau digulung lalu dibiarkan agar terpapar oksigen sampai teroksidasi. Proses fermentasi atau oksidasi tersebut membuat daun teh berwarna hitam dan membuat rasa dan warnanya jadi lebih kuat dan pekat.

Waktu Konsumsinya

Untuk mengonsumsi teh hijau dan teh hitam juga butuh waktu yang berbeda. Hindari mengonsumsinya pada saat yang kurang tepat karena kamu jadi tidak bisa mendapatkan manfaat maksimalnya.

Untuk mengonsumsi teh hijau, disarankan untuk dikonsumsi pada sore atau malam hari. Hindari mengonsumsi teh hijau di pagi hari saat lambung kosong meski kamu sedang diet. Ini karena kafein pada teh hijau hanya akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hindari juga minum teh hijau saat makan karena bisa mengurangi penyerapan nutrisi.

Untuk teh hitam lebih cocok dikonsumsi pagi hari. Ini karena kamu bisa lebih fokus dan lebih kaya energi di pagi hari usai minum teh hitam.

Cara Menyeduhnya

Dari cara menyeduh teh hijau dan teh hitam pun memiliki perbedaan. Ini penting diperhatikan agar bisa memberikan manfaat yang maksimal saat dikonsumsi.

Teh hijau harus diseduh dengan air mendidih. Diamkan teh selama 4 menit, lalu baru disaring dan bisa disajikan dalam gelas saji. Jangan terlalu lama menyeduh daun teh hijau karena akan menyebabkan rasanya terlalu pahit. Suhu air yang terlalu panas juga bisa menyebabkan hilangnya nutrisi. Namun, air yang terlalu suam-suam kuku juga membuat katekin teh tidak akan larut dalam air seduhan. Suhu yang cocok untuk dicampur dengan daun teh hijau adalah 71,11°C. Untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan madu.

Sementara itu, untuk teh hitam kamu harus memanaskan air hingga 100°C. Gunakan air mineral atau air distilasi agar rasanya lebih enak. Seduh teh hitam selama 4 menit. Untuk pemanisnya, kamu bisa gunakan madu, gula, atau susu.

Ini Dia Rekomendasi Teh Hitam dan Teh Hijau yang Bisa Kamu Minum untuk Menunjang Kesehatan

Sir Thomas Lipton Earl Grey Black Tea

Sir Thomas Lipton Earl Grey Black Tea merupakan rekomendasi teh hijau yang baik untuk dikonsumsi. Di dalam tehnya kaya kafein sehingga cocok untuk disajikan sebagai minuman penambah energi dan semangat. Kamu juga bisa lebih fokus usai minum teh ini di pagi hari. Aroma tehnya segar dan bikin kita jadi ingin segera menyeruputnya. Dibuat dengan teknologi terkini, produk ini dikemas dalam bentuk teh celup yang praktis diseduh.

Harga Rp. 48.000-174.000

AWI BLACK TEA

AWI BLACK TEA merupakan teh dengan kualitas ekspor. Diproduksi oleh PTPN IV Bah Butong Sidamanik, Sumatera Utara, teh yang satu ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara. Produk ini juga banyak digunakan di rumah makan, kafe, dan restoran. Rasanya enak sehingga cocok dijadikan teh manis, teh hangat, es teh, dan aneka sajian minuman teh lainnya. Untuk sajian segelasnya hanya dibutuhkan 2 gram teh.

Warna tehnya merah alami. Aromanya wangi alami teh sehingga begitu menggoda untuk segera dicicipi. Untuk 100 gram teh ini bisa digunakan untuk membuat membuat 50 cup penyajian, dengan takaran 2g per cup. Teh ini sudah mendapatkan sertifikat halal MUI.

Harga Rp. 19.000-119.000

Teh Sosro Heritage Black Tea

Teh Sosro Heritage Black Tea adalah teh celup premium yang wajib kamu coba. Dari segi kemasan saja sudah unik. Sesuai namanya, teh ini menghadirkan budaya tanah air. Dengan sentuhan aksen corak batik pada kemasan, teh celup ini dikemas sedemikian rupa untuk menjaga aroma daun teh agar selalu segar.

Teh ini dibuat dari tiga pucuk daun teh teratas. Ini karena pucuk daun teh merupakan bagian yang kadar polifenol dan katekinnya paling tinggi. Kamu bisa tambahkan gula sesuai dengan selera untuk membuat secangkir teh nikmat.

Harga Rp. 8.500-33.000

Bankitwangi Teh Organik Black Tea

Bankitwangi Teh Organik Black Tea menjadi teh yang wajib kamu cicipi selanjutnya. Teh ini dibuat sangat alami karena dipetik dari tanaman yang ditanam tanpa pestisida. Dipetik dari perkebunan di Ciwidey Bandung, daun tehnya dikemas langsung di lokasi untuk menjaga kesegaran produk. Teh premium ini mampu memberikan hasil seduhan kaya rasa dan manfaat.

Ada bahan seperti tanin dan polifenol yang bisa bermanfaat untuk mencegah kanker, memperkuat kesehatan jantung, menjaga kesehatan mulut, dan merangsang otak serta sistem syaraf. Teh yang satu ini mudah diseduh. Kamu bisa menambah gula untuk pemanisnya.

Harga Rp. 35.000-93.000

Sariwangi Teh Celup Hitam

Sariwangi Teh Celup Hitam merupakan teh lainnya yang bisa kamu coba rasakan. Produk asli Indonesia ini sudah lama dikenal mampu menghasilkan teh dengan kualitas luar biasa. Rasanya mantap dan aromanya juga segar. Teh ini cocok untuk disajikan saat kumpul keluarga.

Dibuat dari bahan pilihan, teh ini hanya dibuat dari daun teh asli bersertifikasi Rainforest Alliance. Artinya, Sariwangi berkomitmen untuk membantu para penghasil teh menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi mereka sendiri. Mengonsumsi teh ini berarti kita membantu petani lokal untuk lebih maju. Teh celup ini mudah diseduh dan disajikan. Kamu bisa tambahkan gula sebagai pemanis tehnya.

Harga Rp. 4.400-33.000

Tong Tji Green Tea

Tong Tji Green Tea cocok untuk kamu yang kurang suka ampas pada teh. Teh celup yang satu ini praktis diseduh di mana saja dan kapan saja. Hasilnya, teh beraroma segar dengan rasa teh hijau yang mantap siap untuk diseruput dalam waktu singkat. Ada aroma floral lembut yang bikin kita jadi tidak sabar ingin segera meminumnya. Produk ini hanya memakai daun teh yang masih muda sehingga kemurnian warnanya tetap terjaga.

Harga Rp. 16.000-25.000

SariWangi Teh Hijau Asli

Jangan lewatkan juga SariWangi Teh Hijau Asli yang memiliki rasa tidak kalah otentik. Dibuat hanya dari pucuk daun teh yang dikelola dengan baik di perkebunan lokal, daun tehnya berkualitas tinggi. Proses pemilihan daunnya tidak sembarangan sehingga rasa dan aromanya begitu istimewa. Teh ini juga memiliki warna yang cantik. Rasa tehnya lembut dan menyegarkan. Teh hijau cocok untuk kamu sajikan kapan saja kamu ingin minum minuman istimewa. Minuman ini cocok juga untuk membantu menjaga berat badanmu.

Harga Rp. 11.900-43.000

Teh Hijau Kepala Djenggot

Teh Hijau Kepala Djenggot merupakan teh yang sudah lama dipercaya untuk membantu diet. Teh yang satu ini juga mampu melindungi sel dan DNA dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsilah teh ini setiap sore untuk menjaga kesehatanmu. Teh ini juga bisa membuat kamu jadi lebih segar dan lebih terlindung dari berbagai penyakit.

Khasiat teh hijau ini adalah untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menyeimbangkan gula darah. Kamu juga bisa terhindar dari insomnia jika mengonsumsinya secara rutin.

Harga Rp. 16.000-31.000

Teh Hijau Cap Botol

Teh Hijau Cap Botol merupakan teh hijau kering dalam kemasan celup yang praktis. Teh ini mudah dijumpai di warung terdekat. Kamu cukup menyeduhnya dengan air panas. Rasa tehnya mantap dan nendang. Aromanya juga sangat segar khas daun teh muda sehingga bikin kita tak sabar mencicipinya. Ada kesan tradisional pada logo kemasannya. Minuman ini sudah mengantongi sertifikasi pengawasan dari BPOM.

Harga Rp. 6.000-7.000

Sir Thomas Lipton Green Tea With Jasmine

Sir Thomas Lipton Green Tea With Jasmine adalah rekomendasi terakhir dari kami. Teh hijau ini dipadukan dengan bunga melati segar sehingga menghasilkan paduan rasa yang tidak terlupakan. Minuman ini dibuat dari daun teh yang diseleksi dengan ketat. Ada jaminan kualitas pada setiap komposisinya sehingga membuat aroma dan rasa lebih enak.

Harga Rp. 48.000-103.000
From our editorial team

Teh Hijau dan Teh Hitam Sama Baiknya untuk Kesehatan

Setelah melihat perbedaan ini, mana jenis teh yang sesuai dengan seleramu? Baik teh hijau atau teh hitam bisa memberikan manfaatnya sendiri. Konsumsilah sesuai kebutuhan agar bisa menunjang kesehatan dengan baik.

Tag