Bekerja Lebih Efektif dengan 10 Rekomendasi Proyektor Mini yang Praktis untuk Meeting di Rumah dan Kantor (2020)

Bekerja Lebih Efektif dengan 10 Rekomendasi Proyektor Mini yang Praktis untuk Meeting di Rumah dan Kantor (2020)

Kebutuhan untuk meeting secara online sudah menjadi kebiasaan baru di tengah wabah saat ini. Online meeting akan lebih efektif dan nyaman saat Anda menggunakan proyektor mini karena layar yang ditampilkan akan lebih besar dan tentunya jarak pandang pun semakin jelas. Yuk, intip dulu berbagai rekomendasi proyektor mini berkualitas dengan harga terjangkau ini!

Proyektor dengan Bentuk yang Mini Mudah Dibawa Kemana pun

Fungsi proyektor adalah memproyeksikan visual dari komputer, laptop, atau bahkan smartphone ke media tertentu yang dapat dijadikan layar. Sehingga gambar yang ditampilkan dapat berukuran lebih besar dan lebih nyaman untuk dinikmati bersama-sama.

Media untuk memancarkannya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari kain, layar khusus, sampai dinding tanpa corak. Semakin datar dan bersih media pancaran, maka semakin jelas pula hasil proyeksi yang dihasilkan.

Seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, maka terciptalah sebuah proyektor berukuran mini agar lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana. Proyektor mini ini diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pebisnis, mahasiswa, bahkan sampai mereka yang gemar menonton film.

Mengapa proyektor ini begitu diminati? Beberapa alasannya antara lain karena harganya yang lebih terjangkau daripada televisi layar lebar dan dapat Anda gunakan di banyak tempat dan banyak momen dengan lebih praktis.

Namun, sebelum membeli proyektor mini ini, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Bukan hanya harganya, tapi juga fitur-fitur apa saja yang Anda perlukan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Kenapa Harus Beli Proyektor Mini?

Desainnya Ringkas

Proyektor mini memiliki ukuran dan desain yang sangat ringkas. Bahkan, beberapa di antaranya dapat Anda genggam menggunakan satu tangan. Dengan demikian proyektor ini hanya memakan sedikit ruang di dalam tas Anda.

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang sering melakukan perjalanan bisnis dan sering melakukan presentasi, maka proyektor mini adalah pilihan yang tepat. Sebab, Anda akan kesulitan jika harus membawa-bawa proyektor berukuran normal bepergian. Proyektor normal memiliki bobot 2 sampai 3,5 kg, sedangkan proyektor mini hanya 0,5 – 1 kg, maka jauh lebih ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Selain untuk pebisnis yang sering travelling, proyektor mini juga cocok untuk Anda yang gemar mencari hiburan di dalam rumah. Meski ukurannya mini dan harganya terjangkau, proyektor mini ini sudah mampu memberikan suasana bioskop di dalam rumah Anda.

Memiliki Beberapa Kelebihan

Gambar yang dihasilkan oleh TV memang sangat baik, namun Anda perlu merogoh kocek hingga puluhan juta untuk membeli TV berukuran 72 inci, misalnya. Sedangkan jika Anda menggunakan proyektor mini, ongkos yang Anda keluarkan akan jauh lebih murah.

Proyektor akan memberikan pengalaman dan kualitas gambar yang dapat bersaing dengan TV. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan ukuran ruangan yang terbatas. Tidak hanya dari segi harga, cara penggunaan proyektor mini pun dapat dikatakan sangat mudah dan praktis. Media penampil gambarnya cukup praktis dan mudah ditemukan.

Selain layar khusus proyektor, Anda juga dapat memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda seperti kain ataupun dinding tanpa motif. Dari segi tempat penyimpanan, proyektor mini juga jauh lebih praktis karena memerlukan tempat penyimpanan yang jauh lebih hemat daripada TV berlayar lebar.

Menunjang Pekerjaan

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, proyektor mini siap untuk mendukung ataupun menunjang kebutuhan multimedia Anda. Proyektor ini dapat Anda gunakan untuk kegiatan presentasi Anda.

Selain itu, ia juga dapat dipakai untuk menonton film bersama dengan keluarga besar maupun teman-teman Anda. Berbagai kebutuhan konten multimedia dapat Anda nikmati secara berkelompok menggunakan proyektor mini.

Jangan Asal Memilih Proyektor Mini

Perhatikan Kualitas Gambarnya

Meski ukuran menjadi faktor penting dalam hal memudahkan kita membawa proyektor tersebut, faktor kualitas gambar juga perlu diperhitungkan dalam memilih sebuah proyektor. Proyektor mini memiliki berbagai jenis software, lensa, dan resolusi gambar yang dihasilkan.

Ukuran dan resolusi gambar berperan penting dalam menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah proyektor. Semakin tinggi kontras rasio, tingkat kecerahan, dan resolusinya, maka semakin baik pula kualitas gambar yang dihasilkan oleh proyektor tersebut.

Jadi, perhatikanlah spesifikasi tersebut sebelum akhirnya menentukan jenis atau produk proyektor mana yang akan Anda pilih.

Ketahui Penggunaannya

Kemudahan dalam pengaturan dan penggunaan adalah faktor penting dalam memilih proyektor yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal pengaturan proyektor yang terlalu rumit dapat menjadi bumerang tersendiri bagi kita, pemakainya.

Misalnya ketika kita perlu menyiapkan presentasi dengan cepat, namun perangkat yang kita gunakan tidak menunjang hal tersebut, hal ini tentunya akan sangat memengaruhi suasana hati kita. Kita harus lebih fokus kepada penampilan presentasi kita dibandingkan perangkat yang kita gunakan.

Jadi, pilihlah proyektor yang sepraktis dan semudah mungkin untuk diatur. Akan lebih baik jika Anda dapat memilih proyektor dengan material tertentu (software, remote kontrol, dsb) yang dapat semakin memudahkan penggunanya.

Kenali Fiturnya

Selain sebagai alat proyeksi, proyektor mini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang dapat membuatnya memiliki banyak fungsi. Semakin banyak fitur yang disediakan, biasanya harganya juga akan semakin tinggi.

Itulah pentingnya untuk menimbang, kira-kira fitur apa saja yang Anda perlukan sehingga Anda tidak memilih proyektor mini dengan fitur yang banyak dan harga yang terlalu mahal, tentunya.

Beberapa fitur penunjang lain dalam sebuah proyektor mini adalah wireless, networking, angled projection, auto-focus, built-in speaker, dan sebagainya.

Ketahui Kapasitas Baterai

Memeriksa spesifikasi dari proyektor mini yang akan Anda beli adalah hal yang sangat penting. Salah satu spesifikasi yang perlu Anda periksa adalah kapasitas baterainya. Sebagian besar proyektor mini memang sudah menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

Bahkan, beberapa proyektor mini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar hingga dapat dijadikan power bank. Namun, ada juga beberapa produk yang masih memerlukan listrik untuk menyalakan proyektor tersebut. Jadi, Anda perlu sangat teliti terkait dengan kebutuhan Anda dan spesifikasi dari produk yang akan Anda pilih.

Ketahui Cara Proyektor Dalam Menghasilkan Suara

Terkait suara yang dihasilkan, ada beberapa cara proyektor mini dalam menghasilkan suara. Ada yang sudah dilengkapi dengan speaker di dalam bodinya (built-in speaker), ada juga yang hanya dilengkapi headphone jack untuk menyambungkannya dengan speaker lain.

Banyak orang yang lebih memilih proyektor dengan built-in speaker karena akan sangat merepotkan jika kita perlu membawa-bawa speaker portabel lagi bersama dengan proyektor kita. Belum lagi jika kita harus mengatur posisi speaker bersama dengan posisi laptop dan proyektor kita.

Rekomendasi Proyektor Mini yang Harus Anda Punya

Acer Pico C120

Proyektor mini yang satu ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga muat dimasukkan ke dalam tas laptop dan cukup mudah dioperasikan. Bobotnya juga tergolong ringan, yaitu hanya sekitar 180 gram.

Ia dapat bertahan hingga 20.000 jam pemakaian karena menggunakan teknologi LED sebagai sumber cahayanya. Jika Anda membeli produk ini, Anda akan mendapatkan layar portabel berukuran 25 inci untuk melengkapi kemudahan pengoperasian proyektor tersebut.

Harga Rp. 4.100.000-5.631.000

Vakind Mini Portable Projector YG310

Proyektor mini yang satu ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin membawanya keluar rumah, karena cukup dimasukkan ke dalam tas dengan mudah. Meski ukurannya kecil, proyektor ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi mencapai 1080 pixels.

Didukung dengan lampur LED 600 Lumens, alat ini dapat memberikan tampilan home theater yang sempurna untuk dinikmati bersama teman maupun keluarga.

Keunggulan lainnya adalah sudah dilengkapi dengan built-in speaker yang memenuhi kebutuhan sound Anda. Bobotnya pun ringan, hanya 240 gram saja.

Harga Rp. 600.000-1.399.850

Rockware RW-60

Untuk penggunaan di dalam ruangan, alat ini dapat menghasilkan gambar yang sangat jernih dan bersih dibandingkan dengan proyektor mini lain dalam kelasnya. Ia dapat bertahan hingga 30.000 jam pemakaian dengan resolusi hingga 1080 pixels.

Untuk hasil maksimal, Anda dapat menggunakannya dalam jarak 1 sampai 4 meter. Di bagian atas proyektor terdapat tombol operasional untuk memudahkan Anda menggunakanya. Selain itu, ia juga sudah memiliki built-in speaker untuk mendukung kebutuhan sound Anda.

Sumber proyeksi alat ini menggunakan lampu LED dengan tingkat keterangan maksimal 1.500 lumens dan contrast ratio 1000:1.

Harga Rp. 965.000-984.700

Cheerlux C9 Mini Portable Projector

Cheerlux telah mengeluarkan berbagai tipe proyektor dan tipe ini hanyalah salah satu produk terbarunya. Produk ini hadir dengan berbagai kelebihan, dirancang sedemikian rupa oleh Cheerlux untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Sumber proyeksi adalah lampu LED dengan tingkat keterangan mencapai 2800 Lumens dan contrast ratio 1200:1. Spesifikasi tersebut menjamin hasil keluaran proyektor yang sangat jernih dan bersih. Bahkan, lampu LED-nya pun didesain sedemikian rupa demi meminimalkan efek samping pada mata Anda.

Keunggulan lainnya adalah memiliki built-in TV tuner yang artinya Anda tinggal memasang antena untuk dapat menonton TV dari proyektor ini.

Harga Rp. 1.030.000-2.510.000

BenQ GV1 Wireless Mini Portable Projector

Apakah Anda sedang mencari proyektor mini dengan desain simpel tanpa kabel yang dapat dipakai untuk streaming film, video, musik, dan kebutuhan multimedia lainnya? Cobalah proyektor mini yang satu ini, cocok untuk menjadi media hiburan bersama teman, keluarga, bahkan untuk menemani kegiatan olahraga Anda.

Anda dapat merasa tenang ketika menggunakan proyektor ini karena cara pengaturannya sangat mudah dan konektivitas wireless yang baik. Ukurannya pun sama dengan cangkir kopi atau botol minum yang sangat praktis dan ringan dengan bobot 708 gram saja.

Harga Rp. 6.900.000

AUN Q2 Mini Projector

Sedikit berbeda dengan produk lainnya, proyektor mini yang satu ini khusus dibuat untuk menjadi media permainan edukatif bagi buah hati Anda. Menggunakan proyektor ini, Anda dapat menayangkan tayangan edukatif bagi si kecil.

Proyektor mini ini sudah dilengkapi dengan speaker yang dapat menghasilkan suara sendiri ketika Anda gunakan untuk menonton film. Ia dapat memproyeksikan gambar dengan jarak hingga 2 meter dan ukuran proyeksi mencapai 60 inci. Bentuknya yang ringkas juga memudahkannya dimasukkan ke dalam tas ransel Anda. Mudah dibawa bepergian, misalnya liburan bersama anak-anak.

Keunggulan dari proyektor ini adalah memiliki sistem kipas pendingin untuk mencegah over-heating. Spesifikasi inilah yang membuatnya lebih awet.

Harga Rp. 469.712-674.000

Yourday YRD600

Jika Anda mencari proyektor dengan harga yang terjangkau, cobalah untuk memertimbangkan proyektor mini yang satu ini. Meski murah, gambar yang dihasilkan oleh proyektor mini ini cukup mulus tanpa berbayang.

Dengan resolusi 960 x 640 pixels, gambar yang dihasilkan pun cukup jelas dan tulisan yang ditampilkan juga dapat dibaca dengan mudah.

Proyektor mini ini cocok untuk dipakai menonton film dan melakukan presentasi. Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama karena produk ini awet sampai dengan 50.000 jam pemakaian.

Harga Rp. 1.350.000-2.590.000

Asus Projector Mobile S1

Proyektor mini yang satu ini memiliki bentuk ringkas dengan model futuristik, didukung dengan casing body aluminium. Tingginya hanya sekitar 3 cm dengan berat 342 gram, sangat sempurna untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Anda dapat mengatur proyektor di mana pun tanpa perlu khawatir akan posisi stop kontak karena proyektor ini memiliki waktu proyeksi tanpa kabel hingga 3 jam lamanya. Beberapa keunggulan produk ini adalah proses on/off-nya yang cepat, dengan lampu dan baterai yang tahan lama. Siap untuk mendukung Anda menciptakan presentasi yang sempurna di dalam ruangan.

Harga Rp. 5.636.000-8.985.000

LED Mini Projector GP70UP

Beralih ke produk berikutnya, yakni proyektor mini dengan tingkat kecerahan 1.200 Lumens, tergolong bagus di kelasnya.

Memiliki pengaturan lensa di bagian atas proyektor untuk memudahkan Anda melakukan set up proyektor sebelum menonton film ataupun melakukan presentasi.

Dengan sumber daya LED, proyektor ini tahan hingga 50.000 jam penggunaan. Desainnya pun dibuat dengan sangat teliti sehingga menghasilkan tampilan yang unik dan antimainstream.

Harga Rp. 1.675.000-2.184.000

Proyektor Mini YG 300

Dengan desain yang simpel, proyektor mini ini sangat mudah dimasukkan ke dalam tas. Jarak pancar sekitar 3 meter, cocok untuk menonton film bersama keluarga di dalam ruang yang terbatas, di ruang tamu misalnya.

Selain itu, alat ini juga dapat digunakan tanpa listrik. Hal ini semakin memudahkan pengalaman penggunaan proyektor yang satu ini, didukung dengan bobotnya yang hanya 240 gram.

Karena sudah dilengkapi dengan built-in speaker, jadi Anda dapat menggunakannya tanpa membawa speaker portabel lagi bersama Anda. Sangat cocok untuk dibawa bepergian karena kemudahan penggunaannya.

Harga Rp. 399.900-475.000
From our editorial team

Proyektor Mini Menjadi Pilihan Paling Praktis

Memiliki proyektor mini di rumah menjadi salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan, terutama jika di rumah Anda ada anak-anak yang masih sekolah daring ataupun untuk sekadar hiburan menonton film bersama keluarga. Pastikan untuk memilih proyektor terbaik yang sesuai dengan bujet Anda, ya.