Buat Ruangan Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Pewangi Ruangan yang Tahan Lama (2022)

Buat Ruangan Lebih Nyaman dengan 10 Rekomendasi Pewangi Ruangan yang Tahan Lama (2022)

Aroma menjadi salah satu faktor kenyamanan di dalam ruangan selain kebersihan. Selain mampu menyingkirkan bau tak sedap, penggunaan pewangi ruangan adalah salah satu cara untuk mendapatkan kenyamanan yang dinginkan. Berikut adalah 10 rekomendasi pewangi ruangan yang memberikan kesegaran tahan lama.

Pewangi Ruangan untuk Memberi Kenyamanan Beraktivitas di Rumah

Kenyamanan di dalam ruangan tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain ruangan yang bersih, aroma yang harum dan segar membuat Anda menjadi lebih tenang kala beraktivitas. Untuk mendapatkan keharuman yang diinginkan, Anda bisa menggunakan pewangi ruangan sesuai dengan aroma favorit.

Menggunakan pewangi ruangan tak hanya membuat menjadi lebih segar, namun juga memberi kesan familiar yang menciptakan kenyamanan. Selain membuat aktivitas menjadi lebih bersemangat, momen istirahat pun juga menjadi lebih tenang. Tentu aroma tak sedap yang mengganggu juga hilang.

Jenis-Jenis Pewangi Ruangan

Spray

Jenis pewangi ruangan yang paling lazim digunakan adalah berbentuk spray. Pewangi spray umumnya terbuat dari aerosol yang mudah menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan. Cara penggunaannya juga praktis, yaitu cukup dengan menyemprotkannya secukupnya.

Pewangi ruangan berjenis spray sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan bau secara instan di rumah. Kemudahannya untuk menguar ke seluruh ruangan membuat Anda mampu mendapatkan kesegaran dengan lebih cepat. Sayangnya, aroma dari pengharum spray cenderung lebih cepat hilang.

Pewangi Ruangan Otomatis

Pewangi ruangan otomatis adalah solusi praktis bagi Anda, agar tidak perlu melakukan spray manual setiap saat untuk menjaga aroma ruangan tetap segar. Cukup dengan menggunakan auto fragrance dispenser, Anda dapat mengatur interval waktu penyemprotan dan pewangi akan disemprotkan secara otomatis oleh alat tersebut.

Sebenarnya, pewangi yang digunakan sebagai refill auto fragrance dispenser adalah aerosol yang sama dengan pewangi spray. Hanya saja penyemprotannya dibantu oleh alat yang membuatnya lebih praktis. Kelemahan penggunaan alat tersebut adalah Anda perlu untuk mengontrol untuk memastikan pewangi refill masih tersedia dan alat tidak kehabisan daya baterai.

Diffuser

Pewangi ruangan praktis berikutnya berjenis diffuser. Tersedia dua jenis diffuser yang bisa dipilih, yaitu reed difuser dan electric diffuser. Keduanya sama-sama menggunakan pewangi yang berasal dari minyak esensial. Reed diffuser tidak memerlukan listrik, baterai, maupun api, sementara electric diffuser memerlukan tenaga listrik.

Reed diffuser umumnya memanfaatkan batang rotan yang dicelupkan ke botol untuk menyerap dan menyebarkan aroma dari minyak esensial. Sementara itu, electric diffuser merupakan alat yang dapat mengubah minyak esensial menjadi uap wangi yang dikeluarkan secara otomatis setiap beberapa menit.

Gel

Pewangi ruangan berbentuk gel adalah salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Produk ini biasanya hadir dalam kemasan pouch atau karton yang praktis digantung di mana saja. Selain kemasannya yang praktis, harganya yang ekonomis menjadi salah satu alasan mengapa pewangi ini banyak digemari.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup dipotong pada sudut kantong agar aroma dapat menguar. Pewangi ini umumnya digantung pada kipas angin atau AC untuk membantu menyebarkan aromanya. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan, produk ini juga bisa digunakan sebagai pewangi mobil.

10 Rekomendasi Pewangi Ruangan

Stella Home Air Freshener

Rekomendasi pewangi ruangan yang pertama adalah Stella Home Air Freshener. Produk ini merupakan pewangi ruangan berbentuk aerosol. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan disemprotkan secukupnya di dalam ruangan.

Stella Home Air Freshener merupakan inovasi terbaru dari Stella yang memberikan suasana menyegarkan. Pewangi ruangan ini dilengkapi natural oils yang memberikan keharuman alami. Tersedia beberapa varian aroma yang bisa dipilih sesuai favorit Anda, seperti Rose Garden, Lemon Fresh, Orange Twist, Apple Fiesta, dan Floral Jasmine.

Harga Rp. 13.985-20.900

Glade Air Freshener

Pewangi ruangan berikutnya yang patut dijadikan pilihan adalah Glade Air Freshener. Produk keluaran Glade ini merupakan pengharum ruangan berbentuk aerosol yang hadir dengan mekanisme semprot. Aromanya yang menyegarkan mampu memberikan kenyamanan di ruangan Anda.

Glade Air Freshener memberikan aroma yang tidak mengganggu pernapasan, karena tidak terlalu menyengat. Cukup dengan sekali semprot, pewangi ini mampu menguarkan keharuman secara menyeluruh. Produk ini hadir dengan beberapa varian aroma, termasuk Fresh Lemon, Ocean Escape, Morning Freshness, Orange, Wild Lavender, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 15.000-24.760

BayFresh Air Freshener

Ruangan yang segar tentu memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Berbicara mengenai kesegaran ruangan, BayFresh Air Freshener adalah salah satu produk yang menjadi andalan. Pewangi ruangan ini hadir dengan keharuman yang eksklusif.

BayFresh Air Freshener merupakan pewangi ruangan aerosol yang digunakan dengan cara disemprot. Anda cukup menggunakannya secukupnya, karena pewangi ini mampu menguarkan aroma dengan baik ke seluruh ruangan. Tersedia berbagai pilihan aroma yang menyegarkan, termasuk Lemon, Rose, Apple, Orange, Strawberry, dan Coffee.

Harga Rp. 15.600-20.300

DAHLIA Freshgo Air Freshener

Tak hanya pewangi ruangan semprot manual, kini sudah banyak produk pewangi otomatis yang lebih praktis. Pewangi otomatis ini bekerja dengan menggunakan dispenser yang mampu menyemprot otomatis sesuai interval waktu yang telah diatur. DAHLIA Freshgo Air Freshener adalah salah satu produk refill yang bisa dijadikan pilihan.

Pewangi ruangan keluaran Dahlia ini memberikan sensasi kesegaran dan keharuman yang menyenangkan di dalam ruangan. Produk refill ini juga mengandung natural oils yang membuat keharumannya lebih alami. DAHLIA Freshgo Air Freshener hadir dengan beberapa pilihan aroma, termasuk Lily, Lavender, Exotic Citrus, Royal Coffee, hingga Sweet Gardenia.

Harga Rp. 26.500-55.100

Bagus FRESH Air Freshener Pouch

Tak melulu berbentuk spray, ada juga pewangi ruangan yang hadir dalam kemasan pouch. Salah satu produknya adalah Bagus FRESH Air Freshener Pouch. Produk keluaran Bagus ini merupakan pewangi ruangan gel yang serba guna dan hadir dengan aroma menyegarkan.

Tersedia empat pilihan aroma yang banyak disukai, yaitu luwak coffee, sumer orange, blue ice, dan red peony. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu cukup dengan menggunting kantong produk sesuai petunjuk. Tak hanya di ruangan, Anda juga bisa menggantungnya di toilet dan di dalam mobil.

Harga Rp. 9.600-11.106

MINISO Sewangi Pengharum Ruangan Marble Series

Selain dispenser yang mampu mengatur pengeluaran pewangi secara otomatis, ada pula pewangi ruangan yang hadir dalam bentuk diffuser. MINISO Sewangi Pengharum Ruangan Marble Series adalah salah satu scent diffuser yang bisa dipilih sebagai pewangi ruangan. Produk ini terbuat dari material corn dengan komposisi 35% fragrance stabilizer, 30% essential oil, 30% stabilizer, dan 5% food grade ethyl alcohol.

MINISO Sewangi Pengharum Ruangan Marble Series hadir dalam berbagai perpaduan aroma, seperti apple & rose, hyacinth & freesia, tuberose & violet, magnolia & rose, dan masih banyak lagi. Setiap produknya memiliki aroma top, middle, dan dry-down yang menarik.

Harga Rp. 29.900-59.900

Kagumi GFresh Air Freshener

Kagumi GFresh Air Freshener adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini merupakan pewangi ruangan dengan aroma unik dan berkualitas tinggi. Tak hanya sebagai pewangi ruangan, produk ini juga bisa dipasang di mobil.

Produk keluaran Kagumi ini terbuat dari organic block yang mampu menyerap bau dan mempunyai daya tahan hingga 45 hari. Telah memiliki izin Kemenkes, pewangi ini sudah memenuhi standar dan aman digunakan. Kagumi GFresh Air Freshener hadir dengan tiga pilihan aroma, yaitu bubble gum, vanilla, dan java coffee.

Harga Rp. 18.000-46.400

Febreze Air Freshener

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Febreze Air Freshener. Pewangi ruangan praktis ini mampu menghilangkan bau dengan molekul kecil yang disebut siklodekstrin. Menggunakan 100% propelan alami, membuat Anda dapat menyegarkan rumah setiap hari dengan percaya diri.

Febreze Air Freshener mampu menghilangkan bau di udara dengan ringan dan aroma yang segar. Cara penggunaannya pun mudah, cukup semprotkan dengan gerakan menyapu ke dalam ruangan. Anda bisa menggunakannya di ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, serta kantor. Tersedia banyak pilihan warna, termasuk original, hawaiian aloha, ocean, april fresh, dan linen & fresh.

Harga Rp. 169.000-239.000

Air Wick Freshmatic

Air Wick Freshmatic adalah produk yang dapat dipilih sebagai refill pewangi ruangan otomatis Anda di rumah. Tak hanya memiliki aroma menyegarkan yang khas, produk ini juga memberikan keharuman yang tahan lama. Aromanya pun lembut dan nyaman bagi pernapasan.

Produk ini memberikan sensasi yang menenangkan dan tahan hingga 70 hari. Air Wick Freshmatic adalah pilihan pewangi ruangan yang praktis dan tampak kekinian. Pewangi ini hadir dengan berbagai pilihan aroma, termasuk fresh water, white flowers, dan lavender & chamomile.

Harga Rp. 21.000-52.000

Wenis Air Freshener

Wenis Air Freshener adalah produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini merupakan pewangi ruangan gantung yang hadir dalam bentuk gel berkemasan pouch. Menggunakan parfum bermutu tinggi membuatnya mampu menciptakan suasana nyaman dengan keharuman yang tahan lama.

Produk ini dikemas secara praktis dan ekonomis yang dilengkapi gantungan siap pakai. Tak hanya di dalam ruangan, Wenis Air Freshener juga bisa dipasang di toilet dan mobil. Tersedia varian aroma orange, lemon, rose, lavender, dan coffee yang bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 2.500-3.300
From our editorial team

Waspada Risiko Penggunaan Pewangi Ruangan

Meski mampu memberikan keharuman yang membuat nyaman, penggunaan pewangi ruangan juga menyimpan risiko bagi kesehatan. Salah satu hal yang patut diwaspadai atas penggunaan pewangi ruangan jangka panjang adalah risiko gangguan pernapasan. Bahan kimia yang digunakan dalam produk tersebut dapat menjadi residu dalam tubuh apabila terhirup dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu cara untuk meminimalisir dampaknya adalah dengan menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Pastikan sirkulasi udara melalui ventilasi tetap lancar. Anda juga bisa mengutamakan penggunaan pengharum ruangan alami, seperti kopi, kulit jeruk, atau lemon.

Tag