Pentingnya Sarapan Pagi Sehat dan Menu-Menu Sarapan Praktis untuk Kamu yang Sibuk

Pentingnya Sarapan Pagi Sehat dan Menu-Menu Sarapan Praktis untuk Kamu yang Sibuk

Sarapan pagi, meski sepele bagi sebagian orang, ternyata sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ahli menjelaskan bahwa tidak sarapan pagi dapat membuat turunnya konsentrasi saat bekerja, lemas, lesu dan tidak bersemangat. Yuk coba beberapa menu sarapan praktis yang tak menghabiskan waktumu!

Sarapan Pagi Sehat, Kunci Menjaga Kesehatan Tubuh

Sumber gambar www.umicima.com

Tahukah kamu? Sarapan pagi, meski sepele bagi sebagian orang, ternyata sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ahli menjelaskan bahwa tidak sarapan pagi dapat membuat turunnya konsentrasi saat bekerja, lemas, lesu, dan tidak bersemangat. Membiasakan tidak sarapan pagi juga dapat menyebabkan penyakit, seperti gangguan pencernaan.

Untuk itu, sarapan pagi sangat disarankan. Jam yang disarankan adalah sebelum jam 9 pagi. Makanlah secukupnya saja tanpa berlebih sehingga kesehatan badan kamu tetap terjaga.

Bagaimana Kriteria Sarapan Pagi Sehat?

Sarapan pagi memang penting, tetapi itu tidak menjadi alasan buat kamu untuk kemudian sarapan sekenanya saja. Sarapan pagi yang baik adalah sarapan sehat. Sarapan kamu harus mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan tubuh dalam kadar tidak berlebihan. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak baik, dan sebagainya.

Jika kamu diet, maka kesalahan besar untukmu melewatkan sarapan pagi. Sarapan pagi ini dianggap mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh sehingga mengurasi risiko diabetes. Selain itu, dengan sarapan sehat, suplai makanan dalam tubuh kamu menjadi tahan lama dan kamu pun bisa bekerja sepanjang siang tanpa keinginan untuk memakan camilan.

5 Fakta Penting Sarapan Pagi Sehat

Masih menganggap sarapan pagi sepele? Jika begitu, kamu harus tahu fakta-fakta penting seputar sarapan pagi sehat. Di bawah ini adalah 5 fakta penting seputar sarapan pagi sehat.

Tidak sarapan berisiko obesitas

Sumber gambar www.cantikanggun.com

Kamu boleh menyepelekan sarapan, tetapi sebenarnya sarapan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan risiko obesitas. Orang yang sarapan akan memiliki asupan kalori lebih rendah dibanding orang yang tidak sarapan.

Selain itu, mereka yang tidak sarapan juga akan cenderung makan siang dengan porsi 20% lebih banyak dibandingkan mereka yang sarapan. Pada akhirnya, orang-orang yang melewatkan sarapan cenderung lebih gemuk dibanding mereka yang sarapan. Jadi, masih mau melewatkan sarapanmu?

Sarapan membantu menjaga mood

Sumber gambar assets-a1.kompasiana.com

Tak hanya baik untuk kesehatan, sarapan juga mampu membantumu menjaga mood selama seharian. Orang-orang yang semangat cenderung dapat menjaga semangat kerja sepanjang hari dan memiliki suasana hati yang bagus. Nah, buat kamu para karyawan, jangan sampai meninggalkan sarapan jika ingin performa kerjamu optimal, ya!

Protein akan memberi rasa kenyang lebih lama

Sumber gambar cdns.klimg.com

Fakta penting seputar sarapan sehat yang selanjutnya ada kaitannya dengan menu makan yang disarankan. Tahukah kamu? Mengkonsumsi protein di pagi hari dapat membuatmu kenyang lebih lama. Untuk itu, kamu disarankan menjadikan telur sebagai lauk sarapan pagi sehatmu. Lebih baik lagi jika kamu memilih telur rebus dibanding telur goreng karena lebih rendah kolesterol.

Jarang sarapan membuat pertumbuhan otak anak bisa terganggu

Sumber gambar www.tipsanakbayi.com

Sarapan sehat tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang dewasa saja. Anak-anak pun harus dibiasakan untuk memakan sarapan mereka. Kenapa? Karena melewatkan sarapan dapat menimbulkan masalah serius pada anak. Masalah tersebut beragam, mulai dari pertumbuhan otak yang terganggu, penyusutan otak (artrofi) hingga terhambatnya pertumbuhan intelegensia.

Anak-anak pada usianya memang sedang mengalami masa pertumbuhan. Menu sarapan sehat yang baik dapat membantu pertumbuhan anak menjadi sempurna. Adapun nutrisi-nutrisi yang bisa didapat dari sarapan meliputi vitamin, mineral, asam lemak dan kalsium.

Mereka yang jarang sarapan justru punya kadar kolesterol tinggi

Tadi kita sudah sekilas menyinggung kolesterol. Kolesterol biasanya sering dikaitkan dengan konsumsi gorengan. Tak hanya itu, melewatkan sarapan juga mampu meningkatkan kolesterol dalam tubuhmu, lho. Kok bisa? Orang-orang yang memilih sarapan, bahkan hanya dengan memakan menu sesimpel susu dan sereal dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi. Selain itu, konsumsi serat di pagi hari juga mampu mengikat kolesterol dan mempercepat eksresinya keluar dari dalam tubuhmu.

Yuk! Mulai Biasakan Sarapan Pagi yang Sehat dengan Menu Ini

Gimana? Setelah membaca fakta penting seputar sarapan di atas, kamu jadi terdorong untuk mengkonsumsi sarapan sehat? Ada baiknya jika kamu menyimak juga rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat berikut ini.

Sereal dan Buah

Menu sarapan sehat yang pertama adalah sereal dan buah. Sarapan, makanan pertama yang masuk ke tubuh kita pada hari itu, menyumbang 25% dari total kebutuhan kalori harian kita. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih menu makanan berupa sereal dan buah yang kaya serat dan memiliki banyak manfaat.

Sebelumnya sudah di singgung bahwa memakan makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, rupaya memakan sereal dan buah juga memiliki manfaat lain, seperti meningkatkan energi, menjaga kesehatan pencernaan dan juga menjaga berat badan kamu. Untuk menu sarapan, kamu bisa menambahkan berbagai macam topping sehat ke dalam mangkuk serealmu, seperti wijen, kismis dan buah-buahan lainnya. Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menjadikan susu sebagai menu pendamping.

Potato Salad

Sumber gambar food.fnr.sndimg.com

Selain serat, karbohidrat juga menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan kaya karbohidrat yang bisa kamu pilih sebagai menu sarapanmu adalah kentang. Kentang, dalam 100 gramnya, gak cuma mengandung karbohidrat saja. Kandungan lainnya adalah protein 2 gram, lemak 0,1 gram dan vitamin C 20 mg.

Kentang dengan banyaknya nutrisi di dalamnya memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan hati, mengatasi asam urat, dan mencegah perkembangan sel kanker. Makanan olahan kentang sederhana, tetapi tetap sehat yang bisa kamu jadikan sarapan adalah potato salad. Membuat makanan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus kentang, lalu mendinginkannya setelah matang. Terakhir, kamu tinggal mencampurkan kentang yang sudah dingin dengan mayones yang sebelumnya sudah dicampuri bumbu-bumbu, seperti lada, garam, gula dan cabai.

Banana Smoothies

Sumber gambar www.inspiredtaste.net

Berikutnya, ada menu yang gak kalah simpel dari menu-menu sebelumnya. Ya, menu berikutnya adalah banana smoothies! Komposisi utama banana smoothies pun sangat sederhana, kamu hanya memerlukan pisang dan susu yang kemudian dicampurkan dengan menggunakan blender. Selain dua komposisi utama ini, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk campuran, mulai dari sayur, buah, yoghurt, es batu, sirup, dan sebagainya sesuai seleramu.

Beberapa menu olahan banana smoothies yang bisa kamu coba buat di rumah, misalnya health nut banana smoothies. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah menggunakan tambahan berupa kacang almond, dan bayam. Sehat, segar, dan kaya nutrisi deh! Kamu juga bisa berkreasi dengan bahan lain sesuai selera, misalnya berry smoothies dengan campuran strawberry dan blueberry atau menu kaya rempah dengan tambahan kayumanis, gula jawa, dan sebagainya.

Telur Orak-Arik Mayo

Sumber gambar img-global.cpcdn.com

Kita telah mengetahui fakta bahwa protein dapat membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, rekomendasi menu sehat berikutnya adalah olahan telur, yaitu telur orak-arik mayo. Telur merupakan salah satu bahan makanan kaya protein yang mudah didapat. Mengandung sekitar 70 kalori, dengan mengkonsumsi telur, manusia juga dapat mendapat asupan 9 asam lemak esensial yang terkandung di dalamnya.

Cara membuat telur orak-arik mayo sangatlah mudah. Telur orak-arik sebenarnya sama dengan telur dadar. Perbedaannya hanya ketika memasaknya, kita menghancurkan telur seperti mengorak-ariknya. Sesuai namanya, telur orak-arik ini kemudian dicampurkan dengan mayones dan merica sebagai penambah rasa. Mudah bukan?

Oatmeal

Jika tidak mau ribet memasak, kamu wajib mencoba menu satu ini. Ya, menu berikutnya adalah oatmeal. Oatmeal sangat mudah dibuat karena sudah tersedia instan dan kamu tinggal menuangkan air panas saja ke atas mangkuk oatmeal kamu.

Meski instan, kamu gak perlu khawatir. Oatmeal merupakan makanan yang disarankan para ahli lho! Oatmeal kaya akan serat, mengandung sekitar 307 kalori yang cukup membuatmu bertahan seharian tanpa camilan, serta mengandung mineral esensial yang diperlukan tubuh. Wah, ternyata banyak ya manfaatnya!

Gak cuma itu, konsumsi oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung kamu. Hal ini karena oatmeal kaya akan antioksidan yang baik untuk jantung. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapat dari makanan instan ini adalah mampu mencegah diabetes dan memperlancar pencernaan.

Salad Buah

Sumber gambar masirul.com

Jenis salad lainnya juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan menu sarapan pagimu. Kali ini adalah salad buah. Bahan-bahannya bisa berupa buah dan saus salad atau dressing. Bisa juga kamu tambahkan bahan lain seperti irisan daging, ayam, sayur, dan sebagainya. Cara membuatnya pun mudah. Kamu cukup memotong buah sesuai selera kamu dan mencampurkannya dengan mayones serta saus.

Omelet Keju

Sumber gambar img.okeinfo.net

Siapa tak suka omelet? Makanan satu ini juga bisa kamu jadikan menu sehat buat sarapan kamu. Bicara tentang omelet, kamu harus tahu nih sejarahnya. Rupanya, kata omelet sendiri berasal dari bahasa Perancis, oeuf yang artinya telur dan laite, yaitu susu. Meski ada juga yang mengatakan asalnya dari Bangsa Romawi. Namun, nyatanya sejarah mencatat makanan ini populer sejak masa Jenderal Napoleon Bonaparte memimpin Perancis.

Omelet ini sebenarnya mirip dengan telur dadar. Bedanya, ada beberapa bahan yang kamu tambahkan, seperti susu, keju, hingga irisan bawang bombay. Cara membuatnya pun serupa telur dadar. Setelah telur, kamu memasukkan bahan-bahan lain ke dalam wajan dan melipatnya setelah matang.

Buah Pisang dengan Selai Kacang

Salah satu menu diet yang juga bisa kamu contek untuk dijadikan menu sarapan sehatmu adalah buah pisang dan selai kacang. Kombinasi keduanya mampu membantumu dalam menjaga berat badan. Tidak hanya itu, selai kacang, meski berkalori tinggi (100 kalori dalam 1 sendok), memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah sumber protein. Mengkonsumsi pisang dengan selai kacang juga baik untuk pengidap hipertensi.

Sandwich

Sandwich, roti isi yang suka dijadikan bekal, juga bisa dicoba untuk kamu jadikan sarapan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis roti, seperti french bread, toast bread, burger bun dan sebagainya untuk membuat sandwich. Ditambah bahan-bahan bergizi sebagai isian sesuai dengan seleramu, sandwich dapat memenuhi kebutuhan gizi di pagi hari. Isian yang bisa kamu gunakan misalnya keju dengan tambahan sayuran segar seperti tomat dan selada. Lezat dan simpel kan?

Pancake

Sumber gambar static01.nyt.com

Menu rekomendasi terakhir adalah pancake (dari bahasa Belanda, pannenkoek). Terdengar seperti makanan modern, ternyata pancake sudah ada sejak jaman Romawi Kuno. Nah, apa sih pancake itu? Berbentuk bulat tipis, pancake sebenarnya kue dadar yang dibuat dari bahan-bahan seperti telur, terigu, gula, dan susu. Kamu bisa membuatnya dengan mudah untuk sarapan. Caranya hanya tinggal menuang adonan yang sudah dibuat di atas wajan panas. Setelah matang dan dingin, selanjutnya kamu bisa menuang saus pancake sesuai rasa favoritmu. Saus yang biasa digunakan adalah saus buah-buahan, butter, dan madu.

From our editorial team

Saya tertarik untuk membuat sarapan saya lebih beragam

Saya sebelumnya adalah orang malas sarapan karena saya adalah orang yang mudah kenyang dan mengantuk saat makan nasi. Namun, rekomendasi dari penulis ini membuat saya tertarik untuk mencoba sarapan Salad dan Oatmeal. Lalu, kenapa kamu tidak mencoba juga?